Mengenai Saya

Foto saya
Pasrum Affandi, Waka Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan

Jumat, 25 Maret 2011

RPP PAI

pasrumaffandi@ya
PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Agama Islam
Satuan Pendidikan               :  SMA
Kelas / Semester                   :  XII / 1
Tahun Pelajaran                    :  2010/2011

No.
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan
1.
1.1   Membaca QS al Kafirun QS. Yunus : 40 – 41, QS. Al Kahfi : 29
2 x 45 menit

2.
1.2   Menjelaskan arti QS Al Kafirun QS. Yunus : 40 – 41, QS. Al Kahfi : 29
2 x 45 menit

3.
1.3   Membiasakan prilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al Kafirun QS. Yunus : 40 – 41, QS. Al Kahfi : 29
2 x 45 menit

4.
2.1   Membaca QS Al Mujadalah : 11 dan QS Al Jum’ah : 9 – 10
2 x 45 menit

5.
2.2   Menjelaskan arti QS Al Mujadalah : 11 dan QS Al Jum’ah : 9 – 10
2 x 45 menit

6.
2.3   Membiasakan beretoskerja seperti terkandung dalam QS Al Mujadalah : 11 dan QS Al Jum’ah : 9 – 10
2 x 45 menit

7.
3.1   Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
1 x 45 menit

8.
3.2   Menerapkan hikmah beriman kepada hari akhir
1 x 45 menit

9.
4.1   Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh
2 x 45 menit

10.
4.2   Menampilkan contoh-contoh prilaku adil, ridha dan amal shaleh.
2 x 45 menit

11.
4.3   Membiasakan prilaku adil, ridha dan amal shaleh
2 x 45 menit

12.
5.1   Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
2 x 45 menit

13.
5.2   Menjelaskan hikmah perkawinan
2 x 45 menit

14.
5.3   Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
2 x 45 menit

15.
6.1   Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
2 x 45 menit

16.
6.2   Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
1 x 45 menit

17.
6.3   Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
1 x 45 menit


JUMLAH
30


                  Mengetahui,                                                      Pekalongan,    Juli 2010
   Kepala SMA Muhammadiyah 1                                         Guru Mata Pelajaran
ttd aksan.tif          Pekajangan Pekalongan

                           
           Drs. Akhsanudin AS                                               Drs. Pasrum Affandi
     NIP. 19611002 198703 1 003


PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Agama Islam
Satuan Pendidikan               :  SMA
Kelas / Semester                   :  XII / 2
Tahun Pelajaran                    :  2010/2011

No.
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan
1.
7.1   Membaca QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164
2 x 45 menit

2.
7.2   Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164
2 x 45 menit

3.
8.1   Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada qodlo dan qodar
2 x 45 menit

4.
8.2   Menerapkan hikmah beriman kepada qodlo dan qodar
2 x 45 menit

5.
9.1   Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan
2 x 45 menit

6.
9.2   Menampilkan contoh dan membiasakan prilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari
2 x 45 menit

7.
10.1 Menjelaskan pengertian Isrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah
1 x 45 menit

8.
10.2 Menjelaskan contoh prilaku Isrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah
1 x 45 menit

9.
10.3 Menghindari perilaku tercela Isrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah dalam kehidupan sehari-hari
2 x 45 menit

10.
11.1 Menjelaskan ketentuan ketentuan hukum waris.
2 x 45 menit

11.
11.2 Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris.
2 x 45 menit

12.
12.1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
2 x 45 menit

13.
12.2 Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia
2 x 45 menit

14.
12.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
2 x 45 menit


JUMLAH
30


                  Mengetahui,                                                   Pekalongan,    Januari 2011
   Kepala SMA Muhammadiyah 1                                         Guru Mata Pelajaran
ttd aksan.tif          Pekajangan Pekalongan

                           
           Drs. Akhsanudin AS                                               Drs. Pasrum Affandi
     NIP. 19611002 198703 1 003
hoo.co.id

Jumat, 26 November 2010

CARA MEMBACA ARAB

UNTUK AL QUR'AN KELAS XI DAN XII KALAU TIDAK MUNCUL AL QUR'NNYA SILAKAN DICOPY PASTE KE WORD, TETAPI KOMPUTERNYA HARUS DIINSTAL DULU PROGRAM AL QUR'AN WORD AGAR BISA MEMBACA TULISAN AL QUR'AN SELAMAT MENCOBA, AGAR SAMBIL BELAJAR, TERIMAKASIH ATAS PERHATIANNYA

BAHASA ARAB XII

MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH KABUPATEN PEKALONGAN

ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 (UAS) CIRI KHUSUS
SMA/MA/SMK MUHAMMADIYAH
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Sub Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas : XI (sebelas)
Hari, Tanggal : Kamis, 3 Desember 2009
Waktu : ( 60 menit )

PETUNJUK :
1. Sebelum mengerjakan soal, tulislah terlebih dahulu nomor ulangan Anda pada lembar jawab yang disediakan.
2. Kerjakan semua soal pada lembar jawab yang disediakan.
3. Bacalah dengan teliti setiap soal sebelum Anda menjawab.
4. Kerjakan setiap kelompok soal sesuai dengan perintahnya.
5. Telitilah hasil pekerjaan Anda sekali lagi, sebelum Anda serahkan kepada Pengawas.
6. Mulai bekerja dengan membaca “Basmalah” dan akhiri dengan bacaan “Hamdalah”.

I. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf ا , ب , ت, ج atau ه pada lembar jawab yang tersedia!
الـمكتبة الاسلامية

هناك الـمكتبة المدرسة اصغر من الـمكتبة العامة
Pekalongan نـحن نجد فى مدينة فيكالغان المكتبة الاسلامية

1- هَلْ فىِ مَدْرَسَتُكَ مَكْتَبَة ؟
ا- نَعَمْ.... فى مَدْرَسَتيِْ مَكْتَبَة ت- اَلْمَكْتَبَة اْلاِسْلاَمِيَّة
ب- لا..... ج- اَلْمَكْتَبَة العَامَّة
2- هَلْ اَلْمَكْتَبَة العَامَّة اكبر من اَلْمَكْتَبَة الْمَدْرَسَة
ا- نعم ت- اَلْمَكْتَبَة العَامَّة
ب- لا ج- اَلْمَكْتَبَة الْمَدْرَسَة

3- اَيْنَ تَجِدُوْنَ الْمَكْتَبَة الاِسْلاَمِيَة ؟
ا- اَِجِدَُ الْمَكْتَبَة الاِسْلاَمِيَة هناك
ب- نَحْنُ نَجِدُ فىِ مَدِيْنَة فيكالغان الْمَكْتَبَة الاِسْلاَمِيَة
ت- نعم
ج- لا
4- ........تتعلم ؟ اتعلم فى المدرسة المحمدية
ا- انتَ ت- اين
ب- انتِ ج- لماذا
5- ......تذهب الى المدرسة ؟ اذهب الى المدرسة صباحاً
ا- اين ت- كيف
ب- لماذا ج- متى
6- ......عمرك ؟ عمري ستة عشر سنة
ا- كم ت- ماذا
ب- لماذا ج- متى
7- ماذا تشربون ؟
ا- نحن نشرب الشاي ت- نحن نشرب فى البوقية
ب- نعم نحن نشرب الشاي ج- نحن نشرب بالفنجان
8- كيف حالك ؟
ا- حالً ت- انا حالً
ب- حالاً ج- انا بخير والحمد لله
9- أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ kalimat tersebut yang termasuk حرف الاستفهام adalah......
ا- أَلَمْ – تر ت- كَيْفَ- الم
ب- تَرَ- لم ج- كَيْفَ- ا
10- ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ Kalimat di samping yang termasuk الاسم التفضيل yaitu…..
ا- أَسْفَلَ ت- رَدَدْنَاهُ
ب- ثُمَّ ج- سَافِلِينَ
11- Kata sifat yang memiliki arti lebih atau paling adalah ……
ا- الاسم التفضيل ت- حرف الاستفهام
ب- الاسم الاستفهام ج- الاسم الموصول
12- Terjemahan bahasa Arab “Masjid itu lebih indah dari pada rumah” adalah …
ا- المسجد اعلى من البيت ت- المسجد اصغر من البيت
ب- المسجد اكبر من البيت ج- المسجد اجمل من البيت
13- المسطرة ........من القلم
ا- اطول ت- اقصر
ب- اصغر ج- اسرع
14- المومن ........من الكافر
ا- احسن ت- اجمل
ب- اشر ج- اكبر
15- السيارة .........من الدرجة
ا- احسن ت- اسرع
ب- اشر ج- اكبر
16- الصلاة ......من النوم
ا- جير ت- حير
ب- خير ج- خاير

17- اَكْبَرُ adalah الاسم التفضيل ..... dari kata sifat
ا- كبائر ت- كبر
ب- كبير ج- اكبار
18- اَفْضَلُ adalah الاسم التفضيل .....dari kata sifat
ا- فَضيلُ ت- فَضِلُ
ب- اَفْضَالُ ج- فَضَائِلٌ
19- اَكْرَمُ adalah الاسم التفضيل . ...... dari kata sifat
ا- كريم ت- كرام
ب- كرم ج- يك
20- قرأت الكتب .......اشتريته
ا- الذي ت- التي
ب- الذين ج- اللاتي
21- احترم .......علموني
ا- الذي ت- التي
ب- الذين ج- اللذان
22- حضرت فاطمة...... كانت مسافرة
ا- الذي ت- التي
ب- الذين ج- اللذان
23- اكرم النساء .......يقرأن القرآن
ا- الذي ت- التي
ب- الذين ج- اللاتي
24- رايت ....... اللاتي يتعلمن الكتاب
ا- التلميذ ت- التلميذة
ب- التلاميذات ج- التلاميذ
25- البنت تنظر.......... التي ترجع من السوق
ا- امها ت- عائشة و ا منة
ب- ابها ج- عائشة و ا منة و امها
26- ارايت .......يكذّب بالدين
ا- الذين ت- الذي
ب- اللاتي ج- التي
27- فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ ........ هُمْ عَنْ صَلاتِهِمْ سَاهُونَ
ا- الذين ت- الذي
ب- اللاتي ج- التي
28- نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ......تَطَّلِعُ عَلَى الأفْئِدَةِ
ا- الذين ت- الذي
ب- اللاتي ج- التي
29- مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ
Pada ayat di atas makna الذي adalah ....
ا- Jin
ب- Manusia
ت- Allah
ج- Pembisik di dalam dada manusia baik jin dan manusia
30- Kata penyambung sebagai penjelas maksud dari kalimat sebelumnya dalam bahasa Arab disebut
ا- الاسم التفضيل ت- الاسم الموصول
ب- الاسم الاستفهام ج- حرف التفضيل
31- الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَا....... يُنْفِقُونَ
ا- هم ت- هما
ب- انتم ج- انتما

32- فَلا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَ ......تعلمون
ا- هم ت- هما
ب- انتم ج- انتما
33- احمد وعمار ......المدينة بالي
ا- تسافران ت- يسافران
ب- يسافرون ج- تسافرون
34- المدرسون.........الكتب من الرفّ
ا- يأخذون ت- تأخذون
ب- يأخذان ج- تأخذان
35- عائشة........الدرس
ا- يكتبون ت- يكتبين
ب- يكتبان ج- تكتبن
36- عثمان و احمد ... الدرس
ا- يكتبون ت- يكتبين
ب- يكتبان ج- تكتبن
37- هل انتما........المجلة
ا- تقرأن ت- يقرأون
ب- تقرأون ج- تقرأين
38- هُوَ يَأْكُلُ الرُّزَّ ......
ا- كَثِيْرًا ت- كَثِيْرٌ
ب- كَثيِْرً ج- كَثِيرٍْ
39- يَقْرَأُ هَارُوْنَ الْقُرْآنَ......
ا- فَصِيْحُوْنَ ت- فَصِيْحٌ
ب- فَصِيْحً ج- فَصِيْحًا
40- يُصَلِّيْ الْمُسْلِمُوْنَ .....
ا- جَمَاعًا ت- جَمَاعَةً
ب- جمََاعَةَ ج- جَمَاعَةٍ


II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !

1. Berilah harokat dan terjemahkan kalimat di bawah ini !
اليد العليا خير من اليد السفلى
2. Lengkapilah isi kolom di bawah ini dengan benar !
هما هم انتما انتم انت هو
يَأْكُلاَنِ يَأْكُلُ

3. Terjemahkan ke dalam Bahasa Arab
- Wahyudi adalah murid terpandai di kelasnya
- Saya melihat ibu yang pulang dari pasar ((السُّوْق
-
4. Buatlah kalimat dengan حرف الاستفهام di bawah ini,beserta jawabannya
- مَنْ
- ماَ
5. Buatlah جملة اسمية dengan kalimat di bawah ini
- تَجْلِسِيْنَ
- يَذْهَبُوْنَ

––==oOo=

BAHASA ARAB XI

MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH KABUPATEN PEKALONGAN

ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 (UAS) CIRI KHUSUS
SMA/MA/SMK MUHAMMADIYAH
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Sub Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas : XI (sebelas)
Hari, Tanggal : Kamis, 3 Desember 2009
Waktu : ( 60 menit )

PETUNJUK :
1. Sebelum mengerjakan soal, tulislah terlebih dahulu nomor ulangan Anda pada lembar jawab yang disediakan.
2. Kerjakan semua soal pada lembar jawab yang disediakan.
3. Bacalah dengan teliti setiap soal sebelum Anda menjawab.
4. Kerjakan setiap kelompok soal sesuai dengan perintahnya.
5. Telitilah hasil pekerjaan Anda sekali lagi, sebelum Anda serahkan kepada Pengawas.
6. Mulai bekerja dengan membaca “Basmalah” dan akhiri dengan bacaan “Hamdalah”.

I. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf ا , ب , ت, ج atau ه pada lembar jawab yang tersedia!

نَتَكَلّم باِلّلَغَة العَرَبِيَة
اَناَ اَحْمَد. اَناَ طَالِب فىِ الْمَدْرَسَة الْمُتَوَسِّطَة العَالِيَة الْمُحَمَّدِيَة.
اَناَ اَذْهَبُ اِلَى الْمَدْرَسَة فىِ السَّاعَة السّاَبِعَة صَبَاحًا, وَاَرْجِع مِنَ الْمَدْرَسَة فىِ السّاَعَة الثّاَنِيَة نَهَارًا
وَفىِ الْمَدْرَسَة اَتَعَلَّم الّلَغَة العَرَبِيَّة وَ اللغة اْلاِنْجِلِسِيَة, وَغَيْرهَا

1- مَنْ يَذ ْهَبُ اِلىَ الْمَدْرَسَة ؟
ا- اَحْمَد ت- اَناَ اَحْمَد
ب- طَالِب ج- اَناَ طَالِب
2- مَاذَا يَذ ْهَبُ اَحْمَد فى الْمَدْرَسَة ؟
ا- اَللُّغَة العَرَبِيَة ت- اَللُّغَة الجاوى
ب- اَللُّغَة الإنْدَوْانِسِيَة ج- اَللُّغَة الإنْجِلِسِيَة اَللُّغَة العَرَبِيَة وَ غَيْرَهاَ

3- مَتَى يَذ ْهَبُ اَحْمَد اِلىَ الْمَدْرَسَة ؟
ا- اَللُّغَة العَرَبِيَة ت- فى السَّاعَة السَّابِعَة صَباَحًا
ب- فى الصُّبْح ج- فى السَّاعَة الثَّانِيَةَ نَهَاراً
4- اَناَ اَذْهَبُ اِلَى الْمَدْرَسَة kalimat tersebut termasuk contoh......
ا- جُمْلَة اِسْمِيَة ت- جُمْلَة اِسْمِيَة و فِعْلِيَة
ب- جُمْلَة فِعْلِيَة ج- جُمْلَة فِعْلِيَة و اِسْمِيَة
5- جُمْلَة فِعْلِيَة Kalimat di berikut ini yang bukan contoh kalimat ....
ا- كَتَبَ مُحَمَّد رِسَالَةً ت- يَيْنُوْرِ يَخْرُِجُ مِنَ الْفَصْلِ
ب- يَكْتُبُ مُحَمَّد رِسَالَةً ج- خَرَجَ يَيْنُوْرِ مِنَ الْفَصْلِ
6- جُمْلَة اِسْمِيَة Kalimat di bawah ini adalah contoh kalimat ....
ا- كَتَبَ مُحَمَّد رِسَالَةً ت- يَيْنُوْرِ يَخْرُِجُ مِنَ الْفَصْلِ
ب- يَكْتُبُ مُحَمَّد رِسَالَةً ج- خَرَجَ يَيْنُوْرِ مِنَ الْفَصْلِ
7- Kalimat di bawah ini yang bukan merupakan fiil madhi
ا- تَتَعَلَّم ت- تَقْرَأ
ب- تَعَلَّم ج- تَجْلِسُوْنَ
8- جَلَسَ ......عَلى اْلَمَقْعَد
ا- اِبْراَهِيْم ت- اِبْراَهِيْم وَ عَائِشَة
ب- اِبْراَهِيْم وَ اَحْمَد ج- وَ عَائِشَة
9- كَتَبُوْا .........دَرْسًا
ا- امِنَة وعَائِشَة و زَيْنَب ت- وَ عَائِشَة
ب- اِبْراَهِيْم وَ اَحْمَد و عَلِي ج- اِبْراَهِيْم
10- قَرَئْنَ ........الْقُرْ آن
ا- امِنَة وعَائِشَة و زَيْنَب ت- وَ عَائِشَة
ب- اِبْراَهِيْم وَ اَحْمَد و عَلِي ج- اِبْراَهِيْم

