Mengenai Saya

Foto saya
Pasrum Affandi, Waka Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan

Rabu, 05 Oktober 2011

Silabus PAI SMA

SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Al-Qur’an
Standar Kometensi          :  1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Membaca  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78

§ Q.S. Al-Baqarah: 30
§ Q.S. Al-Mukminun: 12-14
§ Q.S. Az-Zariyat: 56
§ Q.S. An Nahl: 78
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Membaca dengan fasih  Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
§ Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78

§ Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
§ Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17.
§ Buku-buku   yang  relevan.
1.2     Menyebut-kan arti  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78

§ Q.S. Al-Baqarah: 30
§ Q.S. Al-Mukminun: 12-14
§ Q.S. Az-Zariyat: 56
§ Q.S. An Nahl: 78
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mengartikan perkata Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§ Mengartikan per-ayat Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§ Menterjemahkan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§ Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78

§ Mampu mengartikan per-kata Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§ Mampu menterjemahkan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17.
§ Buku-buku   yang  relevan.
1.3     Menampil-kan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78

§ Q.S.. Al-Baqarah: 30
§ Q.S.. Al-Mukminun: 12-14
§ Q.S.. Az-Zariyat: 56
§ Q.S.. An Nahl: 78
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mengidentifikasi perilaku Khalifah yang terdapat dalam  Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
§ Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.


Jenis Tagihan:
Perilaku individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
§  Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17.
§ Buku-buku   yang  relevan.


SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Al-Qur’an
Standar Kometensi          :  2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
2.1     Membaca  Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

§ Q.S. Al-An’am; 162-163
§ Q.S. Al-Bayyinah: 5

§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Membaca dengan fasih  Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163



§ Mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-An’am: 162-163

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-27.
§ Buku-buku   yang  relevan.
2.2     Menyebut-kan arti  Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§ Q.S. Al-An’am; 162-163
§ Q.S. Al-Bayyinah; 5
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mengartikan perkata Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mendiskusikan terjemah Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Isian singkat
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-27.
§ Buku-buku   yang  relevan.
2.3     Menampil-kan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam   Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§ Q.S. Al-An’am; 162-163
§ Q.S. Al-Bayyinah; 5
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163

§ Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163
Jenis Tagihan:
Perilaku individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-27.
§ Buku-buku   yang  relevan.


SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Akidah
Standar Kometensi          :  3. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1      Menyebut-kan 10 sifat Allah  dalam Asmaul  Husna

Asmaul Husna:
§ 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Membaca buku sumber yang berkaitan pengertian sifat-sifat Allah.
§ Mendiskusikan arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna.

§ Mampu  menyebutkan arti  sifat Allah.
§ Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna



Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas

2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44.
§ Buku2 yg relevan.
3.2      Menjelaskan arti  10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna

Asmaul Husna:
§ 10 Asmaul Husna dan artinya
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Membaca buku sumber yang berkaitan dengan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
§ Menjabarkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna

§ Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
§ Mampu  menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44.
§ Buku2 yg relevan.
3.3      Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna

Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 Asmaul Husna
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
§ Menerapkan perilaku yang mencerminkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
§ Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
§ Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44.
§ Buku2 yg relevan.


SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Akhlak
Standar Kometensi          :  4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
4.1      Menyebut-kan pengertian perilaku  husnuzhan
Husnuzhan:
§ - Pengertian Perilaku Husnuzhan
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
§ Mendiskusikan pengertian perilaku husnu zhan.
§ Mengidentifikasi prilaku-prilaku yang berkaitan dengan husnuzhan.
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama manusia.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56.
§ Buku2 yg relevan.
4.2      Menyebut-kan contoh-contoh  perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
Husnuzhan:
§ Contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.

§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah.
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap sesama manusia.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56.
§ Buku2 yg relevan.
4.3      Membiasa-kan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
Husnu zhan :
§ Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari.
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah.
§ Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mempraktikkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok


Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56.
§ Buku2 yg relevan.


SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Fikih
Standar Kometensi          :  5. Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
5.1  Menyebut-kan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
Sumber hukum Islam:
§ Al-Qur’an
-   Pengertian
-   Kedudukan
-   Fungsi
§ Al-Hadits
-   Pengertian
-   Kedudukan
-   Fungsi
§ Ijtihad
-   Pengertian
-   Kedudukan
-   Fungsi

§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an sebagai sumber hukum Islam.
§ Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi  Al-Hadits sebagai sumber hukum Islam.
§ Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
§ Mampu menyebutkan pengertian Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§ Mampu menjelaskan kedudukan Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§ Mampu menjelaskan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
§ Mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur’an.
§ Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits.
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas
Uraian singkat
4 jam
§  Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 57-75.
§ Buku2 yg relevan.
5.2  Menjelaskan pengertian,  kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
Hukum Taklifi :
§ Pengertian hukum taklifi.
§ Kedudukan hukum taklifi.
§ Fungsi Hukum Taklifi dalam Hukum Islam

§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mendiskusikan pengertian hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Mendiskusikan kedudukan  hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Mendiskusikan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam

§ Menjelaskan pengerti hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 57-75.
§ Buku-buku   yang  relevan.
5.3  Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
Hukum taklifi:
§ Penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
§ Mempraktikkan perilaku yang sesuai dengan  hukum taklifi.
§ Menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.

§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum taklifi.
§ Mampu mempraktikkan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
§ Mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 57-75.
§ Buku-buku   yang  relevan.


SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kometensi          :  6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
6.1     Mencerita-kan  sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah

Keteladanan Rasulullah SAW:
§ - Dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah.
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah pada periode Makkah
§ Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
§ Presentasi hasil diskusi kelompok tentang dakwah Rasulullah periode Makkah.
§ Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah.
§ Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode makkah.
§ Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 76-89.
§ Buku-buku   yang  relevan.
6.2     Mendeskrip-sikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah

Keteladanan Rasulullah SAW :
§ -Substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mendiskusikan dalam kelompok tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
§ Presentasi hasil diskusi kelompok tentang substansi dan strategi dakwah  Rasulullah periode Makkah.

§ Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.
§ Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 76-89.
§ Buku-buku   yang  relevan.

Logo SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan

Selasa, 29 Maret 2011

Lokakarya PJM PRONANGKIS

Kegiatan Lokakarya (konsultasi dan Bazar PJM Pronangkis) Kel.Bendan Kec. Pekalongan Barat Kota Pekalongan, semalam (Senin, 28 Maret 2011) telah dilaksan akan di aula Kel. Bendan. Dalam acara yang dihadiri para Ketua RT, RW, LPM, Lurah Bendan, Camat, Bappermas Kota Pekalongan serta dinas-dinas terkait, memperhatikan pemaparan dari Tim Perencana Partisifatip tentang PJM Pronangkis Kel.Bendan tahun 2011 - 2013. Acara berlangsung dengan tertib dan lancar yang dimulai jam 20.00 - 22.00 WIB. Sangat disayangkan dari SKPD yang diundang hanya Bappermas dan Camat Pekalongan Barat yang dikiwakili oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat yang berkenan hadir dan memberikan sambutannya.

Pelatihan internet bagi BKM

Bertenpat di Laboratorium computer Telkom Pekalongan, telah diselenggarakan pelatihan internet bagi pemula, bagi Koordinator BKM se-Kota Pekalongan. Kegiatan ini dilaksanakn  kerjasama antara Pemkot Pekalongan dengan Telkom Pekalongan. kegiatan dilaksanakan hari Selasa, 29 Maret 2011 mulai jam 13.00  - 15.00 WIB.

Jumat, 25 Maret 2011

RPP PAI

pasrumaffandi@ya
PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Agama Islam
Satuan Pendidikan               :  SMA
Kelas / Semester                   :  XII / 1
Tahun Pelajaran                    :  2010/2011

No.
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan
1.
1.1   Membaca QS al Kafirun QS. Yunus : 40 – 41, QS. Al Kahfi : 29
2 x 45 menit

2.
1.2   Menjelaskan arti QS Al Kafirun QS. Yunus : 40 – 41, QS. Al Kahfi : 29
2 x 45 menit

3.
1.3   Membiasakan prilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al Kafirun QS. Yunus : 40 – 41, QS. Al Kahfi : 29
2 x 45 menit

4.
2.1   Membaca QS Al Mujadalah : 11 dan QS Al Jum’ah : 9 – 10
2 x 45 menit

5.
2.2   Menjelaskan arti QS Al Mujadalah : 11 dan QS Al Jum’ah : 9 – 10
2 x 45 menit

6.
2.3   Membiasakan beretoskerja seperti terkandung dalam QS Al Mujadalah : 11 dan QS Al Jum’ah : 9 – 10
2 x 45 menit

7.
3.1   Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
1 x 45 menit

8.
3.2   Menerapkan hikmah beriman kepada hari akhir
1 x 45 menit

9.
4.1   Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh
2 x 45 menit

10.
4.2   Menampilkan contoh-contoh prilaku adil, ridha dan amal shaleh.
2 x 45 menit

11.
4.3   Membiasakan prilaku adil, ridha dan amal shaleh
2 x 45 menit

12.
5.1   Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
2 x 45 menit

13.
5.2   Menjelaskan hikmah perkawinan
2 x 45 menit

14.
5.3   Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
2 x 45 menit

15.
6.1   Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
2 x 45 menit

16.
6.2   Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
1 x 45 menit

17.
6.3   Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
1 x 45 menit


JUMLAH
30


                  Mengetahui,                                                      Pekalongan,    Juli 2010
   Kepala SMA Muhammadiyah 1                                         Guru Mata Pelajaran
ttd aksan.tif          Pekajangan Pekalongan

                           
           Drs. Akhsanudin AS                                               Drs. Pasrum Affandi
     NIP. 19611002 198703 1 003


PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Agama Islam
Satuan Pendidikan               :  SMA
Kelas / Semester                   :  XII / 2
Tahun Pelajaran                    :  2010/2011

No.
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan
1.
7.1   Membaca QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164
2 x 45 menit

2.
7.2   Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164
2 x 45 menit

3.
8.1   Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada qodlo dan qodar
2 x 45 menit

4.
8.2   Menerapkan hikmah beriman kepada qodlo dan qodar
2 x 45 menit

5.
9.1   Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan
2 x 45 menit

6.
9.2   Menampilkan contoh dan membiasakan prilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari
2 x 45 menit

7.
10.1 Menjelaskan pengertian Isrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah
1 x 45 menit

8.
10.2 Menjelaskan contoh prilaku Isrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah
1 x 45 menit

9.
10.3 Menghindari perilaku tercela Isrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah dalam kehidupan sehari-hari
2 x 45 menit

10.
11.1 Menjelaskan ketentuan ketentuan hukum waris.
2 x 45 menit

11.
11.2 Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris.
2 x 45 menit

12.
12.1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
2 x 45 menit

13.
12.2 Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia
2 x 45 menit

14.
12.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
2 x 45 menit


JUMLAH
30


                  Mengetahui,                                                   Pekalongan,    Januari 2011
   Kepala SMA Muhammadiyah 1                                         Guru Mata Pelajaran
ttd aksan.tif          Pekajangan Pekalongan

                           
           Drs. Akhsanudin AS                                               Drs. Pasrum Affandi
     NIP. 19611002 198703 1 003
hoo.co.id