Mengenai Saya

Foto saya
Pasrum Affandi, Waka Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan

Minggu, 25 Juli 2021

PROGRAM KERJA WAKAUR KURIKULUM SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN PEKALONGAN TH 2021/2022

 


KATA PENGANTAR



Puji Syukur kami pajatkann ke Hadirat Allah SWT, atas karuianya dapat   menyelesaikan penyusunan Program Kerja dan Rencana Kerja Waki Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan untuk tahun pelajaran 2021/2022

Tugas dan Fungs Wakil Kepala Sekolah adalah; (1) menjabarkan kurikulum menjad iprogramo  perasional pembelajaran di sekolah melalui análisis kurikulum, sinkronisasi, menetapkan kurikulum validasi; (2) menetapkan program pembelajaran, jadwal kegiatan, pembagian tugas mengajar, jadwal pelajaran dan bahan ajar; (3) mengorganisasi/ mengkoordinasi KBM baik normatif, adaptif maupun produktif yang terdiri dari : persiapan KBM, pelaksanaan KBM, evaluasi hasil belajar, análisis hasil evaluasi belajar, perbaikan dan pengayaan; (4) mengelola administras ipendidikan/ pengajaran; dan (5) merencanakan dan menyusun program pengembangan kurikulum.

Tujuan penyusunan Program Kerja dan Rencana Kerja in itidak lain adalah sebagai acuan dan pedoman yang harus dikerjakan oleh Wakil Kepala Sekolah selama tahun pelajaran 2021/2022.  Mudah-mudahan dengan adanya Program Kerja in iakan meningkatkan kinerja, sesuai dengan Visi dan Mis SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan.

Penyusun menyadari bahwa Program Kerja dan Rencana Kerja ini masih belum sempurna dari harapan, oleh karena itu Penyusun mengharapkan saran dan kritikan yang bersipat membangun dari semua pihak untuk perbaikan Program Kerja ini pada masa-masa yang akan datang.



Pekalongan, 10  Juli 2021

Wakil KepalaSekolah



Drs.Pasrum Affandi

NBM. 668.216






PROGRAM KERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH URUSAN KURIKULUM SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN

 

A.   Sasaran Mutu Wakil Kepala Sekolah (WKS) Urusan Kurikulum


Sasaranmutu WKS Urusan Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan pada tahun pelajaran 2021/2022 adalah :

1.    91 % - 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi pengetahuan sesuai dengan tingkat kompetensi

2.    91 % - 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi ketrampilan sesuai dengan tingkat kompetensi

3.    91% - 100% guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakteristik peserta didik dan mata pelajaran

4.    Peserta Didik memiliki ketrampilan bertindak secara mandiri, kolaboratif, dan komunikatif dalam menampilkan kinerja mandiri dengan pengawasan langsung atasan berdasarkan kuantitas, kualitas terukur sesuai standard kompetensi kerja, dan dapat diberikan tugas membimbing orang lain yang diperoleh dari pengalaman belajar dan kegiatan lain meliputi :

 1) Praktik laboratorium Sekolah, 

2) pelaporan tugas / kegiatan, 

3) presentasi hasil penugasan, 

4) keterlibatan dalam kepanitian, 

5) keterlibatan dalam lomba kompetensi siswa

5.    Sekolah memiliki struktur organisasi yang lengkap dan efektif sesuai dengan ketentuan, melalui langkah berikut: 

1) diputuskan, 

2) ditetapkan, 

3) disosialisasikan, 

4) disahkan

6.    Peserta Didik mengikuti berbagai ujian : 

1) Penilaian Harian

2) Penilaian Tengah Semester (PTS)

3) Penilaian Akhir Semester (PAS)

4) Ujian Sekolah (US)

5) Penialain Akhir Tahun (PAT)

7.    Guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar dengan langkah-langkah sebagai berikut : 

1) menetapkan tujuan penilaian, 

2) menyusun kisi-kisi ujian, 

3) mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian, 

4) melakukan analisis kualitas instrumen, 

5) melaksanakan penilaian, 

6) melaporkan, 

7) memanfaatkan hasil penilaian

 

B.   Sasaran Kerja Bidang Kurikulum

Untuk mencapai sasaran mutu WKS Urusan Kurikulum dan dalam rangka fokus pada ketercapaian tujuan maka pada tahun pelajaran 2021/2022 menetapkan sasaran kerja bidang kurikulum adalah sebagai berikut :

1.    Pemetaan atau pembagian rombongan belajar bagi peserta didik baru tahun pelajaran 2021/2022.

2.    Menyusun Jadwal Pelajaran TP 2021/2022

3.    Memastikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), melalui kegiatan perencanaan, monitoring dan supervise akademis.

4.    Merencanakan dan melaksanakan penilaian tingkat satuan pendidikan (PTS, PAS,dan PAT)

5.    Memastikan kegiatan/ program literasi dapat berjalan dengan baik.

6.    Menyusun dan mereview kembali Standar Operasional Prosedure (SOP) dan atau Juknis yang ada di Bidang Kurikulum agar diperoleh SOP yang implementatif.

7.    Meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menyusun soal High Order Thinking Skill (HOTS) melalui kegiatan bimbingan teknis atau optimalisasi peran MGMP tingkat sekolah.

8.    Merencanakan dan melaksanakan pengembangan kurikulum berbasis kurikulum 2013 (KTSP)

9.   100 % Peserta didik kelas XII Tahun Pelajaran 2021/2022 lulus dari SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan 

10.  Meningkatkan kompetensi TIK guru khususnya dalam proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar.

11.  Menyusun KTSP SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Tahun Pelajaran 2020/2021 dan memastikan bahwa dokumen  KTSP telah ditandatangani Kepala Sekolah ditetapkan oleh ketua komite Sekolah dan disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah

 

C.   Program Kerja Bidang Kurikulum

Program kerja bidang kurikulum merupakan uraian kerja, tujuan, Indikator ketercapaian, dan unsur yang terlibat dalam kegiatan yang direncanakan oleh Waka Urusan  kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan. Dasar penyusunan program kerja bidang kurikulum adalah sasaran mutu, dan sasaran kerja, serta rencana kerja tahunan SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Tahun Pelajaran 2021/2022. Adapun Program Kerja Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Tahun Pelajaran 2021/2022 adalah seperti pada table berikut dibawah ini :

NO

NAMA KEGIATAN

URAIAN KEGIATAN

TUJUAN KEGIATAN

INDIKATOR KETERCAPAIAN

UNSUR YANG TERLIBAT

PENANGGUNG JAWAB

WAKTU

KET


A.

Standar Isi


 

1.     Penyusunan Program KerjaKurikulum

Rapat koordininasi WKS  bersama staff  TU untuk penyusunan program kerja

Untuk menyusun program kerja yang sesuai dengan sasaran kerja dan mutu WKS bidang kurikulum

Tersusunnya program kerja WKS bidang kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan TP 2021/2022

WKS  Kesiswaan, WKS Humas, WKS Sarpras dan Staff  TU

WKS Kurikulum

Juli 2021

 


 

2.     Penyusunan Peraturan Akademik

Rapat penyusunan peraturan Akademik SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan TP 2021/2022

Untuk mewujudkan Peraturan Akademik yang implementatif dan dipedomani seluruh warga SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan

Tersusunnya  Peraturan Akademik SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan TP 2021/2022

WKS  dan Staff TU

WKS Kurikulum

Juli  2021

 


 

3.     Penyusunan Jadwal Pelajaran Semester Gasal TP 2021/2022

Rapat penyusunan jadwal pelajaran semester gasal TP 2021/2022

Untuk menyusun jadwal pelajaran semester gasal TP 2021/2022

Tersusunnya Jadwal Pelajaran semester ganjil TP 2021/2022

Kepala Sekolah, WKS Kurikulum, 

KepalaSekolah

Juni 2021

 


 

4.     Pengembangan Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan

a.  Rapat evaluasi implementasi KTSP dan penyusunan draft KTSP oleh Tim Pengembang Kurikulum

b.  Workshop Review draft KTSP TP 2021/2022

c.  Penyelarasan Kurikulum dengan PTN/PTS

d.  Finalisasi Dokumen KTSP 2021/2022

a.   Mengembangkan  KTSP berdasarkan hasil evaluas iimplementasi KTSP

b.   Menyelaraskan kurikulum dengan PTN/PTS dan revisi KTSP agar sesuai dengan peraturan terbaru dan kompetensi yang dibutuhkan DUDI

c.    Menyelaraskan kompetensi dasar, IPK, atau materi pembelajaran dengan kebutuhan DUDI

d.   Mengesahkan dokumen KTSP yang telah direview oleh tim

 

a.  Tersusunnya Draft Dokumen KTSP hasil usulan dari Mitra SMA dan perbaikan berdasarkan evaluasi

b.  Tersusunnya Kurikulum yang sesuai dengan POS dan peraturan yang berlaku

c.  Tersusunnya Kurikulum yang selaras dengan Mitra SMA

d.  Adanya Dokumen KTSP TP 2021/2022 yang telah ditandatangani Kepala Sekolah, ditetapkan Komite Sekolah, dan Disahkan/divalidasi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengan

Tim Pengembang KTSP, WKS 

Kepala Sekolah

Mei 2021

 


 

5.     Pembagian Tugas Mengajar Guru

Rapat penyusunan pembagian tugas mengajar guru  TP 2021/2022

Untuk menyusun pembagian tugas mengajar guru

Tersusunnya Beban Mengajar  Guru yang sesuai dengan peraturan yang berlaku

Kepala Sekolah, WKS Kurikulum

KepalaSekolah

Juni 2021

 


B.

Standar Proses

 


 

1.     Pengadaan Buku Pemerintah dan Buku Pendamping

Kegiatan pengadaan buku teks pelajaran / buku guru dan buku siswa (pemerintah), buku non teks pelajaran,  modul pembelajaran

Untuk memastikan semua peserta didik dapat menggunakan sumber belajar / bukuteks dan atau buku pendamping yang sesuai baik secara kualitas maupun kuantitas

Adanya buku teks pelajaran, non teks dan modul pembelajaran yang digunakan oleh pesertadidik dalam proses pencapaian kompetensi

WKS Kurikulum, Ketua MGMP, dan guru matapelajaran

Kepala Sekolah

Juli 2021

 


 

2.     Workshop Penulisan soal HOTS bagi guru SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan

Pelatihan bagi guru SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan.tentang penulisan soal HOTS

Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun instrument evaluasi / soaltipe HOTS

Guru mampu menyusun soal bertipe HOTS

Kepala Sekolah, WKSKurikulum, guru SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan

KepalaSekolah

Desember 2021

 


 

3.     Rapat Koordinasi WKS Bidang Kurikulum, Kesiswaan, Humas dengan, Ketua MGMP Mata Pelajaran dan Koordinator BP BK

Rapat WKS 1 dan Staff bersamadengan WKS 2,ketua MGMP Mapel, dan Koordinator BP BK dalam rangka koordinasi terkait pelaksanaan pembelajaran dan bimbingan 

Adanya koordinasi dan sinergi antara unit kerja dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan

Semua unit kerja melaksan akan tugas pokok dan fungsinya terkait peningkatan proses pembelajaran dan bimbingan dengan baik

Kepala Sekolah, WKS Kurikulum, Ketua Kompetens iKeahlian, Ketua MGMP dan Koordinator BP BK

KepalSekolah

September 2021

 

Februari 2021

 


 

4.     Rapat Koordinasi Wali Kelas dengan orang tua wali siswa

Rapat antara wali kelas dengan orang tua peserta didik yang diampu dalam rangka mewujudkan pendidikan peserta didik secara utuh dan terintegrasi

a.  Sebagai wadah untuk menyampaikan informasi program sekola hkepada orang tua siswa

b.  Menyamakan visi dan misi antara orang tua dan sekolah dalam mendidik peserta didik

Adanya persamaan persepsi antara orangtua siswa dan sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan

KepalaSekolaah, WKS KURIKULUM, Wali Kelas, Orang tua peserta didik

Kepala Sekolah

Oktober 2019

Maret 2020

 


 










 

5.     Penguatan Program Literasi Sekolah

a.     Pengadaan Buku non teks pelajaran

 

 

 

 

b.     Pengadaan Almari/ tempat buku bacaan pada setiap ruang belajar/ kelas

 

 

c.     Rapat Koordinasi Tim Gerakan Literas iSekolah SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan

 

a.    Untuk meningkatkan kuantitas dan jenis buku bacaan yang akan digunakan dalam kegiatan literasi

 

b.    Sebagai tempat buku non teks dalam rangka mendukung kegiatan literasi pada setiap ruang belajar

 

c.    Untuk mnyusun program kerja literasi dalam rangka meningkatkan kualitas dan jenis literasi

 

Adanya buku non teks pelajaran untuk dimanfaatkan dalam kegiatan literasi baca

 

 

Adanyaalmari / tempat buku pada setiap ruang belajar

 

 

 

 

Adanya Program Kerja Tim Literasi

Kepala Sekolah, WKS Kurikulum Kepala Perpustakaan, WKS Humas Tim GLS

KepalaSekolah

Agustus 2021

 

 

 

 

Agustus 2021

 

 

 

 

Agustus 2021

 


 

6.     Program Persiapan Ujian Sekolah Tahun 2021

a.     Penyusunan dan Penggandaan Modul PersiapanUjian Sekolah sesuai dengan SKL yang ada

 

 

 

 

b.     Kegiatan penambahan pembelajaran/tutorial untuk mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Sekolah

a.   Untuk menyusun modul persiapan Ujian Sekolah dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ketrampilan menyelesiakan soal-soal tipe Ujian Sekolahpada setiap mata pelajaran

 

b.   Untuk mempersiapkan materi dan mental siswa dalam rangka menghadapi Ujian Sekolah sehingga rata-rata nilai Ujian Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan pada TP 2021/2022 meningkat

Tersusunnya Modul Persiapan Ujian Sekolah dari setiap mata pelajaran yang diujikan

 

 

 

 

 

 

 

Terlaksananya program tutorial bagikelasXII

Kepala Sekolah, WKS Kurikulum dan Staff, Guru mapel yang diujikan dalam Ujian Sekolah

WKS Kurikulum

Desember 2021

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Januari s.d Maret 2021

 


 

8.     Pemantauan, Monitoring, dan evaluasi Proses Pembelajaran

Supervisi  guru dalam melaksanakan proses pembelajaran

Untuk mengetahui kualitas implementasi pembelajaran guru dalam rangka melakukan tindakan berbaikan secara berkelanjutan

Adanya dokumen hasil supervisi dan evaluasi guru

Kepala Sekolah dan timsupervisi

Kepala Sekolah

September 2021 dan Maret 2022

 


C.

 


 

1.     Sosialisasi Penilaian (komponen, teknik, dan instrument penilaian)

Rapat koordinasi dan sosialisasit entang komponen, teknik, dan instrument penilaian bagi semua guru SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan

Untuk meningkatkan pemahaman guru SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan penilaian hasilbelajar

Guru di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan memahami  tentangkomponen, teknik, dan instrument penilaian hasil belajar.

Kepala Sekolah dan semua guru

WKS Kurikulum

Oktober 2021

 


 

2.     Pengembangan dan implementasi e-rapor SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan untuk penyusunan Laporan Hasil Belajar Siswa

Sosialisasi dan implementasi E-rapor SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan untuk penyusunan Laporan Hasil BelajarSiswa

Semua guru memahami dan bias menggunakan aplikasi erapor sebagaiwujud implementasi system informasi managemen di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan

Tersusunnya Rapor Hasil Belajar siswa menggunakan e-raport SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan

Kepala Sekolah dan Semua guru

WKS Kurikulum

Desember 2021

 


 

3.     Kegiatan Penilaian Harian  (Ulangan Harian)

Penilaian terhadap kompetensi yang telah dipelajar ipeserta didik  melalui kegiatan ulangan harian, penugasan, dan atau tes lisan

Untuk mengukur kompetensi yang dimiliki peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk beberapa kompetensi dasar atau materi tertentu

 

Adanya dokumen hasil pekerjaan peserta didik dan nilai hasil penilaian harian

Guru, peserta didik

guru

Juli 2021 s.d. Mei 2021

 


 

4.     Kegiatan Penilaian Tengah Semester

Penilaian oleh sekolah terhdap kompetensi yang dimiliki pesertadidik setelah  8 s.d. 9 mingguefektif

Untuk mengukur kompetensi peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran 8 s.d. 9 minggu efektif

Semua peserta didik melaksanakan penilaian akhir semester  yang dibuktikan dengan berita acara dan daftar hadir PTS

WKS 1, Guru dan PesertaDidik

WKS Kurikulum

Oktober 2021 dan Maret 2022

 


 

5.     Kegiatan Penilaian Akhir Semester Gasal

Penilaian oleh sekolah yang dilaksanakan secara bersama-sama untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik selama satu semester

Untuk mengukur kompetensi  peserta didik selama satu semester

Terlaksananya Penilaian akhir semester yang berkualitas

Adanya daftar hadir, berita acara pelaksanaan Penilaian akhir semester, POS dan Juknis Penilaian Akhir Semester dan laporan akhir  semester

Kepala Sekolah, Semua Guru, dan PesertaDidik

WKS Kurikulum

November 2022

 


 

6.     Kegiatan Penilaian Kenaikan Kelas

Penilaian oleh sekolah yang dilaksanakan secara bersama-sama pada akhir semester gasal bagi kelas X dan XI untukmengukur pencapaian kompetensi peserta didik selama satu semester

Untuk mengukur kompetensi peserta didik selama satu semester pada saat semester Gasal

Terlaksananya Penilaian Kenaikan Kelas  yang berkualitas

Adanya daftar hdir, berita acara pelaksanaan Penilaianakhir semester, POS dan Juknis Penilaian Akhir Semester dan laporanakhir semester

Kepala Sekolah, Semua Guru, dan PesertaDidik

WKS Kurikulum

Mei 2022

 


 

7.     Kegiatan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)

Penilaian oleh sekolah bagi peserta didik kelasXII dan mengacu pada standard kompetensi Lulusan

Untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik kelas XII  pada mata pelajaran tertentu dan menjadi penentu kelulusan peserta didik

Terlaksananya USBN yang berkualitas dan diikuti oleh semuapsertadidikkelasXII, yang dibuktikandenganadanyaberita acara, daftar hadir, POS dan Juknis USBN sertaLaporanPelaksanaan USBN

Kepala Sekolah, Semua Guru, dan PesertaDidik Kelas XII

Kepala Sekolah

Maret / April 2022

 


 

8.     Kegiatan Ujian Sekolah 

Penilaian oleh sekolah bagi peserta didik kelas XII dan mengacu pada standard nasional pendidikan 

Untuk mengukur capaian kompetensi lulusan p

Terlaksananya Ujian Sekolah yang berkualitas dan diikuti oleh semua peserta didik kelas XII, yang dibuktikan dengan adanya berita acara, daftar hadir, POS dan Juknis Ujian Sekolah serta Laporan Pelaksanaan Ujian Sekolah

Kepala Sekolah, Semua Guru, dan Peserta Didik Kelas XII

Kepala Sekolah

April 2022

 



 



Pekalongan ,10 Juli  2021








































Mengetahui, Wakil Kepala Sekolah 

Kepala Sekolah,






Dra. Dewi Masitoh Drs. Pasrum Affandi

NBM. NBM. 668.216

Minggu, 25 Oktober 2015

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016 IPS ( EKONOMI, SOSIOLOGI, GIOGRAFI)

16.Ekonomi IPS
Level Kognitif
Konsep Ekonomi Konsep Pembangunan
Manajemen Perekonomian Internasional
Akuntansi Perusahaan Jasa
Akuntansu Perusahaan Dagang
Pengetahuandan Pemahaman  Mendeskripsikan  Menjelaskan  Menentukan  Mengidentifikasi  Menyebutkan  Menunjukkan  Membandingkan  Membedakan  Memberi contoh
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan kelangkaan sumber daya - masalah pokok ekonomi - sistem ekonomi indonesia dan negara lain - kegiatanekonomi konsumen dan produksen - permintaan penawaran dan harga keseimbangan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - masalah yang dihadapi pemerintah dalam ekonomi - ekonomi mikro dan makro - pendapatan nasional - pendapatan perkapitan - indeks hargadan inflasi - uang dan perbankan - kebijakan moneter - ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi - APBN dan APBD - pasar modal
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - globalisasi dan masalah-masalah dalam perdaganan internasional - valutaasing - neraca pembayaran dan devisa - manajemen - badan usaha dan koperasi
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - akuntansi sebagai sistem informasi - persamaan dasar akuntansi dan mekanisme debit dan kredit - jurnal umum - buku besar - jurnal penyesuaian - kertas kerja - laporan keuangan perusahaan jasa
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - jurnal khusus - buku besar utama - buku besar pembantu - harga pokok penjualan - jurnal penyesuaian - kertas kerja - laporan keuangan perusahaan dagang - jurnal penutup - posting akhir - neraca saldo setelah penutupan
Aplikasi  Menerapkan  Menginterpretasika n  Memprediksi  Menghitung
Peserta didik mampu mengaplikasi pemahaman tentang: - kegiatan ekonomi konsumen dan produsen dalam aliran pendapatan (circular flow) - permintaan,
Peserta didik mampu mengaplikasi dan pemahaman tentang: - masalah-masalah makro dan mikro - pendapatan nasional dan pendapatan perseorangan dengan beberapa pendekatan
Peserta didik mampu mengaplikasikan pemahaman tentang: - perubahan kurs rupiah terhadap berbagai macam valuta asing - neraca pembayaran dan devisa
Peserta didik mampu mengaplikasi dan pemahaman tentang: - mencatat transaksi ke jurnal umum - memposting jurnal umum ke Buku Besar - mengiterpretasi jurnal penyesuaian
Peserta didik mampu mengaplikasikan pemahaman tentang: - menginterpretasikan jurnal khusus - memposting ke Buku Besar Utama dan Buku Besar Pembantu - menghitung harga
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif
Konsep Ekonomi Konsep Pembangunan
Manajemen Perekonomian Internasional
Akuntansi Perusahaan Jasa
Akuntansu Perusahaan Dagang
penawaran dan harga keseimbangan, baik secara matematis maupun grafis - pemecahan masalah ekonomi dalam sistem yang berbeda
perhitungan - perhitungan indeks harga, inflasi dan pertumbuhan ekonomi
- analisisSWOT dalam manajemen sekolah
- menyusun rencana kerja - menyusun laporan keuangan Perusaan Jasa
pokok penjualan - menginterpretasikan jurnal penyesuaian - menyusun kertas kerja - menyusun laporan keuangan - menginterpretasikan jurnal penutup - posting akhir dari jurnal penutup - menyusun neraca saldo setelah penutupan
Penalarandanlogika  Menganalisis  Mensintesis  Mengevaluasi  Memecahkan masalah  Menyimpulkan  Menjelasakan hubungan konseptual dan informasi faktual
Peserta didik mampu menggunakan nalar dan logika dalam memecahkan masalah tentang: - jenis-jenis elastisitas permintaan (harga, silang dan pendapatan) dan penawaran - kegiatan ekonomi dalam perubahan sistem ekonomi
Peserta didik mampu menggunakan nalar dan logika dalam memecahkan masalah tentang: - Hubungan pendapatan perkapita dan ketenagakerjaan (pengangguran dan kemiskinan) - hubungan kebijakan moneter dan inflasi - hubungan indek harga saham gabungan (pasar modal) dan tingkat suku bunga (kebijakan moneter)
Peserta didik mampu menggunakan nalar dan logika dalam memecahkan masalah tentang: - hubungan kurs valuta asing dengan neraca pembayaran - hubungan perjanjian perdagangan bebas dan perekonomian nasional - hubungan badan usaha, koperasi dan permasalahannya
Peserta didik mampu menggunakan nalar dan logika dalam memecahkan masalah tentang: - menganalisi laporan keuangan perusahaan jasa dan permasalahannya - menganalisis laporan keuangan perusahaan jasa dan permasalahannya
Peserta didik mampu menggunakan nalar dan logika dalam memecahkan masalah tentang: - menganalisis laporan keuangan perusahaan jasa dan permasalahannya
17.Sosiologi IPS
Level Kognitif
Konsep dan Objek Kajian Sosiologi
Kehidupan sosial, permasalahan dan solusinya
MasyarakatMultikultural dan Perubahan Sosial
Penelitian Sosial
Pengetahuandan Pemahaman  Menyebutkan  Mengidentifikasi  Menunjukkan  Menjelaskan  Menentukan  Mengkategorikan  Membedakan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - konsep dasar sosiologi - objeksosiologi - fungsi dan manfaat sosiologi
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - nilai dan norma - sosialisasi dan perilaku menyimpang - struktur sosial - diferensiasi sosial - kelompok sosial - mobilitas sosial - konflik dan integrasi sosial
Peserta didikmampu memahami dan menguasai tentang: - masyarakat multikultural - perubahan sosial - globalisasi
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - penelitian sosial - jenis-jenis penelitian - prosedur dan metode penelitian - instrumen pengumpulan data - kegunaanpenelitian sosial
Aplikasi  Memberi contoh  Membandingkan  Menghubungkan  Menerapkan  Menginterpretasi
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - interaksi sosial antar individu, kelompok, dan antar kelompok dengan konsep dasarsosiologi
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - hubungan sosialisasi dengan perilaku menyimpang - pengaruh struktur sosial dan deferensiasi sosial terhadap kehidupan masyarakat di berbagai bidang - mobilitas sosial dan dinamika kelompok sosial - terjadinya permasalahan- permasalahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat di berbagai bidang
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - hubungan antarkelompok dalam masyarakat multikultural - menciptakan masyarakat multikultural yang harmonis - proses dan dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat - perubahan sosial di tengah- tengah pengaruh globalisasi
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - penentuan topik penelitian - perumusan masalah penelitian - rancangan penelitian (jenis dan data penelitian, sampel penelitian, instrumen penelitian, dan teknik analisis data penelitian)
Penalaran  Menyimpulkan  Merumuskan  Menganalisis  Mensintesis
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji: - gejala-gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji: - permasalahan sosial dalam masyarakat yang berpotensi
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji: - pemecahan masalah yang muncul sebagai dampak
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji: - kesesuaian jenispenelitian dengan data penelitian
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif
Konsep dan Objek Kajian Sosiologi
Kehidupan sosial, permasalahan dan solusinya
MasyarakatMultikultural dan Perubahan Sosial
Penelitian Sosial
 Mengevaluasi  Memprediksi  Memecahkan masalah
dengan menggunakan konsep dasar sosiologi
menimbulkan konflik sosial - pemecahan masalah sosial dalam masyarakat - peran lembaga sosial dalam memecahkan masalah sosial dalam masyarakat
keanekaragaman masyarakat multikultural - masyarakat multikultural dalam bingkai NKRI - tantangan masa depan bangsa dalam menghadapi globalisasi
- keunggulan dan kelemahan instrumen pengumpulan data - pengolahan data penelitian - interpretasi data hasil penelitian - penyusunan laporan hasil penelitian - manfaat hasil penelitian
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
18.GeografiIPS
Level Kognitif Hakekat geografi
Pembentukan Jagadraya, Tatasurya dan Bumi
Fenomena geosfer
Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Informasi Geografi Kewilayahan
Pengetahuan dan pemahaman  Menyebutkan  Mengidentifikasi  Menjelaskan  Memahami
Siswa mampu memahami dan menguasai: - konsep geografi - pendekatan geografi - prinsip geografi - aspek geografi
Siswa mampu memahami dan menguasai pembentukan: - Jagadraya - Tatasurya - Bumi sebagai planet
Siswa mampu memahami dan menguasai: - atmosfer - hidrosfer - litosfer - biosfer
Siswa mampu memahami dan menguasai: - kependudukan - sumberdaya alam - lingkungan hidup - pembangunan berkelanjutan
Siswa mampu memahami dan menguasai: - peta - penginderaan jauh - sistem informasi geografis
Siswa mampu memahami dan menguasai: - pola keruangan - interaksi desa-kota - wilayah dan pewilayahan - pusat pertumbuhan - negara maju dan negara berkembang
Aplikasi  Mengklasifikasi  Menentukan  Menggunakan  Memecahkan  Menerapkan  Menghitung
Siswa mampu mengaplikasikan: - konsep geografi - pendekatan geografi - prinsip geografi - aspek geografi
Siswa mampu menentukan karakteristik: - Jagadraya - Tatasurya - Bumi sebagai planet
Siswa mampu mengklasifikasi: - atmosfer - hidrosfer - litosfer - biosfer
Siswa mampu mengaplikasi pengetahuanuntuk mengatasi permasalahan: - kependudukan - sumberdaya alam - lingkungan hidup - pembangunan berkelanjutan
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuanuntuk mencari informasi dengan mengunakan: - peta - penginderaan jauh - sistem informasi geografis
Siswa mampu menentukan karakteristik: - pola keruangan - interaksi desa-kota - wilayah dan pewilayahan - pusat pertumbuhan - negara maju dan negara berkembang
Penalaran dan logika  Membandingkan  Memprediksi  Membuktikan  Mengkombinasi  Menganalisis
Siswa mampu menganalisis hakekat gografi: - konsep geografi - pendekatan geografi - prinsip geografi - aspek geografi
Siswa mampu menganalisis: - Jagadraya - Tatasurya - Bumi sebagai planet
Siswa mampu menganalisis fenomena geosfer: - atmosfer - hidrosfer - litosfer - biosfer
Siswa mampu memprediksi permasalahan dan upaya mengatasinya di bidang: - kependudukan - sumberdaya alam - lingkungan hidup
Siswa mampu menganalisis informasi geografi dari: - peta - penginderaan jauh - sistem informasi geografis
Siswa mampu membedakan kewilayahan tentang: - pola keruangan - interaksi desa-kota - wilayah dan pewilayahan - pusat pertumbuhan - negara maju dan
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif Hakekat geografi
Pembentukan Jagadraya, Tatasurya dan Bumi
Fenomena geosfer
Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Informasi Geografi Kewilayahan
- pembangunan berkelanjutan
negara berkembang

KISI-KISI UN 2015/2016 BIOLOGI

15.BiologiIPA
Level Kognitif
KeanekaragamanHayatidan Ekologi
Struktur danFungsiMakhluk Hidup
Biomolekulerdan Bioteknologi Genetika danEvolusi
Pengetahuan dan pemahaman  Menyebutkan  Menentukan  Menjelaskan
Siswa mampu memahami dan menguasai: - ciri-ciri mahluk hidup dan perannya dalam kehidupan - tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis, ekosistem) - ekosistem
Siswa mampu memahami dan menguasai: - struktur dan fungsi pada tumbuhantinggi - struktur dan fungsi pada manusia dan hewan vertebrata - bagian-bagian sistem organ pada manusia dan fungsinya - gangguan-gangguan pada sistem tubuh manusia
Siswa mampu memahami dan menguasai: - struktur dan fungsi sel - susunanRNA, DNA, dan kromosom - metabolisme sel - bioteknologi
Siswa mampu memahami dan menguasai: -hukum-hukumMendel -asal-usul kehidupan -teori evolusi
Aplikasi  Mengidentifikasi  Membandingkan  Mengklasifikasikan
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan danpemahaman tentang: - dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup - perubahan lingkungan - daur biogeokimia
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -mekanisme kerja sistem organ -pengaruhgangguan/serangan penyakit pada mekanisme kerja organ
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -transpor membran -enzim -mekanisme reaksi katabolisme dan anabolisme -reproduksi sel -sintesis protein -dampak bioteknologi
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - penyimpangan semuhukum Mendel - pembentukan gamet - hereditas manusia - petunjuk/bukti-bukti evolusi
Penalaran  Menginterpretasikan  Menyimpulkan  Menganalisis  Merumuskan  Menjelaskan hubungan konseptual dan informasi faktual  Merancang percobaan
Siswa mampumenggunakan nalar dalam: - percobaan pengelompokan makhluk hidup - perubahan lingkungan dan dampaknya
Siswa mampu menggunakan nalar dalam: -gangguan/penyakit berdasarkan uji laboratorium -percobaan tentang faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
Siswa mampu menggunakan nalar dalam: -percobaan tentang transpor membran -percobaan metabolisme sel -percobaan bioteknologi
Siswa mampu menggunakan nalar dalam: - hereditas manusia dalam peta silsilah - hubungan antara teori dan prinsip berdasarkan kasus evolusi - mekanisme evolusi

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016 KIMIA

14. KimiaIPA
Level Kognitif Kimia Dasar Kimia Analisis Kimia Fisik Kimia Organik Kimia Anorganik Pengetahuandan pemahaman  Membuat daftar/list  Mendeskripsikan/ describe  Membuat tabulasi  Memakai  Merangkum  Menginterpretasi  Memprediksi/ menentukan  Mengeksekusi Siswa mampu memahami dan menguasai pengetahuan mengenai struktur atom, sistem periodik unsur, ikatan kimia (jenis ikatan), tata nama senyawa (anorganik dan organik), persamaan reaksi sederhana, dan hukum-hukum dasar kimia Siswa mampu memahamidan menguasai pengetahuan mengenai larutan (non)-elektrolit, asam-basa (sifat asam- basa, reaksi netralisasi, pH asam-basa), stoikiometri larutan, larutan penyangga, hidrolisis garam, Ksp (bisa dalam kehidupan sehari-hari/industri) Siswa mampu memahami dan menguasai pengetahuan mengenai termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, ikatan kimia (bentuk molekul), koloid, dan sifat koligatif larutan, reaksi redoks dan elektrokimia (bisa dalam kehidupan sehari-hari/industri) Siswa mampu memahami dan menguasai pengetahuan mengenai senyawa karbon (hidrokarbon), minyak bumi, dan makromolekul, polimer, karbohidrat dan protein, serta cara analisis kuantitatifnya, lemak- minyak (bisa dalam kehidupan sehari-hari/ industri) Siswa mampu memahami dan menguasai pengetahuan mengenai ikatan kimia (krisal dan sifat-sifat fisiknya), unsur- unsur kimia yang terdapat di alam (termasuk unsur radiaktif), sifatnya, manfaatnya, kereaktifannya, produksinya (bisa dalam kehidupan sehari-hari/ industri)
Aplikasi  Mengklasifikasi  Bereksperimen (data)  Menghitung  Mengontrstrak
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuandan pemahaman mengenai struktur atom, sistem periodik unsur, ikatan kimia (jenis ikatan), tata nama senyawa anorganik dan organik), persamaan reaksi sederhana, dan hukum- hukum dasar kimia
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuandan pemahaman mengenai larutan (non)-elektrolit, asam-basa sifat asam- basa, reaksi netralisasi, pH asam-basa), stoikiometri larutan, larutan penyangga, hidrolisis garam, Ksp (bisa dalam kehidupan sehari-hari/industri)
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuandan pemahaman mengenai termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, ikatan kimia, (bentuk molekul), koloid, dan sifat koligatif larutan, reaksi redoks dan elektrokimia (bisa dalam kehidupan sehari-hari/industri)
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuandan pemahaman mengenai senyawa karbon (hidrokarbon), minyak bumi, dan makromolekul: polimer, karbohidrat dan protein serta cara analisis kualitatifnya, lemak-minyak (bisa dalam kehidupan sehari-hari/industri)
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuandan pemahaman mengenai ikatan kimia (krisal dan sifat-sifatnya), unsur-unsur kimia yang terdapat di alam (termasuk unsur radiaktif), sifatnya, manfaatnya, kereaktifannya, produksinya (bisa dalam kehidupansehari-hari/ industri)
Penalaran  Mengurutkan/order  Menjelaskan
Siswa mampu menggunakan nalar dalam hal struktur
Siswa mampu menggunakan nalar dalam hal
Siswa mampu menggunakan nalar dalam hal termokimia,
Siswa mampu menggunakan nalar dan logikadalam hal senyawa
Siswa mampu menggunakan nalardalam hal ikatan  kimia (krisal dan
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif Kimia Dasar Kimia Analisis Kimia Fisik Kimia Organik Kimia Anorganik  Membedakan  Mendapatkan  Mengurutkan/rank  Menilai/menguji  Menyimpulkan  Bertindak  Menggabungkan  Merencanakan  Menyusun  Mengaktualisasi atom,sistem periodik unsur, ikatan kimia (jenis ikatan), tata nama senyawa (anorganik dan organik), persamaan reaksi sederhana, dan hukum-hukum dasar kimia larutan (non)-elektrolit, asam-basa (sifat asam- basa, reaksi netralisasi, pH asam-basa), stoikiometri larutan, larutan penyangga, hidrolisis garam, Ksp (bisa dalam kehidupan sehari-hari/industri) laju reaksi, kesetimbangan kimia, ikatan kimia (bentuk molekul), koloid, dan sifat koligatif larutan, reaksi redoks dan elektrokimia  (bisa dalam kehidupan sehari-hari/industri) karbon (hidrokarbon), minyak bumi, dan makromolekul, polimer, karbohidrat dan protein, serta cara analisis kualitatifnya, lemak- minyak (bisa dalam kehidupan sehari- hari/industri) sifat-sifat fisiknya), unsur- unsur kimia yang terdapat di alam (termasuk unsur radioaktif), sifatnya, manfaatnya, kereaktifannya, produksinya (bisa dalam kehidupan sehari- hari/industri)

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016 FISIKA

.FisikaIPA
Level Kognitif
Pengukuran dan kinematika
Dinamika Usaha dan energi Kalor Gelombang dan Optik Listrik, Magnet, dan Fisika Modern
Pengetahuandan pemahaman  Mengidentifikasi  Menyebutkan  Menunjukkan  Membedakan  Mengelompokkan  Menjelaskan
Siswa mampu memahami: - pengukuran - besaran fisika - vektor - gerak lurus - gerak melingkar - gerak parabola
Siswa mampu memahami: - gaya - hukum newton - momen gaya - momen inersia - fluida (statik dan dinamik)
Siswa mampu memahami: - usaha - impuls - momentum - tumbukan
Siswa mampu memahami: - kalor - perpindahan kalor - teori kinetik gas
Siswa mampu memahami: - gelombang - bunyi - cahaya optik - gelombang elektromagnet - elastisitas
Siswa mampu memahami: - listrik statis - listrik dinamis - kemagnetan - fisika inti - efek foto listrik
Aplikasi  Mengklasifikasi  Menginterpretasi  Menghitung  Mendeskripsikan  Mengurutkan  Membandingkan  Menerapkan  Memodifikasi
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuandan pemahamantentang: - pengukuran - vektor - gerak lurus - gerak melingkar - gerak parabola
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuandan pemahaman tentang: - gaya - hukum newton - momen gaya - momen inersia - keseimbangan benda tegar - titik berat - fluida (statik dan dinamik)
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuandan pemahaman tentang: - usaha - energi - impuls - momentum - tumbukan
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuandan pemahaman tentang: - kalor - perpindahan kalor - teori kinetik gas
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuandan pemahamantentang: - gelombang - bunyi - cahaya optik - gelombang elektromagnet - elastisitas
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuandan pemahamantentang: - listrik statis - listrik dinamis - kemagnetan - fisika inti - efek foto listrik
Penalaran  Menemukan  Menyimpulkan  Menggabungkan  Menganalisis  Memecahkan masalah
Siswa mampu bernalartentang: - Vektor - gerak lurus - gerak melingkar - gerak parabola
Siswa mampu bernalartentang: - gaya - hukum newton - momen gaya - momen inersia - keseimbangan benda tegar
Siswa mampu bernalartentang: - impuls - momentum - tumbukan
Siswa mampu bernalartentang: - kalor - perpindahan kalor
Siswa mampu bernalartentang: - optik fisis
Siswa mampu bernalartentang: - fisika Inti
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif
Pengukuran dan kinematika
Dinamika Usaha dan energi Kalor Gelombang dan Optik Listrik, Magnet, dan Fisika Modern
 Merumuskan  Memprediksi
- titik berat - fluida (statik dan dinamik)

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016 MATEMATIKA

Matematika IPA
Level Kognitif Aljabar Kalkulus Geometri dan Trigonometri Statistika Pengetahuan dan pemahaman  Mengidentifikasi  Mengklasifikasi data  Menyimpulkan  Menjelaskan  Membandingkan  Menentukan  Menghitung Siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik: - Pangkat, akar, dan logaritma - Fungsi, komposisi fungsi, dan, fungsiinvers - Persamaan dan fungsi kuadrat - Sistem persamaan linear dan sistem pertidaksamaan linear - Program linear - Suku banyak - Matriks - Barisan dan deret Siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik: - Limit fungsi aljabar dan limit fungsi trigonometri - Turunan fungsi aljabar dan turunan fungsi trigonometri - Titik stasioner dan nilai ekstrim - Integral fungsi aljabar dan integral fungsi trigonometri Siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik: - Perbandingan trigonometri, danfungsi trigonometri - Aturan sinus dan kosinus - Kedudukan, jarak, dan sudut darititik, garis, dan bidang dalam ruang tiga dimensi - Persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran - Transformasi Siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik: - Statistika dasar - Kaidah pencacahan (perkalian permutasi, kombinasi) - Peluang Aplikasi  Menggunakan  Memodelkan  Memecahkan masalah Siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep aljabar dalam masalah kehidupan sehari-hari pada topik: - pangkat, akar, dan logaritma - fungsi, komposisi fungsi, dan, fungsi invers - persamaan danfungsi kuadrat - sistem persamaan linear dan sistem pertidaksamaan linear - program linear - suku banyak - matriks - barisan dan deret Siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep kalkulus dalam masalah kehidupan sehari- hari pada topik: - limit fungsi aljabar dan limit fungsi trigonometri - turunan fungsi aljabar dan turunan fungsi trigonometri - titik stasioner dan nilai ekstrim - integral fungsi aljabar dan integral fungsi trigonometri Siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep geometri dan trigonometri dalam masalahkehidupan sehari-hari pada topik: - perbandingan trigonometri, danfungsi trigonometri - aturan sinus dan kosinus - kedudukan, jarak, dan sudut dari titik, garis, dan bidang dalam ruang tiga dimensi - persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran - transformasi Siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep statistik dan peluang dalam masalah kehidupan sehari-hari pada topik: - statistika dasar - kaidah pencacahan(perkalian permutasi, kombinasi) - peluang
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif Aljabar Kalkulus Geometri dan Trigonometri Statistika Penalaran  Menganalisis  Menerapkan gagasan  Mengorganisasi gagasan  Mensintesis  Mengevaluasi  Merumuskan  Menyimpulkan  Menginterprestasi Siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik: - fungsi, komposisi fungsi, dan, fungsiinvers - persamaandan fungsi kuadrat - sistem persamaan linear dan sistem pertidaksamaan linear - program linear - matriks - barisan dan deret Siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik: - turunan fungsi aljabar dan turunan fungsi trigonometri - titik stasioner dan nilai ekstrim - integral fungsi aljabar dan integral fungsi trigonometri Siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik: - perbandingan trigonometri, danfungsi trigonometri - aturan sinus dan kosinus - kedudukan, jarak, dan sudut dari titik, garis, dan bidang dalam ruang tiga dimensi - transformasi Siswa memiliki kemampuan bernalarpada topik: - statistika dasar - kaidah pencacahan(perkalian permutasi, kombinasi) - peluang
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
11.Matematika IPS
Level Kognitif Aljabar Kalkulus Geometri dan Trigonometri Statistika dan Peluang Pengetahuan dan pemahaman  Mengidentifikasi  Menyebutkan  Menunjukkan  Membandingkan  Menjelaskan  Mengkatagorikan  Membedakan  Menentukan  Menghitung Siswa mampu memahamidan menguasai tentang: - aturan bentuk pangkat, akar, dan logaritma - grafik fungsi kuadrat - akar-akar persamaan kuadrat - sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel - komposisi fungsi - fungsi invers - program linear - fungsi linear - operasi matriks, invers, dan determinan matrik ordo 2 x 2 - suku ke-n, jumlah n suku deret aritmetika dan deret geometri Siswa mampumemahami dan menguasai tentang: - limit fungsi aljabar - turunan fungsi aljabar - integral tak tentu dan tentu - titik stasioner dan nilai ekstrim Siswa mampu memahami dan menguasai tentang: -perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku -kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang Siswa memahami dan menguasai tentang: - deskripsi data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik - ukuran pemusatan (mean, median, dan modus) - ukuran letak (kuartil, desil, dan persentil) - ukuran penyebaran (jangkauan, simpangan rata-rata, varians, dan standar deviasi) - kombinasi - permutasi - peluang kejadian Aplikasi  Menentukan  Menerapkan  Memprediksi  Menghubungkan  Menggunakan  Memecahkan masalah Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -persamaan kuadrat -pertidaksamaan kuadrat -model matematika sistem persamaan lineardua variabel -program linear -deret aritmetika dan geometri -funsi linear Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - fungsi naik danfungsi turun - titik stasioner dan nilai ekstrim Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -fungsi trigonometri -jarak pada bangun ruang -sudut pada bangun ruang Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - deskripsi data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik - ukuran pemusatan (mean, median, dan modus) - ukuran letak (kuartil, desil, dan persentil) - ukuran penyebaran (jangkauan, simpangan rata-rata, varians, dan standar deviasi) - kombinasi
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif Aljabar Kalkulus Geometri dan Trigonometri Statistika dan Peluang - permutasi - Peluang Kejadian Penalaran  Menganalisis  Mensintesis  Mengevaluasi  Merumuskan  Menyimpulkan  Menjelaskan hubungan konseptual dan informasi faktual  Menginterpretasi Siswa mampumenggunakan nalar yang berkaitan dengan: -fungsi linear -program lineardan penafsirannya -barisan dan deret Siswa mampumenggunakan nalar yang berkaitan dengan: -nilai ekstrim - Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - ukuran pemusatan (mean, median, dan modus) - kombinasi - permutasi - peluang kejadian

KISI-KISI UN 2016 BAHASA INDONESIA

KISI-KISIUJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/ SEKOLAH MENENGAH TEOLOGI KRISTEN/ SEKOLAH MENENGAH AGAMA KATOLIK TAHUN PELAJARAN 2015/2016
1. BahasaIndonesiaIPA/IPS/Keagamaan
Level Kognitif Membaca Nonsastra Membaca satra Menulisterbatas
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pemahamandan Pengetahuan  Mengidentifikasi  Memaknai
Siswa mampu - memaknai istilah - mengidentifikasi informasi tersurat
Siswa mampu - mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/ kias dalam karya sastra - memaknaiisi tersurat dalam karya sastra
Siswa mampu - menentukan istilah/ kata yang tepat sesuai konteks
Siswa mampu - mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata - mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi - mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat - mengartikankata
Siswa mampu - mengidentifikasi kesalahan pengguanaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama kota, kata depan) - mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Aplikasi  Menginterpretasi  Menangkap  Menggunakan
Siswa mampu - menemukan ide pokok - menemukan inti kalimat - menentukan makna rujukan - menyimpulkan isi tersiratdalam teks nonsastra
Siswa mampu - menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (sebab onflik, akibat konflik, nilai moral) - menyimpulkanhubungan antarbagian cerpen/novel
Siswa mampu - melengkapi unsur teks eksposisi - melengkapi unsur teks deskripsi - melengkapi unsur teks narasi - melengkapi teks sastra - melengkapi teks ulasan - melengkapi teks prosedur
Siswa mampu - menggunakan istilah dalam kalimat - menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidahbentukan kata)
Siswa mampu - menggunakan ejaan - menggunakan tanda baca
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif Membaca Nonsastra Membaca satra Menulisterbatas
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Penalaran  Membandingkan  Menunjukkan Bukti  Menganalisis  Menanggapi/ Mengomentari  Merefleksi  Mengevaluasi
Siswa mampu - membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa teks - menyimpulkan perbedaan dan persamaan isi - membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi) - mengomentari isi teks - menunjukkan bukti suatusimpulan
Siswa mampu - membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) - menganalisis hubungan antarbagian karya sastra - membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai) - mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini - menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra - meringkasisi karya sastra
Siswa mampu - mengurutkan unsur teks - memvariasikan kata yang bermakna sama - memvariasikan kalimat yang bertujuan sama - menyusun paragraf dari beberapa data - menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
Siswa mampu - memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat - memperbaiki kesalahan penggunaan paragraf - menentukan alasan dari segi pilihan kata, kalimat paragraf
Siswa mampu - memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan - memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca - menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dantanda baca