11- اُسْتَاذ : يَا تَلاَمِيْذ , فَهِمْتُمْ
تَلاَمِيْذ : ..........
ا- فَهِمْتُمْ ت- فَهِمْنَ
ب- فَهِمْتُ ج- فَهِمْناَ
12- ...........عَائِشة بِاالدَّرَّاجَة
ا- رَكِبَ ت- رَكِبَتاَ
ب- رَكِبَتْ ج- رَكِبْنَ
13- اُسْتاَذ : يا فَيْصَال, هَلْ .......الدَرْس
فَيْصَال : نَعَمْ, عَمِلْتُ
ا- عَمِلَ ت- عَمِلْتاَ
ب- عَمِلَتَ ج- عَمِلاَ
14- ........التَّلاَمِيْذاَت فى المَيْدَان
ا- لَعِبَواْ ت- لَعِبَتْ
ب- لَعِبْنَ ج- لَعِبْتُنَّ
15- .......كَتَبَتاَ الدَّرْسَ
ا- هَارُوْن ت- مَرْيَم وَ خَاتِجَة
ب- هَارُوْن و مَرْيَم ج- خَاتِجَة
16- قَرَأْتُ الْقُرْآنTerjemahan dalam bahasa Indonesia adalah …..
ا- Saya telah membaca Al-Quran ت- Dia (Pr) telah membaca Al-Quran
ب- Kami telah membaca Al-Quran ج- Dia (Lk) telah membaca Al-Quran
17- اِذَا.........الأرْضُ زِلْزَالَهَا
ا- زُلْزِلَةِ ت- زُلْزِلَتِ
ب- زُلْزِلاَةِ ج- زُلْزِلَ تِ

18- Terjemahan dari ayat di atas (soal no. 17) adalah……..
ا- Suatu ketika Allah akan menggoncangkan bumi dengan goncangan yang dahsyat
ب- Apabila bumi telah digoncangkan dengan goncangan yang dahsyat
ت- Apabila bumi sedang digoncangkan dengan goncangan yang dahsyat
ج- Apabila bumi akan digoncangkan dengan goncangan yang dahsyat
19- عَالِمِيْن ..... حَقِيْبَة
ا- يَذْهَبُ ت- يَحْمِلُ
ب- يَشْرَبُ ج- يَأ ْ كُلُ
20- اَنَا ......مِنَ النّوْمِ
ا- تَقُوْمُ ت- نَقُوْمُ
ب- ا َقُوْمُ ج- يَقُوْمُ
21- اُسْتاَذ : ياَ فَوْزَان هَلْ ........اِ لَى الْمَكْتَبَة
ا- تَزُوْرُ ت- تَزُوْرَانِ
ب- اَزُوْرُ ج- تَزُوْرُوْنَ
22- نَحْنُ مُسْلِمُوْنَ, ........جَمَاعَةً فىِ الْمَسْجِدِ
ا- اُصَلّىِ ت- نُُصَلّىِ
ب- تُُصَلّىِ ج- يُصَلّىِ
23- اِيْدَى .......فىِ الْمَيْداَن
ا- تَجْمَعُ ت- نَجْمَعُ
ب- تَجْمَعَتْ ج- يَجْمَعُ
24- مُحْسِنْ وَ عُمَار .......بَحْراً
ا- تُصَوّ ِرَتَانِ ت- يُصَوّ ِراَنِ
ب- صَوّ ِرَانِ ج- اُصَوّ ِرُ

25- اُسْتاَذ : ياَتَلاَمِيْذَات, اَيْنَ .......؟
تَلاَمِيْذَات : نَحْنُ نَذْهَبُ اِلىَ الْمَعْمَلِ
ا- تَذْهَبُ ت- تَذْهَبْنَ
ب- تَذْهَبُوْنَ ج- يَذْهَبْنَ
26- ................يَذْهَبوْنَ الَى السُّوْقِ
ا- سُلَيْماَن,زَكَرِيّا,يُسُوْف ت- سُلَيْماَن,زَكَرِيّا
ب- يُسُوْف وَ مِسْكِيَة ج- تَلاَمِيْذَات
27- وَالّذِيْنَ ........الصَّلاَةَ
ا- تُقِيْمُ ت- تُقِيْمُوْنَ
ب- يُقِيْمُ ج- يُقِيْمُوْنَ
28- اَشْهَدُ اَنْ لآ اِلهَ اِ لاَّالله arti dari kalimat disamping adalah....
ا- Saya telah bersaksi tiada Tuhan kecuali Allah
ب- Saya akan bersaksi tiada Tuhan kecuali Allah
ت- Saya sekarang dan akan datang bersaksi tiada Tuhan kecuali Allah
ج- Saya sedang bersaksi tiada Tuhan kecuali Allah
29- .......يَضَعُ قَلَماً فىِ الْجَيْبِ
ا- اَنْتِ ت- هُماَ
ب- انتَ ج- هُوَ
30- .....تَكْتُبِيْنَ الدَّرْس عَلَى الْمَكْتَبِ
ا- اَنْتِ ت- هُماَ
ب- انتَ ج- هُوَ
31- Kalimat di samping adalah termasuk اِقْرَأ
ا- فعل ماضى ت- فعل امر
ب- فعل مضارع ج- فعل متعذى

32- ...... الله اَحَدٌ
ا- قُلْ ت- قُلْهُوَ
ب- كُلْ ج- كُلْهُوَ
33- يَا.....اُكْتبُاَ دَرْساً
ا- عَمِيْر ت- عَمِيْر و هَنْدَياَنيِ
ب- عَمِيْر, عُمَار و وشْكُر ج- هَنْدَياَنيِ
34- ياَبَنَاتِيْال ........ اِلىَ الإِدَارَة
ا- اِذْهَبْ ت- اِذْهَبِيْ
ب- اِذْهَبْنَ ج- اِذْهَبُوْا
35- ياَاَوْلاَدِ ......... اِلىَ الإِدَارَة
ا- اِذْهَبْ ت- اِذْهَبِيْ
ب- اِذْهَبْنَ ج- اِذْهَبُوْا
36- ياَ صَحِبَتِى ....... اَلْكُرْسِيَّ
ا- لاَ تجْلِسْ ت- لاَ تجْلِسُوْا
ب- لاَ تجْلِساَ ج- لاَ تجْلِسِيْنَ
37- ياَصَحِبيْ ..........هُناَ
ا- لاَ تجْلِسْ ت- لاَ تجْلِسُوْا
ب- لاَ تجْلِساَ ج- لاَ تجْلِسْنَ
38- ياَ.........لاَ تَمْسَحِيْ السَّبُوْرَة
ا- عَمِيْر ت- عَمِيْر و هَنْدَياَنيِ
ب- عَمِيْر, عُمَار و وشْكُر ج- هَنْدَياَنيِ
39- اُحِبُّ اَنْ............. الْكِتَاب
ا- اَقْرَاَ ت- اَقْرَإِ
ب- اَقْرَأُ ج- اَقْرَأ

40- حَضَرَتْ فىِ الْفَصْلِ لِ........
ا- تَدْرُسِ ت- تَدْرُسْ
ب- تَدْرُسُ ج- تَدْرُسَ


II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !

1. Berilah harokat dan terjemahkan ayat tersebut
قل ياأيهاالكافرون – لاعبدماتعبدون – ولاأنتم عابدون ماأعبد
2. Lengkapilah isi kolom di bawah ini dengan benar !
لانهية فعل امر فعل ماضى فعل مضارع ضمير
Pergi لاتَذْهَبْ ذَهَبَ هُوَ
Duduk اِجْلِسِيْ تَجْلِسُ هِيَ
Menulis لاَتَكْتُبْ اُكْتُبْ اَنْتَ
Membaca قَرَئْتِ تَقْرَئيِْنَ اَنْتِ

3. Terjemahkan ke dalam Bahasa Arab
- Ya Failasuf, Apa yang sedang kamu baca ? Saya membaca kitab ibadah
- Ya Sari,Susi dan Santi Janganlah kamu menulis surat, Tulislah pelajaran ini
4. Buatlah جملة فعلية dengan kalimat di bawah ini
- جَلَسُوْا
- كَتَبْتُمَا
5. Buatlah جملة اسمية dengan kalimat di bawah ini
- يَنْظُرْنَ
- يُصَوِّرَتَانِ

––==oOo==––

BAHASA ARAB X

MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH KABUPATEN PEKALONGAN

ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 (UAS) CIRI KHUSUS
SMA/MA/SMK MUHAMMADIYAH
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Sub Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas : X (sepuluh)
Hari, Tanggal : Kamis, 3 Desember 2009
Waktu : ( 60 menit )

PETUNJUK :
1. Sebelum mengerjakan soal, tulislah terlebih dahulu nomor ulangan Anda pada lembar jawab yang disediakan.
2. Kerjakan semua soal pada lembar jawab yang disediakan.
3. Bacalah dengan teliti setiap soal sebelum Anda menjawab.
4. Kerjakan setiap kelompok soal sesuai dengan perintahnya.
5. Telitilah hasil pekerjaan Anda sekali lagi, sebelum Anda serahkan kepada Pengawas.
6. Mulai bekerja dengan membaca “Basmalah” dan akhiri dengan bacaan “Hamdalah”.

I. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e pada lembar jawab yang tersedia!

احتر الأجوبة الصحيحة !
1. ...كتاب
a. أنا b. هى c. هذا d. هذه e. تلك
2. طلاسة ….
a. هو b. أنا c. هذا d. هذه e. ذلك
3. باب ….
a. أنا b. هى c. هذا d. هذه e. تلك
4. كرَّاسةِ ….
a. هو b. أنا c. هذا d. هذه e. ذلك
5. Dibawah ini yang bukan termasuk اسم الإشرة ….
a. هذا b. هذه c. ذلك d. تلك e. أنت
6. اسم الإشرة adalah ….
a. أنت b. هو c. أنا d. هى e. هذه
7. Berikut ini kalimat yang menggunakan اسم الاشارة , kecuali ….
a. هذه كُرَّاسَة b. هَذَاقَلَمٌ c. ذَلِكَ اَحْمَد d. تِلْكَ زَيْنَبْ e. اَنَامُحَمَّدُ

8. هذه ...
a. خِذاء b. كتاب c. قلم d. فصل e. باب
9. تلك ...
a. كتاب b. قلم c. كتب d. قلم e. فصل
10. هذَا بَيْتٌ ...
a. الجَمِيْلُ b. جَمِيْلٌ c. جَمِيْلَةٌ d. الجَمِيْلَةُ e. جَمِيْلِ
11. Kata yang termasuk مذكر sebagai berikut, kecuali ….
a. عين b. كتاب c. باب d. فصل e. قلم
12. Kata كتب adalah termasuk ….
a. مفرد b. جمع c. مثنى d. مذكر e. ضمير
13. مَاهذَا ؟ هذَا...
a. كُرْسِيُّ b. كتاب c. مكتب d. قلم e. باب

14. مااسمك ؟ ...حَسَنٌ
a. اسمك b. اسمى c. اسمه d. اسمها e. اسمنا
15. أَنَامَرْيَم,وَأنْتِ ...
a. زَيْنَب b. على c. يونس d. يوسف e. محمد
16. هذه هندٌ ؟ هذا ...
a. كتابة b. كتابك c. كتابها d. كتابى e. كتابن
17. هذِهِ أُسْتَاذَة, اِسْمُهَا ...
a. مَرْيَمْ b. حَسَنْ c. عَلِى d. أَحْمَد e. طلحة
18. أَنَا عَلِى , هذِهِ ...
a. مِسطرتُهَا b. مِسْطَرَتىِ c. مِسْطرته d. مِسطرتنا e. مسطرتك
19. أَنْتَ تِلْمِيذٌ, ... قَلَمٌ
a. عِنده b. عِندها c. عندى d. عندنا e. عندك
20. المُسْلِمُوْنَ يَذْهَبُوْنَ إِلَى المَسْجِدِ Dhomir المُسْلِمُوْنَ adalah ...
a. هُوَ b. هِىَ c. أَنْتَ d. هُمْ e. أَنَا
21. أُمِّى فِى الْمَطْبَخِ, .... تَطْبَخُ الْخَضْرَوَاتِ
a. هُوَ b. هِىَ c. أَنْتَ d. هُمْ e. أَنَا
22. اَلأُسْتَاذُ فى الْفَصْلِ, ... يُعَلِّمُ التَّلاَمِيْذَ
a. هُوَ b. هِىَ c. أَنْتَ d. هُمْ e. أَنَا
23. Yang termasuk نَكِرة sebagai berikut, kecuali ….
a. كِتَاب b. سَبُّوْرَةٌ c. المَسْجِدُ d. قَلَمٌ e. نَافِذَة
24. Kata مَعْرِفَه adalah…
a. بَابٌ b. كُرسِيٌّ c. صَلاَة d. الدُّعَاء e. مُؤمِنٌ
25. Huruf syamsiyah adalah pada kata …
a. الْعِلْمُ b. النُّور c. المُسْلِمُ d. الأُسْتاذُ e. الْبِرُّ
26. Huruf-huruf Qomariyah adalah …
a. ت د ر b. ث ز س c. ص ل ط d. ب ع ف e. ظ ذ س
27. القَلَمُ ...
a. فِى الْجيْب b. عَلَى الْجِدَارِ c. مِنَ الْخَسَبِ d. بِالكِتَابِ e. إِلَى الْفَصْلِ
28. المِسْطَرَةُ ...
a. فِى الْجيْب b. عَلَى الْجِدَارِ c. مِنَ الْخَسَبِ d. بِالكِتَابِ e. إِلَى الْفَصْلِ
29. Jumlah huruf Qomariyah dan Syamsiyah …
a. 14 b. 15 c. 16 d. 17 e. 18
30. Tulisan berikut yang benar adalah …
a. جوكجا كرتا b. عَلَى الْجِدَارِ c. مِنَ الْخَسَبِ d. بِالكِتَابِ e. إِلَى الْفَصْلِ
31. Jumlah huruf jar ada …
a. 3 b. 4 c. 5 d. 6 e. 7
32. Isim majrur dalam bentuk ma’rifah ditulis …
a. dhamah b. fatkhah c. kasrah d. tanwin e. dhamah tanwin
33. مِنْ اَيْنَ اَنْتَ ؟ ...
a. مِنْ كرسى b. مِنْ مِصْبَاحٌ c. مِنْ مَكْتُبَةٌ d. مِنْ مَكْتَبٌ e. مِنْ مِسْطَرَةٌ

34. التِّلمِيذُ ...
a. فِى الْجيْب b. عَلَى الْجِدَارِ c. مِنَ الْخَسَبِ d. بِالكِتَابِ e. إِلَى الْفَصْلِ
35. الصُّورَةُ ...
a. فِى الْجيْب b. عَلَى الْجِدَارِ c. مِنَ الْخَسَبِ d. بِالكِتَابِ e. إِلَى الْفَصْلِ
36. الْخَرِيْطَةُ ... الْجِدَارِ
a. إِلَى b. مِنْ c. عَلَى d. فِى e. عَن
37. مَنْ اَنْتَ ؟ ...
a. أَنَا تِلْمِيْذٌ b. أَنَاتِلْمِيْذَةٌ c. اَنْتَ تِلْمِيْذٌ d. اَنْتِ تِلْمِيْذَةٌ e. اَنْتَ تِلْمِيْذَةٌ
38. مَااِسْمُهُ ؟ ...
a. إِسْمُهَا اَحْمَدْ b. اِسْمُهُ فِطِمَةٌ c. اِسْمُهُ اِلْيَاسْ d. اِسْمُهَا عَائِشَةٌ e. إِسْمِى زَيْنَبٌ
39. رَجَعَ التَّاجِرُ ...السُّوْقُ
a. إِلَى b. مِنْ c. عَلَى d. فِى e. عَن
40. أَتَكَلَّمَ ...الدَّرْسِ
a. إِلَى b. مِنْ c. عَلَى d. فِى e. عَن



II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !

1. أَكمل مايأتى بضمير منفصل !
... تِلْمِيْذٌ, هذَا قَلَمُهُ
... هِنْدٌ, تِلْكَ مِسْطَرَتُهَا
2. أَكمل مايأتى بضمير متّصل!
أَنْتَ أسْتَاذُ, هذَا كِتَابُ ...
نَحْنُ مُسْلِمُونَ, ذلِكَ قُرْآنُ ...
3. Jelaskan perbedaan Nakirah dan Ma’rifah dan berilah contohnya!
4. Sebutkan huruf jar dan berilah cotoh masing-masing
5. Sebutkan 10 benda yang ada dalam kelasmu dengan Bahasa Arab !

KEMUHAMMADIYAHAN XII

MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH KABUPATEN PEKALONGAN

ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 (UAS) CIRI KHUSUS
SMA/MA/SMK MUHAMMADIYAH
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Sub Mata Pelajaran : KEMUHAMMADIYAHAN
Kelas : XII (duabelas)
Hari, Tanggal : Rabu, 2 Desember 2009
Waktu : 10.00 – 11.00 (60 menit)

PETUNJUK :
1. Sebelum mengerjakan soal, tulislah terlebih dahulu nomor ulangan Anda pada lembar jawab yang disediakan.
2. Kerjakan semua soal pada lembar jawab yang disediakan.
3. Bacalah dengan teliti setiap soal sebelum Anda menjawab.
4. Kerjakan setiap kelompok soal sesuai dengan perintahnya.
5. Telitilah hasil pekerjaan Anda sekali lagi, sebelum Anda serahkan kepada Pengawas.
6. Mulai bekerja dengan membaca “Basmalah” dan akhiri dengan bacaan “Hamdalah”.

I. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada lembar jawab yang tersedia!

1. Garis-garis dasar perjuangan suatu gerakan atau organisasi disebut ....
a. rumusan d. naskah
b. ketetapan e. kepribadian
c. khittah

2. Garis-garis dasar perjuangan gerakan atau organisasi didalamnya berisi ....
a. program kerja
b. gambaran organisasi secara menyeluruh
c. petunjuk pelaksanaan kegiatan
d. langkah yang harus ditempuh secara berjenjang (bertahap) dalam setiap periode
e. pedoman penyelenggaraan kegiatan organisasi

3. Dalam perkembangan Muhammadiyah kita mengenal bahwa khittah pertama yang disusun oleh persyarikatan adalah ....
a. langkah 12 d. khittah Ujung Pandang
b. khittah Palembang e. khittah Denpasar
c. khittah Surabaya

4. KH. Mas Mansyur adalah pimpinan pusat Muhammadiyah yang dalam periodenya berhasil menyusun ....
a. khittah Muhammadiyah
b. kepribadian
c. pedoman amal usaha
d. anggaran dasar dan anggaran rumah tangga
e. matan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah

5. Disebut dengan langkah amal adalah rumusan khittah langkah duabelas dari langkah .... sampai dengan langkah ....
a. 1 – 7 d. 8 – 10
b. 1 – 5 e. 6 – 12
c. 8 – 12

6. Melaksanakan amalan intiqod merupakan langkah .... dari langkah 12.
a. 1 d. 4
b. 2 e. 5
c. 3

7. Langkah ke-2 dari langkah 12 berbunyi ....
a. memperdalam masuknya iman d. menegakkan keadilan
b. memperluas budi pekerti e. memperluas faham agama
c. melaksanakan amalan intiqod

8. Menjadikan riwayat kehidupan ummat terdahulu sebagai pembelajaran bagi kita untuk memperkuat keimanan adalah salah satu cara untuk ....
a. memperdalam masuknya iman d. menegakkan keadilan
b. memperluas budi pekerti e. memperkuat majelis tanwir
c. melaksanakan amalan intiqod

9. Mengoreksi kekurangan dan kesalahan diri sendiri (introspeksi) disebut juga dengan istilah melaksanakan amalan intiqod ....
a. mujahadah d. musahabah
b. muhasabah e. musabaqoh
c. muhajadah

10. Khittah Palembang merupakan khittah Muhammadiyah yang disusun pada periode ....
a. KHM. Mansyur d. KH. Ahmad Dahlan
b. KH. AR Sutan Mansyur e. Prof. Dr. Amin Rais
c. KH. Ibrahim

11. Kesediaan menjadikan Nabi Muhammad sebagai contoh/teladan yang terbaik adalah termasuk dalam langkah .... pada rumusan khittah Palembang.
a. menjiwai pribadi anggota dengan iman d. melaksanakan kebijaksanaan
b. melaksanakan uswatun khasanah e. memperkuat persatuan
c. menegakkan keadilan

12. Khittah yang dirumuskan oleh Muhammadiyah di Ponorogo tahun 1969 adalah isinya berkaitan dengan sikap dan pendirian Muhammadiyah yang erat hubungannya dengan bidang ....
a. agama d. politik
b. dakwah e. kemasyarakatan
c. pendidikan

13. Pada prinsipnya khittah Ponorogo isinya dibedakan menjadi 2, yaitu pola dasar perjuangan dan ....
a. program dasar perjuangan
b. program amal usaha
c. program kepemimpinan dalam Muhammadiyah
d. program pembentukan pimpinan
e. program mengaktifkan peran masyarakat


14. Sesuai dengan khittahnya hubungan Muhammadiyah dengan partai politik adalah ....
a. Muhammadiyah bagian dari organisasi politik
b. Muhammadiyah mendukung parpol Islam
c. Muhammadiyah berhubungan secara ideologis dengan parpol
d. antara Muhammadiyah dan parpol tidak ada hubungan secara organisatoris
e. Muhammadiyah memberi kebebasan kepada parpol untuk menjelaskan program kerja

15. Menurut khittah Ponorogo dakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar dapat dilakukan melalui 2 cara yaitu ....
a. bidang ekonomi dan politik d. bidang pendidikan dan agama
b. bidang pendidikan dan kesehatan e. bidang politik dan kemasyarakatan
c. bidang sosial dan kemasyarakatan

16. Pada prinsipnya tidak dibenarkan rangkap jabatan pimpinan antara Muhammadiyah dan pimpinan ....
a. bidang usaha d. bidang pemberdayaan masyarakat
b. bidang politik e. bidang kebudayaan
c. bidang keuangan

17. Pendirian di atas (soal no. 16) ditempuh oleh Muhammadiyah agar ....
a. terwujudnya ketertiban dalam pembagian kerja
b. kinerja pimpinan tidak terpengaruh oleh parpol
c. amal usaha Muhammadiyah tidak terbelenggu
d. Muhammadiyah mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya
e. politik bukan bagian Muhammadiyah

18. Khittah Ponorogo tahun 1969 ditetapkan pada saat kepemimpinan ....
a. KH. Ibrahim d. KH. Hisyam
b. KH. Ahmad Azhar Basyir e. KH. Yunus Anis
c. KH. AR Fahrudin

19. Periode tersebut bertepatan pula Muhammadiyah menetapkan program dakwah jamaah dikarenakan berkembangnya ....
a. gerakan sekulerisme d. gerakan menciptakan persatuan nasional
b. gerakan salibisasi e. gerakan mistik
c. gerakan pemberdayaan ekonomi umat

20.  أ           
Q.S An Nahl 125 menjelaskan tentang strategi pelaksanaan .... dalam Islam.
a. pendidikan d. pemberdayaan ekonomi
b. penegakan hukum e. pembinaan umat
c. pelaksanaan dakwah

21. “Sampaikan dariku meski satu ayat”, wasiat Rasulullah ini menjadi suatu kewajiban bagi setiap muslim untuk mampu ....
a. membaca tanda-tanda kebesaran Allah d. memperkuat persatuan
b. melaksanakan tugas dakwah e. menegakkan kebenaran
c. menegakkan keadilan

22. Khittah Muhammadiyah 1971 pada prinsipnya berisi penegasan Muhammadiyah terhadap perannya sebagai gerakan ....
a. Islam d. politik
b. dakwah e. nasional
c. tajdid

23. Merekomendasi pimpinan Muhammadiyah untuk mengambil langkah-langkah yang cerdas dan strategis dalam pembangunan nasional merupakan salah satu rumusan khittah ....
a. Surabaya d. Ujung Pandang
b. Denpasar e. Yogyakarta
c. Ponorogo

24. Kesadaran yang kuat mengantarkan pada komitmen Muhammadiyah untuk melaksanakan tugas dakwah yang bertujuan ....
a. mewujudkan tatanan Islam
b. mengarahkah proses perubahan yang lebih baik
c. mengkoordinasi potensi umat
d. menggalang solidaritas
e. melaksanakan perintah Allah

25. Pengertian amar ma’ruf adalah ....
a. mengarahkan kepada keseimbangan hidup
b. mengajak kebaikan
c. menjaga kemaksiatan
d. mewujdukan persaudaraan
e. mencegah kemaksiatan

26. Khittah yang isinya tentang penegasan sikap Muhammadiyah terhadap politik yang merupakan penyempurnaan khittah Ujung Pandang adalah ....
a. khittah Ponorogo d. khittah langkah 12
b. khittah Surabaya e. khittah Denpasar
c. khittah Palembang

27. Khittah Surabaya disusun pada tahun ....
a. 1976 d. 1979
b. 1977 e. 1971
c. 1978

28. Dibidang politik Muhammadiyah .... anggotanya dalam memilih dan menyalurkan hak-hak politiknya.
a. memberi kebebasan d. melakukan pemaksaan
b. memberi pilihan e. melakukan rekayasa
c. memberi kebijaksanaan

29. Q,S Ali Imron 104 pada prinsipnya menegaskan janji Allah kepada orang yang beriman beramar ma’ruf nahi munkar ditempatkan kepada golongan ....
a. orang-orang yang bersyukur d. orang-orang yang bermanfaat
b. orang-orang yang taat e. orang-orang yang berilmu
c. orang-orang yangberuntung

30. Khittah Surabaya ini disusun juga sebagai bentuk perhatian Muhammadiyah karena maraknya praktik .... di Indonesia.
a. kemusyrikan d. hedonisme
b. mistik e. liberalisme
c. aliran kepercayaan


31. Hak politik warga Muhammadiyah agar dipergunakan secara bertanggung jawab. Dalam memilih parpol disaat Pemilu sikap yang terbaik adalah ....
a. memilih parpol yang dipilih oleh pimpinan Muhammadiyah
b. tidak memilih karena semua parpol tidak sesuai dengan keinginan saya
c. memilih parpol yang para wakilnya saya kenal dan saya pahami
d. memilih partai yang memperjuangkan kepentingan Islam dan umatnya
e. memilih partai yang dapat memberi manfaat untuk keluarga

32. Khittah Denpasar tahun 2002 dicetuskan dalam kerangka memperjelas sikap Muhammadiyah dalam hubungannya dengan ....
a. ukhuwah Islamiyah d. kehidupan beragama
b. kehidupan berpolitik e. kehidupan berilmu pengetahuan
c. kehidupan berbangsa bernegara

33. Khittah ini mendasarkan bahwa dalam kehidupan setiap muslim harus bersandarkan pada nilai-nilai yang bersumber dari ....
a. akal pikiran d. akhlaqul karimah
b. ilmu pengetahuan e. penafsiran ayat Al Qur’an
c. agama dan moral yang utama

34. Dalam bidang kemasyarakatan sesuai dengan khittahnya Muhammadiyah ingin membentuk keluarga dan masyarakat yang sejahtera dengan ....
a. peningkatan sumber daya manusia
b. pengembangan amal usahanya
c. pembinaan terhadap anggotanya
d. melaksanakan gerakan dakwah jamaah
e. mengembangkan kualitas pimpinan Muhammadiyah

35. Keluarga yang sejahtera dalam konsep Islam dapat terwujud sejalan dengan Firman Allah dalam Al Qur’an surat ....
a. Al Ahzab 21 d. Ar Rum 12
b. An Nahl 125 e. At Tahrim 6
c. Ar Rum 21

36. Pedoman Hidup Islami warga Muhammadiyah disusun dengan berpedoman pada nilai yang terdapat pada ....
a. Al Qur’an dan Al Hadits d. perenungan sufi
b. ijtihad ulama e. kemampuan logika
c. pemikiran cendekiawan

37. Islam adalah agama yang mengajarkan aspek keseimbangan hidup di bawah ini, kecuali ....
a. aspek jasmani rohani d. aspek kebaikan dan kejahatan
b. aspek ilmu dan amal e. aspek material spiritual
c. aspek dunia akhirat

38. Maksud disusunnya Pedoman Hidup Islami adalah sebagai suatu usaha untuk mewujudkan ....
a. keluarga yang sakinah mawaddah
b. pribadi muslim yang istiqomah
c. mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya
d. mewujudkan masyarakat yang aman sejahtera
e. menegakkan kebenaran Islam


39. يـآاَيُّـهَا الَّذِيْنَ امَنُوْا قُوْا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَـارً
Ayat di atas berisi kewajiban setiap muslim untuk membina ....
a. dirinya d. masyarakat
b. keluarganya e. umat Islam
c. diri dan keluarga

40. Konsep Pedoman Hidup Islami mengatur ajaran Islam dalam dimensi aqidah, akhlak, muamalah duniawiyah dan ....
a. ibadah d. hablum minannas
b. syariah e. keimanan
c. muamalah


II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !


1. Tuliskan bunyi rumusan ke-3 dari langkah 12 !
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan melaksanakan amalan intiqod !
3. Jelaskan apa yang dimaksud Muhammadiyah adalah organisasi yang bersifat independen !
4. Sebutkan 2 rumusan yang ditetapkan dalam khittah Ponorogo !
5. Sebutkan 5 contoh aplikasi Pedoman Hidup Islami bagi warga Persyarikatan Muhammadiyah !


––==oOo