16.Ekonomi IPS
Level Kognitif
Konsep Ekonomi Konsep Pembangunan
Manajemen Perekonomian Internasional
Akuntansi Perusahaan Jasa
Akuntansu Perusahaan Dagang
Pengetahuandan Pemahaman Mendeskripsikan Menjelaskan Menentukan Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Membandingkan Membedakan Memberi contoh
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan kelangkaan sumber daya - masalah pokok ekonomi - sistem ekonomi indonesia dan negara lain - kegiatanekonomi konsumen dan produksen - permintaan penawaran dan harga keseimbangan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - masalah yang dihadapi pemerintah dalam ekonomi - ekonomi mikro dan makro - pendapatan nasional - pendapatan perkapitan - indeks hargadan inflasi - uang dan perbankan - kebijakan moneter - ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi - APBN dan APBD - pasar modal
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - globalisasi dan masalah-masalah dalam perdaganan internasional - valutaasing - neraca pembayaran dan devisa - manajemen - badan usaha dan koperasi
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - akuntansi sebagai sistem informasi - persamaan dasar akuntansi dan mekanisme debit dan kredit - jurnal umum - buku besar - jurnal penyesuaian - kertas kerja - laporan keuangan perusahaan jasa
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - jurnal khusus - buku besar utama - buku besar pembantu - harga pokok penjualan - jurnal penyesuaian - kertas kerja - laporan keuangan perusahaan dagang - jurnal penutup - posting akhir - neraca saldo setelah penutupan
Aplikasi Menerapkan Menginterpretasika n Memprediksi Menghitung
Peserta didik mampu mengaplikasi pemahaman tentang: - kegiatan ekonomi konsumen dan produsen dalam aliran pendapatan (circular flow) - permintaan,
Peserta didik mampu mengaplikasi dan pemahaman tentang: - masalah-masalah makro dan mikro - pendapatan nasional dan pendapatan perseorangan dengan beberapa pendekatan
Peserta didik mampu mengaplikasikan pemahaman tentang: - perubahan kurs rupiah terhadap berbagai macam valuta asing - neraca pembayaran dan devisa
Peserta didik mampu mengaplikasi dan pemahaman tentang: - mencatat transaksi ke jurnal umum - memposting jurnal umum ke Buku Besar - mengiterpretasi jurnal penyesuaian
Peserta didik mampu mengaplikasikan pemahaman tentang: - menginterpretasikan jurnal khusus - memposting ke Buku Besar Utama dan Buku Besar Pembantu - menghitung harga
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif
Konsep Ekonomi Konsep Pembangunan
Manajemen Perekonomian Internasional
Akuntansi Perusahaan Jasa
Akuntansu Perusahaan Dagang
penawaran dan harga keseimbangan, baik secara matematis maupun grafis - pemecahan masalah ekonomi dalam sistem yang berbeda
perhitungan - perhitungan indeks harga, inflasi dan pertumbuhan ekonomi
- analisisSWOT dalam manajemen sekolah
- menyusun rencana kerja - menyusun laporan keuangan Perusaan Jasa
pokok penjualan - menginterpretasikan jurnal penyesuaian - menyusun kertas kerja - menyusun laporan keuangan - menginterpretasikan jurnal penutup - posting akhir dari jurnal penutup - menyusun neraca saldo setelah penutupan
Penalarandanlogika Menganalisis Mensintesis Mengevaluasi Memecahkan masalah Menyimpulkan Menjelasakan hubungan konseptual dan informasi faktual
Peserta didik mampu menggunakan nalar dan logika dalam memecahkan masalah tentang: - jenis-jenis elastisitas permintaan (harga, silang dan pendapatan) dan penawaran - kegiatan ekonomi dalam perubahan sistem ekonomi
Peserta didik mampu menggunakan nalar dan logika dalam memecahkan masalah tentang: - Hubungan pendapatan perkapita dan ketenagakerjaan (pengangguran dan kemiskinan) - hubungan kebijakan moneter dan inflasi - hubungan indek harga saham gabungan (pasar modal) dan tingkat suku bunga (kebijakan moneter)
Peserta didik mampu menggunakan nalar dan logika dalam memecahkan masalah tentang: - hubungan kurs valuta asing dengan neraca pembayaran - hubungan perjanjian perdagangan bebas dan perekonomian nasional - hubungan badan usaha, koperasi dan permasalahannya
Peserta didik mampu menggunakan nalar dan logika dalam memecahkan masalah tentang: - menganalisi laporan keuangan perusahaan jasa dan permasalahannya - menganalisis laporan keuangan perusahaan jasa dan permasalahannya
Peserta didik mampu menggunakan nalar dan logika dalam memecahkan masalah tentang: - menganalisis laporan keuangan perusahaan jasa dan permasalahannya
17.Sosiologi IPS
Level Kognitif
Konsep dan Objek Kajian Sosiologi
Kehidupan sosial, permasalahan dan solusinya
MasyarakatMultikultural dan Perubahan Sosial
Penelitian Sosial
Pengetahuandan Pemahaman Menyebutkan Mengidentifikasi Menunjukkan Menjelaskan Menentukan Mengkategorikan Membedakan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - konsep dasar sosiologi - objeksosiologi - fungsi dan manfaat sosiologi
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - nilai dan norma - sosialisasi dan perilaku menyimpang - struktur sosial - diferensiasi sosial - kelompok sosial - mobilitas sosial - konflik dan integrasi sosial
Peserta didikmampu memahami dan menguasai tentang: - masyarakat multikultural - perubahan sosial - globalisasi
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang: - penelitian sosial - jenis-jenis penelitian - prosedur dan metode penelitian - instrumen pengumpulan data - kegunaanpenelitian sosial
Aplikasi Memberi contoh Membandingkan Menghubungkan Menerapkan Menginterpretasi
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - interaksi sosial antar individu, kelompok, dan antar kelompok dengan konsep dasarsosiologi
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - hubungan sosialisasi dengan perilaku menyimpang - pengaruh struktur sosial dan deferensiasi sosial terhadap kehidupan masyarakat di berbagai bidang - mobilitas sosial dan dinamika kelompok sosial - terjadinya permasalahan- permasalahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat di berbagai bidang
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - hubungan antarkelompok dalam masyarakat multikultural - menciptakan masyarakat multikultural yang harmonis - proses dan dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat - perubahan sosial di tengah- tengah pengaruh globalisasi
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - penentuan topik penelitian - perumusan masalah penelitian - rancangan penelitian (jenis dan data penelitian, sampel penelitian, instrumen penelitian, dan teknik analisis data penelitian)
Penalaran Menyimpulkan Merumuskan Menganalisis Mensintesis
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji: - gejala-gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji: - permasalahan sosial dalam masyarakat yang berpotensi
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji: - pemecahan masalah yang muncul sebagai dampak
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji: - kesesuaian jenispenelitian dengan data penelitian
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif
Konsep dan Objek Kajian Sosiologi
Kehidupan sosial, permasalahan dan solusinya
MasyarakatMultikultural dan Perubahan Sosial
Penelitian Sosial
Mengevaluasi Memprediksi Memecahkan masalah
dengan menggunakan konsep dasar sosiologi
menimbulkan konflik sosial - pemecahan masalah sosial dalam masyarakat - peran lembaga sosial dalam memecahkan masalah sosial dalam masyarakat
keanekaragaman masyarakat multikultural - masyarakat multikultural dalam bingkai NKRI - tantangan masa depan bangsa dalam menghadapi globalisasi
- keunggulan dan kelemahan instrumen pengumpulan data - pengolahan data penelitian - interpretasi data hasil penelitian - penyusunan laporan hasil penelitian - manfaat hasil penelitian
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
18.GeografiIPS
Level Kognitif Hakekat geografi
Pembentukan Jagadraya, Tatasurya dan Bumi
Fenomena geosfer
Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Informasi Geografi Kewilayahan
Pengetahuan dan pemahaman Menyebutkan Mengidentifikasi Menjelaskan Memahami
Siswa mampu memahami dan menguasai: - konsep geografi - pendekatan geografi - prinsip geografi - aspek geografi
Siswa mampu memahami dan menguasai pembentukan: - Jagadraya - Tatasurya - Bumi sebagai planet
Siswa mampu memahami dan menguasai: - atmosfer - hidrosfer - litosfer - biosfer
Siswa mampu memahami dan menguasai: - kependudukan - sumberdaya alam - lingkungan hidup - pembangunan berkelanjutan
Siswa mampu memahami dan menguasai: - peta - penginderaan jauh - sistem informasi geografis
Siswa mampu memahami dan menguasai: - pola keruangan - interaksi desa-kota - wilayah dan pewilayahan - pusat pertumbuhan - negara maju dan negara berkembang
Aplikasi Mengklasifikasi Menentukan Menggunakan Memecahkan Menerapkan Menghitung
Siswa mampu mengaplikasikan: - konsep geografi - pendekatan geografi - prinsip geografi - aspek geografi
Siswa mampu menentukan karakteristik: - Jagadraya - Tatasurya - Bumi sebagai planet
Siswa mampu mengklasifikasi: - atmosfer - hidrosfer - litosfer - biosfer
Siswa mampu mengaplikasi pengetahuanuntuk mengatasi permasalahan: - kependudukan - sumberdaya alam - lingkungan hidup - pembangunan berkelanjutan
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuanuntuk mencari informasi dengan mengunakan: - peta - penginderaan jauh - sistem informasi geografis
Siswa mampu menentukan karakteristik: - pola keruangan - interaksi desa-kota - wilayah dan pewilayahan - pusat pertumbuhan - negara maju dan negara berkembang
Penalaran dan logika Membandingkan Memprediksi Membuktikan Mengkombinasi Menganalisis
Siswa mampu menganalisis hakekat gografi: - konsep geografi - pendekatan geografi - prinsip geografi - aspek geografi
Siswa mampu menganalisis: - Jagadraya - Tatasurya - Bumi sebagai planet
Siswa mampu menganalisis fenomena geosfer: - atmosfer - hidrosfer - litosfer - biosfer
Siswa mampu memprediksi permasalahan dan upaya mengatasinya di bidang: - kependudukan - sumberdaya alam - lingkungan hidup
Siswa mampu menganalisis informasi geografi dari: - peta - penginderaan jauh - sistem informasi geografis
Siswa mampu membedakan kewilayahan tentang: - pola keruangan - interaksi desa-kota - wilayah dan pewilayahan - pusat pertumbuhan - negara maju dan
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif Hakekat geografi
Pembentukan Jagadraya, Tatasurya dan Bumi
Fenomena geosfer
Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Informasi Geografi Kewilayahan
- pembangunan berkelanjutan
negara berkembang
Hadits Nabi menyatakan خير الناس انفعهم للناس، yang artinya, sebaik-baik manusia adalah manusia yang lebih bermanfaat terhadap manusia lainnya. Tanamkanlah kebaikan yang kelak akan kembali kepada kita sendiri, demikian juga jika kejelekan yang kita tanam maka kejelekan itu akan kembali pada diri kita sendiri. Begitulah Firman Allah dalam QS Al Isra' : 7 اِنْ اَحْسَنْتُمْ اَحْسَنْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ ۗوَاِنْ اَسَأْتُمْ فَلَهَاۗ
Mengenai Saya
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar