Mengenai Saya

Foto saya
Pasrum Affandi, Waka Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan

Jumat, 18 Mei 2012

SKL AL QUR'AN K X DAN XI SMA



STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SMA MUHAMMADIYAH JAWA TENGAH
MATA PELAJARAN             : AL QUR’AN
KELAS                                 : X
TAHUN PELAJARAN           : 2011/2012

NO.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
YANG DIUJIKAN
1.
Memahami ayat-ayat  Al qur’an dann Al Hadits tentang proses kejadian manusia dan tugasnya sebagai Kholifah di bumi
·         Menjelaskan pengertian Al Basyar
·         Membedakan pengertian Al In san dan An Nas
·         Mengartikan lafadz tertentu pada QS Al Baqoroh:30
·         Menjelaskan pengertian Al Basyar, Al Insan dan An Nas
·         Menjelaskan hukum bacaan mim sukun
2
Memahami Ayat-ayat Al Qur’an tentang Keikhlasan dalam  beribadah
  • Mengartikan alafadz darin QS Al An’am : 162
  • Menyimpulkan isi kandungan ayat dari QS Al Anam:162
  • Menunjukkan Hukum Bacaan Nun sukun tanwin
  • Menyambung ayat  QS Al Baqarah : 21
3
Memahami bacaan dan salinan/penulisan ayat-ayat Al Qur’an dengan benar
  • Mengartikan lafadz QS Al An’am : 102
  • Menterjemahkan ayat QS An Najm : 39
  • Kandungan ayat QS Al An’am : 102
  • Menentukan hukum bacaan
  • Menyambung ayat QS Luqman : 13

4
Memahami mayat-ayat Al Qur’an dan Hadits  tentang harta dan tanggungjawab
  • Mengartikan lafadz QS Al Qoshos : 77
  • Menterjemahkan ayat  QS Al Qoshos : 77
  • Kandungan ayat QS Al Qoshos : 77
  • Menentukan Hukum bacaan
  • Menyambung ayat  QS Tahrim: 6

5
Memahami ayat Al Qur’anm tentang Demokrasi
  • Mengartikan lafadz QS Ali Imron : 159
  • Menterjemahkan ayat  QS Ali Imron : 159
  • Kandungan ayat QS Ali Imron : 159
  • Menentukan Hukum bacaan
  • Menyambung ayat  QS Asy Syuro : 38
  • Mengartikan lafadz QS Ali Imron : 59
  • Kandungan ayat QS Asy Syuro: 59
  • Menyambung ayat  QS Asy Syuro : 38
  • Menentukan Hukum bacaan
6
Memahami Hadits tentang Demokrasi

  • Mengartikan lafadz Hadits
  • Menterjemahkan Hadits
  • Kandungan Hadits
  • Menentukan Hukum bacaan

7
Memahami Ayat Al Qur’an tentang kebersamaan, kemajemukan, nalar, kompetisi dan peran manusia di muka bumi

  • Mengartikan lafadz QS ALKahfi :29
  • Menterjemahkan ayat QS ALKahfi :29
  • Kandungan ayat QS ALKahfi :29
  • Menentukan Hukum bacaan
  • Menyambung ayat  QS ALKahfi :29
  • Mengartikan lafadz QS Yunus:99
  • Menterjemahkan ayat QS Yunus:99
  • Kandungan ayat QS Yunus:99
  • Menentukan Hukum bacaan
  • Menyambung ayat  QS Al Hujurot:13
  • Mengartikan lafadz QS Al Hujurot:13
  • Menterjemahkan ayat  QS Al Hujurot:13
  • Kandungan ayat QS Al Hujurot:13
Menentukan Hukum bacaan






STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SMA MUHAMMADIYAH JAWA TENGAH
MATA PELAJARAN             : AL QUR’AN
KELAS                                                : XI
TAHUN PELAJARAN           : 2011/2012

NO.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
YANG DIUJIKAN
1.
Tentang kompetisi dalam kebaikan Memahami   ayat-ayat Al Qur’an
     Menjelaskan pengertian kompetisi
     Mengartikan lafadz tertentu pada QS Al   Baqoroh:148
2
Memahami bacaan hafalan ayat-ayat Al Qaur’an
  • Mengartikan alafadz darin QS Al A’rof:172
  • Menyimpulkan isi   kandungan QS Al A’rof:172
3
Memahami persamaan gender

  • Menunjukkan Hukum Bacaa Nun sukun tanwin
  • Menyambung ayat  QS Al Baqarah : 21
  • Mengartikan lafadz QS An Nahl : 97
4
Memahami tentang egaliter
  • Menterjemahkan ayat QS An Nahl : 97
  • Kandungan ayat QS An Nahl : 97
5
Memahami tentang larangan curang dalam takaran
  • Menentukan hukum bacaan Mad
  • Menyambung ayat QS Al Muthoffifin:1 – 6
6
Memahami  tentang perintah menuanaikan amanat, adil dan tanggungjawab
  • Mengartikan lafadz QS An Nisa’:34
  • Menterjemahkan ayat  QS An Nisa’:34
§  Kandungan ayat QS An Nisa’:34,58,105 dan 135
7
Memahami  tentang perintah menunaikan amanat, adil dan tanggungjawab

  • Menentukan Hukum bacaan  Mim Sukun
  • Menyambung ayat  QS An Nisa’:34
  • M engartikan lafadz QS An Nisa’:58
  • Menterjemahkan ayat
8
Memahami  ayat-ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

  • Kandungan ayat QS Ar Rum:41
  • Menentukan Hukum bacaan
  • Menyambung ayat  QS Ar Rum:41
  • Mengartikan lafadz , Al A’rof:56 – 58
  • Menterjemahkan ayat , Al A’rof:56 – 58
9
Memahami  tentang Kalamullah yang tinggi
                        Kandungan ayat QS At Taubah:40
             Menentukan Hukum bacaan QS At Taubah:40
             Menyambung ayat  QS At Taubah:40
            Mengartikan lafadz QS At Taubah:40
10
Memahami  tentang perintah mematuhi Allah dan Rasulnya

             Menterjemahkan ayat QS Ali Imron:31 – 32
            Kandungan ayat QS Ali Imron:31 – 32
                        Menentukan hukum bacaan
             Menyambung ayat QS Ali Imron:31 – 32
             Mengartikan lafadz QS Ali Imron:31 – 32
11
Memahami  tentang proses turunnya wahyu

            Menterjemahkan ayat QS Asy Syuro:51
            Kandungan ayat QS Asy Syuro:51
             Menentukan Hukum bacaan
             Menyambung ayat  QS Asy Syuro:51
12
Memahami  tentang larangan membaca Al Qur’an dengan tergesa-gesa

                         Mengartikan lafadz QS Al Qiyamah : 16 -18
            Menterjemahkan ayat  QS Al Qiyamah : 16 -18
             Kandungan ayat QS Al Qiyamah : 16 -18
            Menentukan Hukum bacaan
13
Memahami  bacaan dan hafalan Hadits-hadits pilihan
  • Menyambung Hadits
  • Mengartikan lafadz Hitsad
  • Menterjemahkan Hitsad
  • Kandungan H
  • Menentukan Hukum bacaan

Kamis, 02 Februari 2012

KISI-KISI PENULISAN UAS (UJIAN AKHIR SEKOLAH) CIRI KHUSUS TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Mata Pelajaran     : AL QUR’AN/    AL HADITS
Kelas              : XII
Alokasi Waktu    : 90  menit
Bentuk Soal        : PG = 50   Essay = 5
Satuan Pendidikan    : SMA Muhammadiyah Se-Jawa Tengah
STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    MATERI POKOK    INDIKATOR SOAL    NOMOR URUT    BOBOT
SOAL    KLS/
SMT
                PG    ESSAY       
1.    Memahami ayat-ayat  Al Qur’an dann Al Hadits tentang manusia dan tugasnya sebagai Kholifah di bumi        Menyebutkan arti QS Al Baqarah : 30, Al  u;minun : 12 – 14, Az Zariyat 56, dan An Nahl : 78    QS Al Baqarah : 30, Al  Mu’minun : 12 – 14, Az Zariyat 56, dan An Nahl : 78    •    Mengartikan lafadz tertentu pada QS Al Baqoroh:30
    1
   


    Mudah
    X/1
2.    Memahami Ayat-ayat Al Qur’an tentang Keikhlasan dalam  beribadah        Membaca  QS: Al An’am : 162 -163, Al aqarah : 21, dan Al Bayinah : 5     QS  : Al An’am : 162 -163     •    Menunjukkan Hukum Bacaan Nun sukun /tanwin
    2

        Mudah
    X/1
3.    Memahami bacaan dan salinan/penulisan ayat-ayat Al Qur’an dengan benar         Menghafal QS Al An’am : 102, An Najm : 39 - 41, Al Baqarah : 1 – 4, LuqmN : 13 – 14 dan Ali Imron : 104    QS Al An’am : 102, An Najm : 39 - 41, Al Baqarah : 1 – 4, LuqmN : 13 – 14 dan Ali Imron : 104    •    merangkai  potongan ayat dari QS Ali Imron:104
•    menyebutkan isi kandungan QS Ali Imran : 104
    3

   


1
    Sulit


sedang    X/1
4.    Memahami mayat-ayat Al Qur’an dan Hadits  tentang harta dan tanggungjawab        4.1. Menampilkan perilakuhidup dan tanggungjawab    QS Al Qoshos : 77, dan QS Al Hasyr : 7, At Tahrim: 6, dan QS Maryam : 93 - 96    •    Menjelaskan Kandungan ayat QS Al Qoshos : 77
•    Mengartikan kalimat QS  At Tahrim: 6
    4


5   


    Sedang


Mudah
    X/1
5.    Memahami ayat Al Qur’anm tentang Demokrasi        Membaca QS Ali Imron : 59 dan QS Asy Syuro : 38
    Menyebutkan arti QS Ali Imron : 59 dan QS Asy Syuro : 38
    QS Ali Imron : 159 dan QS Asy Syuro : 38     •    Melanjutkan QS Ali Imron : 159
•    Mengartikan potongan ayat QS Asy Syuro : 38

    6

7



   



    Sedang

Mudah
    X/2
6.    Memahami Ayat Al Qur’an tentang kebersamaan, kemajemukan, nalar, kompetisi dan peran manusia di muka bumi
        . Membaca QS ALKahfi :29,Yunus:99,Al Hujurot:13, Ar Ruum:22,Al Baqoroh:164, Ali Imron: 190, Al Baqoroh :30-39, dan Luqman : 15 – 19
    - QS ALKahfi :29,Yunus:99,Al Hujurot:13, Ar Ruum:22,Al Baqoroh:164, Ali Imron: 190, Al Baqoroh :30-39, dan Luqman : 15 – 19    •    Menjelaskan makna ayat QS ALKahfi :29
•    Menunjukkan Hukum Bacaan Mim Sukun




    8

9
   




    Mudah


Mudah
    X/2
7.    Memahami ayat-ayat Al Qur’an Tentang kompetisi dalam kebaikan
        1.2.Menjelaskan arti QS Al Baqarah : 148 dan QS Fathir : 32
    QS Al Baqarah : 148, dan Fathir : 32    •    Menyambung ayat QS Al Baqarah : 148,
Menjelaskan kandungan ayat QS Fathir : 32    10   

2    sedang

    XI/1
8.    Memahami bacaan hafalan ayat-ayat Al Qaur’an tentang ketauhidan, sesuai dengan fitrah manusia dan bukti-bukti kekuasaan Tuhan        Membaca QS Al A’rof:172, dan Al Baqoroh : 28

    QS Al A’rof:172, dan Al Baqoroh : 28
    •    Mengartikan ayat QS Al A’rof:172
    11        sulit    XI/1
9.    Memahami tentang persamaan gender
        Menyebutkan arti QS An Nahl : 97 dan QS An Nisa’ : 32, QS Al Ahzab : 35
    QS An Nahl : 97 dan QS An Nisa’ : 32, QS Al Ahzab : 35
    •    Menterjemahkan kalimat QS An Nahl : 97    12        sedang    XI/1
10.    Memahami tentang egaliter        Membaca QS Al Baqoroh:213, dan Al Hujurot:11
    QS Al Baqoroh:213, dan Al Hujurot:11
    •    Menentukan Hukum Bacaan Nun Sukun/tanwin
    13        Mudah

    XI/1
11.    Memahami tentang larangan curang dalam takaran        menampilkan perilaku seperti yang terkandung dalam QS Al Muthoffifin:1 - 6
    QS Al Muthoffifin:1 - 6
    •    Menjelaskan isi kandungan ayat QS Al Muthoffifin:1 - 3    14        sulit    XI/1
12.    Memahami mengenai perintah menegakkan hukum
        Membaca QS Al Maidah :8    QS Al Maidah :8    •    Merangkai potongan ayat QS Al Maidah :8



    15        mudah    XI/1
13.    Memahami  tentang perintah menunaikan amanat, adil dan tanggungjawab
        Menjelaskan arti Membaca QS An Nisa’ : 35, 58, 105 dan 135
    1.1.    QS An Nisa’ : 35, 58, 105 dan 135
    Menterjemahkan ayat QS An Nisa’ :  58    16        sedang    XI/1
14.    Memahami  tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
        Membaca QS Ar Rum : 41 - 42    QS Ar Rum : 41 - 42        Mengartikan  secara mufrodat QS Ar Rum : 41


    17        Sulit    XI/2
15.    Memahami  tentang Kalamullah yang tinggi        Membaca QS At Taubah:40    QS At Taubah:40
        Menunjukkan Hukum Bacaan Mad
    18        Sedang    XI/2
16.    Memahami  tentang perintah mematuhi Allah dan Rasulnya
        Menampilkan perilaku seperti yang terkandung dalam  QS Ali Imron:31 – 32
    QS Ali Imron:31 – 32
   
    Isi kandungan ayat QS Ali Imron:32



    19        Sulit    XI/2
17.    Memahami  tentang proses turunnya wahyu
        Membaca QS Asy Syuro:51
    QS Asy Syuro:51
    Menyambung ayat QS Asy Syuro:51


    20        mudah sedang    XI/2
18.    Memahami  tentang larangan membaca Al Qur’an dengan tergesa-gesa
        Menjelaskan arti QS Al Qiyamah : 16 -18
    QS Al Qiyamah : 16 -18
        Menterjemahkan
    Menentukan hukum Bacaan Qolqolah


    21
22        Sedang
sedang    XI/2
19.    Memahami  bacaan dan hafalan Hadits-hadits pilihan


        Menjelaskan arti Hadits-hadits pilihan
    menampilkan perilaku seperti yang terkandung Hadits-hadits pilihan dalam kehidupan sehari-hari    Hadits Pilihan
        mengartikan Hadits
    Menjelaskan isi kandungan Hadits    23
24        Sedang
Sulit    XI/2
20.    Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang anjuran bertoleransi        Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan Al Kahfi : 29    QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan Al Kahfi : 29        Melanjutkan ayat QS Yunus : 40
    Menterjemahkan  QS AL Kafirun : 6    25

26        Sedang
mudah    XII/1
21.    Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang etos kerja        Menjelaskan arti QS Al Mujadalah : 11dan QS Al Jumuah : 9 – 10
     QS Al Mujadalah : 11dan QS Al Jumuah : 9 – 10        Mengartikan secara lafdziyah
    Menentukan hukum Bacaan Nun sukun/tanwin    27

28        Sedang
sedang    XII/1
22.    Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang Hal yang Ghoib        Menyimpulkan kandungan QS Al Baqarah:3, dan QS An Nahl:65    QS Al Baqarah:3, dan QS An Nahl:65        Menentukan isi kandungan ayat QS Al Baqarah:3
    29
        Sedang
    XII/1
23.    Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang kaum yang lemah        Menyebutkan Arti QS Al Ma;un:3, dan QS Al Baqarah : 177    QS Al Ma’un:3, dan QS Al Baqarah : 177        Mengterjemahkan ayat QS Al Baqarah : 177
    Mengartikan ayat secara lafdziyyah QS Al Baqarah : 177    30


31        Sedang


sedang    XII/1
24.    Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang makanan yang halal dan haram        Membaca QS Al Baqoroh : 168, 219 dan QS Al Maidah : 3    QS Al Baqoroh : 168, 219 dan QS Al Maidah : 3        Menentukan hukum bacaan Mim Sukun
    Menjelaskan isi kandungan ayat QS Al Maidah : 3    32

33        Mudah
sedang    XII/1
25.    Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang hukum        Membaca QS Al Maidah : 43, 50, QS An Nisa’ : 58 dan QS An Nahl : 90    QS Al Maidah : 43, 50, QS An Nisa’ : 58 dan QS An Nahl : 90        Menyambung potongan ayat QS An Nisa’ : 58
    Menterjemahkan ayat QS An Nahl : 90
    34

35        Sedang
sedang    XII/1
26.    Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang ekonomi        Menjelaskat QS Taubah : 60, 103, QS Al Qosshos : 77, QS Al Baqarah : 274 – 277, QS An Nahl : 77 dan QS Az Zariyat : 9    QS Taubah : 60, 103, QS Al Qosshos : 77, QS Al Baqarah : 274 – 277, QS An Nahl : 77 dan QS Az Zariyat : 9         Mengartikan secara mufrodat QS Taubah : 60
    Menentukan Hukum Bacaan Mad
    Menulis dan memberi harokat  QS Al Qosshos : 77     36


37
   




5
    Sedang




sedang    XII/1
27.    Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang korupsi, kolusi dan nepotisme        Membaca Hadits tentang, korupsi, kolusi dan nepotisme
    Membaca QS Ali Imran:71, 161, QS An Nisa’ : 58, 135dan QS Al Baqoroh : 283    QS Ali Imran:71, 161, QS An Nisa’ : 58, 135dan QS Al Baqoroh : 283         Menjelaskan isi kandungan Hadits
    38
        Sedang
    XII/1
28.    Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang toleransi        Menjelaskan arti QS Al Baqarah : 256, dan QS Al Kafirun    QS Al Baqarah : 256, dan QS Al Kafirun         Menterjemahkan ayat QS Al Baqarah : 256,
    Mengartikan secara mufrodat QS Al Baqarah : 256,    39


40        Sedang


Mudah
    XII/1
29.    Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang berbeda pendapat        Membaca QS An Nahl : 125 dan QS An Nisa’ : 59    QS An Nahl : 125 dan QS An Nisa’ : 59         Menentukan Hukum Bacaan Nun Sukun/Tanwin
    Menjelaskan isi kandungan ayat
    Menterjemahkan QS An Nahl : 125      41

42   




3    sedang

Sulit    XII/1
30.    Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang pengembangan IPTEK        Membaca QS Yunus : 101, QS Al Baqarah : 164 dan QS Ar Rahman : 33    QS Yunus : 101, QS Al Baqarah : 164 dan QS Ar Rahman : 33        Menterjemahkan ayat QS Ar Rahman : 33    43        Sedang
    XII/2
31.    Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang perilaku inklusif        Membaca QS Al Baqarah : 143 dan QS Luqman : 17 – 19    QS Al Baqarah : 143 dan QS Luqman : 17 - 19          Mengartikan secara harfiyyah QS Luqman : 19
    44
        Mudah

    XII/2
32.    Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang jagad raya        Membaca QS Al Mulk : 3 – 5, QS Al Anbiya’ : 103 – 107, QS Al An’am : 125, QS An Nahl : 10 -16 dan QS Al Hadid : 25    Membaca QS Al Mulk : 3 – 5, QS Al Anbiya’ : 103 – 107, QS Al An’am : 125, QS An Nahl : 10 -16 dan QS Al Hadid : 25          Menentukan hukum Bacaan Mad
    Menentukan hukum Bacaan Nun Sukun/Tanwin, Mim sukun dan Mad
    45   

4    Sedang

sulit    XII/2

    Mengetahui    Mengetahui    Pekalongan, 24 Desember 2012
    Team Korektor    Kepala SMA Muh. 1 Pekajangan    Guru Penyusun,
   



    ( ......................................... )    Drs. Akhsanudin AS    Drs. Pasrum Affandi
        NIP. 19611002 198703 1 0    NBM. 668 216


SKL UAS SMA MUH. 1 PEKAJANGAN 2012

SKL UJIAN AKHIR SEKOLAH  AL QUR'AN

1.    Mengartikan lafadz tertentu pada QS Al Baqoroh:30
2.    Menunjukkan Hukum Bacaan Nun sukun /tanwin
3.    merangkai  potongan ayat dari QS Ali Imron:104
4.    menyebutkan isi kandungan QS Ali Imran : 104
5.    Menjelaskan Kandungan ayat QS Al Qoshos : 77
6.    Mengartikan kalimat QS  At Tahrim: 6
7.    Melanjutkan QS Ali Imron : 159
8.    Mengartikan potongan ayat QS Asy Syuro : 38
9.    Menjelaskan makna ayat QS ALKahfi :29
10.    Menunjukkan Hukum Bacaan Mim Sukun
11.    Menyambung ayat QS Al Baqarah : 148,
12.    Menjelaskan kandungan ayat QS Fathir : 32
13.    Mengartikan ayat QS Al A’rof:172
14.    Menterjemahkan kalimat QS An Nahl : 97
15.    Menentukan Hukum Bacaan Nun Sukun/tanwin
16.    Menjelaskan isi kandungan ayat QS Al Muthoffifin:1 - 3
17.    Merangkai potongan ayat QS Al Maidah :8
18.    Menterjemahkan ayat QS An Nisa’ :  58
19.    Mengartikan  secara mufrodat QS Ar Rum : 41
20.    Menunjukkan Hukum Bacaan Mad
21.    Menjelaskan Isi kandungan ayat QS Ali Imron:32
22.    Menyambung ayat QS Asy Syuro:51
23.    Menterjemahkan
24.    Menentukan hukum Bacaan Qolqolah
25.    mengartikan Hadits
26.    Menjelaskan isi kandungan Hadits
27.    Melanjutkan ayat QS Yunus : 40
28.    Menterjemahkan  QS AL Kafirun : 6
29.    Mengartikan secara lafdziyah
30.    Menentukan hukum Bacaan Nun sukun/tanwin
31.    Menentukan isi kandungan ayat QS Al Baqarah:3
32.    Mengterjemahkan ayat QS Al Baqarah : 177
33.    Mengartikan ayat secara lafdziyyah QS Al Baqarah : 177
34.    Menentukan hukum bacaan Mim Sukun
35.    Menjelaskan isi kandungan ayat QS Al Maidah : 3
36.    Menyambung potongan ayat QS An Nisa’ : 58
37.    Menterjemahkan ayat QS An Nahl : 90
38.     Mengartikan secara mufrodat QS Taubah : 60
39.    Menentukan Hukum Bacaan Mad
40.    Menulis dan memberi harokat  QS Al Qosshos : 77
41.     Menjelaskan isi kandungan Hadits
42.     Menterjemahkan ayat QS Al Baqarah : 256,
43.    Mengartikan secara mufrodat QS Al Baqarah : 256,
44.     Menentukan Hukum Bacaan Nun Sukun/Tanwin
45.    Menjelaskan isi kandungan ayat
46.    Menterjemahkan QS An Nahl : 125 
47.    Menterjemahkan ayat QS Ar Rahman : 33
48.      Mengartikan secara harfiyyah QS Luqman : 19
49.      Menentukan hukum Bacaan Mad
50.    Menentukan hukum Bacaan Nun Sukun/Tanwin, Mim sukun dan Mad

Kamis, 29 Desember 2011

Kiat Hidup Bahagia


KIAT-KIAT MERAIH HIDUPBAHAGIA DUNIA AKHIRAT
(Drs. Pasrum Affandi)

1.    BERIMAN DAN BERAMAL SHALIH DENGAN SEBENARNYA
[An-Nahl: 97]


مَنْ عَمِلَ صَٰلِحًۭا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌۭ فَلَنُحْيِيَنَّهُۥ حَيَوٰةًۭ طَيِّبَةًۭ ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

 
97. Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, Maka Sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik[839] dan Sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

[839] Ditekankan dalam ayat ini bahwa laki-laki dan perempuan dalam Islam mendapat pahala yang sama dan bahwa amal saleh harus disertai iman.
1.    BERPRILAKU BAIK MELALUI UCAPAN, PERBUATAN, DAN SEGALA BENTUK AL-MA’RUF

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا۟ وَجَٰهَدُوا۟ بِأَمْوَٰلِهِمْ وَأَنفُسِهِمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلصَّٰدِقُونَ
 
14. dan Barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan.

2.    BERSIKAP ADIL DAN BIJAKSANA DALAM BERGAUL
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.


“Artinya : Janganlah seorang mu’min lelaki membenci seorang wanita mu’minah. Karena, kalaupun ia tidak menyenangi suatu karakter yang ada padanya, tentu ia menyenangi karakter lain yang ada padanya” [1]
(1)   Hadits Riwayat Muslim, Muslim bin Al-Hajjaj An-Naisaburi, Shahih Muslim, Kitab Ar-Radha bab Al-Washiyyah bin Nisa'
(2)    
3.    MERAIH DAN MELAKUKAN AL-FADHA’IL (TINDAK-TINDAK UTAMA)
Di antara sarana yang dapat membawa ketentraman adalah meraih dan melakukan al-fadha’il (tindak-tindak utama berupa apapun). Lakukan itu seirama dorongan batin, tanpa mengada-ada yang justeru membuat anda mengeluh dan turun tangga, gagal meraih keutamaan itu, karena anda telah melalui jalan yang berbelok.
4.    CIPTAKAN SUASANA JERNIH DAN MANIS DI BALIK KEKERUHAN
Di balik suasana-suasana kekeruhan, hendaknya anda dapat menciptakan suasana yang jernih dan manis. Dengan demikian, jernihnya kelezatan dan kenikmatan hidup ini akan bertambah dan suasana-suasana yang keruhpun akan sirna.
5.    JADIKANLAH KETENANGAN BATIN DAN PEMUSATAN JIWA SEBAGAI PEMBANTU ANDA MENANGANI PEKERJAAN PENTING.
Pusatkan perhatian anda kepada hal-hal yang bermanfaat, berbuatlah untuk merealisasikannya, dan janganlah menoleh ke hal-hal yang membahayakan atau merugikan, agar dengan itu anda dapat melupakan hal-hal yang menyebabkan kegundahan dan kesedihan. Jadikanlah ketenangan batin dan pemusatan jiwa sebagai pembantu anda untuk menangani pekerjaan-pekerjaan penting
6.    SELESAIKAN PEKERJAAN TEPAT WAKTU
Di antara hal yang bermanfaat ialah menyelesaikan pekerjaan yang sedang ditangani dan berkosentrasi menghadapi yang akan ditangani. Karena, jika pekerjaan itu tidak anda selesaikan, akan tertumpuklah di depan anda sisa pekerjaan yang lalu ditambah pekerjaan berikutnya, dan beban pun akan menjadi berat. Maka, jika anda tentukan segala sesuatu tepat waktu, niscaya anda dapat menghadapi hal-hal yang akan datang dengan pikiran yang optimal dan penanganan yang optimal p
7.    PANDAI-PANDAILAH MEMILIH DAN MEMILAH PEKERJAAN
Seyogiayanya anda memilih yang terpenting dari sekian pekerjaan yang bermanfaat, lalu yang berikutnya dan berikutnya, sesuai urutan nilai kepentingannya. Juga, hendaklah anda memilah mana yang dicenderungi dan sangat diminati oleh hati anda. Karena, hal sebaliknya akan membuahkan kebosanan, menurunnya semangat dan keruhnya pikiran. Jadikanlah pemikiran yang benar dan bermusyawarah sebagai penolong anda untuk itu. Maka, tidak akan menyesal seseorang yang meminta pendapat orang bijak.

Pelajarilah dengan cermat apa yang hendak anda lakukan. Jika anda telah yakin akan kemaslahatan dan bertekad kuat untuk melakukannya, bertawaqallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawaqal.
8.    JANGAN TERPANCING EMOSI OLEH TUTUR KATA BURUK SESEORANG YANG DIARAHKAN KEPADA ANDA
Diantara perkara yang bermanfaat adalah hendaknya anda mengerti, bahwa tindakan menyakiti yang dilakukan orang kepada anda, khususnya dengan kata-kata yang buruk, tidaklah membahayakan anda, bahkan justeru membahayakan diri mereka sendiri. Kecuali, jika anda sibukkan diri anda untuk terus memikirkan tindakan mereka yang menyakiti itu dan anda izinkan ia untuk menguasai perasaan dan emosi anda. Maka, saat itulah akan membahayakan anda, sebagaimana membahayakan mereka juga. Namun, jika anda anggap angin lalu, tidaklah hal itu membahayakan anda sedikitpun.

9.    ARAHKAN PIKIRAN KE SESUATU YANG BERMANFAAT DI SISI KEHIDUPAN RELIGI MAUPUN DUNIAWI.
Ketahuilah, bahwa hidup anda itu mengikuti alur pikiran anda. Jika pikiran-pikiran anda itu mengarah kepada hal-hal yang bermanfaat bagi anda di sisi kehidupan religi maupun duniawi, maka kehidupan anda adalah kehidupan yang indah lagi bahagia. Namun, jika tidak demikian, maka yang terjadi adalah sebaliknya
10. MENATA HATI UNTUK MENGHARAP PAHALA ILAHI DALAM BERBUAT KEBAJIKAN
Diantara sarana yang paling bermanfaat untuk mengusir kegundahan adalah hendaknya anda menata hati untuk tidak meminta ucapan terima kasih atau imbalan kecuali dari Allah. Jika anda berbuat baik untuk orang yang mempunyai atau yang tidak mempunyai hak atas diri anda, sadarilah bahwa itu adalah hubungan ‘ubudiyyah anda dengan Allah. Karenanya, janganlah anda menaruh perhatian anda pada balasan terima kasih orang yang anda beri suatu jasa atau pemberian itu. Sebagaimana firman Allah dalam menceritakan sikap para hambaNya yang pilihan.


