KATA PENGANTAR
Puji Syukur kami pajatkann ke Hadirat Allah SWT, atas karuianya dapat menyelesaikan penyusunan Program Kerja dan Rencana Kerja Waki Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan untuk tahun pelajaran 2021/2022
Tugas dan Fungs Wakil Kepala Sekolah adalah; (1) menjabarkan kurikulum menjad iprogramo perasional pembelajaran di sekolah melalui análisis kurikulum, sinkronisasi, menetapkan kurikulum validasi; (2) menetapkan program pembelajaran, jadwal kegiatan, pembagian tugas mengajar, jadwal pelajaran dan bahan ajar; (3) mengorganisasi/ mengkoordinasi KBM baik normatif, adaptif maupun produktif yang terdiri dari : persiapan KBM, pelaksanaan KBM, evaluasi hasil belajar, análisis hasil evaluasi belajar, perbaikan dan pengayaan; (4) mengelola administras ipendidikan/ pengajaran; dan (5) merencanakan dan menyusun program pengembangan kurikulum.
Tujuan penyusunan Program Kerja dan Rencana Kerja in itidak lain adalah sebagai acuan dan pedoman yang harus dikerjakan oleh Wakil Kepala Sekolah selama tahun pelajaran 2021/2022. Mudah-mudahan dengan adanya Program Kerja in iakan meningkatkan kinerja, sesuai dengan Visi dan Mis SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan.
Penyusun menyadari bahwa Program Kerja dan Rencana Kerja ini masih belum sempurna dari harapan, oleh karena itu Penyusun mengharapkan saran dan kritikan yang bersipat membangun dari semua pihak untuk perbaikan Program Kerja ini pada masa-masa yang akan datang.
Pekalongan, 10 Juli 2021
Wakil KepalaSekolah
Drs.Pasrum Affandi
NBM. 668.216
PROGRAM KERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH URUSAN KURIKULUM SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
A. Sasaran Mutu Wakil Kepala Sekolah (WKS) Urusan Kurikulum
Sasaranmutu WKS Urusan Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan pada tahun pelajaran 2021/2022 adalah :
1. 91 % - 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi pengetahuan sesuai dengan tingkat kompetensi
2. 91 % - 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi ketrampilan sesuai dengan tingkat kompetensi
3. 91% - 100% guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakteristik peserta didik dan mata pelajaran
4. Peserta Didik memiliki ketrampilan bertindak secara mandiri, kolaboratif, dan komunikatif dalam menampilkan kinerja mandiri dengan pengawasan langsung atasan berdasarkan kuantitas, kualitas terukur sesuai standard kompetensi kerja, dan dapat diberikan tugas membimbing orang lain yang diperoleh dari pengalaman belajar dan kegiatan lain meliputi :
1) Praktik laboratorium Sekolah,
2) pelaporan tugas / kegiatan,
3) presentasi hasil penugasan,
4) keterlibatan dalam kepanitian,
5) keterlibatan dalam lomba kompetensi siswa
5. Sekolah memiliki struktur organisasi yang lengkap dan efektif sesuai dengan ketentuan, melalui langkah berikut:
1) diputuskan,
2) ditetapkan,
3) disosialisasikan,
4) disahkan
6. Peserta Didik mengikuti berbagai ujian :
1) Penilaian Harian
2) Penilaian Tengah Semester (PTS)
3) Penilaian Akhir Semester (PAS)
4) Ujian Sekolah (US)
5) Penialain Akhir Tahun (PAT)
7. Guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1) menetapkan tujuan penilaian,
2) menyusun kisi-kisi ujian,
3) mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian,
4) melakukan analisis kualitas instrumen,
5) melaksanakan penilaian,
6) melaporkan,
7) memanfaatkan hasil penilaian
B. Sasaran Kerja Bidang Kurikulum
Untuk mencapai sasaran mutu WKS Urusan Kurikulum dan dalam rangka fokus pada ketercapaian tujuan maka pada tahun pelajaran 2021/2022 menetapkan sasaran kerja bidang kurikulum adalah sebagai berikut :
1. Pemetaan atau pembagian rombongan belajar bagi peserta didik baru tahun pelajaran 2021/2022.
2. Menyusun Jadwal Pelajaran TP 2021/2022
3. Memastikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), melalui kegiatan perencanaan, monitoring dan supervise akademis.
4. Merencanakan dan melaksanakan penilaian tingkat satuan pendidikan (PTS, PAS,dan PAT)
5. Memastikan kegiatan/ program literasi dapat berjalan dengan baik.
6. Menyusun dan mereview kembali Standar Operasional Prosedure (SOP) dan atau Juknis yang ada di Bidang Kurikulum agar diperoleh SOP yang implementatif.
7. Meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menyusun soal High Order Thinking Skill (HOTS) melalui kegiatan bimbingan teknis atau optimalisasi peran MGMP tingkat sekolah.
8. Merencanakan dan melaksanakan pengembangan kurikulum berbasis kurikulum 2013 (KTSP)
9. 100 % Peserta didik kelas XII Tahun Pelajaran 2021/2022 lulus dari SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan
10. Meningkatkan kompetensi TIK guru khususnya dalam proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar.
11. Menyusun KTSP SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Tahun Pelajaran 2020/2021 dan memastikan bahwa dokumen KTSP telah ditandatangani Kepala Sekolah ditetapkan oleh ketua komite Sekolah dan disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah
C. Program Kerja Bidang Kurikulum
Program kerja bidang kurikulum merupakan uraian kerja, tujuan, Indikator ketercapaian, dan unsur yang terlibat dalam kegiatan yang direncanakan oleh Waka Urusan kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan. Dasar penyusunan program kerja bidang kurikulum adalah sasaran mutu, dan sasaran kerja, serta rencana kerja tahunan SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Tahun Pelajaran 2021/2022. Adapun Program Kerja Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Tahun Pelajaran 2021/2022 adalah seperti pada table berikut dibawah ini :
NO
NAMA KEGIATAN
URAIAN KEGIATAN
TUJUAN KEGIATAN
INDIKATOR KETERCAPAIAN
UNSUR YANG TERLIBAT
PENANGGUNG JAWAB
WAKTU
KET
A.
Standar Isi
1. Penyusunan Program KerjaKurikulum
Rapat koordininasi WKS bersama staff TU untuk penyusunan program kerja
Untuk menyusun program kerja yang sesuai dengan sasaran kerja dan mutu WKS bidang kurikulum
Tersusunnya program kerja WKS bidang kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan TP 2021/2022
WKS Kesiswaan, WKS Humas, WKS Sarpras dan Staff TU
WKS Kurikulum
Juli 2021
2. Penyusunan Peraturan Akademik
Rapat penyusunan peraturan Akademik SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan TP 2021/2022
Untuk mewujudkan Peraturan Akademik yang implementatif dan dipedomani seluruh warga SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan
Tersusunnya Peraturan Akademik SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan TP 2021/2022
WKS dan Staff TU
WKS Kurikulum
Juli 2021
3. Penyusunan Jadwal Pelajaran Semester Gasal TP 2021/2022
Rapat penyusunan jadwal pelajaran semester gasal TP 2021/2022
Untuk menyusun jadwal pelajaran semester gasal TP 2021/2022
Tersusunnya Jadwal Pelajaran semester ganjil TP 2021/2022
Kepala Sekolah, WKS Kurikulum,
KepalaSekolah
Juni 2021
4. Pengembangan Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan
a. Rapat evaluasi implementasi KTSP dan penyusunan draft KTSP oleh Tim Pengembang Kurikulum
b. Workshop Review draft KTSP TP 2021/2022
c. Penyelarasan Kurikulum dengan PTN/PTS
d. Finalisasi Dokumen KTSP 2021/2022
a. Mengembangkan KTSP berdasarkan hasil evaluas iimplementasi KTSP
b. Menyelaraskan kurikulum dengan PTN/PTS dan revisi KTSP agar sesuai dengan peraturan terbaru dan kompetensi yang dibutuhkan DUDI
c. Menyelaraskan kompetensi dasar, IPK, atau materi pembelajaran dengan kebutuhan DUDI
d. Mengesahkan dokumen KTSP yang telah direview oleh tim
a. Tersusunnya Draft Dokumen KTSP hasil usulan dari Mitra SMA dan perbaikan berdasarkan evaluasi
b. Tersusunnya Kurikulum yang sesuai dengan POS dan peraturan yang berlaku
c. Tersusunnya Kurikulum yang selaras dengan Mitra SMA
d. Adanya Dokumen KTSP TP 2021/2022 yang telah ditandatangani Kepala Sekolah, ditetapkan Komite Sekolah, dan Disahkan/divalidasi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengan
Tim Pengembang KTSP, WKS
Kepala Sekolah
Mei 2021
5. Pembagian Tugas Mengajar Guru
Rapat penyusunan pembagian tugas mengajar guru TP 2021/2022
Untuk menyusun pembagian tugas mengajar guru
Tersusunnya Beban Mengajar Guru yang sesuai dengan peraturan yang berlaku
Kepala Sekolah, WKS Kurikulum
KepalaSekolah
Juni 2021
B.
Standar Proses
1. Pengadaan Buku Pemerintah dan Buku Pendamping
Kegiatan pengadaan buku teks pelajaran / buku guru dan buku siswa (pemerintah), buku non teks pelajaran, modul pembelajaran
Untuk memastikan semua peserta didik dapat menggunakan sumber belajar / bukuteks dan atau buku pendamping yang sesuai baik secara kualitas maupun kuantitas
Adanya buku teks pelajaran, non teks dan modul pembelajaran yang digunakan oleh pesertadidik dalam proses pencapaian kompetensi
WKS Kurikulum, Ketua MGMP, dan guru matapelajaran
Kepala Sekolah
Juli 2021
2. Workshop Penulisan soal HOTS bagi guru SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan
Pelatihan bagi guru SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan.tentang penulisan soal HOTS
Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun instrument evaluasi / soaltipe HOTS
Guru mampu menyusun soal bertipe HOTS
Kepala Sekolah, WKSKurikulum, guru SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan
KepalaSekolah
Desember 2021
3. Rapat Koordinasi WKS Bidang Kurikulum, Kesiswaan, Humas dengan, Ketua MGMP Mata Pelajaran dan Koordinator BP BK
Rapat WKS 1 dan Staff bersamadengan WKS 2,ketua MGMP Mapel, dan Koordinator BP BK dalam rangka koordinasi terkait pelaksanaan pembelajaran dan bimbingan
Adanya koordinasi dan sinergi antara unit kerja dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan
Semua unit kerja melaksan akan tugas pokok dan fungsinya terkait peningkatan proses pembelajaran dan bimbingan dengan baik
Kepala Sekolah, WKS Kurikulum, Ketua Kompetens iKeahlian, Ketua MGMP dan Koordinator BP BK
KepalSekolah
September 2021
Februari 2021
4. Rapat Koordinasi Wali Kelas dengan orang tua wali siswa
Rapat antara wali kelas dengan orang tua peserta didik yang diampu dalam rangka mewujudkan pendidikan peserta didik secara utuh dan terintegrasi
a. Sebagai wadah untuk menyampaikan informasi program sekola hkepada orang tua siswa
b. Menyamakan visi dan misi antara orang tua dan sekolah dalam mendidik peserta didik
Adanya persamaan persepsi antara orangtua siswa dan sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan
KepalaSekolaah, WKS KURIKULUM, Wali Kelas, Orang tua peserta didik
Kepala Sekolah
Oktober 2019
Maret 2020
5. Penguatan Program Literasi Sekolah
a. Pengadaan Buku non teks pelajaran
b. Pengadaan Almari/ tempat buku bacaan pada setiap ruang belajar/ kelas
c. Rapat Koordinasi Tim Gerakan Literas iSekolah SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan
a. Untuk meningkatkan kuantitas dan jenis buku bacaan yang akan digunakan dalam kegiatan literasi
b. Sebagai tempat buku non teks dalam rangka mendukung kegiatan literasi pada setiap ruang belajar
c. Untuk mnyusun program kerja literasi dalam rangka meningkatkan kualitas dan jenis literasi
Adanya buku non teks pelajaran untuk dimanfaatkan dalam kegiatan literasi baca
Adanyaalmari / tempat buku pada setiap ruang belajar
Adanya Program Kerja Tim Literasi
Kepala Sekolah, WKS Kurikulum Kepala Perpustakaan, WKS Humas Tim GLS
KepalaSekolah
Agustus 2021
Agustus 2021
Agustus 2021
6. Program Persiapan Ujian Sekolah Tahun 2021
a. Penyusunan dan Penggandaan Modul PersiapanUjian Sekolah sesuai dengan SKL yang ada
b. Kegiatan penambahan pembelajaran/tutorial untuk mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Sekolah
a. Untuk menyusun modul persiapan Ujian Sekolah dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ketrampilan menyelesiakan soal-soal tipe Ujian Sekolahpada setiap mata pelajaran
b. Untuk mempersiapkan materi dan mental siswa dalam rangka menghadapi Ujian Sekolah sehingga rata-rata nilai Ujian Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan pada TP 2021/2022 meningkat
Tersusunnya Modul Persiapan Ujian Sekolah dari setiap mata pelajaran yang diujikan
Terlaksananya program tutorial bagikelasXII
Kepala Sekolah, WKS Kurikulum dan Staff, Guru mapel yang diujikan dalam Ujian Sekolah
WKS Kurikulum
Desember 2021
Januari s.d Maret 2021
8. Pemantauan, Monitoring, dan evaluasi Proses Pembelajaran
Supervisi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran
Untuk mengetahui kualitas implementasi pembelajaran guru dalam rangka melakukan tindakan berbaikan secara berkelanjutan
Adanya dokumen hasil supervisi dan evaluasi guru
Kepala Sekolah dan timsupervisi
Kepala Sekolah
September 2021 dan Maret 2022
C.
1. Sosialisasi Penilaian (komponen, teknik, dan instrument penilaian)
Rapat koordinasi dan sosialisasit entang komponen, teknik, dan instrument penilaian bagi semua guru SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan
Untuk meningkatkan pemahaman guru SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan penilaian hasilbelajar
Guru di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan memahami tentangkomponen, teknik, dan instrument penilaian hasil belajar.
Kepala Sekolah dan semua guru
WKS Kurikulum
Oktober 2021
2. Pengembangan dan implementasi e-rapor SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan untuk penyusunan Laporan Hasil Belajar Siswa
Sosialisasi dan implementasi E-rapor SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan untuk penyusunan Laporan Hasil BelajarSiswa
Semua guru memahami dan bias menggunakan aplikasi erapor sebagaiwujud implementasi system informasi managemen di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan
Tersusunnya Rapor Hasil Belajar siswa menggunakan e-raport SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan
Kepala Sekolah dan Semua guru
WKS Kurikulum
Desember 2021
3. Kegiatan Penilaian Harian (Ulangan Harian)
Penilaian terhadap kompetensi yang telah dipelajar ipeserta didik melalui kegiatan ulangan harian, penugasan, dan atau tes lisan
Untuk mengukur kompetensi yang dimiliki peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk beberapa kompetensi dasar atau materi tertentu
Adanya dokumen hasil pekerjaan peserta didik dan nilai hasil penilaian harian
Guru, peserta didik
guru
Juli 2021 s.d. Mei 2021
4. Kegiatan Penilaian Tengah Semester
Penilaian oleh sekolah terhdap kompetensi yang dimiliki pesertadidik setelah 8 s.d. 9 mingguefektif
Untuk mengukur kompetensi peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran 8 s.d. 9 minggu efektif
Semua peserta didik melaksanakan penilaian akhir semester yang dibuktikan dengan berita acara dan daftar hadir PTS
WKS 1, Guru dan PesertaDidik
WKS Kurikulum
Oktober 2021 dan Maret 2022
5. Kegiatan Penilaian Akhir Semester Gasal
Penilaian oleh sekolah yang dilaksanakan secara bersama-sama untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik selama satu semester
Untuk mengukur kompetensi peserta didik selama satu semester
Terlaksananya Penilaian akhir semester yang berkualitas
Adanya daftar hadir, berita acara pelaksanaan Penilaian akhir semester, POS dan Juknis Penilaian Akhir Semester dan laporan akhir semester
Kepala Sekolah, Semua Guru, dan PesertaDidik
WKS Kurikulum
November 2022
6. Kegiatan Penilaian Kenaikan Kelas
Penilaian oleh sekolah yang dilaksanakan secara bersama-sama pada akhir semester gasal bagi kelas X dan XI untukmengukur pencapaian kompetensi peserta didik selama satu semester
Untuk mengukur kompetensi peserta didik selama satu semester pada saat semester Gasal
Terlaksananya Penilaian Kenaikan Kelas yang berkualitas
Adanya daftar hdir, berita acara pelaksanaan Penilaianakhir semester, POS dan Juknis Penilaian Akhir Semester dan laporanakhir semester
Kepala Sekolah, Semua Guru, dan PesertaDidik
WKS Kurikulum
Mei 2022
7. Kegiatan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)
Penilaian oleh sekolah bagi peserta didik kelasXII dan mengacu pada standard kompetensi Lulusan
Untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik kelas XII pada mata pelajaran tertentu dan menjadi penentu kelulusan peserta didik
Terlaksananya USBN yang berkualitas dan diikuti oleh semuapsertadidikkelasXII, yang dibuktikandenganadanyaberita acara, daftar hadir, POS dan Juknis USBN sertaLaporanPelaksanaan USBN
Kepala Sekolah, Semua Guru, dan PesertaDidik Kelas XII
Kepala Sekolah
Maret / April 2022
8. Kegiatan Ujian Sekolah
Penilaian oleh sekolah bagi peserta didik kelas XII dan mengacu pada standard nasional pendidikan
Untuk mengukur capaian kompetensi lulusan p
Terlaksananya Ujian Sekolah yang berkualitas dan diikuti oleh semua peserta didik kelas XII, yang dibuktikan dengan adanya berita acara, daftar hadir, POS dan Juknis Ujian Sekolah serta Laporan Pelaksanaan Ujian Sekolah
Kepala Sekolah, Semua Guru, dan Peserta Didik Kelas XII
Kepala Sekolah
April 2022
Pekalongan ,10 Juli 2021
Mengetahui, Wakil Kepala Sekolah
Kepala Sekolah,
Dra. Dewi Masitoh Drs. Pasrum Affandi