Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di
Pekalongan
-
Visi SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan
Untuk mewujudkan harapan diatas tentunya kami mempunyai Visi dan Misi ke
depan, Visi kami adalah dapat terwujudnya generasi muslim berkualitas yang berorientasi
kekinian, beriman, berilmu, dan
berakhlaq mulia unggul dalam Iman dan
Taqwa (IMTAQ) serta Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi (IPTEK)
-
Misi SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan
Dalam mewujudkan Visi
di atas maka akan diterjemahkan dalam Misi yang jauh ke depan agar harapan di
dalam visi terwujudnya generasi muslim berkualitas yang berorientasi
kekinian, beriman, berilmu, dan
berakhlaq mulia unggul dalam Iman dan
Taqwa (IMTAQ) serta Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi (IPTEK) dapat terwujud dengan baik maka perlu kami jabarkan dalam
Misi di bawah ini :
1.
Memberdayakan seluruh
potensi sekolah untuk membentuk
kepribadian muslim yang sesuai dengan qoidah Muhammadiyah.
2.
Mewajibkan guru dan
karyawan terlibat aktif dalam setiap kegiatan sekolah dan Mhammadiyah
3.
Membekali peserta didik
dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berorientasi pada kecakapan hidup
4.
Mengembangkan kemampuan
logika, matematika dan bahasa (logika dan verbal) sebagai dasar pengembangan
intelegensi peserta didik.
5.
Membentuk peserta didik
mampu mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya
6.
Mengembangkan SDM
profesional dan kompetitif yang berbasis teknologi informasi dan berwawasan
lingkungan.
7.
Meningkatkan mutu
peserta didik dengan memberikan remedial plus dan ekstra kurikuler yang dapat
bermanfaat langsung pada masyarakat.
8.
Membangun jaringan
kerja yang harmonis dengan lembaga-lembaga pelatihan profesional, orang tua,
masyarakat, Alumni dan pemerintah.
Tujuan Pendidikan SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan
Jalan untuk mencapai
Visi dan Misi di atas adalah adanya tujuan Pendidikan yang jelas di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di
Pekalongan yaitu :
1.
Terbentuknya lulusan
yang berkepribadian islami
2.
Terwujudnya warga
sekolah yang aktif dalam kegiatan sekolah maupun Muhammadiyah sebagai figur dan
duta Muhammadiyah di Lingkungan masing-masing
3.
Terwujudnya lulusan
yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, objektivitas dan tanggung jawab
4.
Meningkatnya mutu
lulusan sesuai dengan standar kompetensi lulusan
5.
Terbentuknya peserta
didik yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional
6.
Terwujudnya kader
Persyarikatan yang tangguh.
7.
Terwujudnya lulusan
yang mampu berperan aktif dalam masyarakat global
8.
Terwujudnya mutu dan
kualitas peserta didik yang menguasai Ilmu Pengetahuan, Al Islam dan
Kemuhammadiyahan
9.
Terpenuhinya
kesejahteraan Pendidik dan Tenaga kependidikan minimal sesuai dengan Standar Upah
Minimum Kota
10.
Pemberian Pengahargaan
Kepada Pendidik dan Tenaga kependidikan dan Peserta didik yang berpreastasi di
bidangya masing-masing
11.
Terwujudnya jaringan kerja
yang harmonis dengan -lembaga pelatihan profesional, orang tua, masyarakat,
Alumni dan pemerintah.
Rencana Program Sekolah Jangka Menengah (2012 – 2017)
Dalam rangka mewujudkan visi dan misi di atas
serta adanya realita sekarang ini, maka perlu adanya prioritas program jangka
menengah terlebih dahulu sebelum mencanangkan program jangka panjang 10 sampai
20 tahun ke depan tentunya tahapan-tahapan yang akan dicapai adalah :
1.
Seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang ada dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara
optimal, penuh semangat dan disiplin yang tinggi sebagai bentuk ibadah kepada Allah
SWT.
2.
Seluruh pendidik telah mengikuti pelatihan KTSP dalam upaya meningkatkan kompetensi dan profesionalisme.
3.
Perolehan nilai UN setiap mata pelajaran meningkat minimal antara
0,25 –0,50 setiap tahunnya.
4.
Memberikan pelayanan kepada siswa untuk memanfaatkan buku-buku
perpustakaan serta memanfaatkan fasilitas laboratorium untuk praktikum.
5.
Berusaha meningkatkan dan pemenuhan koleksi buku-buku perpustakaan.
6.
Berusaha seluruh Peserta
didik dapat terlayani untuk mengoperasikan komputer, dan mengakses internet
dengan mudah dan cepat
7.
Aktif dalam mengikuti lomba-lomba yang diadakan baik untuk tingkat
kecamatan, kabupaten, propinsi maupun nasional
8.
Memenuhi sarana dan prasarana sekolah secara bertahap dan berkesinambungan,
seperti ruang multi media, ruang guru, ruang
TU, dan Ruang Kelas lengkap dengan fasilitas AC dan LCD Proyektor
9.
Tamatan SMA Muhammadiyah Pekajangan dapat diterima di Perguruan
Tinggi, baik negeri maupun swasta, meningkat antara 5 – 10% dari pendaftar
setiap tahunnya.
10.
Memberikan pelayanan kepada siswa pada kegiatan ekstra kurikuler.
11.
Membudayakan kehidupan yang berakhlak mulia.
12. Membudayakan gemar membaca.
Penutup
Berdasarkan uraian tersebut di atas dapat ditarik beberapa kesimpulan
sebagai berikut :
1. Bahwa kehadiran SMA
Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan sebagai sekolah Islam lengkap dengan sistem
kelembagaan dan komponen-komponennya adalah muncul sebagai jawaban atas
tantangan di mana pendidikan dan Islam
dilaksanakan sangat serasi.
2. Sifat dan karakter pendidikan berbasis Islam yang demikian itu adalah sejalan dengan sifat ajaran Islam yang sejak
kelahirannya selalu terlibat dalam memecahkan berbagai masalah yang dihadapi
masyarakat, dan tampil dalam dinamika warna yang amat variatif.
3. Dalam perjalanannya selama 57 tahun ini
Pengelolaan SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan pada dasarnya menghadapi dua macam tantangan, yaitu tantangan yang datang dari
luar dan tantangan yang datang dari dalam. Tantangan dari luar muncul sebagai
akibat dari semakin berkembangnya tuntutan masyarakat dan perkembangan teknologi dan
globalisasi yang tidak mungkin ditinggalkan sedangkan tantangan dari dalam muncul berkaitan dengan kebutuhan dan
keinginan Keluarga Besar SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan, serta
Majelis Dikdamen dan PCM Pekajangan serta semua warga Muhammadiyah yang
menginginkan adanya SMA yang unggul dan berkualitas dalam menghadapi tantangan
modernisasi.
4. Dari perjalanan sekolah selama ini terlihat dengan jelas bahwa
lembaga pendidikan yang dapat terus bertahan dan diminati masyarakat adalah
lembaga pendidikan yang dapat menerima inovasi dan perubahan sesuai dengan tuntutan
zaman.
Oleh karena itu dengan adanya uraian di atas mudah-mudahan akan memotivasi
adanya perubahan yang mendasar demi kemajuan
sekolah ini dan akan semakin dipercaya masyarakat Pekalongan khususnya dan bisa
menjadi pendorong kemajuan sekolah-sekolah Muhammadiyah di lingkungan
Karesidenan Pekalongan, yang sampai hari ini belum memiliki sekolah
Muhammadiyah yang dibanggakan sebagai sekolah pavorit dan sekolah pilihan nomor
satu ketika akan menyekolahkan anaknya. Mudah-mudahan cita-cita ini akan terkabul,
amin ya Robbal Alamin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar