PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK 
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Sekolah                     : SMA Muhamammadiyah 1 Pekajangan
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    :  X / 1
Tahun Ajaran          :  20 11 / 20 12 
|      Standar Kompetensi  |          Kompetensi Dasar  |          Indikator Pencapaian Kompetensi  |          Aspek  |          Ket  |    |
|      Penguasaan Konsep dan    Nilai-nilai  |          Penerapan  |    ||||
|      Al-Qur’an 1.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an    tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi  |          1.1  Membaca     Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl :    78  |          § Mampu    membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14;    56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar. §    Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:    12-14; 56. Q.S.    AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78  |          |          |          |    
|      |          1.2  Menyebut-kan arti  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14,    Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78  |          § Mampu mengartikan per-kata Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An    Nahl: 78 dengan benar § Mampu mengartikan per-ayat Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An    Nahl: 78 §    Mampu menterjemahkan Q.S.     Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78  |          |          |          |    
|      |          1.3  Menampil-kan perilaku sebagai khalifah di    bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14,    Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78  |          § Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S.    Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78 § Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan    Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78 § Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.  |          |          |          |    
|      Al-Qur’an 2.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an    tentang keikhlasan dalam beribadah  |          2.1  Membaca     Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5   |          § Mampu membaca Q.S Al-An’am:    162-163 dengan baik dan benar § Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S    Al-An’am: 162-163  |          |          |          |    
|      |          2.2  Menyebut-kan arti  Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5  |          § Mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An’am: 162-163 § Mampu mengartikan per-ayat Q.S    Al-An’am: 162-163 § Mampu menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163  |          |          |          |    
|      |          2.3  Menampil-kan perilaku ikhlas dalam    beribadah seperti terkandung dalam      Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5  |          § Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah    sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 § Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah    sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 § Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah    sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163  |          |          |          |    
|      Akidah 3.    Mening-katkan keimanan kepada    Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna  |          3.1  Menyebut-kan 10 sifat    Allah  dalam Asmaul  Husna  |          § Mampu     menyebutkan arti  sifat Allah. § Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul    Husna  |          |          |          |    
|      |          3.2  Menjelaskan arti  10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna  |          § Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul    Husna. § Mampu     menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia  |          |          |          |    
|      |          3.3  Menampil-kan perilaku yang mencerminkan    keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna  |          § Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya    bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. § Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan    penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna  |          |          |          |    
|      Akidah 4.    Membias-akan perilaku terpuji  |          4.1  Menyebut-kan pengertian perilaku  husnuzhan  |          § Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah § Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap diri    sendiri. § Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama    manusia.  |          |          |          |    
|      |          4.2  Menyebut-kan contoh-contoh  perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri    sendiri dan sesama manusia  |          § Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap Allah § Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap diri    sendiri. § Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap sesama    manusia.  |          |          |          |    
|      |          4.3  Membiasa-kan perilaku husnuzhan dalam    kehidupan sehari-hari  |          § Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah § Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri. § Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.  |          |          |          |    
|      Fikih 5.    Memahami sumber    hukum Islam, hukum taklifi, dan    hikmah ibadah  |          5.1  Menyebut-kan pengertian, kedudukan dan    fungsi Al-Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam  |          § Mampu menyebutkan pengertian Al-Qur’an, Al-Hadits, dan    Ijtihad sebagai sumber hukum Islam § Mampu menjelaskan kedudukan Al-Qur’an, Al-Hadits, dan    Ijtihad sebagai sumber hukum Islam § Mampu menjelaskan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan    Ijtihad sebagai sumber hukum Islam. § Mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur’an. § Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits.  |          |          |          |    
|      |          5.2  Menjelaskan    pengertian,  kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam  |          § Menjelaskan pengerti hukum taklifi dalam hukum Islam § Menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam § Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.  |          |          |          |    
|      |          5.3  Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan    sehari-hari  |          § Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum    taklifi. § Mampu mempraktikkan contoh-contoh perilaku yang sesuai    dengan hukum taklifi. § Mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum    taklifi  |          |          |          |    
|      Tarikh dan Kebudayaan Islam 6.    Memahami keteladanan    Rasulullah dalam membina umat periode Makkah  |          6.1  Mencerita-kan  sejarah dakwah Rasulullah SAW periode    Mekkah  |          § Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada    periode Makkah. § Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada    periode makkah. § Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW    terhadap umat.  |          |          |          |    
|      |          6.2  Mendeskrip-sikan substansi dan strategi    dakwah Rasulullah SAW periode Makkah  |          § Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode    Makkah. § Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.  |          |          |          |    
|      Jumlah  |          |          |          |    ||
|     Mengetahui Kepala Sekolah Drs. Akhsanudin AS NIP: 1961 1002 198703 1 003  |        |        Pekalongan , 5 Juli 2011 Guru Bidang Studi Drs.    Pasrum Affandi NIP/NIK: 1115 6790 668 216  |   
![]()  |    
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK 
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Sekolah                     : SMA Muhamammadiyah 1 Pekajangan
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    :  X / 2
Tahun Ajaran          :  20 .....  / 20 .....
|      Standar Kompetensi  |          Kompetensi Dasar  |          Indikator Pencapaian Kompetensi  |          Aspek  |          Ket  |    |
|      Penguasaan Konsep    dan Nilai-nilai  |          Penerapan  |    ||||
|      Al-Qur’an 7.    Memahami ayat-ayat   Al-Qur’an tentang Demokrasi  |          7.1  Membaca Q.S. Ali Imran: 159 dan Q.S. Asy    Syura: 38  |          § Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38    dengan baik dan benar. § Mampu mengidentifikasi Q.S. Ali Imran : 159 dan    Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.  |          |          |          |    
|      |          7.2       Menyebut-kan    arti Q.S. Ali Imran 159: dan Q.S. Asy Syura: 38  |          § Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran: 159 dan    Asy-Syura: 38 § Mampu menyimpulkan kandungan isi Q.S. Ali Imran: 159    dan Asy-Syura: 38 § Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang bersifat    demokratis.  |          |          |          |    
|      |          7.3       Menampil-kan    perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam Q.S. Ali Imran;159, dan    Q.S. Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari  |          § Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti    yang terkandung Ali Imran;159 § Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti    yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38  |          |          |          |    
|      Akidah 8.    Mening-katkan keimanan kepada    Malaikat  |          8.1  Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada    Malaikat  |          § Mampu menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat § Mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat.  |          |          |          |    
|      |          8.2  Menampil-kan contoh-contoh perilaku beriman    kepada Malaikat  |          § Menjelaskan contoh-contoh perilaku  beriman kepada Malaikat § Mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman    kepada malaikat.  |          |          |          |    
|      |          8.3  Menampil-kan perilaku sebagai cerminan    beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari  |          § Mampu menampilkan perilaku mulia sebagai cerminan iman    kepada malaikat. § Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada    Malaikat   |          |          |          |    
|      Akhlak 9.    Membia-sakan perilaku terpuji  |          9.1  Menjelaskan pengertian adab dalam    berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu.  |          § Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian. § Menjelaskan pengertian adab dalam berhias § Menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan. § Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima    tamu  |          |          |          |    
|      |          9.2  Menampil-kan contoh-contoh adab dalam    berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.  |          § Mampu menunjuk-kan contoh adab dalam berpakaian. §    Mampu menunjuk-kan contoh adab dalam berhias. § Mampu    menunjuk-kan contoh adab dalam perjalanan § Mampu menunjuk-kan adab dalam bertamu dan menerima    tamu.  |          |          |          |    
|      |          9.3  Mempraktik-kan adab dalam berpakaian,    berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan    sehari-hari  |          § Mampu memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam    berpakaian § Mampu memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam    berhias § Mampu memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam    perjalanan § Mampu memprak-tikkan perilaku yg baik dan benar dalam    bertamu dan menerima tamu.  |          |          |          |    
|      Akhlak 10.  Menghin-dari Perilaku Tercela  |          10.1 Menjelaskan    pengertian  hasad, riya, aniaya dan    diskriminasi  |          § Mampu    menjelaskan pengertian hasad § Mampu menjelaskan pengertian riya. § Menjelaskan pengertian riya. § Menjelaskan pengertian diskriminasi  |          |          |          |    
|      |          10.2     Menyebut-kan contoh perilaku  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.  |          §    Mampu menyebutkan    contoh perilaku hasad § Mampu    menyebutkan contoh perilaku riya § Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya §    Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi  |          |          |          |    
|      |          10.3 Menghindari    perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.  |          § Mampu    menghindari perilaku hasad. § Mampu menghindari perilaku riya. § Mampu menghindari perilaku aniaya. §    Mampu menghindari perilaku diskriminasi.  |          |          |          |    
|      Fikih 11.  Memahami hukum    Islam tentang zakat, haji dan wakaf  |          11.1     Menjelas-kan   perundang-undangan tentang pengelolaan    zakat, haji dan wakaf   |          § Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan    zakat. § Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan    haji. § Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan    wakaf.  |          |          |          |    
|      |          11.2     Menyebut-kan contoh-contoh pengelolaan    zakat, haji dan wakaf  |          § Mampu menyebutkan contoh pengelolaan zakat § Mampu menyebutkan contoh pengelolaan haji § Mampu menyebutkan contoh pengelolaan wakaf  |          |          |          |    
|      |          11.3     Menerapkan ketentuan perundang-undangan    tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.  |          § Mampu menerap-kan ketentuan perundang-undangan tentang    zakat § Mampu menerap-kan ketentuan perundang-undangan tentang    haji. § Mampu menerap-kan ketentuan perundang-undangan tentang    wakaf.  |          |          |          |    
|      Tarikh dan Kebudayaan Islam 12.  Memahami    keteladanan Rasulullah SAW dalam membina    umat periode Madinah  |          12.1 Mencerita-kan    sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah  |          § Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada    periode Madinah. §    Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah.  |          |          |          |    
|      |          12.2     Mendeskrip-sikan strategi dakwah  Rasulullah SAW periode Madinah   |          § Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode    Madinah. § Mampu meneladani strategi dakwah Rasulullah periode    Madinah.  |          |          |          |    
|     Jumlah  |        |        |        |   ||
|     Mengetahui Kepala Sekolah Drs. Akhsanudin AS NIP: 1961 1002 198703 1 003  |        |        Pekalongan , 5 Juli 2011 Guru Bidang Studi Drs.    Pasrum Affandi NIP/NIK: 1115 6790 668 216  |   
 PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK 
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Sekolah                     : SMA Muhamammadiyah 1 Pekajangan
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    :  XI / 1
Tahun Ajaran          :  20 .....  / 20 .....
|      Standar Kompetensi  |          Kompetensi Dasar  |          Indikator Pencapaian Kompetensi  |          Aspek  |          Ket  |    |
|      Penguasaan Konsep    dan Nilai-nilai  |          Penerapan  |    ||||
|      Al-Qur’an 1.    Memahami    ayat-ayat   Al-Qur’an tentang kompetisi    dalam kebaikan  |          1.1  Membaca     Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32  |          § Mampu membaca Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32    dengan baik dan benar § Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah: 148 dan    Al Fatir: 32 dengan baik dan benar  |          |          |          |    
|      |          1.2  Menjelaskan arti Q.S. Al Baqarah: 148 dan    Q.S. Al-Fatir: 32  |          § Mampu mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah: 148 dan Al    Fatir: 32 dengan baik dan benar. § Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al    Fatir: 32 dengan  baik dan benar § Mampu menterjemah Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir:    32  |          |          |          |    
|      |          1.3  Menampilkan perilaku berkompetisi dalam    kebaikan seperti terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32  |          § Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam    kebaikan sesuai dengan Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 § Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam    kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir:    32. § Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan    seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.  |          |          |          |    
|      Al-Qur’an 2.    Memahami    ayat-ayat  Al-Qur’an tentang perintah    menyantuni kaum dhuafa  |          2.1 Membaca  Q.S. Al Isra:  26–27 dan Q.S. Al-Baqarah: 177  |          § Mampu membaca     Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar § Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan    Al Baqarah : 177  |          |          |          |    
|      |          2.2  Menjelaskan arti  Q.S. Al-Isra: 26-27 dan  Q.S. Al Baqarah: 177  |          § Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al    Baqarah : 177 § Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al    Baqarah : 177 § Mampu mendiskusikan terjemah  Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177  |          |          |          |    
|      |          2.3  Menampil-kan perilaku menyantuni kaum    du’afa seperti terkandung dalam  Q.S.    Al-Isra: 26-27 dan  Q.S. Al Baqarah:    177  |          § Mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum    dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah :    177 § Mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum    dhu’afa  seperti yang terkandung dalam    Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 § Mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh’afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra    : 26-27 dan Al Baqarah : 177  |          |          |          |    
|      Akidah 3.    Mening-katkan    keimanan  kepada    Rasul-rasul Allah  |          3.1  Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada    Rasul-rasul Allah  |          § Mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah. § Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada    rasul-rasul Allah.  |          |          |          |    
|      |          3.2  Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman    kepada Rasul-rasul Allah  |          § Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman    kepada Rasul-rasul Allah. §    Mampu mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah.  |          |          |          |    
|      |          3.3. Menampilkan    perilaku yang mencerminkan  keimanan    kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari  |          § Mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman    kepada rasul-rasul Allah § Mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah  |          |          |          |    
|      Akhlak 4.    Membia-sakan    berperilaku terpuji  |          4.1  Menjelaskan pengertian  taubat dan raja`  |          § Mampu    menjelaskan pengertian taubat §    Mampu menjelaskan pengertian    raja’  |          |          |          |    
|      |          4.2  Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat    dan raja`  |          § Mampu    menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat § Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’  |          |          |          |    
|      |          4.3  Membiasa-kan perilaku bertaubat dan  raja` dalam kehidupan sehari hari  |          § Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam    kehidupan sehari-hari.  |          |          |          |    
|      Fikih 5.    Memahami    hukum  Islam  tentang Mu’amalah  |          5.1  Menjelaskan     asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam  |          § Mampu menjelaskan ketentuan hukum jual beli. § Mampu mengemukakan dalil tentang dalil tentang jual    beli. § Menjelaskan macam-macam jual beli.  |          |          |          |    
|      |          5.2  Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam    Islam    |          § Mampu memberikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam    Islam. § Mempraktekkan tentang transaksi ekonomi dalam Islam  |          |          |          |    
|      |          5.3  Menerapkan     transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari  |          § Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam jual    beli § Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam simpan    pinjam § Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam sewa    menyewa  |          |          |          |    
|      Tarikh dan Kebudayaan Islam 6.    Memahami    perkembangan Islam pada abad pertengahan ( 1250 – 1800 )  |          6.1  Menjelaskan perkembangan Islam pada  abad pertengahan  |          § Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu    pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan. § Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan    Islam pada abad pertengahan  |          |          |          |    
|      |          6.2  Menyebut-kan contoh peristiwa perkembangan    Islam pada abad pertengahan   |          § Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa    perkembangan Islam pada abad pertengahan. § Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa    perkembangan Islam pada abad     pertengahan  |          |          |          |    
|     Jumlah  |        |        |        |   ||
|     Mengetahui Kepala Sekolah Drs. Akhsanudin AS NIP: 1961 1002 198703 1 003  |        |        Pekalongan , 5 Juli 2011 Guru Bidang Studi Drs.    Pasrum Affandi NIP/NIK: 1115 6790 668 216  |   
 PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK 
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Sekolah                     : SMA Muhamammadiyah 1 Pekajangan
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    :  XI / 2
Tahun Ajaran          :  20 .....  / 20 .....
|      Standar Kompetensi  |          Kompetensi Dasar  |          Indikator Pencapaian Kompetensi  |          Aspek  |          Ket  |    |
|      Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai  |          Penerapan  |    ||||
|      Al-Qur’an 7.    Memahami    ayat-ayat   Al Qur’an tentang perintah    menjaga kelestarian lingkungan hidup  |          7.1   Membaca Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf:    56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27   |          § Mampu membaca Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad;    27 dengan baik dan benar § Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42,    Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan benar.  |          |          |          |    
|      |          7.2   Menjelaskan arti  Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58,    dan Q.S. Ash Shad: 27  |          § Mampu mengartikan per-kata Al-Qur’an surat    Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 § Mampu mengartikan per-ayat Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58,    As-Shad; 27 § Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58,    As-Shad; 27  |          |          |          |    
|      |          7.3   Membiasa-kan perilaku menjaga kelestarian    lingkungan hidup seperti terkandung dalam     Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27  |          § Mampu mengidentifikasi perilaku menjaga keslestarian    lingkuingan hidup § Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan menjaga    kelestarian lingkungan hidup. § Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga    kelestarian lingkungan hidup.  |          |          |          |    
|      Akidah 8.    Meningkat-kan keimanan kepada    Kitab-kitab Allah  |          8.1   Menampil-kan perilaku yang mencerminkan    keimanan terhadap Kitab-kitab Allah  |          § Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah  § Menunjukkan perilaku iman kepada  kitab-kitab Allah.  |          |          |          |    
|      |          8.2   Menerapkan hikmah beriman kepada    Kitab-kitab  Allah  |          § Mampu menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab    Allah § Mampu menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab    Allah   |          |          |          |    
|      Akhlak 9.    Membiasa-kan perilaku    terpuji  |          9.1   Menjelaskan pengertian dan maksud  menghargai karya orang lain  |          § Mampu menjelaskan pengertian dan maksud menghargai    karya orang lain. §    Mampu menghargai karya orang lain.  |          |          |          |    
|      |          9.2   Menampil-kan contoh  perilaku menghargai karya orang lain  |          § Mampu menampilkan beberapa contoh perilaku yang    menghargai karya orang lain. § Mampu menunjukkan contoh perilaku menghargai karya    orang lain.  |          |          |          |    
|      |          9.3   Membiasa-kan perilaku menghargai karya    orang lain dalam kehidupan sehari-hari  |          § Mampu menunjukkan perilaku menghargai karya orang    lain. § Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain  |          |          |          |    
|      Akhlak 10.   Menghin-dari perilaku tercela  |          10.1 Menjelaskan pengertian    dosa besar  |          § Mampu menjelaskan pengertian dosa.. § Mampu menjelaskan pengertian dosa besar  |          |          |          |    
|      |          10.2 Menyebut-kan    contoh perbuatan dosa besar  |          § Mampu menyebutkan beberapa contoh perbuatan dosa    besar. § Mampu menyebutkan ciri-ciri perbuatan yang termasuk    dosa besar.  |          |          |          |    
|      |          10.3 Menghindari    perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari  |          § Mampu menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa    besar. § Mampu menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar    dalam kehidupan sehari-sehari.  |          |          |          |    
|      Fikih 11.   Memahami ketentuan hukum    Islam tentang pengurusan jenazah  |          11.1 Menjelaskan    tatacara pengurusan jenazah  |          § Mampu menjelaskan tata cara memandikan jenazah § Mampu menjelaskan tata cara mengkafani jenazah § Mampu menjelaskan tata cara menshalatkan jenazah § Mampu menjelaskan tata cara menguburkan jenazah  |          |          |          |    
|      |          11.2 Mempera-gakan    tatacara pengurusan jenazah  |          § Mampu memperagakan tata cara memandikan jenazah § Mampu memperagakan tata cara mengkafani jenazah § Mampu memperagakan tata cara menshalatkan jenazah § Mampu memperagakan tata cara menguburkan jenazah  |          |          |          |    
|      Fikih 12.   Memahami khutbah,    tabligh, dan dakwah  |          12.1 Menjelaskan    pengertian khutbah, tabligh, dan dakwah  |          § Mampu menjelaskan pengertian khutbah. § Mampu menjelaskan pengertian tabligh § Mampu menjelaskan pengertian dakwah.  |          |          |          |    
|      |          12.2 Menjelaskan    tatacara khutbah, tabligh, dan dakwah   |          § Mampu menjelaskan tata cara khutbah yang baik § Mampu menjelaskan tatacara tabligh yang baik § Mampu menjelaskan tatacara dakwah  |          |          |          |    
|      |          12.3 Mempera-gakan    khutbah, tabligh, dan dakwah  |          § Mampu menyusun teks khutbah jumat dan dakwah. § Mampu memperagakan khutbah  § Mampu memperagakan tabligh. § Mampu memperagakan dakwah  |          |          |          |    
|      Tarikh dan Kebudayaan Islam 13.   Memahami perkembangan Islam    pada masa modern (1800 – sekarang)  |          13.1 Menjelaskan    perkembangan Islam pada masa modern  |          § Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu    pengetahuan dan peradaban pada masa modern. § Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan    Islam pada masa modern.  |          |          |          |    
|      |          13.2 Menyebut-kan    contoh peristiwa perkembangan Islam masa modern  |          § Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa    perkembangan Islam pada masa modern. § Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa    perkembangan Islam pada masa modern.  |          |          |          |    
|     Jumlah  |        |        |        |   ||
|     Mengetahui Kepala Sekolah Drs. Akhsanudin AS NIP: 1961 1002 198703 1 003  |        |        Pekalongan , 5 Juli 2011 Guru Bidang Studi Drs.    Pasrum Affandi NIP/NIK: 1115 6790 668 216  |   
 PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK 
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Sekolah                     : SMA Muhamammadiyah 1 Pekajangan
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    :  XII / 1
Tahun Ajaran          :  20 .....  / 20 .....
|      Standar Kompetensi  |          Kompetensi Dasar  |          Indikator Pencapaian Kompetensi  |          Aspek  |          Ket  |    |
|      Penguasaan Konsep    dan Nilai-nilai  |          Penerapan  |    ||||
|      Al-Qur’an 1.    Memaha-mi ayat-ayat al-Qur’an    tentang anjuran bertoleransi  |          1.1  Membaca     Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29  |          § Mampu membaca Al-Qur’an surat Al Kafirun, Yunus: 40-41    dan Al Kahfi: 29 dengan baik dan benar § Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Kafirun, Yunus:    40-41, dan Al Kahfi: 29 dengan benar  |          |          |          |    
|      |          1.2  Menjelaskan arti  Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan    Q.S. Al-Kahfi: 29  |          § Mampu mengartikan per-kata Al-Qur’an surat Al kafirun,    Yunus : 40-41 dan Al Kahfi: 29. § Mampu mengartikan per-ayat  Al Kafirun, Yunus, 40-41, dan Al Kahfi:    29. § Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Al Kafirun,    Yunus: 40-41 dan Al Kahfi: 29.  |          |          |          |    
|      |          1.3  Membiasa-kan perilaku bertoleransi seperti    terkandung dalam Q.S. Al-Kafiruun, Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al-Kahfi: 29  |          § Mampu mengidentifikasi perilaku bertoleransi § Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi. §    Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan bertoleransi.  |          |          |          |    
|      Al-Qur’an 2.    memaha-mi ayat-ayat al-Qur’an    tentang etos kerja  |          2.1  Membaca Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan Q.S.    Al-Jumuah: 9-10  |          § Mampu membaca Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al    Jumuah: 9-10 dengan baik dan benar § Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Al    Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.  |          |          |          |    
|      |          2.2  Menjelaskan arti Q.S. Al-Mujadalah: 11 dan    Q.S. Al-Jumuah: 9-10  |          § Mampu mengartikan perkata  Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al    Jumuah: 9-10. § Mampu mengartikan per-ayat  Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al    Jumuah: 9-10. § Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11    dan Al Jumuah: 9-10  |          |          |          |    
|      |          2.3  Membiasa-kan beretos kerja seperti    terkandung dalam Q.S. Al-Mujadalah: 11, dan Q.S. Al-Jumuah: 9-10  |          § Mampu mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai    dengan Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10. § Mampu mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang    terkandung dalam Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10. § Mampu menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan    Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10  |          |          §    |          |    
|      Akidah 3.    Mening-katkan keimanan kepada    Hari Akhir  |          3.1      Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir  |          § Mampu menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan    terhadap Hari Akhir. § Mampu menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan    terhadap Hari Akhir. § Memperbanyak beribadah dan bertaubat dalam kehidupan    sehari-hari  |          |          |          |    
|      |          3.2   Menerapkan hikmah beriman kepada Hari    Akhir  |          § Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir. § Mendeskripsikan hikmah beriman kepada hari akhir § Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir.  |          |          |          |    
|      Akhlak 4.    Membia-sakan perilaku terpuji  |          4.1  Menjelaskan pengertian adil, rida, dan amal    saleh  |          § Mampu menjelaskan pengertian adil § Mampu menjelaskan pengertian rida § Mampu menjelaskan pengertian amal saleh.  |          |          |          |    
|      |          4.2. Menampil-kan contoh perilaku adil, rida, dan    amal saleh  |          § Menampilkan contoh perilaku adil. § Menampilkan contoh perilaku rida. § Menampilkan contoh perilaku amal saleh.  |          |          |          |    
|      |          4.3   Membiasa-kan perilaku adil, rida, dan    amal saleh dalam kehidupan sehari-hari  |          § Menunjukkan perilaku adil. § Menunjukkan perilaku rida. § Menunjukkan perilaku amal saleh.  |          |          |          |    
|      Fikih 5.    Memahami hukum Islam tentang    Hukum Keluarga  |          5.1  Menjelaskan  ketentuan hukum  perkawinan dalam Islam  |          § Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang nikah § Menjelaskan hukum Islam tentang talak § Menjelaskan hukum Islam tentang  ruju’.  |          |          |          |    
|      |          5.2  Menjelaskan hikmah perkawinan  |          § Menjelaskan hikmah nikah § Menjelaskan hikmah talak § Menjelaskan hikmah ruju’.  |          |          |          |    
|      |          5.3  Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut    perundang-undangan di Indonesia  |          § Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut    perundang-undangan tentang perkawinan di Indonesia. § Menguraikan kompilasi hukum tentang perkawinan di    Indonesia.  |          |          |          |    
|      Tarikh dan Kebudayaan Islam 6.    Memahami perkembangan Islam    di Indonesia  |          6.1  Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia  |          § Mampu    menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia §    Mampu menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan    Islam di    Indonesia.  |          |          |          |    
|      |          6.2  Menampilkan contoh perkembangan Islam di    Indonesia   |          § Mampu menentukan ciri-ciri  perkembangan Islam di Indonesia § Mampu menunjukkan contoh-contoh perkembangan Islam    di  Indonesia  |          |          |          |    
|      |          6.3  Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di    Indonesia  |          § Mampu mengidentifikasi hikmah  perkembangan Islam di Indonesia. § Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di    Indonesia.  |          |          |          |    
|     Jumlah  |        |        |        |   ||
|     Mengetahui Kepala Sekolah Drs. Akhsanudin AS NIP: 1961 1002 198703 1 003  |        |        Pekalongan , 5 Juli 2011 Guru Bidang Studi Drs.    Pasrum Affandi NIP/NIK: 1115 6790 668 216  |   
 PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK 
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Sekolah                     : SMA Muhamammadiyah 1 Pekajangan
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    :  XII / 2
Tahun Ajaran          :  20 .....  / 20 .....
|      Standar Kompetensi  |          Kompetensi Dasar  |          Indikator Pencapaian Kompetensi  |          Aspek  |          Ket  |    |
|      Penguasaan Konsep    dan Nilai-nilai  |          Penerapan  |    ||||
|      Al-Qur’an 7.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an    tentang pengembangan IPTEK  |          7.1   Membaca     Q.S. Yunus:101 dan Q.S. Al-Baqarah: 164  |          § Mampu membaca     Q.S. Yunus: 101 dan Al-Baqarah: 164 dengan baik dan benar. § Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Yunus: 101 dan    Al-Baqarah: 164.  |          |          |          |    
|      |          7.2  Menjelaskan arti  Q.S. Yunus: 101 dan Q.S.  Al-Baqarah: 164  |          § Mampu mengartikan per-kata Q.S. Yunus: 101 dan    Al-Baqarah: 164  § Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Yunus: 101 dan    Al-Baqarah: 164. § Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus: 101 dan Al Baqarah:    164  |          |          |          |    
|      |          7.3  Melakukan pengembangan iptek seperti    terkandung dalam Q.S. Yunus: 101 dan Q.S.     Al-Baqarah: 164  |          § Mampu menggali kandungan Al-Qur’an tentang    pengembangan IPTEK § Menerapkan Al-Qur’an surat Yunus: 101 dan Al Baqarah:    164 tentang pengembangan IPTEK  |          |          |          |    
|      Akidah 8.    Mening-katkan keimanan kepada    Qadha’ dan Qadar  |          8.1   Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada    qadha’ dan qadar  |          § Menjelaskan pengertian qadha dan qadar. § Menjelaskan pengertian keimanan kepada qadha dan    qadar. § Mampu menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha    dan qadar.  |          |          |          |    
|      |          8.2   Menerapkan hikmah beriman kepada qadha’    dan qadar  |          § Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar. § Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakkal dalam    kehidupan sehari-hari.  |          |          |          |    
|      Akhlak 9.    Membia-sakan perilaku terpuji  |          9.1  Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan    dan kerukunan   |          §    Mampu menjelaskan pengertian dan    maksud persatuan. § Mampu    menjelaskan pengertian dan maksud    kerukunan.  |          |          |          |    
|      |          9.2  Menampil-kan contoh perilaku  persatuan dan kerukunan  |          §    Mampu menunjukkan    contoh perilaku persatuan. § Mampu    menunjukkan contoh perilaku  kerukunan  |          |          |          |    
|      |          9.3  Membiasa-kan perilaku persatuan dan    kerukunan dalam kehidupan sehari-hari  |          §    Membiasakan perilaku    persatuan dalam kehidupan sehari-hari. § Menunjukkan    perilaku rukun dalam pergaulan.  |          |          |          |    
|      Akhlak 10.  Menghin-dari perilaku tercela  |          10.1 Menjelaskan    pengertian  isyrof, tabzir, ghibah, dan    fitnah  |          §    Mampu menjelaskan pengertian isyrof §    Mampu menjelaskan pengertian tabzir §    Mampu menjelaskan pengertian    ghibah. §    Mampu menjelaskan pengertian fitnah  |          |          |          |    
|      |          10.2     Menjelaskan contoh  perilaku     isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah  |          §    Mampu menjelaskan contoh perilaku    isyrof §    Mampu menjelaskan contoh perilaku    tabzir §    Mampu menjelaskan contoh perilaku    ghibah § Mampu    menjelaskan contoh perilaku fitnah  |          |          |          |    
|      |          10.3     Menghindari perilaku isyraf, tabzir,    ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari  |          §    Mampu menghindari perilaku isyraf. §    Mampu menghindari perilaku tabzir §    Mampu menghindari perilaku ghibah §    Mampu menghindari prilaku fitnah § Mampu    menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir,    ghibah dan fitnah  |          |          |          |    
|      Fikih 11.  Memaha-mi hukum Islam tentang    Waris  |          11.1 Menjelaskan    ketentuan-ketentuan hukum waris  |          §    Mampu menjelaskan ketentuan hukum    waris §    Mampu menjelaskan tentang ahli    waris § Mampu    menjelaskan pembagian masing-masing ahli waris.  |          |          |          |    
|      |          11.2 Menjelaskan    contoh pelaksanaan hukum waris   |          §    Menyebutkan contoh pelaksanaan    hukum waris yang terdapat dalam undang-undang waris §    Memperagakan cara-cara menghitung    pembagian warisan secara Islam  |          |          |          |    
|      Tarikh dan Kebudayaan Islam 12.  Memahami perkembangan Islam di    dunia  |          12.1 Menjelaskan    perkembangan Islam di dunia  |          §    Mampu menjelaskan perkembangan    Islam di dunia § Mampu    mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.  |          |          |          |    
|      |          12.2 Menampil-kan contoh perkembangan    Islam di dunia  |          §    Menjelaskan contoh perkembangan    Islam di dunia § Mampu    memberikan contoh perkembangan Islam di dunia  |          |          |          |    
|      |          12.3 Mengambil    hikmah dari perkembangan Islam di dunia  |          §    Mampu mengidentifikasi hikmah     perkembangan Islam di dunia. § Mampu    menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.  |          |          |          |    
|     Jumlah  |        |        |        |   ||
|     Mengetahui Kepala Sekolah Drs. Akhsanudin AS NIP: 1961 1002 198703 1 003  |        |        Pekalongan , 5 Juli 2011 Guru Bidang Studi Drs.    Pasrum Affandi NIP/NIK: 1115 6790 668 216  |   

