Mengenai Saya

Foto saya
Pasrum Affandi, Waka Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan

Minggu, 25 Oktober 2015

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016 MATEMATIKA

Matematika IPA
Level Kognitif Aljabar Kalkulus Geometri dan Trigonometri Statistika Pengetahuan dan pemahaman  Mengidentifikasi  Mengklasifikasi data  Menyimpulkan  Menjelaskan  Membandingkan  Menentukan  Menghitung Siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik: - Pangkat, akar, dan logaritma - Fungsi, komposisi fungsi, dan, fungsiinvers - Persamaan dan fungsi kuadrat - Sistem persamaan linear dan sistem pertidaksamaan linear - Program linear - Suku banyak - Matriks - Barisan dan deret Siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik: - Limit fungsi aljabar dan limit fungsi trigonometri - Turunan fungsi aljabar dan turunan fungsi trigonometri - Titik stasioner dan nilai ekstrim - Integral fungsi aljabar dan integral fungsi trigonometri Siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik: - Perbandingan trigonometri, danfungsi trigonometri - Aturan sinus dan kosinus - Kedudukan, jarak, dan sudut darititik, garis, dan bidang dalam ruang tiga dimensi - Persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran - Transformasi Siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik: - Statistika dasar - Kaidah pencacahan (perkalian permutasi, kombinasi) - Peluang Aplikasi  Menggunakan  Memodelkan  Memecahkan masalah Siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep aljabar dalam masalah kehidupan sehari-hari pada topik: - pangkat, akar, dan logaritma - fungsi, komposisi fungsi, dan, fungsi invers - persamaan danfungsi kuadrat - sistem persamaan linear dan sistem pertidaksamaan linear - program linear - suku banyak - matriks - barisan dan deret Siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep kalkulus dalam masalah kehidupan sehari- hari pada topik: - limit fungsi aljabar dan limit fungsi trigonometri - turunan fungsi aljabar dan turunan fungsi trigonometri - titik stasioner dan nilai ekstrim - integral fungsi aljabar dan integral fungsi trigonometri Siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep geometri dan trigonometri dalam masalahkehidupan sehari-hari pada topik: - perbandingan trigonometri, danfungsi trigonometri - aturan sinus dan kosinus - kedudukan, jarak, dan sudut dari titik, garis, dan bidang dalam ruang tiga dimensi - persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran - transformasi Siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep statistik dan peluang dalam masalah kehidupan sehari-hari pada topik: - statistika dasar - kaidah pencacahan(perkalian permutasi, kombinasi) - peluang
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif Aljabar Kalkulus Geometri dan Trigonometri Statistika Penalaran  Menganalisis  Menerapkan gagasan  Mengorganisasi gagasan  Mensintesis  Mengevaluasi  Merumuskan  Menyimpulkan  Menginterprestasi Siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik: - fungsi, komposisi fungsi, dan, fungsiinvers - persamaandan fungsi kuadrat - sistem persamaan linear dan sistem pertidaksamaan linear - program linear - matriks - barisan dan deret Siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik: - turunan fungsi aljabar dan turunan fungsi trigonometri - titik stasioner dan nilai ekstrim - integral fungsi aljabar dan integral fungsi trigonometri Siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik: - perbandingan trigonometri, danfungsi trigonometri - aturan sinus dan kosinus - kedudukan, jarak, dan sudut dari titik, garis, dan bidang dalam ruang tiga dimensi - transformasi Siswa memiliki kemampuan bernalarpada topik: - statistika dasar - kaidah pencacahan(perkalian permutasi, kombinasi) - peluang
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
11.Matematika IPS
Level Kognitif Aljabar Kalkulus Geometri dan Trigonometri Statistika dan Peluang Pengetahuan dan pemahaman  Mengidentifikasi  Menyebutkan  Menunjukkan  Membandingkan  Menjelaskan  Mengkatagorikan  Membedakan  Menentukan  Menghitung Siswa mampu memahamidan menguasai tentang: - aturan bentuk pangkat, akar, dan logaritma - grafik fungsi kuadrat - akar-akar persamaan kuadrat - sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel - komposisi fungsi - fungsi invers - program linear - fungsi linear - operasi matriks, invers, dan determinan matrik ordo 2 x 2 - suku ke-n, jumlah n suku deret aritmetika dan deret geometri Siswa mampumemahami dan menguasai tentang: - limit fungsi aljabar - turunan fungsi aljabar - integral tak tentu dan tentu - titik stasioner dan nilai ekstrim Siswa mampu memahami dan menguasai tentang: -perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku -kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang Siswa memahami dan menguasai tentang: - deskripsi data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik - ukuran pemusatan (mean, median, dan modus) - ukuran letak (kuartil, desil, dan persentil) - ukuran penyebaran (jangkauan, simpangan rata-rata, varians, dan standar deviasi) - kombinasi - permutasi - peluang kejadian Aplikasi  Menentukan  Menerapkan  Memprediksi  Menghubungkan  Menggunakan  Memecahkan masalah Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -persamaan kuadrat -pertidaksamaan kuadrat -model matematika sistem persamaan lineardua variabel -program linear -deret aritmetika dan geometri -funsi linear Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - fungsi naik danfungsi turun - titik stasioner dan nilai ekstrim Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -fungsi trigonometri -jarak pada bangun ruang -sudut pada bangun ruang Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - deskripsi data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik - ukuran pemusatan (mean, median, dan modus) - ukuran letak (kuartil, desil, dan persentil) - ukuran penyebaran (jangkauan, simpangan rata-rata, varians, dan standar deviasi) - kombinasi
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif Aljabar Kalkulus Geometri dan Trigonometri Statistika dan Peluang - permutasi - Peluang Kejadian Penalaran  Menganalisis  Mensintesis  Mengevaluasi  Merumuskan  Menyimpulkan  Menjelaskan hubungan konseptual dan informasi faktual  Menginterpretasi Siswa mampumenggunakan nalar yang berkaitan dengan: -fungsi linear -program lineardan penafsirannya -barisan dan deret Siswa mampumenggunakan nalar yang berkaitan dengan: -nilai ekstrim - Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - ukuran pemusatan (mean, median, dan modus) - kombinasi - permutasi - peluang kejadian

Tidak ada komentar: