Mengenai Saya

Foto saya
Pasrum Affandi, Waka Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan

Minggu, 25 Juli 2021

PROGRAM KELAS UNGGULAN SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN PEKALONGAN TP 2021/2022

PROFIL PROGRAM KELAS UNGGULAN

SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN DI PEKALONGAN

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

DASAR PEMIKIRAN

 

Kelas unggulan adalah sejumlah siswa yang karena prestasinya menonjol, dikelompokan dalam satu kelas khusus. Kelas Unggulan adalah untuk memberikan jawaban dari kebutuhan masyarakat, bahwa dibutuhkan anak-anak Lulusan SMA mempunyai kompetensi dalam bidang Sains dan Tahfidzul Qur’an. Diharapkan peserta didik setelah lulus SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan memiliki kemampuan yang lebih dibanding Peserta Didik Kelas Reguler. Kemampuan anak dalam bidang Sains dan Tahfidz seimbang. Sehingga menghasilkan Lulusan yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan Iman dan Taqwa (IMTAQ). Sistem pelaksanaan pembelajaranya dengan menerapkan kurikulum plus ditambah Penguasaan Tahsin dan Tahfidzul Qur’an minimal 6 Juz dalam 3 tahun.  Pembelajaran unggul dapat memudahkan dalam membina dan mengembangkan kecerdasan, keterampilan, kemampuan, bakat, minat, sikap dan perilaku siswa agar siswa memiliki indikator prestasi yang tinggi dan unggul sesuai dengan potensinya.

 

Pembelajaran unggul dikelas unggulan bertujuan:

 

1. Mempersiapkan siswa yang cerdas dalam kemampuan Sains (IPTEK),  beriman dan bertaqwa (IMTAQ)  kepada Allah SWT, memiliki budi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan serta sehat jasmani dan rohani.

2. Memberi kesempatan kepada siswa yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata normal untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa.

3. Memberikan kesempatan kepada siswa agar lebih cepat mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperlukan sesuai dengan perkembangan pembangunan.

4. Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi baik.

5. Mempersiapkan lulusan kelas unggulan menjadi siswa yang unggul sesuai dengan perkembangan mental siswa

 

 

JENIS PROGRAM

 

2. Pembelajaran unggul adalah proses pembelajaran yang membuat anak-anak senang, betah dan nikmat belajar. Proses pembelajaran unggul adalah proses yang dapat memunculkan kegiatan belajar mengajar yang menggairahkan.

 

2. Dengan pembelajaran unggul prestasi puncak dapat dicapai para peserta didiknya dengan cara mengembangkan kemampuan peserta didik dan merubah kondisi-kondisi pembelajaran dengan: kurikulum yang fleksibel, guru yang kompeten,  adanya ciri-ciri khusus dari kelas Unggul, dukungan masyarakat dan keterlibatan orang tua, disiplin yang ketat, keterikatan pada nilai-nilai budaya sekolah, akhlak dan kepribadian (karakter) unggul, pembiayaan yang memadai.

 

3. Jenis kelas unggulan yang telah diprogramkan adalah Kelas Unggulan yang mengacu pada kemampuan peserta didik di bidang akademik utamanya mata pelajaran Sains yaitu Matematika, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi  Tahsin dan Tahfidzul Qur'an,  dan Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) di diukung dengan Akhlak Mulia (Karakter)

 

 

PESERTA DIDIK

 

1. Menjadi peserta didik yang dapat belajar dikelas unggulan merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan karena dipandang bahwa peserta didik kelas unggulan merupakan peserta didik yang mempunyai prestasi dan karakter unggul dikelasnya.

 

2. Ciri tersebut merupakan karakteristik anak berbakat intelektual yang menyatakan bahwa anak berbakat mempunyai keunggulan atau menonjol dalam hal jasmani dan rohani, seperti: kesiagaan mental, kemampuan pengamatan/observasi,  keinginan untuk belajar, daya konsentrasi, daya nalar, kemampuan membaca, ungkapan verbal, kemampuan menulis, kemampuan mengajukan pertanyaan, menunjukan minat yang luas, memiliki ambisi yang baik, mandiri, dapat memberi jawaban tepat dan langsung kesasaran, mempunjyai rasa humor, melibatkan diri sepenuhnya serta ulet menghadapi tugas yang diminati.

 

3. Peserta didik kelas unggulan wajib memiliki nilai rata-rata tertinggi tiap semester dari seluruh jumlah peserta didik paralel, Maka tidak menutup keungkinan akan terjadi mutasi setiap semester. Khusus untuk kelas X, peserta didasarkan pada kriteria yang ditentukan pada Faktor Pendukung Point 1.

 

4. Nilai Akhlak dan Kepribadian (Karakter) adalah Sangat Baik, khusus untuk kelas X penentuan diatur pada Faktor Pendukung Point 1.

 

5. Mempunyai kemampuan yang seimbang dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan  Iman dan Taqwa (Taqwa)

 

 

TOLOK UKUR KEBERHASILAN

 

1. KKM untuk semua mata pelajaran  adalah 80.

2. Nilai Akhlaq dan Kepribadian (Karakter) adalah Sangat Baik.

3. Peserta didik terampil dan menyukai percobaan-percobaan dan penelitian sederhana dalam bidang (Sains).

4. Peserta didik mampu membaca Al Qur'an dengan irama Murottal yang bagus dan mampu menghafal Al Qur'an minimal 6 Juz dalam waktu 3 tahun.

5. Peserta didik siap menjadi duta/utusan sekolah dalam kegiatan kompetisi/olimpiade di tingkat kota, provinsi dan nasional.

6. Peserta didik menjadi Kader Persyarikatan Muhammadiyah dengan menguasai ISMUBA dan berakhlaq Mulia.

 

 

STRUKTUR KURIKULUM

 

1. Pada dasarnya struktur kurikulum kelas unggulan tidak berbeda dengan kelas reguler, yaitu menggunakan struktur kurikulum yang berlaku Kurikulum 2013 (KTSP) Hanya dalam struktur kurikulum kelas unggulan memiliki penambahan (keunggulan), baik segi kuantitatif (keunggulan komparatif) maupun kualitatif (keunggulan kompetitif).

 

2. Pada kelas unggulan diberikan tambahan pelajaran / bimbingan khusus untuk dipersiapkam dalam kegiatan Olimpiade / Try Out baik khususnya di lingkungan eksternal, baik tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi maupun Nasional.

 

3. Pada kelas unggulan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) hanya pada Mapel tertentu; Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggtris (Sains) Tahsin dan Tahfidz, dan Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) agar efektif dan efisien, sedangkan Mapel lainnya Full Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ/Online)

 

4. Komposisi Pembelajaran Kelas Unggulan adalah, 59 % Tahfidz/ISMUBA dan 41 % Sains untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM), sedangkan untuk Mapel lainnya diselenggarakan dengan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (Online)

 

 

PROGRAM KELAS UNGGULAN

 

1. Pembelajaran keunggulan dari segi kuantitatif dan kualitatif

2. Bimbingan kelas khusus olimpiade.

3. Pendukung Pojok Buku Referensi.

4. Fun-Game Pengembangan Diri.

5. Pembelajaran dengan menekankan nilai-nilai budaya sekolah yang unggul.

6. Pembelajaran Tahsin dan Tahfidzul Qur'an dengan metode yang menarik.

7. Kuat dalam bidang Karakter Islami

 

METODE PEMBELAJARAN

 

Metode pembelajaran yang diterapkan pada kelas unggulan lebih menekankan pada pendekatan active learning yang berorientasi peserta didik (students oriented). Dalam pendekatan seperti ini peserta didik merupakan pelaku aktif yang mengkonstruksi pengetahuan dengan segenap potensi yang dimilikinya. Guru lebih berperan sebagai fasilitator, mediator, dan dinamisator. Jadi guru tidak diperankan sebagai subjek, melainkan sebagai mitra belajar peserta didik. Beberapa metode yang diterapkan di antaranya: metode jigsaw, metode tutor sebaya, metode problem solving, dan semacamnya.

 

SISTEM PENILAIAN PEMBELAJARAN

 

1.      Sistem penilaian kelas unggulan berdasarkan asas penilaian yang objektif dan komprehensif, sehingga peserta didik termotivasi untuk terus berkembang dan berprestasi. Bentuk-bentuk penilaian diantaranya: penilaian portofolio, penilaian unjuk kerja (performance), penilaian test, dan sebagainya.

2.   Pencapaian kemajuan belajar Peserta Didik Kelas unggulan ditargetkan meraih prestasi lebih tinggi dibandingkan dengan kelas regular sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan.

3.   Sistem penilaian Akhlak dan Kepribadian kelas unggulan dilakukan oleh wali kelas dengan melibatkan guru Al Islam, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan guru lain yang khususnya mengajar di kelas unggulan, namun tidak tertutup meminta masukan dari guru lain yang tidak masuk kelas unggulan.

4.      Alat penilaian di kelas unggulan mengutamakan tes uraian dalam ulangan harian dengan penyusunan soal memiliki tingkat kesukaran lebih tinggi.

5.    Penilaian Akhlak dan Kepribadian (Karakter) peserta didik kelas unggulan mendapat perhatian khusus dan harus mempunyai kelebihan dari segi kejujuran, sopan santun, sosialisasi, kerajinan, kerapian, budi pekerti dan kemandirian dan penerapan nilai budaya sekolah.

6.  Mempertimbangkan keaktifan dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler yang ditetapkan sekolah dan jika memungkinan dalam kegiatan sosial dilingkungan masyarakat.

 

DESAIN KELAS

 

1.    Jumlah peserta didik per kelas Maksimal 36 peserta didik dengan fasilitas yang relatif lebih lengkap dari kelas reguler.

 

2.  Untuk terciptanya suasana kondusif belajar yang memacu prestasi maksimal, maka desain kelas kelas unggulan berbeda dengan kelas reguler. Antara lain kelas didesain menjadi ruangan yang memiliki AC, bebas dari Asap Rokok, tatanan meja belajar yang bervariasi, tersedia LCD/LED dan sound systemnya, lemari buku, serta Pojok Buku Referensi yang menyimpan buku-buku untuk menunjang proses belajar peserta didik (kamus Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya jika memungkinkan, kumpulan rumus dan buku penunjang lainnya).

 

FAKTOR PENDUKUNG

 

Seleksi  Peserta Didik

 

Peserta Didik yang masuk Program Kelas Unggulan melalui seleksi Rapor SMP/MTs dari semester 1 sampai 5. Seleksi ini meliputi: Nilai Ijazah tertinggi, Tes Seleksi Masuk dan Tes Wawancara dengan Tim yang telah ditetapkan. Untuk Tes IQ kategori minimalnya adalah high Avarage (di atas rata-rata), juga mengikuti Tes Wawancara dengan Tim yang telah ditetapkan bagi peserta didik yang baru dimutasi ke kelas unggulan.

 

 

Kualifikasi Pendidik

Guru yang dipersiapkan menjadi Tenaga Pendidik di kelas Unggulan adalah guru yang memenuhi syarat formal sesuai undang-undang, atau keahliaan yang istimewa, memiliki motivasi kuat untuk mengembangkan potensi peserta didik, berkepribadian luhur yang mampu menjadi teladan peserta didik, menguasai menguasai materi dan metode pengajaran yang variatif (active learning, CTL - contextual teaching learning atau model lain yang kreatif), dapat meng-operasionalkan computer / Internet, berpikir terbuka dan disiplin, serta terus mengembangkan diri sehingga memiliki kompetensi optimal.

Guru kelas unggulan ialah guru kelas yang memenuhi persyaratan sesuai undang-undang, yang memandu bidang studi khusus atau mata pelajaran tertentu di kelas unggulan.

 

Forum-forum Pertemuan Guru dan Orangtua

 

Dalam upaya terjalin komunikasi dan koordinasi yang harmonis antara sekolah dengan orang tua, maka secara rutin minimal setiap 6 (enam) bulan sekali diadakan pertemuan antara guru dan orang tua peserta didik. Dalam forum pertemuan ini dilakukan berbagai kegiatan, seperti evaluasi, penampungan ide-saran, dan sebagainya. Selain itu dapat juga dilakukan pertemuan secara mandiri/individu dan terjadwal di lingkungan sekolah yang berhubungan dengan peserta didik.

 

Monitoring dan Konsultan

 

Monitoring dilakukan secara berkala, dengan sasaran yang jelas sesuai tujuan penyelenggaraan. Monitoring bisa berupa briefing, curah gagasan (brainstorming), refleksi, pemantauan, diskusi dan sejenisnya. Guna mendapatkan monitoring secara optimal, dan jika memungkinkan akan diupayakan berkonsultasi dengan konsultan khusus penanganan program kelas unggulan (dari lembaga psikologi terapan).

 

Sumber dana

 

Dana yang diperlukan bagi kelancaran penyelenggaraan kelas unggulan ini berasal dari dana Uang Persyarikatan Muhammadiyah (UPM), iuran orang tua/wali dari peserta didik kelas unggulan (SPP), dana BOS dan dana takstis lainnya yang bersifat tidak mengikat.

PENUTUP

 

Dengan Program Kelas Unggulan yang tersusun dengan perencanaan yang matang, insya Allah akan menghasilkan Peserta Didik yang mempunyai kompetensi yang diharapkan, yaitu Peserta Didik yang tidak hanya menguasai IPTEK saja tetapi juga seimbang dalam Iman dan Taqwa (IMTAQ) dengan Akhlaqul Karimah yang akan dibawa Peserta didik dimanapun berada sebagai Duta-duta SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan.

 

 

 

 

 Pekalongan, 9 Juli 2021

 


 

 

 

Tidak ada komentar: