Matematika IPA
Level Kognitif Aljabar Kalkulus Geometri dan Trigonometri Statistika Pengetahuan dan pemahaman Mengidentifikasi Mengklasifikasi data Menyimpulkan Menjelaskan Membandingkan Menentukan Menghitung Siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik: - Pangkat, akar, dan logaritma - Fungsi, komposisi fungsi, dan, fungsiinvers - Persamaan dan fungsi kuadrat - Sistem persamaan linear dan sistem pertidaksamaan linear - Program linear - Suku banyak - Matriks - Barisan dan deret Siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik: - Limit fungsi aljabar dan limit fungsi trigonometri - Turunan fungsi aljabar dan turunan fungsi trigonometri - Titik stasioner dan nilai ekstrim - Integral fungsi aljabar dan integral fungsi trigonometri Siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik: - Perbandingan trigonometri, danfungsi trigonometri - Aturan sinus dan kosinus - Kedudukan, jarak, dan sudut darititik, garis, dan bidang dalam ruang tiga dimensi - Persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran - Transformasi Siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik: - Statistika dasar - Kaidah pencacahan (perkalian permutasi, kombinasi) - Peluang Aplikasi Menggunakan Memodelkan Memecahkan masalah Siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep aljabar dalam masalah kehidupan sehari-hari pada topik: - pangkat, akar, dan logaritma - fungsi, komposisi fungsi, dan, fungsi invers - persamaan danfungsi kuadrat - sistem persamaan linear dan sistem pertidaksamaan linear - program linear - suku banyak - matriks - barisan dan deret Siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep kalkulus dalam masalah kehidupan sehari- hari pada topik: - limit fungsi aljabar dan limit fungsi trigonometri - turunan fungsi aljabar dan turunan fungsi trigonometri - titik stasioner dan nilai ekstrim - integral fungsi aljabar dan integral fungsi trigonometri Siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep geometri dan trigonometri dalam masalahkehidupan sehari-hari pada topik: - perbandingan trigonometri, danfungsi trigonometri - aturan sinus dan kosinus - kedudukan, jarak, dan sudut dari titik, garis, dan bidang dalam ruang tiga dimensi - persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran - transformasi Siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep statistik dan peluang dalam masalah kehidupan sehari-hari pada topik: - statistika dasar - kaidah pencacahan(perkalian permutasi, kombinasi) - peluang
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif Aljabar Kalkulus Geometri dan Trigonometri Statistika Penalaran Menganalisis Menerapkan gagasan Mengorganisasi gagasan Mensintesis Mengevaluasi Merumuskan Menyimpulkan Menginterprestasi Siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik: - fungsi, komposisi fungsi, dan, fungsiinvers - persamaandan fungsi kuadrat - sistem persamaan linear dan sistem pertidaksamaan linear - program linear - matriks - barisan dan deret Siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik: - turunan fungsi aljabar dan turunan fungsi trigonometri - titik stasioner dan nilai ekstrim - integral fungsi aljabar dan integral fungsi trigonometri Siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik: - perbandingan trigonometri, danfungsi trigonometri - aturan sinus dan kosinus - kedudukan, jarak, dan sudut dari titik, garis, dan bidang dalam ruang tiga dimensi - transformasi Siswa memiliki kemampuan bernalarpada topik: - statistika dasar - kaidah pencacahan(perkalian permutasi, kombinasi) - peluang
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
11.Matematika IPS
Level Kognitif Aljabar Kalkulus Geometri dan Trigonometri Statistika dan Peluang Pengetahuan dan pemahaman Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Membandingkan Menjelaskan Mengkatagorikan Membedakan Menentukan Menghitung Siswa mampu memahamidan menguasai tentang: - aturan bentuk pangkat, akar, dan logaritma - grafik fungsi kuadrat - akar-akar persamaan kuadrat - sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel - komposisi fungsi - fungsi invers - program linear - fungsi linear - operasi matriks, invers, dan determinan matrik ordo 2 x 2 - suku ke-n, jumlah n suku deret aritmetika dan deret geometri Siswa mampumemahami dan menguasai tentang: - limit fungsi aljabar - turunan fungsi aljabar - integral tak tentu dan tentu - titik stasioner dan nilai ekstrim Siswa mampu memahami dan menguasai tentang: -perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku -kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang Siswa memahami dan menguasai tentang: - deskripsi data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik - ukuran pemusatan (mean, median, dan modus) - ukuran letak (kuartil, desil, dan persentil) - ukuran penyebaran (jangkauan, simpangan rata-rata, varians, dan standar deviasi) - kombinasi - permutasi - peluang kejadian Aplikasi Menentukan Menerapkan Memprediksi Menghubungkan Menggunakan Memecahkan masalah Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -persamaan kuadrat -pertidaksamaan kuadrat -model matematika sistem persamaan lineardua variabel -program linear -deret aritmetika dan geometri -funsi linear Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - fungsi naik danfungsi turun - titik stasioner dan nilai ekstrim Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -fungsi trigonometri -jarak pada bangun ruang -sudut pada bangun ruang Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - deskripsi data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik - ukuran pemusatan (mean, median, dan modus) - ukuran letak (kuartil, desil, dan persentil) - ukuran penyebaran (jangkauan, simpangan rata-rata, varians, dan standar deviasi) - kombinasi
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif Aljabar Kalkulus Geometri dan Trigonometri Statistika dan Peluang - permutasi - Peluang Kejadian Penalaran Menganalisis Mensintesis Mengevaluasi Merumuskan Menyimpulkan Menjelaskan hubungan konseptual dan informasi faktual Menginterpretasi Siswa mampumenggunakan nalar yang berkaitan dengan: -fungsi linear -program lineardan penafsirannya -barisan dan deret Siswa mampumenggunakan nalar yang berkaitan dengan: -nilai ekstrim - Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - ukuran pemusatan (mean, median, dan modus) - kombinasi - permutasi - peluang kejadian
Hadits Nabi menyatakan خير الناس انفعهم للناس، yang artinya, sebaik-baik manusia adalah manusia yang lebih bermanfaat terhadap manusia lainnya. Tanamkanlah kebaikan yang kelak akan kembali kepada kita sendiri, demikian juga jika kejelekan yang kita tanam maka kejelekan itu akan kembali pada diri kita sendiri. Begitulah Firman Allah dalam QS Al Isra' : 7 اِنْ اَحْسَنْتُمْ اَحْسَنْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ ۗوَاِنْ اَسَأْتُمْ فَلَهَاۗ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar