STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
PENDIDIKAN AL- ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN
SMA/MA/SMK MUHAMMADIYAH SEJAWA TENGAH
TAHUN PELAJARAN : 2013 – 2014
Mata
Pelajaran : Kemuhammadiyahan
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Kl.
|
Indikator Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
1.
Memahami Pendidikan
Kemuhammadiyahan
|
1.3 Menyebutkan dan menghayati janji pelajar
Muhammadiyah
|
Kl.
X / 1
2
|
·
Menampilkan narasi tentang janji pelajar Muhammadiyah, peserta
didik dapat menyebutkan
janji pelajar Muhammadiyah.
·
Menampilkan
narasi tentang keteladanan
dalam kehidupan sehari-hari sesuai amanat janji pelajar muhammadiyah , peserta didik dapat menyebutkan makna janji pelajar Muhammadiyah
|
2.
|
2.
Memahami Perkembangan dunia
Islam sejak abad VII- XVII M
|
2.4
Menjelaskan kemunduran Islam pada abad ke XI – XVII
2.5
Menyebutkan tokoh-tokoh pelopor
gerakan kebangkitan dunia Islam di
Arab Saudi, mesir, Turki, India dan Pakistan.
|
5
|
·
Menampilkan narasi tentang kemunduran
dunia Islam abad ke XI – XVII, peserta didik dapat
menjelaskan sebab-sebab kemunduran dunia Islam pada abad ke XI - XVII
·
Menampilkan narasi tentang tokoh
pergerakan kebangkitan dunia Islam,
peserta didik dapat menyebutkan tokoh pergerakan dari Arab Saudi
·
Menampilkan narasi tentang
tokoh pergerakan kebangkitan dunia
Islam, peserta didik dapat menyebutkan tokoh pergerakan dari Mesir
·
Menampilkan narasi tentang
tokoh pergerakan kebangkitan dunia
Islam, peserta didik dapat menyebutkan tokoh pergerakan dari India
·
Menampilkan narasi tentang
tokoh pergerakan kebangkitan dunia Islam,
peserta didik dapat menyebutkan tokoh pergerakan dari Pakistan
|
3.
|
3.
Memahami Muhammadiyah sebagai
gerakan Islam
|
3.4
Menjelaskan maksud dan tujuan Muhammadiyah
3.5
Menjelaskan amal usaha
Muhammadiyah
|
3
|
·
Menampilkan narasi tentang
maksud dan tujuan Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan maksud
Muhammadiyah sebagai gerakan Islam
·
Menampilkan narasi tentang
tujuan Muhammadiyah, peserta dapat menjelaskan tujuan didirikannya
Muhammadiyah
·
Menampilkan narasi tentang amal
usaha Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan pengertian amal usaha
Muhammadiyah
|
4.
|
1.
Memahami ciri gerakan
Muhammadiyah
|
1.3 Membiasakan berperilaku amar ma’ruf nahi
munkar sesuai prinsip dasar ajaran
Muhammadiyah
|
Kl.
X / 2
2
|
·
Menampilkan ilustrasi tentang
perilaku amar ma’ruf nahi munkar, peserta didik dapat membiasakan perilaku
amar ma’ruf nahi munkar sesuai prinsip dasar ajaran Muhammadiyah
·
Menampilkan ilustrasi tentang
perilaku amar ma’ruf nahi munkar, peserta didik dapat megambil hikmah dari
perilaku amar ma’ruf nahi munkar sesuai
prinsip dasar ajaran Muhammadiyah
|
5.
|
2.
Memahami Organisasi
Muhammadiyah
|
2.5 Menjelaskan sistem permusyawaratan dalam
persyarikatan Muhammadiyah
2.6 Membiasakan perilaku berorganisasi dalam
kehidupan sehari-hari sesuai dengan prinsip persyarikatan Muhammadiyah
|
3
|
·
Menampilkan narasi tentang
sistem musyawarah dalam persyarikatah Muhammadiyah, peserta didik mampu
menjelaskan sistem musyawarah yang berlaku di Muhammadiyah
·
Menampilkan narasi tentang
perilaku berorganisasi dalam kehidupan, peserta didik dapat membiasakan
berorganisasi dalam kehidupan
sehari-hari
·
Menampilkan narasi tentang
perilaku berorganisasi dalam kehidupan, peserta didik dapat mengambil hikmah
berorganisasi dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
3. Memahami majlis dan lembaga persyarikatan
Muhammadiyah
|
3.2 Menyebutkan macam-macam majlis dan lembaga persyarikatan Muhammadiyah
3.3 Menjelaskan fungsi majlis dan lembaga
persyarikatan Muhammadiyah
|
3
|
·
Menampilkan narasi tentang
macam-macam majlis dan lembaga dalam Muhammadiyah, peserta didik dapat
menyebutkan majlis bidang pendidikan
·
Menampilkan narasi tentang
macam-macam majlis dan lembaga dalam Muhammadiyah, peserta didik dapat
menyebutkan majlis bidang
pengkaderan
·
Menampilkan narasi tentang
fungsi majlis dan lembaga dalam Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan
fungsi majlis /lembaga
|
6.
|
1.
Memahami peran Muhammadiyah
dari masa ke masa
|
1.3
Menjelaskan Muhammadiyah masa
Orde Baru sampai Reformasi
1.4 Muktamar ke 45 di Malang
|
Kl.
XI/1
3
|
·
Menampilkan ilustrasi tentang
Muhammadiyah masa Orde Baru sampai Reformasi, peserta didik dapat menjelaskan peran Muhammadiyah pada masa Orde Baru
·
Menampilkan ilustrasi tentang
Muhammadiyah masa Orde Baru sampai Reformasi, peserta didik dapat menjelaskan perang Muhammadiyah pada masa Reformasi
·
Menampilkan ilustrasi tentang
Muktamar ke 45 di Malang, peserta didik dapat menjelaskan hasil
keputusan Muktamar
|
7.
|
2
Memahami landasan dasar Persyarikatan Muhammadiyah
|
2.1
Menjelaskan pengertian Muqaddimah AD/ART Muhammadiyah
2.2
Menjelaskan sejarah perumusan Muqaddimah AD/ART
Muhammadiyah
2.3
Menjelaskan fungsi
muqaddimah AD/ART Muhammadiyah
2.4
Menjelaskan hakekat Muqaddimah
AD/ART Muhammadiyah
|
6
|
·
Menampilkan narasi
Muqaddimah AD/ART Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan
pengertian Muqaddimah AD/ART
·
Menampilkan narasi tentang
sejarah perumusan Muqaddimah AD/ART, peserta didik dapat menjelaskan sejarah perumusan Muqaddimah
AD/ART
·
Menampilkan narasi tentang
sejarah perumusan Muqaddimah AD/ART, peserta didik dapart menjelaskan
isi rumusan Muqaddimah AD/ART
·
Menampilkan narasi tentang
fungsi Muqaddimah, peserta didik dapat
menjelaskan fungsi Muqaddimah AD/ART
·
Menampilkan narasi tentang hakekat Muqaddimah AD/ART,
peserta didi dapat menjelaskan hakekat
Muqaddimah AD/ART
·
Menampilkan
narasi tentang hakekat Muqaddimah AD/ART, peserta didi dapat menjelaskan manfaat Muqaddimah AD/ART
|
8.
|
1.
Memahami kepribadian Muhammadiyah
|
1.1
Menjelaskan pengertian
kepribadian Muhammadiyah
1.2
Menjelaskan sejarah
perumusan kepribadian
Muhammadiyah
1.3
Menjelaskan fungsi
kepribadian Muhammadiyah
1.4
Menjelaskan hakikat
kepribadian Muhammadiyah
1.5
Menjelaskan matam kepribadian Muhammadiyah
1.6 Menampilkan perilaku sesuai dengan
kepribadian Muhammadiyah dalam kehidupan sehari-hari
|
Kl.
XI/2
8
|
·
Menampilkan narasi tentang pengertian
kepribadian Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan pengertian
kepribadian Muhammadiyah
·
Menampilkan narasi tentang
pengertian kepribadian Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan
pentingnya kepribadian Muhammadiyah
·
Menampilkan narasi tentang
sejarah perumusan kepribadian Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan
sejarah perumusan kepribadian Muhammadiyah
·
Menampilkan narasi tentang
sejarah perumusan kepribadian Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan
isi rumusan kepribadian Muhammadiyah
·
Menampilkan narasi tentang
fungsi kepribadian Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan fungsi
kepribadian Muhammadiyah
·
Menampilkan narasi tentang hakekat
kepribadian Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan hakekat kepribadian
Muhammadiyah
·
Menampilkan narasi tentang
matan kepribadian Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan matan
kepribadian Muhammadiyah
·
Menampilkan ilustrasi tentang
perilaku sesuai dengan kepribadian Muhammadiyah, peserta didik dapat
berperilaku sesuai kepribadian Muhammadiyah
|
9.
|
2.
Memahami landasan ideologi
Persyarikatan Muhammadiyah
|
2.1 Menjelaskan pengertian Matan
Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM)
2.2 Menjelaskan sejarah perumusan Matan
Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM)
2.3
Menjelaskan fungsi Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM)
2.4 Menjelaskan hakekat Matan Keyakinan dan
Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM)
2.5 Membiasakan berperilaku sesuai nilai-nilai
dasar perjuangan Persyarikatan Muhammadiyah
|
6
|
·
Menampilkan narasi tentang
pengertian matan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah, peserta didik
dapat menjelaskan pengertian matan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah
·
Menampilkan narasi tentang
sejarah perumusan MKCHM, peserta didik
dapat menjelaskan sejarah perumusan MKCHM
·
Menampilkan narasi tentang
fungsi MKCHM, peserta didik dapat menjelaskan fungsi MKCHM
·
Menampilkan narasi tentang
fungsi MKCHM, peserta didik dapat menyebutkan isi pokok dari MKCHM
·
Menampilkan narasi tentang
hakekat MKCHM, peserta didik dapat menjelaskan hakekat MKCHM
·
Menampilkan ilustrasi tentang
berprilaku sesuai nilai-nilai dasar perjuangan persyarikatan Muhammadiyah,
peserta didik dapat membiasakan
berperilaku sesuai perjuangan parsyarikatan
|
10.
|
1.
Memahami landasan Operasional
|
1.1
Menjelaskan khitah Perjuangan Muhammadiyah
1.2
Menampilkan perilaku Islami
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
Kl.
XII/1
9
|
·
Menampilkan narasi tentang
pengertian khittah, peserta didik dapat menjelaskan pengertian khittah
·
Menampilkan narasi tentang isi
khittah 12, peserta didik dapat menyebutkan
isi khittah 12 lamgkah muhammadiyah
·
Menampilkan narasi tentang isi
khittah Palembang tahun 1956, peserta
didik dapat menyebutkan isi khittah
palembang tahun 1956
·
Menampilkan narasi tentang isi
khittah Ponorogo tahun 1969, peserta didik dapat menyebutkan isi khittah ponorog tahun 1969
·
Menyebutkan isi khittah
surabaya tahun 1978
·
Menampilkan ilustrasi
sikap/perilaku penghayatan khittah Muhammadiyah, peserta didik dapat menunjukkan
sikap dan prilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap isi khittah
muhammadiyah
·
Menampilkan ilustrasi tentang
perilaku Islami dalam kehidupan bermasyarakat, peserta didik mampu bersikap
yang Islami dalam bermasyarakat
·
Menampilkan ilustrasi tentang
perilaku Islami dalam kehidupan berbangsa, peserta didik mampu bersikap yang
Islami dalam berbangsa
·
Menampilkan ilustrasi tentang
perilaku Islami dalam kehidupan bernegara, peserta didik mampu bersikap yang
Islami dalam bernegara
|
11.
|
2.
Memahami Pedoman Hidup Islami
|
2.1
Menjelaskan pedoman hidup Islami dalam bermuhammadiyah
2.2
Menampilkan perilaku Islami
dalam bermuhammadiyah
|
5
|
·
Menampilkan narsai tentang pengertian PHIWM, peserta didik dapat menjelaskan
pengertian pedoman hidup Islami warga Muhammadiyah
·
Menampilkan narasi tentang isi
PHIWM, peserta didik dapat menyebutkan isi pedoman hidup Islami warga Muhammadiyah ah
·
Menampilkan ilustrasi tentang
sikap dan perilaku penghayatan isi PHIWM, peserta didik dapat menunjukkan
sikap dan prilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap isi PHIWM
·
Menampilkan ilustrasi tentang
sikap warga Muhammadiyah dalam bermuamalah, peserta didik dapat menunjukkan
sikap warga Muhammadiyah dalam bermuamalah
·
Menampilkan ilustrasi tentang
sikap warga Muhammadiyah dalam beribadah, peserta didik dapat menunjukkan
sikap warga Muhammadiyah dalam beribadah sesuai dengan sunah Rasul.
|
12.
|
1.
Memahami perkembangan alam
pikiran Islam
|
1.1
Menjelaskan sejarah timbulnya aliran/firqah dalam Islam
1.2
Menjelaskan sejarah timbulnya mazhab dalam Islam
1.3
Menyebutkan macam-macam aliran dalam Islam
1.4
Menyebutkan macam-macam
mazhab dalam Islam
1.5
Menjelaskan perkembangan filsafat dan tasawwuf dalam
Islam
1.6
Mengambil hikmah dari
mempelajari aliran, mazhab, filsafat dan tasawwuf dalam Islam
|
Kl.
XII/2
8
|
·
Menampilkan narasi tentang
sejarah timbulnya aliran/firqoh dalam Islam, peserta didik dapat menjelaskan sejarah timbulnya aliran / firqoh dalam Islam
·
Menampilkan narasi tentang
sejarah timbulnya mazhab dalam Islam, peserta didik dapat menjelaskan sejarah timbulnya mazhab dalam Islam
·
Menampilkan narasi tentang
sebab-sebab timbulnya aliran/firqoh dalam Islam, peserta didik dapat menjelaskan sebab-sebab timbulnya aliran / firqoh dalam
Islam
·
Menampilkan narasi tentang
macam-macam aliran dalam Islam, peserta didik dapat menyebutkan macam-macam
aliran dalam Islam
·
Menampilkan narasi tentang
macam-macam mazhab dalam Islam, peserta didik dapat menyebutkan macam-macam
mazhab
·
Menampilkan narasi tentang
macam-macam mazhab yang berkembang di Indonesia, peserta didik dapat
menyebutkan empat macam mazhab yang berkembang di Indonesia
·
Menampilkan narasi tentang
tokoh-tokoh dalam mazhab dalam Islam, peserta didik dapat menyebutkan tiga
tokoh mazhab yang berkembang di dunia Islam
·
Menampilkan narasi tentang
tokoh-tokoh filsafat/tasawwuf dalam
Islam, peserta didik dapat menyebutkan tiga tokoh filfasat/tasawwuf yang berkembang di dunia Islam
|
13.
|
2.
Memahami sikap Muhammadiyah terhadap
perkembangan alam pikiran Islam
|
2.1
Menjelaskan sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan aliran
dan mazhab
2.2
Menjelaskan sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan
filsafat dan tasawwuf
2.3
Menampilkan sikap moderat
terhadap berbagai faham dan aliran sesuai faham keagamaan Muhammadiyah
|
3
|
·
Menampilkan narasi tentang
sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan aliran dan mazhab, peserta didik
dapat menjelaskan sikap Muhammadiyah terhadap timbulnya aliran dan madzhab
·
Menampilkan narasi tentang
sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan filsafat dan tasawwuf, peserta didik
dapat menjelaskan sikap Muhammadiyah
terhadap perkembangan filsafat dan tasawwuf
·
Menampilkan narasi tentang
sikap moderat terhadap berbagai faham
dan aliran sesuai faham keagamaan Muhammadiyah, peserta didik mampu bersikap
moderat terhadap berbagai faham dan aliran
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar