Jumat, 28 Februari 2014

SKL AKHLAQ 2014

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Ulangan Akhir Sekolah (UAS) Ciri Khusus
SMA Muhammadiyah
Tahun Pelajaran 2013/ 2014
Mata Pelajaran: Akhlak (Kelas XII)

No
Standar Kompetensi Lulusan
Kemampuan yang diuji
  1.  
Menjelaskan pengertian huznudzan.
  1. Memahami dalil tentang huznudzan kepada Allah.
  2. Mengidentifikasi adab terhadap ibu dan bapak
  1.  
Menyebutkan contoh- contoh perilaku huznudzan kepada Allah, diri sendiri dan sesama
  1. Memahami contoh huznudzan kepada sesame manusia
  2. Mengetahu ciri huznuzan kepada sesame manusia
  3. Mengidentifikasi hikmah huznudzan kepada sesama manusia.
  1.  
Menjelaskan pengertian Takabur, tafakhur, ujub, su’ udzan dan ghadab
  1. Mampu menyebutkan pengertian su’ udzan

  1.  
Menampilkan contoh- contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
  1. Mengetahui arti tabarruj al- jahiliyyah
  2. Menghindari jenis perhiasan yang di larang
  3. Mengetahui salah satu etika menerima tamu
  1.  
Menjelaskan pengertian hasud, riya’, dolim dan diskriminasi.
  1. Menyebutkan pengertian riya’.
  2. Mengetahui arti dholim.
  3. Menjelaskan akibat buruk dari hasud.
  1.  
Menjelaskan pengertian taubat, raja’, pelmaaf, pemurah, tabah dan istirja’
  1. Menyebutkan makna raja’
  2. Memahami dalil tentang pemaaf.
  1.  
Menjelaskan pengertian efisiensi, gigih, hemat, sederhana, amanah, pengendalian diri dan syaja’ah.
  1. Menyebutkan pengertian amanah.
  2. Menyebutkan pengertian saja’ah.
  1.  
Menyebutkan contoh perilaku efisiensi, gigih,hemat, sederhana, amanah, pengendalaian diri dan syaja’ah.
  1. Mengidentifikasi keutamaan efisiensi
  2. Memahami dalil tentang gigih.
  3. Mengidentifikasi manfaat sederhana.
  1.  
Menjelaskan pengertian menghargai karya orang lain.
  1. Mengetahui pengertian menghargai karya orang lain
  2. Menyebutkan cara menghargai karya orang lain.
  1.  
Menjelaskan pengertian israf, tabzir, ghibah, fitnah dan dosa besar.
30.  Menjelaskan arti isyraf
31.  Mengetahui arti fitnah
32.  Megetahuai arti ghibah
33.  Menguraikan akibat perilaku tabdzir
  1.  
Menghindari perbuatan isyraf, tabdzir, ghibah, fitnah dan dosa besar
35.  Menjelaskan bahaya fitnah
36.  Menjelaskan cara menghindari fitnah.
37.  Mengetahui cara menghindari gibah.
  1.  
Menjelaskan pengertian adil, ridho, amal saleh,  berfikir konstruk-tif, bersyukur dan bijaksana
39.  Menyebutkan keutamaan berlaku adil.
40.  Menyebutkan pengertian berfikir konstruktif.
41.  Menyebutkan pengertian adil.
42.  Menyebutkan pengertian rida
43.  Memahami dalil tentang bersyukur.
44.  Megidentifikasi perilaku bersyukur.
45.  Menunjukkan berilaku bijaksana.
  1.  
Menjelaskan pe-ngertian sikap terbuka dan mawas diri.
47.  Menyebutkan pengertian sikap terbuka
48.  Memahami dalil tentang sikap terbuka
49.  Menyebutan penertian mawas diri
  1.  
Menunjukkan contoh sikap ter-buka dan mawas diri
51.  Mengidentifikasi sikap terbuka.
52.  Mengidentifikasi ciri- ciri orang yang bermawas diri.

  1.  
Membiasakan sikap terbuka dan mawas diri
54.  Menyebutkan ciri sikap terbuka.
55.  Menyebutkan hikmah mmawas diri
  1.  
Menjelaskan pe-ngertian dan maksud persatuan dan kerukunan
57.  Menyebutkan pengertian persatuan.
58.  Menyebutkan hikmah persatuan.
59.  Menyebutkan pengertian kerukunan
  1.  
Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan
61.  Mengidentifikasi kerukunan antarumat beragama.
62.  Mengidentifikasi kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah.
  1.  
Menampilkan contoh perilaku tanggung  jawab seorang muslim terhadap diri sen-diri, keluarga, agama dan Negara
64.  Menyebutkan contoh perilaku tanggung jawab terhadab diri sendiri.
65.  Menyebutkan contoh perilaku tanggung jawab terhadab keluarga.
  1.  
Membiasakan pe-rilaku tanggung  jawab seorang muslim terhadap diri sendiri, kelu-arga, agama dan negara dalam ke-hidupan sehari-hari
66, Menjelaskan kewajiban setiap muslim terhadap Agama.
67.  Menjelaskan dalil tentang tanggung jawab terhadap diri sendiri.



Tidak ada komentar: