Mengenai Saya

Foto saya
Pasrum Affandi, Waka Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan

Jumat, 28 Februari 2014

SKL IBADAH 2014

SKL UAS IBADAH SMA MUHAMMADIYAH SE-JAWA TENGAH
2013-2014
No
Standar Kompetensi Lulusan

Kemampuan yang diuji
1
Memahami sumber hukum Islam
1.1



1.2

1.3
Menyebutkan pengertian kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al Hadis sebagai sumber hukum Islam dan ijtihad sebagai metode penetapan hukum
Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari

2
Memahami Thaharah

2.1


2.2



2.3

Menjelaskan hadas kecil dan besar serta cara mensucikannya

Menjelaskan macam-macam najis dan cara mensucikannya

Membiasakan Kaifiyah thoharoh dalam kehidupan saharí-hari

3
Memahami kaifiyat shalat
3.1


3.2


3.3


Menjelaskan kaifiyat sholat wajib dan sunnah.

Menjelaskan sanksi bagi yang meninggalkan sholat

Membiasakan  sholat wajib dan  kegiatan sunnah setelah sholat wajib

4
Memahami sebab-sebab timbulnya perbedaan faham fiqih

4.1


4.2
Menjelaskan penyebab timbulnya perbedaan dalam fiqih

Menjelaskan hikmah perbedaan faham dalam fiqih Islam

5
Memahami ketentuan zakat,haji dan waqaf
5.1



5.2

5.3
Menjelaskan tentang zakat, haji dan wakaf
Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf

Menyebutkan contoh pengelolaan zakat

Menerapkan ketentuan dasar zakat
6
Memahami shalat fardlu dalam berbagai kondisi
6.1


6.2
Menjelaskan ketentuan shalat ketika safar

Menjelaskan ketentuan shalat khouf
7
Memahami ketentuan shalat berjamaah
7.1


7.2
Menjelaskan ketentuan shalat berjamah

Membiasakan shalat berjamaah

8
Memahami ketentuan mu’amalah dalam Islam

8.1

8.2


8.3

8.4
Menjelaskan  pengetian muamalah dan azas-azas transaksi ekonomi dalam Islam
Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam (musyarakah, mudhorobah dan murobahah)
Menghindari praktek transaksi jual beli ribawi
Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan seharí-hari

9
Memahami ketentuan shalat jum’at
9.1


9.2

9.3

9.4
Menjelaskan tentang kaifiyat shalat Jum’at

Menjelaskan tentang kaifiyat  khutbah Jum’at
Mempraktekkan khutbah Jum’at
Melaksanakan shalat Jum’at

10
Memahami ketentuan pengurusan jenazah

10.1


10.2

Menjelaskan tata cara memandikan, mengkafani, menshalatkan dan menguburkan jenazah
Melakukan praktek memandikan, mengkafani, menshalatkan dan menguburkan jenazah

11
Memahami ketentuan qurban dan aqiqah
11,1

11.2


Menjelaskan ketentuan penyembelih he-wan
Menjelaskan ketentuan qurban dan aqiqah
Berlatih dalam berqurban
Menyelenggarakan pelaksanaan qurban

12
Memahami ketentuan ‘Ariyah, Wadi’ah dan luqathah
12.1

12.2
Menjelaskan pengertian ‘Ariyah, Wadi’ah dan luqotoh
Menjelaskan ketentuan ‘Ariyah, wadi’ah dan luqotoh.

13
Memahami hukum keluarga
13.1

13.2

13.3
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
Menjelaskan hikmah munakahat /perkawinan
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
14
Memahami shalat tathawwu’
14.1


14.2
Menjelaskan ketentuan shalat Tathawwu’

Membiasakan melakukan shalat Tathawwu’

15
Memahami dzikir dan do’a
15.1

15.2

15.3
Menjelaskankan tentang dzikir dan doa

Menyebutkan  hadis tentang dzikir dan doa

Membiasakan dzikir dan doa dalam kehidupan sehari-hari

16
Memahami Imamah dan hudud
16.1


16.2
Menjelaskan ketentuan Imaroh berdasrkan Al-Quran dan Hadits

Menjelaskan ketentuan hudud berdasrkan Al-Quran dan Hadits

17
Memahami hukum Islam tentang mawaris

17.1

17.2
Menjelaskan ketentuan hukum Waris
Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum Waris

18
Memahami tata cara berjihad
18.1

18.2
18.3
Menyebutkan pengertian jihad fi sabilillah
Menunjukkan contoh jihad fi sabilillah
Mempraktekkan jihad dalam kehidupan sehari-hari


SKL AKHLAQ 2014

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Ulangan Akhir Sekolah (UAS) Ciri Khusus
SMA Muhammadiyah
Tahun Pelajaran 2013/ 2014
Mata Pelajaran: Akhlak (Kelas XII)

No
Standar Kompetensi Lulusan
Kemampuan yang diuji
  1.  
Menjelaskan pengertian huznudzan.
  1. Memahami dalil tentang huznudzan kepada Allah.
  2. Mengidentifikasi adab terhadap ibu dan bapak
  1.  
Menyebutkan contoh- contoh perilaku huznudzan kepada Allah, diri sendiri dan sesama
  1. Memahami contoh huznudzan kepada sesame manusia
  2. Mengetahu ciri huznuzan kepada sesame manusia
  3. Mengidentifikasi hikmah huznudzan kepada sesama manusia.
  1.  
Menjelaskan pengertian Takabur, tafakhur, ujub, su’ udzan dan ghadab
  1. Mampu menyebutkan pengertian su’ udzan

  1.  
Menampilkan contoh- contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
  1. Mengetahui arti tabarruj al- jahiliyyah
  2. Menghindari jenis perhiasan yang di larang
  3. Mengetahui salah satu etika menerima tamu
  1.  
Menjelaskan pengertian hasud, riya’, dolim dan diskriminasi.
  1. Menyebutkan pengertian riya’.
  2. Mengetahui arti dholim.
  3. Menjelaskan akibat buruk dari hasud.
  1.  
Menjelaskan pengertian taubat, raja’, pelmaaf, pemurah, tabah dan istirja’
  1. Menyebutkan makna raja’
  2. Memahami dalil tentang pemaaf.
  1.  
Menjelaskan pengertian efisiensi, gigih, hemat, sederhana, amanah, pengendalian diri dan syaja’ah.
  1. Menyebutkan pengertian amanah.
  2. Menyebutkan pengertian saja’ah.
  1.  
Menyebutkan contoh perilaku efisiensi, gigih,hemat, sederhana, amanah, pengendalaian diri dan syaja’ah.
  1. Mengidentifikasi keutamaan efisiensi
  2. Memahami dalil tentang gigih.
  3. Mengidentifikasi manfaat sederhana.
  1.  
Menjelaskan pengertian menghargai karya orang lain.
  1. Mengetahui pengertian menghargai karya orang lain
  2. Menyebutkan cara menghargai karya orang lain.
  1.  
Menjelaskan pengertian israf, tabzir, ghibah, fitnah dan dosa besar.
30.  Menjelaskan arti isyraf
31.  Mengetahui arti fitnah
32.  Megetahuai arti ghibah
33.  Menguraikan akibat perilaku tabdzir
  1.  
Menghindari perbuatan isyraf, tabdzir, ghibah, fitnah dan dosa besar
35.  Menjelaskan bahaya fitnah
36.  Menjelaskan cara menghindari fitnah.
37.  Mengetahui cara menghindari gibah.
  1.  
Menjelaskan pengertian adil, ridho, amal saleh,  berfikir konstruk-tif, bersyukur dan bijaksana
39.  Menyebutkan keutamaan berlaku adil.
40.  Menyebutkan pengertian berfikir konstruktif.
41.  Menyebutkan pengertian adil.
42.  Menyebutkan pengertian rida
43.  Memahami dalil tentang bersyukur.
44.  Megidentifikasi perilaku bersyukur.
45.  Menunjukkan berilaku bijaksana.
  1.  
Menjelaskan pe-ngertian sikap terbuka dan mawas diri.
47.  Menyebutkan pengertian sikap terbuka
48.  Memahami dalil tentang sikap terbuka
49.  Menyebutan penertian mawas diri
  1.  
Menunjukkan contoh sikap ter-buka dan mawas diri
51.  Mengidentifikasi sikap terbuka.
52.  Mengidentifikasi ciri- ciri orang yang bermawas diri.

  1.  
Membiasakan sikap terbuka dan mawas diri
54.  Menyebutkan ciri sikap terbuka.
55.  Menyebutkan hikmah mmawas diri
  1.  
Menjelaskan pe-ngertian dan maksud persatuan dan kerukunan
57.  Menyebutkan pengertian persatuan.
58.  Menyebutkan hikmah persatuan.
59.  Menyebutkan pengertian kerukunan
  1.  
Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan
61.  Mengidentifikasi kerukunan antarumat beragama.
62.  Mengidentifikasi kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah.
  1.  
Menampilkan contoh perilaku tanggung  jawab seorang muslim terhadap diri sen-diri, keluarga, agama dan Negara
64.  Menyebutkan contoh perilaku tanggung jawab terhadab diri sendiri.
65.  Menyebutkan contoh perilaku tanggung jawab terhadab keluarga.
  1.  
Membiasakan pe-rilaku tanggung  jawab seorang muslim terhadap diri sendiri, kelu-arga, agama dan negara dalam ke-hidupan sehari-hari
66, Menjelaskan kewajiban setiap muslim terhadap Agama.
67.  Menjelaskan dalil tentang tanggung jawab terhadap diri sendiri.



SKL AQIDAH 2014

MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PIMPINAN WILAYAH MUHAMMADIYAH JAWA TENGAH

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) AQIDAH SMA MUHAMMADIYAH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


NO
KOMPETENSI
KL/SMT
INDIKATOR
1.
Memahami tentang keimanan
Kepada Allah melalui pemahaman Dinul Islam
X / 1
-Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an tentang Dinul
  Islam.
-Menjelaskan tentang ajaran pokok Dinul Islam.
-Menjelaskan tentang manfaat Dinul Islam bagi
  Umat manusia (sebagai rahmat).
-Menjelaskan tentang Dinul Islam sebagai jalan
  Hidup yang benar.

2.
Memahami tentang nama-nama
Allah dalam Asmaul Husna
X / 1
-Menjelaskan tentang sifat jamaliyah dan    jalaliyah Allah.
-Memberikan contoh sifat jalaliyah dan jamaliyah.
-Menjelaskan tentang perilaku beriman kepada Allah melalui Asmaul Husna.
3.
Memahami tentang keimanan kepada malaikat melalui nama-
nama malaikat dan tugasnya.
X / 2
-Menyebutkan beberapa malaikat yang disebutkan dalam Al-Qur’an.
-Mengidentifikasi tugas-tugas malaikat menurut Al-Qur’an.
4.
Menjelaskan tentang keimanan
Kepada kitab Alah meliputi kebenaran wahyu Allah, kebenaran Al-Qur’an, fungsi Al-
Qur’an, nama-nama kitab Allah dan penerimanya serta hikmah beriman kepada kitab Allah.
XI / 2
-Menyebutkan tanda bagi seorang nabi/rasul Allah.
-Menjelaskan tentang Al-Qur’an sebagai petunjuk yang lebih lurus (QS.Al-sra’:9)
-Menjelaskan fungsi Al-Qur’an sesuai dengan nama-namanya.
-Menyebutkan kitab-kitab samawi yang diturunkan Allah kepada rasul-Nya.
5.
Memahami tentang iman kepada rasul-rasul Allah meliputi
Pengertian nabi/rasul, rasul-rasul yang disebutkan dalam Al-Qur’an serta sifat-sifat rasul Allah.
XI / 1
-Membedakan pengertian antara nabi dan rasul.
-Menjelaskan maksud dari QS.Al-Mu’min:78
  tentang rasul-rasul Allah.
-Memberikan contoh sifat-sifat rasul Allah
  Dalam kehidupan seorang muslim.
6.
Memahami tentang keimanan
Kepada hari akhir melalui pengertian iman pada hari akhir,
Identifikasi tanda hari kiamat, menjelaskan fungsi iman pada hari akhir serta contoh perilaku
Iman pada hari akhir dalam kehidupan.

XII / 1
-Menjelaskan pengertian iman pada hari akhir (QS.Al-Hajj: 7).
-Mengidentifikasi tanda-tanda hari kiamat.
-Menjelaskan fungsi iman kepada hari akhir.
-Menunjukkan contoh perilaku iman pada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari.
7.
Memahami tentang surge dan neraka melalui identifikasi nama-nama surge dan neraka serta tingkatan surge dan neraka menurut Al-Qur’an.
XII /1
-Menyebutkan nama-nama surge dan neraka berdasarkan Al-Qur’an.
-Menjelaskan tentang tingkatan-tingkatan surg dan neraka menurut Al-Qur’an.
8.
Memahami tentang qadla dan qadar melalui identifikasi,membedakan qadla dan qadar,faham jabariyah dan qadariyah tentang qadla dan qadar,contoh-contoh qadla dan qadar menurut Al-Qur’an serta tingkatan-tingkatan qadla dan qadarmenurut Yunahar Ilyas (1992)
XII / 2
-Menjlaskan pengertian qadla dan qadar.
-Membedakan pengertian qadla dan qadar.
-Menjelaskan pendapat jabariyah dan qadariyah tentang qadla dan qadar.
-Memberikan contoh qadla dan qadar menurut Al-Qur’an.
-Menjelaskan 4 tingkatan qadla dan qadar.
9.
Memahami hal-hal yang merusak iman melalui identifikasi,analisa serta perilaku menghindarkan diri dari nifak,riya,tahayul,dosa besar,ridah,fasik dan syirik.
XII / 2
-Menyebutkan hal-hal yang dapat merusak iman.
-Menjelaskan alasan mengapa nifak,riya,tahayul,dosa besar,ridah, fasik dan syirik.
-Menjelaskan upaya-upaya menghindarkan diri
  Dari hal-hal yang merusak iman.