SKL MATA PELAJARAN TARIKH TAHUN 2013 - 2014 | |||
UNTUK PERSIAPAN UJIAN AKHIR SEMESTER KELAS XII | |||
NO | STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN | Kls/sem | INDIKATOR |
1 | Memahami dakwah Rasulullah SAW | X/1 | - Siswa dapat menjelaskan tahun kelahiran Nabi Muhammad saw |
Pada Periode Makkah | - Siswa dapat menjelaskan wahyu kenabian pada diri Muhammad | ||
- Siswa dapat menjelaskan pokok ajaran Inti yang di sampai | |||
kan Nabi pada periode Makkah | |||
- Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh pemuka quraisy yang | |||
yang menentang secara langsung terhadap dakwah Nabi Muham | |||
mad saw. | |||
- Siswa dapat menjelaskan dalil naqli yang memerintah dakwah | |||
secara jahr atau terang-terangan. | |||
2 | Memahami dakwah Rasulullah SAW | X/ 2 | - Siswa dapat menyebutkan 4 Khulafaurrasyidin secara benar |
Pada Periode Madaniyah | - Siswa dapat menjelaskan arti Al Faruq yang merupakan gelar | ||
sahabat Umar Bin Khattab | |||
- Siswa dapat menjelaskan arti Junurrain Wal Hijratain yang | |||
yang merupakan gelar sahabat Usman bin Affan. | |||
- Siswa dapat menjelaskan arti Al Bab Al Maftuh yang merupakan | |||
istilah yang ada pada masa pemerintahan Usman bin Affan. | |||
4 | Sejarah Masuknya Islam di Spanyol / Andalusia | XI / 1 | - Siswa dapat menyebutkan nama panglima Islam yang telah |
dan Eropa | berhasil menaklukan spanyol. | ||
- Siswa dapat menjelaskan asal muasal nama Spanyol. | |||
- Siswa dapat menyebutkan peninggalan kejayaan Islam di | |||
Spanyol / Andalusia | |||
- Siswa dapat menyebutkan nama kota-kota terpenting | |||
yang ada di Spanyol. | |||
5 | Memahami perkembangan Islam di Spanyol | XI / 1 | - Siswa dapat menjelaskan sebab - sebab keruntuhan kejayaan |
masa Daulah Bani Ummayah. | Islam di Spanyol / Andalusia. | ||
- Siswa dapat menjelaskan masa/waktu kekuasaan Bani Ummayah | |||
di Spanyol / Andalusia. | |||
6 | Memahami Perkembangan Islam di Spanyol | XI / 1 | - Siswa dapat menjelaskan perintis berdirinya daulah Muwahidin |
masa Daulah Muwahidin. | di Spanyol. | ||
- Siswa dapat menjelaskan penulis berjudul The Spirit Of Islam | |||
yang merupakan tokoh pembaharuan dari India | |||
- Siswa dapat menyebutkan pendirikan gerakan Ahmadiyah dari | |||
India | |||
Perkembangan Islam Pada abad Pertengahan | XI / 2 | - Siswa dapat menyebutkan sejarah perjalanan Islam di Indonesia | |
- Siswa dapat menyebutkan sebab-sebab kemunduran Islam pada | |||
abad pertengahan. | |||
7 | Perkembangan Islam Pada Masa Modern | XI / 2 | - Siswa dapat menyebutkan tokoh - tokoh pembaharuan dari |
Mesir | |||
- Siswa dapat menjelaskan penulis berjudul The Spirit Of Islam | |||
yang merupakan tokoh pembaharuan dari India | |||
- Siswa dapat menyebutkan pendirikan gerakan Ahmadiyah dari | |||
India | |||
8 | Memahami Sekitar Awal Kedatangan dan | XII / 1 | - Siswa dapat menjelaskan mengapa kajian kedatangan Islam |
Penyebaran Islam di Indonesia | di Indonesia dinyatakan galau dan rumit | ||
- Siswa dapat menjelaskan mengapa kedatangan Islam di | |||
Indonesia dianggap rancu | |||
- Siswa dapat menjelaskan proses masuknya Islam di Indonesia | |||
menurut berbagai tokoh sejarah | |||
- Siswa dapat menjelaskan berbagai usaha para ahli sejarah | |||
Indonesia untuk mengetahui secara Ilmiah tentang kapan | |||
Islam datang di Indonesia | |||
- Siswa dapat menjelaskan seorang agamawan dari Cina yang | |||
yang mengatakan awal kedatangan Islam di Indonesia | |||
9 | Memahami Berbagai Pendapat / Teori | XII/1 | - Siswa dapat menjelaskan perbedaan pendapat tentang |
kedatangan Islam di Indonesia | masuknya Islam di Indonesia | ||
- Siswa dapat menjelaskan berbagai teori yang menyatakan | |||
masuknya Islam di Indonesia. | |||
Memahami Berbagai Pendapat / Teori | XII/1 | - Siswa dapat menjelaskan peranan para Tasawuf dalam ikut | |
penyebaran Islam di Indonesia | penyebaran Islam di Indonesia | ||
- Siswa dapat menjelaskan, bahwa peranan politik sangat | |||
mempengaruhi perkembangan Islam di Indonesia | |||
- Siswa dapat menjelaskan cara-cara masuknya Islam di Indo | |||
- Siswa dapat menjelaskan tentang keberadaan kerajaan Islam | |||
pertama di Indonesia | |||
Memahami Perkembangan Islam di | XII/1 | - Siswa dapat menjelaskan peranan organisasi Islam di Indonesia | |
Indonesia | - Siswa dapat menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia | ||
pada masa kerajaan - kerajaan Islam | |||
Memahami Perkembangan Islam di | XII/1 | - Siswa dapat menyebutkan tokoh - tokoh gerakan pembaharuan | |
Indonesia pada masa pergerakan Nasional | yang mengilhami munculnya gerakan pembaharuan Islam di | ||
Indonesia. | |||
- Siswa dapat menyebutkan organisasi - organisasi Islam yang | |||
berdidiri di Indonesia. | |||
- Siswa dapat menjelaskan peranan - peranan organisasi Islam | |||
di Indonesia. | |||
Memahami Perkembangan Islam di | XII/1 | - Siswa dapat menjelaskan perkembangan Islam pada masa | |
menjelang peristiwa proklamsi kemerdekaan | zaman pendudukan Jepang. | ||
- Siswa dapat menjelaskan peranan para ulama dalam persiapan | |||
menjelang proklamsi kemerdekaan. | |||
10 | Memahami perkembangan Islam di berbagai | XII/2 | - Siswa dapat menjelaskan sejarah masuknya Islam di Amirika |
belahan dunia | - Siswa dapat menyebutkan sebab - sebab orang Amirika | ||
Latin lebih memilih Islam | |||
- Siswa dapat menjelaskan mengapa pertumbuhan dan perkem- | |||
bangan Islam di Eropa bisa cepat | |||
- Siswa dapat menjelaskan "Quensland Islamic Sociaty "yang | |||
di dirikan di Australia | |||
- Siswa dapat menjelaskan awal masuknya Islam di Sudan | |||
- Siswa dapat menjelaskan perintis dan penggerak Islam di | |||
Amirika | |||
- Siswa dapat menjelaskan peranan ulama Indonesia dalam | |||
penyebaran Islam di Afrika Selatan | |||
- Siswa dapat menjelaskan alasan kenapa di Ethopia banyak | |||
melahirkan para Ulama | |||
- Siswa dapat menjebutkan empat madzhab yang paling populer | |||
di Asia Tenggara |
Hadits Nabi menyatakan خير الناس انفعهم للناس، yang artinya, sebaik-baik manusia adalah manusia yang lebih bermanfaat terhadap manusia lainnya. Tanamkanlah kebaikan yang kelak akan kembali kepada kita sendiri, demikian juga jika kejelekan yang kita tanam maka kejelekan itu akan kembali pada diri kita sendiri. Begitulah Firman Allah dalam QS Al Isra' : 7 اِنْ اَحْسَنْتُمْ اَحْسَنْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ ۗوَاِنْ اَسَأْتُمْ فَلَهَاۗ
Mengenai Saya
Jumat, 28 Februari 2014
SKL TARIKH 2014
SKL IBADAH 2014
SKL UAS IBADAH SMA MUHAMMADIYAH
SE-JAWA TENGAH
2013-2014
No
|
Standar
Kompetensi Lulusan
|
|
Kemampuan
yang diuji
|
1
|
Memahami
sumber hukum Islam
|
1.1
1.2
1.3
|
Menyebutkan pengertian
kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al Hadis sebagai sumber hukum Islam dan ijtihad sebagai metode penetapan hukum
Menjelaskan
pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
Menerapkan hukum
taklifi dalam kehidupan sehari-hari
|
2
|
Memahami
Thaharah
|
2.1
2.2
2.3
|
Menjelaskan hadas kecil dan besar serta cara mensucikannya
Menjelaskan macam-macam najis dan cara mensucikannya
Membiasakan Kaifiyah thoharoh dalam kehidupan
saharí-hari
|
3
|
Memahami
kaifiyat shalat
|
3.1
3.2
3.3
|
Menjelaskan kaifiyat sholat wajib dan sunnah.
Menjelaskan sanksi bagi yang meninggalkan sholat
Membiasakan sholat wajib dan kegiatan sunnah setelah sholat wajib
|
4
|
Memahami
sebab-sebab timbulnya perbedaan faham fiqih
|
4.1
4.2
|
Menjelaskan penyebab timbulnya perbedaan dalam fiqih
Menjelaskan hikmah perbedaan faham
dalam fiqih Islam
|
5
|
Memahami
ketentuan zakat,haji dan waqaf
|
5.1
5.2
5.3
|
Menjelaskan tentang zakat, haji
dan wakaf
Menyebutkan contoh-contoh
pengelolaan zakat, haji dan wakaf
Menyebutkan contoh pengelolaan zakat
Menerapkan ketentuan dasar zakat
|
6
|
Memahami
shalat fardlu dalam berbagai kondisi
|
6.1
6.2
|
Menjelaskan ketentuan shalat
ketika safar
Menjelaskan ketentuan shalat
khouf
|
7
|
Memahami
ketentuan shalat berjamaah
|
7.1
7.2
|
Menjelaskan ketentuan shalat berjamah
Membiasakan
shalat berjamaah
|
8
|
Memahami
ketentuan mu’amalah dalam Islam
|
8.1
8.2
8.3
8.4
|
Menjelaskan pengetian
muamalah dan azas-azas transaksi ekonomi dalam Islam
Memberikan
contoh transaksi ekonomi dalam Islam (musyarakah,
mudhorobah dan murobahah)
Menghindari praktek transaksi jual beli ribawi
Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan seharí-hari
|
9
|
Memahami
ketentuan shalat jum’at
|
9.1
9.2
9.3
9.4
|
Menjelaskan
tentang kaifiyat shalat Jum’at
Menjelaskan
tentang kaifiyat khutbah Jum’at
Mempraktekkan
khutbah Jum’at
Melaksanakan
shalat Jum’at
|
10
|
Memahami
ketentuan pengurusan jenazah
|
10.1
10.2
|
Menjelaskan tata cara memandikan, mengkafani,
menshalatkan dan menguburkan jenazah
Melakukan
praktek memandikan, mengkafani, menshalatkan dan menguburkan jenazah
|
11
|
Memahami
ketentuan qurban dan aqiqah
|
11,1
11.2
|
Menjelaskan ketentuan penyembelih he-wan
Menjelaskan
ketentuan qurban dan aqiqah
Berlatih
dalam berqurban
Menyelenggarakan
pelaksanaan qurban
|
12
|
Memahami
ketentuan ‘Ariyah, Wadi’ah dan luqathah
|
12.1
12.2
|
Menjelaskan pengertian ‘Ariyah, Wadi’ah dan luqotoh
Menjelaskan ketentuan ‘Ariyah, wadi’ah dan luqotoh.
|
13
|
Memahami
hukum keluarga
|
13.1
13.2
13.3
|
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
Menjelaskan hikmah munakahat
/perkawinan
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut
perundang-undangan di Indonesia
|
14
|
Memahami
shalat tathawwu’
|
14.1
14.2
|
Menjelaskan ketentuan shalat Tathawwu’
Membiasakan melakukan shalat Tathawwu’
|
15
|
Memahami
dzikir dan do’a
|
15.1
15.2
15.3
|
Menjelaskankan tentang dzikir dan doa
Menyebutkan hadis tentang dzikir
dan doa
Membiasakan dzikir dan doa dalam kehidupan sehari-hari
|
16
|
Memahami
Imamah dan hudud
|
16.1
16.2
|
Menjelaskan
ketentuan Imaroh berdasrkan Al-Quran dan Hadits
Menjelaskan ketentuan hudud berdasrkan Al-Quran dan Hadits
|
17
|
Memahami
hukum Islam tentang mawaris
|
17.1
17.2
|
Menjelaskan ketentuan hukum Waris
Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum Waris
|
18
|
Memahami
tata cara berjihad
|
18.1
18.2
18.3
|
Menyebutkan pengertian jihad fi sabilillah
Menunjukkan contoh jihad fi sabilillah
Mempraktekkan jihad dalam kehidupan sehari-hari
|
Langganan:
Postingan (Atom)