“Artinya : Sesungguhnya kami memberi makan kepada kamu hanyalah karena mengharap wajah Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih” [Al-Insan : 9]


Prinsip ini lebih ditekankan dalam hubungan anda dengan keluarga, anak-anak dan orang-orang yang jalinan ikatan anda dengan mereka kuat. Maka, jika anda kuatkan hati anda untuk membuang jauh dari hati anda tindak buruk dari mereka, berarti anda telah membuat orang tenteram (tidak terganggu anda) dan sekaligus anda pun tenteram.
11. MASA BAHAGIA YANG PENDEK ITU, JANGANLAH ENGKAU PENDEKKAN LAGI DENGAN KEGUNDAHAN KELARUTAN DALAM KEKERUHAN PIKIRAN
Orang yang bijak mengetahui bahwa hidupnya yang sehat dan benar adalah hidup yang penuh dengan kebahagiaan dan ketentraman, dan bahwasanya itu pendek sekali. Maka, tidaklah sepatutnya ia memendekkannya lagi dengan kegundahan dan kelarutan bersama kekeruhan pikiran. Karena, hal itu bertentangan dengan hidup sehat dan benar. Maka orang yang bijak sangat menghemat hidupnya, jangan sampai hari-harinya hilang begitu saja dirampas kegundahan dan kekeruhan pikiran.


Dalam hal ini tidak ada bedanya antara orang-orang yang taat dan orang yang jahat. Hanya saja, dalam mewujudkan kehidupan sehat bahagia ini, orang mu’min memiliki nilai lebih dan perolehan lebih di sisi manfaat duniawi maupun ukhrawi.


12. YAKINLAH, BAHWA COBAAN ITU KECIL DIBANDING BESARNYA KARUNIA
Demikian halnya, jika ia tertimpa atau khawatir tertimpa cobaan atau hal yang tidak diinginkannya, seyogianya ia membandingkan ni’mat-ni’mat yang masih melekat padanya, baik di sisi kehidupan religi atau duniawi, dengan cobaan-cobaan yang menimpanya itu. Maka, saat membandingkan antara keduanya itu, akan nyata betapa banyaknya ni’mat yang dirasakannya dan betapa kecilnya cobaan yang menimpanya.

Begitu juga, seyogianya ia membandingkan bahaya yang dikhawatiri akan terjadinya itu dengan banyaknya peluang kemungkinan terhindar darinya. Maka, janganlah ia membiarkan kemungkinan yang lemah tadi mengalahkan banyaknya kemungkinan yang kuat itu. Dengan ini, akan sirnalah kegundahan dan kekhawatirannya. Hendaknya ia pun memperhitungkan kemungkinan terbesar yang dimungkinkan menimpanya. Lalu, ia kuatkan hatinya untuk menghadapinya kalaupun terjadi, dan berupaya untuk mencegah yang belum terjadi dan menangkis atau meringankan cobaan yang terjadi
13. MELUPAKAN COBAAN YANG TELAH LAMPAU
Diantara sarana penyebab lahirnya kegembiraan dan sirnanya berbagai kegundahan dan keruwetan adalah berupaya keras menyingkirkan penyebab kegundahan itu dan meraih berbagai sarana yang dapat membuahkan kegembiraan. Yaitu dengan melupakan cobaan-cobaan yang telah lampau yang tidak mungkin diputar ulang, dan menyadari bahwa kekalutan hati dan memikirkan hal itu adalah suatu tindakan sia-sia dan tidak dibenarkan oleh akal yang sehat, dan bahwasanya memikirkan hal yang semacam itu adalah suatu kebohongan dan kegilaan.

Jadi ia harus menekankan agar tidak memikirkan cobaan masa lalu itu. Juga agar ia menekankan hatinya agar tidak gelisah atau guncang menghadapi masa yang akan datang, yang dibayangkan akan menghadapi kemiskinan atau kekhawatiran atau bayang-bayang masa depan buruk yang lain. Hendaknya ia mengetahui, bahwa segala peristiwa dimasa mendatang, baik itu keberuntungan atau keburukan, harapan baik atau derita, adalah tidak dapat diketahui, dan bahwasanya itu semua di tangan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Sedang ditangan hamba tiada lain adalah usaha meraih keberuntungan dan menangkis keburukan di masa mendatang itu. Disamping itu hendaknya seorang hamba mengetahui, jika ia memalingkan pikirannya dari bayang-bayang kegelisahan masa depan dan bertawaqal kepada Allah untuk membenahinya serta percaya penuh kepadaNya saat melakukan itu semua, niscaya hatinya akan tenteram, kondisinya akan membaik dan akan sirnalah kegundahan maupun keguncangannya itu.
14. MEMANDANG RINGAN SEGALA COBAAN
Diantara sarana yang paling bermanfaat untuk sirnanya keguncangan dan kegundahan manakala seorang hamba tertimpa aneka bencana adalah hendaknya ia berupaya memandang dan menjadikannya ringan. Yaitu, dengan mengandaikan atau membayangkan kemungkinan yang lebih buruk dari yang telah terjadi, dan ia kuatkan hatinya dalam menghadapinya. Jika ia lakukan itu, hendaknya ia berupaya, sejauh kemungkinanm untuk meringankan apa yang mungkin diringankan . Maka, dengan penguatan hati dan upaya yang bermanfaat semacam ini akan hilanglah kegelisahan dan kegundahannya, dan berganti menjadi upaya keras untuk meraih berbagai hal yang bermanfaat dan menangkis berbagai madharat yang menimpa hamba.

Lalu, jika ia terhampiri beberapa penyebab ketakutan, penyebab sakit, penyebab kemiskinan dan ketaktercapainya aneka hal yang disenanginya, hendaklah menghadapinya dengan tenang dan menguatkan hati dalam menanggung derita cobaan akan meringankannya dan menghilangkan tekanannya. Terutama jika ia menyibukkan dirinya untuk menangkis cobaan itu sebatas kemampuannya. Dengan itu, menyatulah dalam dirinya tekad mengukuhkan batin seiring berupaya yang bermanfaat, yang hal itu akan membuatnya tidak kalut oleh berbagai musibah. Ia tekan dirinya agar memperbaharui kekuatannya untuk melawan berbagai cobaan dan bencana, seiring bersandar dan percaya penuh kepada Allah. Tidak diragukan, bahwa upaya-upaya ini memiliki manfaat yang sangat agung untuk terwujudnya suatu kegembiraan dan kelapangan dada, di samping ia pun terus berharap pahala, baik didunia maupun di akhirat. Hal ini sudah dicoba dan disaksikan keberhasilannya. Bukti-bukti keberhasilannya bagi mereka yang telah mecobanya banyak sekali.
15. JANGAN MUDAH TERGUNCANG OLEH BAYANGAN BURUK
Di antara terapi yang paling hebat untuk penyakit syaraf hati, bahkan juga penyakit tubuh, adalah ketahanan dan kekuatan hati serta tidak mudah terguncang atau larut oleh bayang-bayang atau khayalan-khayalan buruk yang dipengaruhi oleh pikiran buruk. Karena, bila mana manusia takluk kepada khayalan-khayalan buruk dan hatinya mudah larut oleh pengaruh-pengaruh emosional yang berupa : rasa takut akan teridapnya penyakit atau semacamnya, mudah marah ataupun terganggunya pikiran oleh hal-hal yang memedihkan perasaaannya, dan membayangkan akan terjadinya bencana ataupun akan hilangnya segala yang disenanginya, kegundahan, penyakit dalam maupun luar dan rusaknya syaraf, yang hal itu mempunyai berbagai efek buruk, yang semua orang menyaksikan sendiri bahayanya yang banyak

16. MEMOHON PEMBENAHAN ILAHI DALAM SEGALA URUSAN
Hal yang paling bermanfaat dalam meniti peristiwa di masa mendatang adalah mengamalkan do’a yang diamalkan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Artinya : Ya Allah, Perbaikilah kehidupan religiku, yang ia adalah benteng bagi segala urusanku. Perbaikai urusan duniawiku yang padanya kehidupanku. Perbaikilah akhiratku, yang kepadanya tempatku kembali. Jadikanlah hidup ini sebagai lahan uapayaku menambah segala kebajikan, dan jadikanlah mati sebagai titik henti bagiku dari segala keburukan” [Muslim, Shahih Muslim, Kitab Adz-Dzikr Wad-Du’a wat-Taubah wal Istighfar, bab At-Ta’awwudz min Syarri Ma’ Amila wa Min Syarri Malam Ya’mal]

Juga do’a beliau.

“Artinya : Ya Allah, hanya RahmatMu jualah yang kuharap. Karenanya titipkan diriku pada diriku walaupun sekejap mata, perbaikilah keadaanku seluruhnya Tiada Tuhan Yang Haq disembah kecuali Engkau” [Hadits Riwayat Abu Dawud dengan sanad Shahih] [1]

Jika bibir seorang hamba mengucapkan do’a ini –yang mengandung kebaikan masa depan bagi nilai religinya maupun urusan duniawinya- dengan hati yang memusat dan niat yang benar, seiring berupaya merealisasikan hal itu dengan berbuat, niscaya Allah akan mewujudkan apa yang ia panjatkan dalam do’anya dan yang ia harapkan serta yang ia upayakan itu menjadi realita, dan kegelisahannya pun akan berubah menjadi kegembiraan dan kesukacitaan
17. MEMPERBANYAK DZIKIR KEPADA ALLAH
Diantara sarana yang paling besar untuk kelapangan hati ialah memperbanyak berdzikir kepada Allah. Berdzikir ini memiliki pengaruh yang mengagumkan bagi kelapangan dan ketentraman hati dan hilangnya kegelisahan dan kegundahan. Allah berfirman.

“Artinya : Ingatlah, hanya dengan berdzikir kepada Allah, hati menjadi tenteram’ [Ar-Ra’d : 28]

Maka, berdizikir kepada Allah memiliki pengaruh yang agung untuk mewujudkan maksud ini, oleh sebab keistimewaan dzikir itu sendiri dan oleh sebab dianugrahkannya balasan dan pahala bagi seorang hamba lantaran dzikirnya itu
18. MENSYUKURI BERBAGAI NI’MAT ALLAH
Begitu juga, menyebut-nyebut aneka ni’mat Allah yang zhahir maupun yang bathin adalah diantara sarana menuju kelapangan dan ketentraman hati. Karena, mengetahui dan menyebut-nyebut ni’mat itu menjadi salah satu sebab yang dengan itu Allah menangkis kegelisahan dan kegundahan.

Seorang hamba dianjurkan untuk bersyukur. Syukur itu adalah tingkatan yang paling tingggi dan paling luhur. Sampai-sampai sekalipun hamba itu dalam keadaan mengalami derita kefakiran atau sakit ataupun cobaan lainnya, karena, jika ni’mat-ni’mat Allah yang telah dikaruniakan kepadanya –yang hal itu tidak dapat dihitung- ia bandingkan dengan cobaan yang menimpanya, maka cobaan itu bukanlah apa-apa dibanding ni’mat-ni’mat lain.

Bahkan jika Allah menguji seorang hamba dengan satu cobaan atau musibah, lalu ia menunaikan kewajiban bersabar, ridha dan pasrah dalam mengarungi cobaan itu, niscaya entenglah tekanan cobaan itu dan ringanlah bebannya. Disamping itu, perenungan seorang hamba pada balasan dan pahala Ilahi dibalik cobaan itu dan keberhambaannya kepada Allah dengan melaksanakan kewajiban bersabar dan ridha, semua itu akan dapat mengubah hal yang pahit menjadi manis. Dengan itu, manisnya pahala di balik cobaan itu justeru akan membuatnya melupakan pahitnya bersabar karenanya.

19.  MENYIBUKKAN DIRI DENGAN MELAKUKAN SUATU PEKERJAAN ATAU MENGKAJI SUATU ILMU YANG BERMANFAAT
Diantara sarana untuk menangkis kegelisahan yang ditimbulkan oleh ketegangan saraf dan kekalutan hati karena beberapa hal yang mengeruhkan pikiran adalah : Menyibukkan diri dengan melakukan suatu perkejaan atau mengkaji suatu ilmu yang bermanfaat.

Hal ini dapat membuat hati melupakan kekalutan dengan melupakan hal-hal yang mengguncangkannya itu. Bisa jadi ia, karenanya, dapat melupakan beberapa penyebab yang telah membuatnya gundah dan sedih. Dengan demikian jiwanya senang dan kesemangatannya tumbuh dan bertambah. Sarana ini pun bagi mu’min dan selain mu’min adalah sama. Hanya saja, orang mum’min berbeda dan unggul karena iman, keikhlasan dan keberharapannya kepada pahala Ilahi melalui ilmu yang dipelajari dan diajarkannya dan melalui perbuatan baik yang dikerjakannya. Jika perkerjaan itu berupa ibadah, maka ia melakukannya dengan semestinya sebagai ibadah. Jika pekerjaan itu berupa kesibukan kerja dalam urusan duniawi atau aktivitas keseharian yang bersifat duniawi, maka ia sisipkan pada pekerjaan itu niat yang benar dan tujuan agar pekerjaan itu menjadi penolong baginya untuk melakukan ketaatan kepada Allah. Hal ini memiliki pengaruh yang efektif untuk menangkis kegundahan, kesedihan dan kesusahan.

Berapa banyak orang yang terkena keguncangan dan kekalutan batin, lalu terjangkiti berbagai penyakit. Ternyata terapinya yang manjur adalah ‘melupakan penyebab yang membuat jiwanya kalut dan guncang, dan menyibukkan diri dengan suatu pekerjaan dari berbagai tugasnya’. Seyogianya kesibukan yang ditanganinya itu adalah hal-hal yang disenangi dan digandrungi jiwa. Karena, hal itu lebih mengacu untuk terwujudnya tujuan yang bermanfaat itu. Wallahu A’lam.

20. PANDANGLAH KEBAWAH, ANDA AKAN MELIHAT BESARNYA NI’MAT ALLAH
Di antara sarana yang paling bermanfaat dalam hal ini adalah menerapkan yang dibimbingkan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di dalam hadits shahih, beliau bersabda.

“Artinya : Pandanglah orang yang lebih bawah darimu (dalam hal materi), dan jangan kamu pandang orang yang lebih atas darimu. Hal itu lebih cocok bagimu, agar kamu tidak merendahkan ni’mat Allah yang dikaruniakanNya kepadamu”.

Seorang hamba jika memusatkan perhatiannya pada ajaran nabawi yang agung ini, maka ia akan melihat dirinya mengungguli orang banyak dalam hal kesejahteraan dan rezki serta rentetan kenikmatan lain berkat kedua karunia itu, meski ia dalam kondisi apapun. Dengan itu sirnalah keguncangan, kegundahan dan keruwetannya, dan bertambahlan kegembiraan dan kesukaannya terhadap ni’mat-ni’mat Allah, yang ia dalam hal ini mengungguli orang-orang yang lain dibawahnya.

Setiap kali seorang hamba merenungi ni’mat-ni’mat Allah yang zhahir maupun yang batin, baik itu dari sisi kehidupan religi maupun duniawinya, ia akan melihat Allah Tuhannya telah mengarunianinya karunia yang banyak dan telah menangkis untuknya berbagai keburukan. Tidak diragukan, bahwa hal itu dapat menangkis kegundahan dan keruwetan, disamping membuahkan kegembiraan dan kesukacitaan.

21. PERCAYA PENUH KEPADA ALLAH, TIDAK TAKLUK KEPADA BAYANGAN BURUK
Jika hati seseorang bersandar dan bertawaqal kepada Allah, tidak takluk kepada bayang-bayang buruk dan tidak pula dikuasai oleh khayalan-khayalan buruk, sedang ia percaya penuh kepada Allah dan mendambakan karuniaNya, maka dengan itu segala kegelisahan dan kegundahan akan tertangkis, sejumlah penyakit luar maupun dalam akan hilang darinya, dan akan tercipta di hatinya kekuatan, kelapangan dan kegembiraan yang tak mungkin terungkapkan olah kata.

Berapa banyak rumah sakit dipenuhi oleh penderita akibat bayang-bayang dan khayalan-khayalan rusak. Berapa banyak hal ini meninggalkan efek buruk di hati kebanyakan orang yang kuat, lebih-lebih yang lemah. Berapa banyak ia mengakibatkan kedunguan dan sakit jiwa.

Orang yang sejahtera lahir dan batin adalah orang yang dapat disejahterakan dan dikarunia taufiq oleh Allah untuk dapat menekan jiwanya dalam rangka meraih sarana-sarana yang bermanfaat lagi mampu mengukuhkan hatinya dan mengusir keguncangan.

Allah berfirman.

“Artinya : Barangsiapa yang bertawaqal kepada Allah, niscaya Allah yang mencukupinya” [Ath-Thalaq : 3]

Yakni mencukupi segala yang dibutuhkannya baik dalam kehidupan religinya ataupun urusan duniawinya.

Maka orang yang bertawaqal kepada Allah, ia berhati kuat, tidak terpengaruh oleh bayang-bayang buruk dan tidak pula terguncang oleh peristiwa-peristiwa pahit. Karena, ia mengetahui bahwa yang demikian itu adalah tanda kelemahan jiwa dan kekalahan serta ketakutan yang tidak ada wujudnya yang nyata. Ia mengetahui, di samping itu, bahwa Allah telah menjamin orang yang bertawaqal kepadaNya untuk dicukupiNya dengan sempurna. Maka, iapun percaya penuh kepada Allah, tenteram dan yakin dengan janjiNya. Dengan itu, sirnalah kegelisahan dan keguncangannya. Kesulitan yang dihadapinya berganti menjadi kemudahan, kesedihan berganti menjadi kegembiraan, dan rasa takut serta kekhawatirannya berganti menjadi rasa aman dan tenteram. Kita memohon kepada Allah, semoga Dia mengaruniai kita kesejahteraan, kekuatan dan keteguhan hati, dengan lantaran tawaqal sepenuhnya kepadaNya, yang dengan itu Allah menjamin bagi orang-orang yang bertawaqal segala kebaikan dan menangkis segala cobaan maupun marabahaya.