SILABUS  PEMBELAJARAN 
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Al-Qur’an
Standar Kometensi          :  1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
|      Kompetensi Dasar  |          Materi Pembelajaran  |          Nilai    Budaya & Karakter Bangsa  |          Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif   |          Kegiatan Pembelajaran  |          Indikator Penca-paian Kompetensi  |          Penilaian  |          Alokasi Waktu  |          Sumber Belajar  |    
|     1.1     Membaca  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14,   Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78  |        § Q.S.   Al-Baqarah: 30 § Q.S. Al-Mukminun: 12-14 § Q.S. Az-Zariyat: 56 §   Q.S. An Nahl: 78  |        §   Religius, jujur,   toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,   semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli   sosial, tanggung jawab  |        § Percaya   diri (keteguhan hati, optimis).  § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,   bertekad, enerjik).  § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  §   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)  |        §   Membaca dengan   fasih  Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.   Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 §   Mengidentifikasi   tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S.   AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78  |        § Mampu   membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar. §   Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:   12-14; 56. Q.S.   AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78  |        Jenis   Tagihan: Tugas Individu Bentuk   instrumen: Lembar pengamatan  |        2 jam  |        §   Al-Qur’an dan   terjemah. § Buku PAI untuk   SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,   2007, Hlm. 1-17. §   Buku-buku   yang    relevan.  |   
|     1.2     Menyebut-kan arti  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78  |        § Q.S.   Al-Baqarah: 30 §   Q.S. Al-Mukminun: 12-14 §   Q.S. Az-Zariyat: 56 §   Q.S. An Nahl: 78  |        §   Religius, jujur,   toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,   semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli   sosial, tanggung jawab  |        § Percaya   diri (keteguhan hati, optimis).  § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,   bertekad, enerjik).  § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  §   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)  |        § Mengartikan perkata Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An   Nahl: 78 § Mengartikan per-ayat Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An   Nahl: 78 § Menterjemahkan Q.S.    Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 §   Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S.    Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78  |        § Mampu mengartikan per-kata Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An   Nahl: 78 dengan benar § Mampu mengartikan per-ayat Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An   Nahl: 78 §   Mampu menterjemahkan Q.S.    Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78  |        Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian singkat  |        2 jam  |        § Al-Qur’an dan terjemah. § Buku PAI untuk   SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,   2007, Hlm. 1-17. §   Buku-buku   yang    relevan.  |   
|     1.3     Menampil-kan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti   terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun:   12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78  |        § Q.S..   Al-Baqarah: 30 § Q.S.. Al-Mukminun: 12-14 § Q.S.. Az-Zariyat: 56 §   Q.S.. An Nahl: 78  |        §   Religius, jujur,   toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,   semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli   sosial, tanggung jawab  |        § Percaya   diri (keteguhan hati, optimis).  § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,   bertekad, enerjik).  § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  §   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)  |        § Mengidentifikasi   perilaku Khalifah yang terdapat dalam    Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An   Nahl;78 § Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai   Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78 § Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.  |        § Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S.   Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78 § Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan   Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78 § Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.  |        Jenis Tagihan: Perilaku individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan  |        2 jam  |        §  Al-Qur’an dan   terjemah. § Buku PAI untuk   SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,   2007, Hlm. 1-17. §   Buku-buku   yang    relevan.  |   
SILABUS  PEMBELAJARAN 
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Al-Qur’an
Standar Kometensi          :  2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah
|      Kompetensi Dasar  |          Materi Pembelajaran  |          Nilai    Budaya & Karakter Bangsa  |          Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif   |          Kegiatan Pembelajaran  |          Indikator Penca-paian Kompetensi  |          Penilaian  |          Alokasi Waktu  |          Sumber Belajar  |    
|     2.1     Membaca  Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5   |        § Q.S. Al-An’am; 162-163 § Q.S. Al-Bayyinah: 5  |        § Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,   mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,   menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli   lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab  |        § Percaya diri (keteguhan hati, optimis).  § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,   bertekad, enerjik).  § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  § Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa   depan)  |        § Membaca dengan fasih    Q.S Al-An’am: 162-163 § Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163  |        § Mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan   benar § Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-An’am: 162-163  |        Jenis Tagihan: Tugas Individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan  |        2 jam  |        § Al-Qur’an dan terjemah. § Buku PAI untuk   SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,   2007, Hlm. 18-27. §   Buku-buku   yang    relevan.  |   
|     2.2     Menyebut-kan arti  Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5  |        § Q.S.   Al-An’am; 162-163 §   Q.S.   Al-Bayyinah; 5  |        §   Religius, jujur,   toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat   kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli   sosial, tanggung jawab  |        § Percaya   diri (keteguhan hati, optimis).  § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,   bertekad, enerjik).  § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  §   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)  |        § Mengartikan perkata Q.S Al-An’am: 162-163 § Mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163 § Mendiskusikan terjemah Q.S Al-An’am: 162-163  |        § Mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An’am: 162-163 § Mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163 § Mampu menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163  |        Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Isian singkat  |        2 jam  |        § Al-Qur’an dan terjemah. § Buku PAI untuk   SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,   2007, Hlm. 18-27. §   Buku-buku   yang    relevan.  |   
|     2.3     Menampil-kan perilaku ikhlas   dalam beribadah seperti terkandung dalam     Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5  |        § Q.S. Al-An’am; 162-163 §   Q.S. Al-Bayyinah; 5  |        §   Religius, jujur,   toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,   semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli   sosial, tanggung jawab  |        § Percaya   diri (keteguhan hati, optimis).  § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,   bertekad, enerjik).  § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  §   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)  |        § Mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai   dengan Q.S Al-An’am: 162-163 § Mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai   dengan Q.S Al-An’am: 162-163 § Menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai   dengan Q.S Al-An’am: 162-163  |        § Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah   sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 § Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah   sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 § Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai   dengtan Q.S Al-An’am: 162-163  |        Jenis Tagihan: Perilaku individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan  |        2 jam  |        § Al-Qur’an dan terjemah. § Buku PAI untuk   SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,   2007, Hlm. 18-27. §   Buku-buku   yang    relevan.  |   
SILABUS  PEMBELAJARAN 
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Akidah
Standar Kometensi          :  3. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna
|      Kompetensi Dasar  |          Materi Pembelajaran  |          Nilai    Budaya & Karakter Bangsa  |          Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif   |          Kegiatan Pembelajaran  |          Indikator Penca-paian Kompetensi  |          Penilaian  |          Alokasi Waktu  |          Sumber Belajar  |    
|     3.1      Menyebut-kan 10 sifat   Allah  dalam Asmaul  Husna  |        Asmaul Husna: § 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna  |        §   Religius, jujur,   toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,   semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta   damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab  |        § Percaya   diri (keteguhan hati, optimis).  § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,   bertekad, enerjik).  § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  §   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)  |        § Membaca buku sumber yang berkaitan pengertian   sifat-sifat Allah. § Mendiskusikan arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna.  |        § Mampu    menyebutkan arti  sifat Allah. § Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul   Husna  |        Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian bebas  |        2 jam  |        § Al-Qur’an dan terjemah. § Buku PAI untuk   SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,   2007, Hlm. 28-44. §   Buku2 yg relevan.  |   
|     3.2      Menjelaskan arti  10 sifat Allah dalam   Asmaul  Husna  |        Asmaul Husna: § 10 Asmaul Husna dan artinya  |        §   Religius, jujur,   toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,   semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli   sosial, tanggung jawab  |        § Percaya   diri (keteguhan hati, optimis).  § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,   bertekad, enerjik).  § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  §   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)  |        § Membaca buku sumber yang berkaitan dengan 10 sifat   Allah dalam Asmaul Husna. § Menjabarkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna  |        § Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul   Husna. § Mampu    menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia  |        Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian singkat  |        2 jam  |        § Al-Qur’an dan terjemah. §   Buku PAI untuk SMA Kelas X,   Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44. §   Buku2 yg relevan.  |   
|     3.3      Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna  |        Perilaku yang mencerminkan   keimanan terhadap 10 Asmaul Husna  |        §   Religius, jujur,   toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,   semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli   sosial, tanggung jawab  |        § Percaya   diri (keteguhan hati, optimis).  § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,   bertekad, enerjik).  § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  §   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)  |        § Mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi   manusia dalam kehidupan sehari-hari. § Menerapkan perilaku yang mencerminkan sifat-sifat Allah   yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.  |        § Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya   bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. § Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan   terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna  |        Jenis Tagihan: Tugas Individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan  |        2 jam  |        § Al-Qur’an dan terjemah. §   Buku PAI untuk SMA Kelas X,   Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44. §   Buku2 yg relevan.  |   
SILABUS  PEMBELAJARAN 
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Akhlak
Standar Kometensi          :  4. Membiasakan perilaku terpuji
|      Kompetensi Dasar  |          Materi Pembelajaran  |          Nilai    Budaya & Karakter Bangsa  |          Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif   |          Kegiatan Pembelajaran  |          Indikator Penca-paian Kompetensi  |          Penilaian  |          Alokasi Waktu  |          Sumber Belajar  |    
|     4.1      Menyebut-kan pengertian perilaku  husnuzhan  |        Husnuzhan: § - Pengertian Perilaku Husnuzhan  |        §   Religius, jujur,   toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,   semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta   damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab  |        § Percaya   diri (keteguhan hati, optimis).  § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,   bertekad, enerjik).  § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  §   Orientasi ke masa depan  |        § Mendiskusikan pengertian perilaku husnu zhan. § Mengidentifikasi prilaku-prilaku yang berkaitan dengan   husnuzhan.  |        § Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah § Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap diri   sendiri. § Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama   manusia.  |        Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian bebas  |        2 jam  |        § Al-Qur’an dan terjemah. §   Buku PAI untuk SMA Kelas X,   Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56. §   Buku2 yg relevan.  |   
|     4.2      Menyebut-kan   contoh-contoh  perilaku husnuzhan   terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia  |        Husnuzhan: § Contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri   dan sesama manusia.  |        §   Religius, jujur,   toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,   semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli   sosial, tanggung jawab  |        § Percaya   diri (keteguhan hati, optimis).  § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,   bertekad, enerjik).  § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  §   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)  |        § Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah. § Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap   diri sendiri. § Mendiskusikan contoh-contoh perilaku terhadap sesama   manusia.  |        § Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap Allah § Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap diri sendiri. § Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap sesama   manusia.  |        Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Bentuk   instrumen: Lembar pengamatan  |        2 jam  |        § Al-Qur’an dan terjemah. § Buku PAI untuk   SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,   2007, Hlm. 45-56. §   Buku2 yg relevan.  |   
|     4.3      Membiasa-kan perilaku   husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari  |        Husnu zhan : § Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari.  |        §   Religius, jujur,   toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,   semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli   sosial, tanggung jawab  |        § Percaya   diri (keteguhan hati, optimis).  § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,   bertekad, enerjik).  § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  §   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)  |        § Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah. § Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap   diri sendiri. § Mempraktikkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama   manusia.  |        § Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah § Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri. § Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.  |        Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Bentuk   instrumen: Lembar pengamatan  |        2 jam  |        § Al-Qur’an dan terjemah. § Buku PAI untuk   SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,   2007, Hlm. 45-56. §   Buku2 yg relevan.  |   
SILABUS  PEMBELAJARAN 
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Fikih
Standar Kometensi          :  5. Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah
|      Kompetensi Dasar  |          Materi Pembelajaran  |          Nilai    Budaya & Karakter Bangsa  |          Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif   |          Kegiatan Pembelajaran  |          Indikator Penca-paian Kompetensi  |          Penilaian  |          Alokasi Waktu  |          Sumber Belajar  |    
|     5.1  Menyebut-kan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al Hadits, dan   Ijtihad sebagai sumber hukum Islam  |        Sumber hukum Islam: §   Al-Qur’an -   Pengertian -   Kedudukan -   Fungsi §   Al-Hadits -   Pengertian -   Kedudukan -   Fungsi §   Ijtihad -   Pengertian -   Kedudukan -   Fungsi  |        §   Religius, jujur,   toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,   semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta   damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab  |        § Percaya   diri (keteguhan hati, optimis).  § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,   bertekad, enerjik).  § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  §   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)  |        § Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi   Al-Qur’an sebagai sumber hukum Islam. § Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi  Al-Hadits sebagai sumber hukum Islam. § Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Ijtihad   sebagai sumber hukum Islam.  |        § Mampu menyebutkan pengertian Al-Qur’an, Al-Hadits, dan   Ijtihad sebagai sumber hukum Islam § Mampu menjelaskan kedudukan Al-Qur’an, Al-Hadits, dan   Ijtihad sebagai sumber hukum Islam § Mampu menjelaskan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan   Ijtihad sebagai sumber hukum Islam. § Mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur’an. § Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits.  |        Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian bebas Uraian singkat  |        4 jam  |        §  Al-Qur’an dan   terjemah. § Buku PAI untuk   SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,   2007, Hlm. 57-75. §   Buku2 yg relevan.  |   
|     5.2  Menjelaskan pengertian,    kedudukan, dan fungsi   hukum taklifi dalam hukum Islam  |        Hukum Taklifi : § Pengertian hukum taklifi. § Kedudukan hukum taklifi. § Fungsi Hukum Taklifi dalam Hukum Islam  |        §   Religius, jujur,   toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,   semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli   sosial, tanggung jawab  |        § Percaya   diri (keteguhan hati, optimis).  § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,   bertekad, enerjik).  § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  §   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)  |        § Mendiskusikan pengertian hukum taklifi dalam hukum   Islam § Mendiskusikan kedudukan    hukum taklifi dalam hukum Islam § Mendiskusikan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam  |        § Menjelaskan pengerti hukum taklifi dalam hukum Islam § Menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam § Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.  |        Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian bebas  |        2 jam  |        § Al-Qur’an dan terjemah. § Buku PAI untuk   SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,   2007, Hlm. 57-75. §   Buku-buku   yang    relevan.  |   
|     5.3  Menerapkan hukum taklifi dalam   kehidupan sehari-hari  |        Hukum taklifi: § Penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.  |        §   Religius, jujur,   toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,   semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli   sosial, tanggung jawab  |        § Percaya   diri (keteguhan hati, optimis).  § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,   bertekad, enerjik).  § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  §   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)  |        § Mendiskusikan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan   hukum taklifi. § Mempraktikkan perilaku yang sesuai dengan  hukum taklifi. § Menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.  |        § Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum   taklifi. § Mampu mempraktikkan contoh-contoh perilaku yang sesuai   dengan hukum taklifi. § Mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum   taklifi  |        Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Bentuk   instrumen: Lembar pengamatan  |        2 jam  |        § Al-Qur’an dan terjemah. § Buku PAI untuk   SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,   2007, Hlm. 57-75. §   Buku-buku   yang    relevan.  |   
SILABUS  PEMBELAJARAN 
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kometensi          :  6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah
|      Kompetensi Dasar  |          Materi Pembelajaran  |          Nilai    Budaya & Karakter Bangsa  |          Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif   |          Kegiatan Pembelajaran  |          Indikator Penca-paian Kompetensi  |          Penilaian  |          Alokasi Waktu  |          Sumber Belajar  |    
|     6.1     Mencerita-kan  sejarah dakwah Rasulullah SAW periode   Mekkah  |        Keteladanan Rasulullah SAW: § - Dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah.  |        §   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa   ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi,   bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial,   tanggung jawab  |        § Percaya   diri (keteguhan hati, optimis).  § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,   bertekad, enerjik).  § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  §   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)  |        § Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah pada periode   Makkah § Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah dakwah   Rasulullah SAW periode Makkah § Presentasi hasil diskusi kelompok tentang dakwah   Rasulullah periode Makkah.  |        § Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada   periode Makkah. § Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada   periode makkah. § Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW   terhadap umat.  |        Jenis Tagihan: Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Lembar pengamatan  |        2 jam  |        § Al-Qur’an dan terjemah. § Buku PAI untuk   SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,   2007, Hlm. 76-89. §   Buku-buku   yang    relevan.  |   
|     6.2     Mendeskrip-sikan substansi dan strategi   dakwah Rasulullah SAW periode Makkah  |        Keteladanan Rasulullah SAW : § -Substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode   Makkah  |        §   Religius, jujur,   toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,   semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli   sosial, tanggung jawab  |        § Percaya   diri (keteguhan hati, optimis).  § Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,   bertekad, enerjik).  § Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)  §   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)  |        § Mendiskusikan dalam kelompok tentang substansi dan   strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah § Presentasi hasil diskusi kelompok tentang substansi dan   strategi dakwah  Rasulullah periode   Makkah.  |        § Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode   Makkah. § Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.  |        Jenis Tagihan: Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Lembar pengamatan  |        2 jam  |        § Al-Qur’an dan terjemah. § Buku PAI untuk   SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,   2007, Hlm. 76-89. §   Buku-buku   yang    relevan.  |   

