Mengenai Saya

Foto saya
Pasrum Affandi, Waka Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan

Minggu, 25 Oktober 2015

KISI-KISI UN 2016 BAHASA INDONESIA

KISI-KISIUJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/ SEKOLAH MENENGAH TEOLOGI KRISTEN/ SEKOLAH MENENGAH AGAMA KATOLIK TAHUN PELAJARAN 2015/2016
1. BahasaIndonesiaIPA/IPS/Keagamaan
Level Kognitif Membaca Nonsastra Membaca satra Menulisterbatas
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pemahamandan Pengetahuan  Mengidentifikasi  Memaknai
Siswa mampu - memaknai istilah - mengidentifikasi informasi tersurat
Siswa mampu - mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/ kias dalam karya sastra - memaknaiisi tersurat dalam karya sastra
Siswa mampu - menentukan istilah/ kata yang tepat sesuai konteks
Siswa mampu - mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata - mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi - mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat - mengartikankata
Siswa mampu - mengidentifikasi kesalahan pengguanaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama kota, kata depan) - mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Aplikasi  Menginterpretasi  Menangkap  Menggunakan
Siswa mampu - menemukan ide pokok - menemukan inti kalimat - menentukan makna rujukan - menyimpulkan isi tersiratdalam teks nonsastra
Siswa mampu - menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (sebab onflik, akibat konflik, nilai moral) - menyimpulkanhubungan antarbagian cerpen/novel
Siswa mampu - melengkapi unsur teks eksposisi - melengkapi unsur teks deskripsi - melengkapi unsur teks narasi - melengkapi teks sastra - melengkapi teks ulasan - melengkapi teks prosedur
Siswa mampu - menggunakan istilah dalam kalimat - menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidahbentukan kata)
Siswa mampu - menggunakan ejaan - menggunakan tanda baca
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif Membaca Nonsastra Membaca satra Menulisterbatas
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Penalaran  Membandingkan  Menunjukkan Bukti  Menganalisis  Menanggapi/ Mengomentari  Merefleksi  Mengevaluasi
Siswa mampu - membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa teks - menyimpulkan perbedaan dan persamaan isi - membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi) - mengomentari isi teks - menunjukkan bukti suatusimpulan
Siswa mampu - membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) - menganalisis hubungan antarbagian karya sastra - membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai) - mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini - menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra - meringkasisi karya sastra
Siswa mampu - mengurutkan unsur teks - memvariasikan kata yang bermakna sama - memvariasikan kalimat yang bertujuan sama - menyusun paragraf dari beberapa data - menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
Siswa mampu - memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat - memperbaiki kesalahan penggunaan paragraf - menentukan alasan dari segi pilihan kata, kalimat paragraf
Siswa mampu - memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan - memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca - menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dantanda baca

Tidak ada komentar: