Mengenai Saya

Foto saya
Pasrum Affandi, Waka Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan

Jumat, 28 Februari 2014

SKL KEMUHAMMADIYAHN

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
PENDIDIKAN  AL- ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN
SMA/MA/SMK MUHAMMADIYAH SEJAWA TENGAH
TAHUN PELAJARAN :  2013 – 2014


Mata Pelajaran :  Kemuhammadiyahan

No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Kl.
Indikator Soal
1
2
3
4
5
1.
1.    Memahami Pendidikan Kemuhammadiyahan
1.3   Menyebutkan dan menghayati janji pelajar
        Muhammadiyah
Kl. X / 1
2
·       Menampilkan narasi tentang  janji pelajar Muhammadiyah, peserta didik  dapat  menyebutkan  janji pelajar Muhammadiyah.
·        Menampilkan  narasi tentang  keteladanan dalam kehidupan sehari-hari sesuai amanat janji pelajar muhammadiyah , peserta didik dapat  menyebutkan makna janji pelajar Muhammadiyah

2.
2.    Memahami Perkembangan dunia Islam sejak abad VII- XVII  M
2.4    Menjelaskan  kemunduran Islam pada abad          ke XI – XVII
2.5    Menyebutkan tokoh-tokoh pelopor gerakan kebangkitan dunia Islam  di Arab Saudi, mesir, Turki, India dan Pakistan.
5
·       Menampilkan narasi tentang kemunduran dunia Islam  abad  ke XI – XVII, peserta didik dapat menjelaskan sebab-sebab kemunduran dunia Islam pada abad ke XI - XVII
·       Menampilkan narasi tentang tokoh pergerakan kebangkitan  dunia Islam, peserta didik dapat menyebutkan tokoh pergerakan dari Arab Saudi
·       Menampilkan narasi tentang tokoh pergerakan kebangkitan  dunia Islam, peserta didik dapat menyebutkan tokoh pergerakan dari  Mesir
·       Menampilkan narasi tentang tokoh pergerakan kebangkitan  dunia Islam, peserta didik dapat menyebutkan tokoh pergerakan dari India
·       Menampilkan narasi tentang tokoh pergerakan kebangkitan  dunia Islam, peserta didik dapat menyebutkan tokoh pergerakan dari  Pakistan

3.
3.    Memahami Muhammadiyah sebagai gerakan Islam
3.4    Menjelaskan  maksud dan tujuan  Muhammadiyah
3.5    Menjelaskan amal usaha Muhammadiyah
3
·       Menampilkan narasi tentang maksud dan tujuan Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan maksud Muhammadiyah sebagai gerakan Islam 
·       Menampilkan narasi tentang tujuan Muhammadiyah, peserta dapat menjelaskan tujuan didirikannya Muhammadiyah 
·       Menampilkan narasi tentang amal usaha Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan pengertian amal usaha Muhammadiyah

4.
1.    Memahami ciri gerakan Muhammadiyah
1.3   Membiasakan berperilaku amar ma’ruf nahi munkar sesuai prinsip  dasar ajaran Muhammadiyah
Kl. X / 2
2
·       Menampilkan ilustrasi tentang perilaku amar ma’ruf nahi munkar, peserta didik dapat membiasakan perilaku amar ma’ruf nahi munkar sesuai prinsip dasar ajaran Muhammadiyah 
·       Menampilkan ilustrasi tentang perilaku amar ma’ruf nahi munkar, peserta didik dapat megambil hikmah dari perilaku  amar ma’ruf nahi munkar sesuai prinsip dasar ajaran Muhammadiyah    

5.
2.    Memahami Organisasi Muhammadiyah
2.5   Menjelaskan sistem permusyawaratan dalam persyarikatan Muhammadiyah
2.6   Membiasakan perilaku berorganisasi dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan prinsip persyarikatan Muhammadiyah
3
·       Menampilkan narasi tentang sistem musyawarah dalam persyarikatah Muhammadiyah, peserta didik mampu menjelaskan sistem musyawarah yang berlaku di Muhammadiyah 
·       Menampilkan narasi tentang perilaku berorganisasi dalam kehidupan, peserta didik dapat membiasakan berorganisasi dalam  kehidupan sehari-hari
·       Menampilkan narasi tentang perilaku berorganisasi dalam kehidupan, peserta didik dapat mengambil hikmah berorganisasi dalam  kehidupan sehari-hari


3.  Memahami majlis dan lembaga persyarikatan Muhammadiyah
3.2   Menyebutkan macam-macam majlis  dan lembaga persyarikatan Muhammadiyah
3.3   Menjelaskan fungsi majlis dan lembaga persyarikatan Muhammadiyah
3
·       Menampilkan narasi tentang macam-macam majlis dan lembaga dalam Muhammadiyah, peserta didik dapat menyebutkan  majlis  bidang pendidikan
·       Menampilkan narasi tentang macam-macam majlis dan lembaga dalam Muhammadiyah, peserta didik dapat menyebutkan  majlis  bidang  pengkaderan
·       Menampilkan narasi tentang fungsi majlis dan lembaga dalam Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan fungsi majlis /lembaga  

6.
1.    Memahami peran Muhammadiyah dari masa ke masa
1.3    Menjelaskan Muhammadiyah masa Orde Baru  sampai Reformasi
1.4   Muktamar ke 45 di Malang

Kl. XI/1
3
·      Menampilkan ilustrasi tentang Muhammadiyah masa Orde Baru sampai Reformasi,  peserta didik dapat menjelaskan peran  Muhammadiyah pada masa Orde Baru
·      Menampilkan ilustrasi tentang Muhammadiyah masa Orde Baru sampai Reformasi,  peserta didik dapat menjelaskan   perang Muhammadiyah pada masa Reformasi

·      Menampilkan ilustrasi tentang Muktamar ke 45 di Malang, peserta didik dapat menjelaskan hasil keputusan  Muktamar

7.
2      Memahami landasan  dasar Persyarikatan Muhammadiyah
2.1    Menjelaskan  pengertian Muqaddimah AD/ART Muhammadiyah
2.2    Menjelaskan  sejarah perumusan Muqaddimah AD/ART Muhammadiyah
2.3    Menjelaskan fungsi muqaddimah  AD/ART Muhammadiyah
2.4    Menjelaskan hakekat Muqaddimah AD/ART Muhammadiyah
6
·       Menampilkan  narasi  Muqaddimah AD/ART Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan pengertian Muqaddimah AD/ART 
·       Menampilkan narasi tentang sejarah perumusan Muqaddimah AD/ART, peserta didik dapat  menjelaskan sejarah perumusan Muqaddimah AD/ART 
·       Menampilkan narasi tentang sejarah perumusan Muqaddimah AD/ART, peserta didik dapart menjelaskan isi  rumusan Muqaddimah AD/ART 
·       Menampilkan narasi tentang fungsi  Muqaddimah, peserta didik dapat menjelaskan fungsi  Muqaddimah AD/ART 
·       Menampilkan  narasi tentang hakekat Muqaddimah AD/ART, peserta didi dapat  menjelaskan hakekat Muqaddimah AD/ART 
·        Menampilkan  narasi tentang hakekat Muqaddimah AD/ART, peserta didi dapat  menjelaskan manfaat Muqaddimah AD/ART 

8.
1.    Memahami  kepribadian Muhammadiyah
1.1    Menjelaskan  pengertian  kepribadian Muhammadiyah
1.2    Menjelaskan  sejarah  perumusan  kepribadian Muhammadiyah
1.3    Menjelaskan  fungsi  kepribadian Muhammadiyah
1.4    Menjelaskan  hakikat  kepribadian Muhammadiyah
1.5    Menjelaskan  matam kepribadian Muhammadiyah
1.6   Menampilkan perilaku sesuai dengan kepribadian Muhammadiyah dalam kehidupan sehari-hari
Kl. XI/2
8
·       Menampilkan narasi tentang pengertian kepribadian Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan pengertian kepribadian Muhammadiyah
·       Menampilkan narasi tentang pengertian kepribadian Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan pentingnya  kepribadian Muhammadiyah
·       Menampilkan narasi tentang sejarah perumusan kepribadian Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan sejarah perumusan kepribadian Muhammadiyah
·       Menampilkan narasi tentang sejarah perumusan kepribadian Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan isi rumusan kepribadian Muhammadiyah
·       Menampilkan narasi tentang fungsi kepribadian Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan fungsi kepribadian Muhammadiyah 
·        Menampilkan narasi tentang hakekat kepribadian Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan hakekat kepribadian Muhammadiyah
·       Menampilkan narasi tentang matan kepribadian Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan matan kepribadian Muhammadiyah 


·       Menampilkan ilustrasi tentang perilaku sesuai dengan kepribadian Muhammadiyah, peserta didik dapat berperilaku sesuai kepribadian Muhammadiyah

9.
2.    Memahami landasan ideologi Persyarikatan Muhammadiyah
2.1   Menjelaskan pengertian Matan
        Keyakinan dan Cita-cita  Hidup Muhammadiyah  (MKCHM)
2.2   Menjelaskan sejarah perumusan Matan
        Keyakinan dan Cita-cita  Hidup Muhammadiyah  (MKCHM)
2.3    Menjelaskan fungsi  Matan Keyakinan dan Cita-cita  Hidup Muhammadiyah  (MKCHM)
2.4   Menjelaskan hakekat Matan Keyakinan dan Cita-cita  Hidup Muhammadiyah  (MKCHM)
2.5   Membiasakan berperilaku sesuai nilai-nilai dasar perjuangan Persyarikatan Muhammadiyah
6
·      Menampilkan narasi tentang pengertian matan keyakinan  dan  cita-cita hidup Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan pengertian matan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah
·      Menampilkan narasi tentang sejarah perumusan  MKCHM, peserta didik dapat menjelaskan sejarah perumusan MKCHM
·      Menampilkan narasi tentang fungsi MKCHM, peserta didik dapat menjelaskan fungsi MKCHM
·      Menampilkan narasi tentang fungsi MKCHM, peserta didik dapat menyebutkan isi pokok  dari MKCHM
·      Menampilkan narasi tentang hakekat MKCHM, peserta didik dapat menjelaskan hakekat  MKCHM
·      Menampilkan ilustrasi tentang berprilaku sesuai nilai-nilai dasar perjuangan persyarikatan Muhammadiyah, peserta didik dapat  membiasakan berperilaku sesuai perjuangan parsyarikatan

10.
1.    Memahami landasan Operasional
1.1    Menjelaskan  khitah Perjuangan Muhammadiyah
1.2    Menampilkan perilaku Islami dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Kl. XII/1
9
·       Menampilkan narasi tentang pengertian khittah, peserta didik dapat menjelaskan pengertian khittah
·       Menampilkan narasi tentang isi khittah 12,  peserta didik dapat menyebutkan isi khittah 12 lamgkah muhammadiyah
·       Menampilkan narasi tentang isi khittah Palembang  tahun 1956, peserta didik dapat  menyebutkan isi khittah palembang tahun 1956
·       Menampilkan narasi tentang isi khittah Ponorogo tahun 1969, peserta didik dapat  menyebutkan isi khittah ponorog tahun 1969
·       Menyebutkan isi khittah surabaya tahun 1978
·       Menampilkan ilustrasi sikap/perilaku penghayatan khittah Muhammadiyah, peserta didik dapat menunjukkan sikap dan prilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap isi khittah muhammadiyah
·       Menampilkan ilustrasi tentang perilaku Islami dalam kehidupan bermasyarakat, peserta didik mampu bersikap yang Islami dalam bermasyarakat
·       Menampilkan ilustrasi tentang perilaku Islami dalam kehidupan berbangsa, peserta didik mampu bersikap yang Islami dalam berbangsa
·       Menampilkan ilustrasi tentang perilaku Islami dalam kehidupan bernegara, peserta didik mampu bersikap yang Islami dalam bernegara

11.
2.    Memahami Pedoman Hidup Islami
2.1    Menjelaskan  pedoman hidup Islami dalam bermuhammadiyah
2.2    Menampilkan perilaku Islami dalam bermuhammadiyah
5
·       Menampilkan narsai tentang  pengertian PHIWM, peserta didik dapat menjelaskan pengertian pedoman hidup Islami  warga Muhammadiyah
·       Menampilkan narasi tentang isi PHIWM, peserta didik dapat menyebutkan isi pedoman hidup Islami  warga Muhammadiyah ah
·       Menampilkan ilustrasi tentang sikap dan perilaku penghayatan isi PHIWM, peserta didik dapat menunjukkan sikap dan prilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap isi PHIWM
·       Menampilkan ilustrasi tentang sikap warga Muhammadiyah dalam bermuamalah, peserta didik dapat menunjukkan sikap warga Muhammadiyah dalam bermuamalah
·       Menampilkan ilustrasi tentang sikap warga Muhammadiyah dalam beribadah, peserta didik dapat menunjukkan sikap warga Muhammadiyah dalam beribadah sesuai dengan sunah Rasul.

  12.
1.    Memahami perkembangan alam pikiran Islam
1.1    Menjelaskan  sejarah timbulnya aliran/firqah dalam Islam
1.2    Menjelaskan  sejarah timbulnya mazhab dalam Islam
1.3    Menyebutkan  macam-macam aliran dalam Islam
1.4    Menyebutkan  macam-macam  mazhab dalam Islam
1.5    Menjelaskan  perkembangan filsafat dan tasawwuf dalam Islam
1.6    Mengambil hikmah dari mempelajari aliran, mazhab, filsafat dan tasawwuf dalam Islam
Kl. XII/2
8
·       Menampilkan narasi tentang sejarah timbulnya aliran/firqoh dalam Islam, peserta didik dapat menjelaskan  sejarah  timbulnya aliran / firqoh dalam Islam
·       Menampilkan narasi tentang sejarah timbulnya mazhab dalam Islam, peserta didik dapat menjelaskan  sejarah timbulnya mazhab dalam Islam
·       Menampilkan narasi tentang sebab-sebab timbulnya aliran/firqoh dalam Islam, peserta didik dapat menjelaskan  sebab-sebab timbulnya aliran / firqoh dalam Islam
·       Menampilkan narasi tentang macam-macam aliran dalam Islam, peserta didik dapat menyebutkan macam-macam aliran dalam Islam
·       Menampilkan narasi tentang macam-macam mazhab dalam Islam, peserta didik dapat menyebutkan macam-macam mazhab
·       Menampilkan narasi tentang macam-macam mazhab yang berkembang di Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan  empat macam  mazhab yang berkembang di Indonesia
·       Menampilkan narasi tentang tokoh-tokoh dalam mazhab dalam Islam, peserta didik dapat menyebutkan tiga tokoh mazhab yang berkembang di dunia Islam
·       Menampilkan narasi tentang tokoh-tokoh filsafat/tasawwuf  dalam Islam, peserta didik dapat menyebutkan tiga tokoh filfasat/tasawwuf  yang berkembang di dunia Islam

13.
2.     Memahami sikap Muhammadiyah  terhadap  perkembangan alam pikiran Islam
2.1    Menjelaskan  sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan aliran dan mazhab
2.2    Menjelaskan  sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan filsafat dan tasawwuf
2.3    Menampilkan sikap moderat terhadap berbagai faham dan aliran sesuai faham keagamaan Muhammadiyah
3
·       Menampilkan narasi tentang sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan aliran dan mazhab, peserta didik dapat menjelaskan sikap Muhammadiyah terhadap timbulnya aliran dan madzhab
·       Menampilkan narasi tentang sikap Muhammadiyah terhadap perkembangan filsafat dan tasawwuf, peserta didik dapat menjelaskan sikap Muhammadiyah  terhadap perkembangan filsafat dan tasawwuf
·       Menampilkan narasi tentang sikap moderat  terhadap berbagai faham dan aliran sesuai faham keagamaan Muhammadiyah, peserta didik mampu bersikap moderat terhadap berbagai faham dan aliran

SKL TARIKH 2014

SKL MATA PELAJARAN TARIKH TAHUN 2013 - 2014
UNTUK PERSIAPAN UJIAN AKHIR SEMESTER KELAS XII
NO STANDAR KOMPETENSI  KELULUSAN Kls/sem INDIKATOR
1  Memahami  dakwah Rasulullah SAW X/1 - Siswa dapat menjelaskan tahun kelahiran Nabi Muhammad saw
   Pada Periode Makkah   - Siswa dapat menjelaskan wahyu kenabian  pada diri Muhammad
      - Siswa dapat menjelaskan pokok ajaran Inti yang di sampai
         kan Nabi pada periode Makkah
      - Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh pemuka quraisy yang
        yang menentang secara langsung terhadap dakwah Nabi Muham
        mad saw.
      - Siswa dapat menjelaskan  dalil naqli yang memerintah dakwah
         secara jahr atau terang-terangan.
2  Memahami  dakwah Rasulullah SAW X/ 2 - Siswa dapat menyebutkan 4 Khulafaurrasyidin secara benar
   Pada Periode Madaniyah   - Siswa dapat menjelaskan arti Al Faruq yang merupakan gelar
         sahabat Umar Bin Khattab
      - Siswa dapat menjelaskan arti Junurrain Wal Hijratain yang 
         yang merupakan gelar sahabat Usman bin Affan.
    - Siswa dapat menjelaskan arti Al Bab Al Maftuh yang merupakan
       istilah yang ada pada masa pemerintahan Usman bin Affan.
4  Sejarah Masuknya Islam di Spanyol / Andalusia XI / 1 - Siswa dapat menyebutkan nama panglima Islam yang telah
   dan Eropa      berhasil menaklukan spanyol.
    - Siswa dapat menjelaskan asal muasal nama Spanyol.
    - Siswa dapat menyebutkan peninggalan kejayaan Islam di
       Spanyol / Andalusia
    - Siswa dapat menyebutkan nama kota-kota terpenting 
         yang ada di Spanyol.
5 Memahami perkembangan Islam di Spanyol  XI / 1 - Siswa dapat menjelaskan sebab - sebab keruntuhan kejayaan
   masa Daulah Bani Ummayah.      Islam di Spanyol / Andalusia.
    - Siswa dapat menjelaskan masa/waktu kekuasaan Bani Ummayah
      di Spanyol / Andalusia.
6 Memahami Perkembangan Islam di Spanyol XI / 1 - Siswa dapat menjelaskan perintis berdirinya daulah Muwahidin 
  masa Daulah Muwahidin.      di Spanyol.
    - Siswa dapat menjelaskan penulis berjudul The Spirit Of Islam
       yang merupakan tokoh pembaharuan dari India 
    - Siswa dapat menyebutkan pendirikan gerakan Ahmadiyah dari
       India
  Perkembangan Islam Pada abad Pertengahan XI / 2 - Siswa dapat menyebutkan sejarah perjalanan Islam di Indonesia
    - Siswa dapat menyebutkan sebab-sebab kemunduran Islam pada
      abad pertengahan.
7 Perkembangan Islam Pada Masa Modern XI / 2 - Siswa dapat menyebutkan tokoh - tokoh pembaharuan dari
       Mesir
    - Siswa dapat menjelaskan penulis berjudul The Spirit Of Islam
       yang merupakan tokoh pembaharuan dari India 
    - Siswa dapat menyebutkan pendirikan gerakan Ahmadiyah dari
       India
8 Memahami Sekitar Awal Kedatangan dan XII / 1 - Siswa dapat menjelaskan mengapa kajian kedatangan Islam
  Penyebaran Islam di  Indonesia      di Indonesia dinyatakan galau dan rumit
      - Siswa dapat menjelaskan mengapa kedatangan Islam di
         Indonesia dianggap rancu
      - Siswa dapat menjelaskan proses masuknya Islam di Indonesia
         menurut berbagai tokoh sejarah
      - Siswa dapat menjelaskan berbagai usaha para ahli sejarah
         Indonesia untuk mengetahui secara Ilmiah tentang kapan
         Islam datang di Indonesia
      - Siswa dapat menjelaskan seorang agamawan dari Cina yang
         yang mengatakan awal kedatangan Islam di Indonesia
9 Memahami Berbagai Pendapat / Teori XII/1 - Siswa dapat menjelaskan perbedaan pendapat  tentang     
  kedatangan Islam di Indonesia       masuknya Islam di Indonesia
      - Siswa dapat menjelaskan berbagai teori yang menyatakan 
        masuknya Islam di Indonesia.
  Memahami Berbagai Pendapat / Teori XII/1 - Siswa dapat menjelaskan peranan para Tasawuf dalam ikut
  penyebaran  Islam di Indonesia       penyebaran Islam di Indonesia
      - Siswa dapat menjelaskan, bahwa peranan politik sangat
         mempengaruhi perkembangan Islam di Indonesia
      - Siswa dapat menjelaskan cara-cara masuknya Islam di Indo
      - Siswa dapat menjelaskan tentang keberadaan kerajaan Islam
         pertama di Indonesia
  Memahami Perkembangan Islam di  XII/1 - Siswa dapat menjelaskan peranan organisasi Islam di Indonesia
  Indonesia   - Siswa dapat menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia 
         pada masa kerajaan - kerajaan Islam
  Memahami Perkembangan Islam di  XII/1 - Siswa dapat menyebutkan tokoh - tokoh gerakan pembaharuan
  Indonesia pada masa pergerakan Nasional     yang mengilhami munculnya gerakan pembaharuan Islam di
        Indonesia.
      - Siswa dapat menyebutkan organisasi - organisasi  Islam yang
        berdidiri di Indonesia.
      - Siswa dapat menjelaskan peranan - peranan organisasi Islam
        di  Indonesia.
  Memahami Perkembangan Islam di  XII/1 - Siswa dapat menjelaskan perkembangan Islam pada masa
  menjelang peristiwa proklamsi kemerdekaan     zaman pendudukan Jepang.
      - Siswa dapat menjelaskan peranan para ulama dalam persiapan
        menjelang proklamsi kemerdekaan.
10 Memahami perkembangan Islam di berbagai XII/2 - Siswa dapat menjelaskan sejarah masuknya Islam di Amirika
  belahan dunia   - Siswa dapat menyebutkan sebab - sebab orang Amirika 
         Latin lebih memilih Islam
      - Siswa dapat menjelaskan mengapa pertumbuhan dan perkem-
         bangan Islam di Eropa bisa cepat
      - Siswa dapat menjelaskan "Quensland Islamic Sociaty "yang
         di dirikan di Australia
      - Siswa dapat menjelaskan awal masuknya Islam di Sudan
      - Siswa dapat menjelaskan perintis dan penggerak Islam di
         Amirika
      - Siswa dapat menjelaskan peranan ulama Indonesia dalam 
         penyebaran Islam di Afrika Selatan
      - Siswa dapat menjelaskan alasan kenapa di Ethopia banyak
         melahirkan para Ulama
      - Siswa dapat menjebutkan empat madzhab yang paling populer
         di Asia Tenggara