Mengenai Saya

Foto saya
Pasrum Affandi, Waka Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan

Jumat, 28 Februari 2014

SKL AKHLAQ 2014

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Ulangan Akhir Sekolah (UAS) Ciri Khusus
SMA Muhammadiyah
Tahun Pelajaran 2013/ 2014
Mata Pelajaran: Akhlak (Kelas XII)

No
Standar Kompetensi Lulusan
Kemampuan yang diuji
  1.  
Menjelaskan pengertian huznudzan.
  1. Memahami dalil tentang huznudzan kepada Allah.
  2. Mengidentifikasi adab terhadap ibu dan bapak
  1.  
Menyebutkan contoh- contoh perilaku huznudzan kepada Allah, diri sendiri dan sesama
  1. Memahami contoh huznudzan kepada sesame manusia
  2. Mengetahu ciri huznuzan kepada sesame manusia
  3. Mengidentifikasi hikmah huznudzan kepada sesama manusia.
  1.  
Menjelaskan pengertian Takabur, tafakhur, ujub, su’ udzan dan ghadab
  1. Mampu menyebutkan pengertian su’ udzan

  1.  
Menampilkan contoh- contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
  1. Mengetahui arti tabarruj al- jahiliyyah
  2. Menghindari jenis perhiasan yang di larang
  3. Mengetahui salah satu etika menerima tamu
  1.  
Menjelaskan pengertian hasud, riya’, dolim dan diskriminasi.
  1. Menyebutkan pengertian riya’.
  2. Mengetahui arti dholim.
  3. Menjelaskan akibat buruk dari hasud.
  1.  
Menjelaskan pengertian taubat, raja’, pelmaaf, pemurah, tabah dan istirja’
  1. Menyebutkan makna raja’
  2. Memahami dalil tentang pemaaf.
  1.  
Menjelaskan pengertian efisiensi, gigih, hemat, sederhana, amanah, pengendalian diri dan syaja’ah.
  1. Menyebutkan pengertian amanah.
  2. Menyebutkan pengertian saja’ah.
  1.  
Menyebutkan contoh perilaku efisiensi, gigih,hemat, sederhana, amanah, pengendalaian diri dan syaja’ah.
  1. Mengidentifikasi keutamaan efisiensi
  2. Memahami dalil tentang gigih.
  3. Mengidentifikasi manfaat sederhana.
  1.  
Menjelaskan pengertian menghargai karya orang lain.
  1. Mengetahui pengertian menghargai karya orang lain
  2. Menyebutkan cara menghargai karya orang lain.
  1.  
Menjelaskan pengertian israf, tabzir, ghibah, fitnah dan dosa besar.
30.  Menjelaskan arti isyraf
31.  Mengetahui arti fitnah
32.  Megetahuai arti ghibah
33.  Menguraikan akibat perilaku tabdzir
  1.  
Menghindari perbuatan isyraf, tabdzir, ghibah, fitnah dan dosa besar
35.  Menjelaskan bahaya fitnah
36.  Menjelaskan cara menghindari fitnah.
37.  Mengetahui cara menghindari gibah.
  1.  
Menjelaskan pengertian adil, ridho, amal saleh,  berfikir konstruk-tif, bersyukur dan bijaksana
39.  Menyebutkan keutamaan berlaku adil.
40.  Menyebutkan pengertian berfikir konstruktif.
41.  Menyebutkan pengertian adil.
42.  Menyebutkan pengertian rida
43.  Memahami dalil tentang bersyukur.
44.  Megidentifikasi perilaku bersyukur.
45.  Menunjukkan berilaku bijaksana.
  1.  
Menjelaskan pe-ngertian sikap terbuka dan mawas diri.
47.  Menyebutkan pengertian sikap terbuka
48.  Memahami dalil tentang sikap terbuka
49.  Menyebutan penertian mawas diri
  1.  
Menunjukkan contoh sikap ter-buka dan mawas diri
51.  Mengidentifikasi sikap terbuka.
52.  Mengidentifikasi ciri- ciri orang yang bermawas diri.

  1.  
Membiasakan sikap terbuka dan mawas diri
54.  Menyebutkan ciri sikap terbuka.
55.  Menyebutkan hikmah mmawas diri
  1.  
Menjelaskan pe-ngertian dan maksud persatuan dan kerukunan
57.  Menyebutkan pengertian persatuan.
58.  Menyebutkan hikmah persatuan.
59.  Menyebutkan pengertian kerukunan
  1.  
Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan
61.  Mengidentifikasi kerukunan antarumat beragama.
62.  Mengidentifikasi kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah.
  1.  
Menampilkan contoh perilaku tanggung  jawab seorang muslim terhadap diri sen-diri, keluarga, agama dan Negara
64.  Menyebutkan contoh perilaku tanggung jawab terhadab diri sendiri.
65.  Menyebutkan contoh perilaku tanggung jawab terhadab keluarga.
  1.  
Membiasakan pe-rilaku tanggung  jawab seorang muslim terhadap diri sendiri, kelu-arga, agama dan negara dalam ke-hidupan sehari-hari
66, Menjelaskan kewajiban setiap muslim terhadap Agama.
67.  Menjelaskan dalil tentang tanggung jawab terhadap diri sendiri.



SKL AQIDAH 2014

MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PIMPINAN WILAYAH MUHAMMADIYAH JAWA TENGAH

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) AQIDAH SMA MUHAMMADIYAH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


NO
KOMPETENSI
KL/SMT
INDIKATOR
1.
Memahami tentang keimanan
Kepada Allah melalui pemahaman Dinul Islam
X / 1
-Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an tentang Dinul
  Islam.
-Menjelaskan tentang ajaran pokok Dinul Islam.
-Menjelaskan tentang manfaat Dinul Islam bagi
  Umat manusia (sebagai rahmat).
-Menjelaskan tentang Dinul Islam sebagai jalan
  Hidup yang benar.

2.
Memahami tentang nama-nama
Allah dalam Asmaul Husna
X / 1
-Menjelaskan tentang sifat jamaliyah dan    jalaliyah Allah.
-Memberikan contoh sifat jalaliyah dan jamaliyah.
-Menjelaskan tentang perilaku beriman kepada Allah melalui Asmaul Husna.
3.
Memahami tentang keimanan kepada malaikat melalui nama-
nama malaikat dan tugasnya.
X / 2
-Menyebutkan beberapa malaikat yang disebutkan dalam Al-Qur’an.
-Mengidentifikasi tugas-tugas malaikat menurut Al-Qur’an.
4.
Menjelaskan tentang keimanan
Kepada kitab Alah meliputi kebenaran wahyu Allah, kebenaran Al-Qur’an, fungsi Al-
Qur’an, nama-nama kitab Allah dan penerimanya serta hikmah beriman kepada kitab Allah.
XI / 2
-Menyebutkan tanda bagi seorang nabi/rasul Allah.
-Menjelaskan tentang Al-Qur’an sebagai petunjuk yang lebih lurus (QS.Al-sra’:9)
-Menjelaskan fungsi Al-Qur’an sesuai dengan nama-namanya.
-Menyebutkan kitab-kitab samawi yang diturunkan Allah kepada rasul-Nya.
5.
Memahami tentang iman kepada rasul-rasul Allah meliputi
Pengertian nabi/rasul, rasul-rasul yang disebutkan dalam Al-Qur’an serta sifat-sifat rasul Allah.
XI / 1
-Membedakan pengertian antara nabi dan rasul.
-Menjelaskan maksud dari QS.Al-Mu’min:78
  tentang rasul-rasul Allah.
-Memberikan contoh sifat-sifat rasul Allah
  Dalam kehidupan seorang muslim.
6.
Memahami tentang keimanan
Kepada hari akhir melalui pengertian iman pada hari akhir,
Identifikasi tanda hari kiamat, menjelaskan fungsi iman pada hari akhir serta contoh perilaku
Iman pada hari akhir dalam kehidupan.

XII / 1
-Menjelaskan pengertian iman pada hari akhir (QS.Al-Hajj: 7).
-Mengidentifikasi tanda-tanda hari kiamat.
-Menjelaskan fungsi iman kepada hari akhir.
-Menunjukkan contoh perilaku iman pada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari.
7.
Memahami tentang surge dan neraka melalui identifikasi nama-nama surge dan neraka serta tingkatan surge dan neraka menurut Al-Qur’an.
XII /1
-Menyebutkan nama-nama surge dan neraka berdasarkan Al-Qur’an.
-Menjelaskan tentang tingkatan-tingkatan surg dan neraka menurut Al-Qur’an.
8.
Memahami tentang qadla dan qadar melalui identifikasi,membedakan qadla dan qadar,faham jabariyah dan qadariyah tentang qadla dan qadar,contoh-contoh qadla dan qadar menurut Al-Qur’an serta tingkatan-tingkatan qadla dan qadarmenurut Yunahar Ilyas (1992)
XII / 2
-Menjlaskan pengertian qadla dan qadar.
-Membedakan pengertian qadla dan qadar.
-Menjelaskan pendapat jabariyah dan qadariyah tentang qadla dan qadar.
-Memberikan contoh qadla dan qadar menurut Al-Qur’an.
-Menjelaskan 4 tingkatan qadla dan qadar.
9.
Memahami hal-hal yang merusak iman melalui identifikasi,analisa serta perilaku menghindarkan diri dari nifak,riya,tahayul,dosa besar,ridah,fasik dan syirik.
XII / 2
-Menyebutkan hal-hal yang dapat merusak iman.
-Menjelaskan alasan mengapa nifak,riya,tahayul,dosa besar,ridah, fasik dan syirik.
-Menjelaskan upaya-upaya menghindarkan diri
  Dari hal-hal yang merusak iman.

SKL Al QUR'AN 2014

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SMA MUHAMMADIYAH JAWA TENGAH
MATA PELAJARAN             : AL QUR’AN
KELAS                                  : XII
TAHUN PELAJARAN           : 2013/2014


NO.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.


·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an dan Al Hadits tentang manusia dan tugasnya sebagai Kholifah di bumi
1.      Peserta didik dapat Mengartikan lafadz tertentu pada QS Al Mu’minun : 13

2
·      MemahamiAyat-ayat Al Qur’an tentang Keikhlasan dalam  beribadah
2.      Peserta didik dapat Menunjukkan Hukum Mad padaQS  : Al An’am : 162

3
·      Memahami bacaan dan salinan/penulisan ayat-ayat Al Qur’an dengan benar
3.      Peserta didik dapat merangkai  potongan ayat dari QS Al An’am : 102

4
·      Memahami mayat-ayat Al Qur’an dan Hadits  tentang harta dan tanggungjawab
4.      Peserta didik dapat Menjelaskan Kandungan ayat QS Al Qoshos : 77
5.      Peserta didik dapat Mengartikan potonganayat QS Maryam : 93

5
·      Memahami ayat Al Qur’anm tentang Demokrasi
6.      Peserta didik dapat Melanjutkan ayat QS Ali Imron : 159
7.      Peserta didik dapat Mengartikan potongan ayat QS Asy Syuro : 38

6
·      Memahami Ayat Al Qur’an tentang kebersamaan, kemajemukan, nalar, kompetisi dan peran manusia di muka bumi
8.      Peserta didik dapat Menterjemahkan potongan ayat QS Yunus :99
9.      Peserta didik dapat Menunjukkan Hukum Bacaan Mim Sukun QS Al Baqoroh:164

7
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an Tentang kompetisi dalam kebaikan
10.  Peserta didik dapat Menyambung ayat QS Al Baqarah : 148,

8
·      Memahami bacaan hafalan ayat-ayat Al Qaur’an tentang ketauhidan, sesuai dengan fitrah manusia dan bukti-bukti kekuasaan Tuhan
11.  Peserta didik dapat Mengartikan ayat QS Al A’rof:172

9
·      Memahami tentang persamaan gender
12.  Peserta didik dapat Menterjemahkan kalimat QS An Nisa’ : 32
10
·      Memahami tentang egaliter
13.  Peserta didik dapat Menentukan Hukum Bacaan Nun Sukun/tanwinpada QS Al Baqoroh:213

11
·      Memahami tentang larangan curang dalam takaran
14.  14. Peserta didik dapat Menjelaskan isi kandungan ayat QS Al Muthoffifin : 4 – 6
12
·      Memahami mengenai perintah menegakkan hukum
15.  Peserta didik dapat Merangkai potongan ayat QS Al Maidah :8

13
·      Memahami  tentang perintah menunaikan amanat, adil dan tanggungjawab
16.  Peserta didik dapat Menterjemahkan ayatQS An Nisa’ :  34
14
·      Memahami  tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
17.  Peserta didik dapat Mengartikan  secara mufrodat QS Al A’rof : 56


15
·      Memahami  tentang Kalamullah yang tinggi
18.  Peserta didik dapat Menunjukkan Hukum Bacaan Mad pada QS At Taubah :9
16
·      Memahami  tentang perintah mematuhi Allah dan Rasulnya

19.  Peserta didik dapat Menjelaskan Isi kandungan ayat QS Ali Imron : 31
17
·      Memahami  tentang proses turunnya wahyu
20.  Peserta didik dapat Menyambung aya t QS Asy Syuro:51
18
·      Memahami  tentang larangan membaca Al Qur’an dengan tergesa-gesa
21.  Peserta didik dapat MenterjemahkanQS Al Qiyamah : 16
22.  Peserta didik dapat Menentukan hukum Bacaan Gunnah pada QS : 17
19
·      Memahami  bacaan dan hafalan Hadits-hadits pilihan



23.  mengartikan Hadits HR Bukhari tentang Belajardan mengajarkan Al Qur’an
24.  Peserta didik dapat Menjelaskan isi kandungan Hadits Riwayat Bukhari tentang tata cara bersedekah
20
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang anjuran bertoleransi
25.  Peserta didik dapat Melanjutkan ayat QS Yunus : 40
26.  Peserta didik dapat Menter jemahkan potonganayat QS Al Kahfi : 29
21
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang etos kerja
27.  Peserta didik dapat Mengartikan secara lafdziyah QS Al Mujadalah : 11
28.  Peserta didik dapat Menentukan hukum Bacaan Nun sukun/tanwin pada QS Al Mujadalah : 11
22
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang Hal yang Ghoib
29.  Peserta didik dapat Menentukan isi kandungan ayat QS An Nahl:65

23
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang kaum yang lemah
30.  Peserta didik dapat Menterjemahkan ayatQS Al Ma’un:3
31.  Peserta didik dapat Mengartikan ayat secara lafdziyyah QS Al Baqarah : 177
24
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang makanan yang halal dan haram
32.  Peserta didik dapat Menentukan hukum bacaan Nun SUkun/Tanwin pada QS Al Baqoroh : 168
33.  Peserta didik dapat Menjelaskan isi kandungan ayat  QS Al Baqoroh : 168
25
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang hukum
34.  Peserta didik dapat Menyambung potongan ayatQS Al Maidah : 43
35.  Peserta didik dapat Menterjemahkan potonganayat QS An Nahl : 90

26
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang ekonomi
36.  Peserta didik dapat Mengartikan secara mufrodat QS Taubah : 103
37.  Peserta didik dapat Menentukan Hukum Bacaan Mad pada QS Taubah : 60

27
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang korupsi, kolusi dan nepotisme
38.  Peserta didik dapat Menjelaskan isi kandungan HaditsRiwayatBukharitentangmencaruinafkahlebihbaikdaripadameminta-minta

28
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang toleransi
39.  Peserta didik dapat Menterjemahkan ayat QS Al Baqarah : 256,
40.  Peserta didik dapat Mengartikan secara mufrodat QS Al Baqarah : 256,
29
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang berbeda pendapat
41.  Peserta didik dapat Menentukan Hukum Bacaan MimSukunpada QS  An Nahl : 125
42.  Peserta didik dapat Menjelaskan isi kandungan ayat QS An Nisa’ : 59
30
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang pengembangan IPTEK
43.  Peserta didik dapat Menterjemahkan potonganayatayat QS Yunus : 101
31
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang perilaku inklusif
44.  Peserta didik dapat  Mengartikan secara harfiyyah QS Al Baqoroh : 143

32
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang jagad raya
45.  Peserta didik dapat Menentukan hukum Bacaan Mad pada QS AL Mulk : 5
33
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang perilaku Inklusif
46.  Peserta didik dapat dapat memberi harokat dengan benar pada QS QS Luqman : 17 -19

34
·       
47.   Peserta didik dapat menyebutkan isi kandungan QS An Najm : 39 – 41

35
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an Tentang kompetisi dalam kebaikan
48.  Peserta didik dapat Menjelaskan kandungan ayat QS Fathir : 32
36
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentangekonomi
49.  Peserta didik dapat Menulis dan memberi harokat  QS AlBaqoroh : 274
37
·      Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang berbeda pendapat
50.  Peserta didik dapat Menterjemahkan potonganayat QS An Nahl : 125