Mengenai Saya

Foto saya
Pasrum Affandi, Waka Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan

Minggu, 25 Oktober 2015

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016 IPS ( EKONOMI, SOSIOLOGI, GIOGRAFI)

16.Ekonomi IPS
Level Kognitif
Konsep Ekonomi Konsep Pembangunan
Manajemen Perekonomian Internasional
Akuntansi Perusahaan Jasa
Akuntansu Perusahaan Dagang
Pengetahuandan Pemahaman  Mendeskripsikan  Menjelaskan  Menentukan  Mengidentifikasi  Menyebutkan  Menunjukkan  Membandingkan  Membedakan  Memberi contoh
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan kelangkaan sumber daya - masalah pokok ekonomi - sistem ekonomi indonesia dan negara lain - kegiatanekonomi konsumen dan produksen - permintaan penawaran dan harga keseimbangan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - masalah yang dihadapi pemerintah dalam ekonomi - ekonomi mikro dan makro - pendapatan nasional - pendapatan perkapitan - indeks hargadan inflasi - uang dan perbankan - kebijakan moneter - ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi - APBN dan APBD - pasar modal
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - globalisasi dan masalah-masalah dalam perdaganan internasional - valutaasing - neraca pembayaran dan devisa - manajemen - badan usaha dan koperasi
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - akuntansi sebagai sistem informasi - persamaan dasar akuntansi dan mekanisme debit dan kredit - jurnal umum - buku besar - jurnal penyesuaian - kertas kerja - laporan keuangan perusahaan jasa
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - jurnal khusus - buku besar utama - buku besar pembantu - harga pokok penjualan - jurnal penyesuaian - kertas kerja - laporan keuangan perusahaan dagang - jurnal penutup - posting akhir - neraca saldo setelah penutupan
Aplikasi  Menerapkan  Menginterpretasika n  Memprediksi  Menghitung
Peserta didik mampu mengaplikasi pemahaman tentang: - kegiatan ekonomi konsumen dan produsen dalam aliran pendapatan (circular flow) - permintaan,
Peserta didik mampu mengaplikasi dan pemahaman tentang: - masalah-masalah makro dan mikro - pendapatan nasional dan pendapatan perseorangan dengan beberapa pendekatan
Peserta didik mampu mengaplikasikan pemahaman tentang: - perubahan kurs rupiah terhadap berbagai macam valuta asing - neraca pembayaran dan devisa
Peserta didik mampu mengaplikasi dan pemahaman tentang: - mencatat transaksi ke jurnal umum - memposting jurnal umum ke Buku Besar - mengiterpretasi jurnal penyesuaian
Peserta didik mampu mengaplikasikan pemahaman tentang: - menginterpretasikan jurnal khusus - memposting ke Buku Besar Utama dan Buku Besar Pembantu - menghitung harga
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif
Konsep Ekonomi Konsep Pembangunan
Manajemen Perekonomian Internasional
Akuntansi Perusahaan Jasa
Akuntansu Perusahaan Dagang
penawaran dan harga keseimbangan, baik secara matematis maupun grafis - pemecahan masalah ekonomi dalam sistem yang berbeda
perhitungan - perhitungan indeks harga, inflasi dan pertumbuhan ekonomi
- analisisSWOT dalam manajemen sekolah
- menyusun rencana kerja - menyusun laporan keuangan Perusaan Jasa
pokok penjualan - menginterpretasikan jurnal penyesuaian - menyusun kertas kerja - menyusun laporan keuangan - menginterpretasikan jurnal penutup - posting akhir dari jurnal penutup - menyusun neraca saldo setelah penutupan
Penalarandanlogika  Menganalisis  Mensintesis  Mengevaluasi  Memecahkan masalah  Menyimpulkan  Menjelasakan hubungan konseptual dan informasi faktual
Peserta didik mampu menggunakan nalar dan logika dalam memecahkan masalah tentang: - jenis-jenis elastisitas permintaan (harga, silang dan pendapatan) dan penawaran - kegiatan ekonomi dalam perubahan sistem ekonomi
Peserta didik mampu menggunakan nalar dan logika dalam memecahkan masalah tentang: - Hubungan pendapatan perkapita dan ketenagakerjaan (pengangguran dan kemiskinan) - hubungan kebijakan moneter dan inflasi - hubungan indek harga saham gabungan (pasar modal) dan tingkat suku bunga (kebijakan moneter)
Peserta didik mampu menggunakan nalar dan logika dalam memecahkan masalah tentang: - hubungan kurs valuta asing dengan neraca pembayaran - hubungan perjanjian perdagangan bebas dan perekonomian nasional - hubungan badan usaha, koperasi dan permasalahannya
Peserta didik mampu menggunakan nalar dan logika dalam memecahkan masalah tentang: - menganalisi laporan keuangan perusahaan jasa dan permasalahannya - menganalisis laporan keuangan perusahaan jasa dan permasalahannya
Peserta didik mampu menggunakan nalar dan logika dalam memecahkan masalah tentang: - menganalisis laporan keuangan perusahaan jasa dan permasalahannya
17.Sosiologi IPS
Level Kognitif
Konsep dan Objek Kajian Sosiologi
Kehidupan sosial, permasalahan dan solusinya
MasyarakatMultikultural dan Perubahan Sosial
Penelitian Sosial
Pengetahuandan Pemahaman  Menyebutkan  Mengidentifikasi  Menunjukkan  Menjelaskan  Menentukan  Mengkategorikan  Membedakan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - konsep dasar sosiologi - objeksosiologi - fungsi dan manfaat sosiologi
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - nilai dan norma - sosialisasi dan perilaku menyimpang - struktur sosial - diferensiasi sosial - kelompok sosial - mobilitas sosial - konflik dan integrasi sosial
Peserta didikmampu memahami dan menguasai tentang: - masyarakat multikultural - perubahan sosial - globalisasi
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - penelitian sosial - jenis-jenis penelitian - prosedur dan metode penelitian - instrumen pengumpulan data - kegunaanpenelitian sosial
Aplikasi  Memberi contoh  Membandingkan  Menghubungkan  Menerapkan  Menginterpretasi
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - interaksi sosial antar individu, kelompok, dan antar kelompok dengan konsep dasarsosiologi
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - hubungan sosialisasi dengan perilaku menyimpang - pengaruh struktur sosial dan deferensiasi sosial terhadap kehidupan masyarakat di berbagai bidang - mobilitas sosial dan dinamika kelompok sosial - terjadinya permasalahan- permasalahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat di berbagai bidang
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - hubungan antarkelompok dalam masyarakat multikultural - menciptakan masyarakat multikultural yang harmonis - proses dan dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat - perubahan sosial di tengah- tengah pengaruh globalisasi
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - penentuan topik penelitian - perumusan masalah penelitian - rancangan penelitian (jenis dan data penelitian, sampel penelitian, instrumen penelitian, dan teknik analisis data penelitian)
Penalaran  Menyimpulkan  Merumuskan  Menganalisis  Mensintesis
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji: - gejala-gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji: - permasalahan sosial dalam masyarakat yang berpotensi
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji: - pemecahan masalah yang muncul sebagai dampak
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji: - kesesuaian jenispenelitian dengan data penelitian
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif
Konsep dan Objek Kajian Sosiologi
Kehidupan sosial, permasalahan dan solusinya
MasyarakatMultikultural dan Perubahan Sosial
Penelitian Sosial
 Mengevaluasi  Memprediksi  Memecahkan masalah
dengan menggunakan konsep dasar sosiologi
menimbulkan konflik sosial - pemecahan masalah sosial dalam masyarakat - peran lembaga sosial dalam memecahkan masalah sosial dalam masyarakat
keanekaragaman masyarakat multikultural - masyarakat multikultural dalam bingkai NKRI - tantangan masa depan bangsa dalam menghadapi globalisasi
- keunggulan dan kelemahan instrumen pengumpulan data - pengolahan data penelitian - interpretasi data hasil penelitian - penyusunan laporan hasil penelitian - manfaat hasil penelitian
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
18.GeografiIPS
Level Kognitif Hakekat geografi
Pembentukan Jagadraya, Tatasurya dan Bumi
Fenomena geosfer
Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Informasi Geografi Kewilayahan
Pengetahuan dan pemahaman  Menyebutkan  Mengidentifikasi  Menjelaskan  Memahami
Siswa mampu memahami dan menguasai: - konsep geografi - pendekatan geografi - prinsip geografi - aspek geografi
Siswa mampu memahami dan menguasai pembentukan: - Jagadraya - Tatasurya - Bumi sebagai planet
Siswa mampu memahami dan menguasai: - atmosfer - hidrosfer - litosfer - biosfer
Siswa mampu memahami dan menguasai: - kependudukan - sumberdaya alam - lingkungan hidup - pembangunan berkelanjutan
Siswa mampu memahami dan menguasai: - peta - penginderaan jauh - sistem informasi geografis
Siswa mampu memahami dan menguasai: - pola keruangan - interaksi desa-kota - wilayah dan pewilayahan - pusat pertumbuhan - negara maju dan negara berkembang
Aplikasi  Mengklasifikasi  Menentukan  Menggunakan  Memecahkan  Menerapkan  Menghitung
Siswa mampu mengaplikasikan: - konsep geografi - pendekatan geografi - prinsip geografi - aspek geografi
Siswa mampu menentukan karakteristik: - Jagadraya - Tatasurya - Bumi sebagai planet
Siswa mampu mengklasifikasi: - atmosfer - hidrosfer - litosfer - biosfer
Siswa mampu mengaplikasi pengetahuanuntuk mengatasi permasalahan: - kependudukan - sumberdaya alam - lingkungan hidup - pembangunan berkelanjutan
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuanuntuk mencari informasi dengan mengunakan: - peta - penginderaan jauh - sistem informasi geografis
Siswa mampu menentukan karakteristik: - pola keruangan - interaksi desa-kota - wilayah dan pewilayahan - pusat pertumbuhan - negara maju dan negara berkembang
Penalaran dan logika  Membandingkan  Memprediksi  Membuktikan  Mengkombinasi  Menganalisis
Siswa mampu menganalisis hakekat gografi: - konsep geografi - pendekatan geografi - prinsip geografi - aspek geografi
Siswa mampu menganalisis: - Jagadraya - Tatasurya - Bumi sebagai planet
Siswa mampu menganalisis fenomena geosfer: - atmosfer - hidrosfer - litosfer - biosfer
Siswa mampu memprediksi permasalahan dan upaya mengatasinya di bidang: - kependudukan - sumberdaya alam - lingkungan hidup
Siswa mampu menganalisis informasi geografi dari: - peta - penginderaan jauh - sistem informasi geografis
Siswa mampu membedakan kewilayahan tentang: - pola keruangan - interaksi desa-kota - wilayah dan pewilayahan - pusat pertumbuhan - negara maju dan
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif Hakekat geografi
Pembentukan Jagadraya, Tatasurya dan Bumi
Fenomena geosfer
Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Informasi Geografi Kewilayahan
- pembangunan berkelanjutan
negara berkembang

Tidak ada komentar: