Mengenai Saya

Foto saya
Pasrum Affandi, Waka Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan

Minggu, 25 Oktober 2015

KISI-KISI UN 2015/2016 BIOLOGI

15.BiologiIPA
Level Kognitif
KeanekaragamanHayatidan Ekologi
Struktur danFungsiMakhluk Hidup
Biomolekulerdan Bioteknologi Genetika danEvolusi
Pengetahuan dan pemahaman  Menyebutkan  Menentukan  Menjelaskan
Siswa mampu memahami dan menguasai: - ciri-ciri mahluk hidup dan perannya dalam kehidupan - tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis, ekosistem) - ekosistem
Siswa mampu memahami dan menguasai: - struktur dan fungsi pada tumbuhantinggi - struktur dan fungsi pada manusia dan hewan vertebrata - bagian-bagian sistem organ pada manusia dan fungsinya - gangguan-gangguan pada sistem tubuh manusia
Siswa mampu memahami dan menguasai: - struktur dan fungsi sel - susunanRNA, DNA, dan kromosom - metabolisme sel - bioteknologi
Siswa mampu memahami dan menguasai: -hukum-hukumMendel -asal-usul kehidupan -teori evolusi
Aplikasi  Mengidentifikasi  Membandingkan  Mengklasifikasikan
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan danpemahaman tentang: - dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup - perubahan lingkungan - daur biogeokimia
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -mekanisme kerja sistem organ -pengaruhgangguan/serangan penyakit pada mekanisme kerja organ
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -transpor membran -enzim -mekanisme reaksi katabolisme dan anabolisme -reproduksi sel -sintesis protein -dampak bioteknologi
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - penyimpangan semuhukum Mendel - pembentukan gamet - hereditas manusia - petunjuk/bukti-bukti evolusi
Penalaran  Menginterpretasikan  Menyimpulkan  Menganalisis  Merumuskan  Menjelaskan hubungan konseptual dan informasi faktual  Merancang percobaan
Siswa mampumenggunakan nalar dalam: - percobaan pengelompokan makhluk hidup - perubahan lingkungan dan dampaknya
Siswa mampu menggunakan nalar dalam: -gangguan/penyakit berdasarkan uji laboratorium -percobaan tentang faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
Siswa mampu menggunakan nalar dalam: -percobaan tentang transpor membran -percobaan metabolisme sel -percobaan bioteknologi
Siswa mampu menggunakan nalar dalam: - hereditas manusia dalam peta silsilah - hubungan antara teori dan prinsip berdasarkan kasus evolusi - mekanisme evolusi

Tidak ada komentar: