Mengenai Saya

Foto saya
Pasrum Affandi, Waka Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan

Minggu, 13 November 2011

RPP PAI SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : X/1
Alokasi Waktu         : 2 x 45 menit
Aspek                      :  Al-Qur’an


A.  Standar Kompetensi
1.         Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan  tugas-nya sebagai khalifah di bumi.

B.  Kompetensi Dasar
1.1       Membaca  QS Al Baqarah : 30, Al - Mukminun: 12-14, Az -Zariyat: 56 dan An Nahl : 78
1.2       Menyebutkan arti  QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78.
1.3       Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
  Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78
  Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An-Nahl: 78 dengan benar
  Mampu mengartikan ayat Q.S. Al-Baqarah: 30,  Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An-Nahl: 78
  Mampu menjelaskan kandungan QS Al Baqarah: 30, Al Mukminun : 12-14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
  Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
  Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
  Mampu menunjukkan perilaku sebagai khalifah dalam kehidupan.

Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  Q.S. Al-Baqarah; 30
  Q.S. Al-Mukminun; 12-14
  Q.S. Az-Zariyat; 56
  Q.S. An Nahl: 78
  Q.S. Al-Baqarah; 30
  Q.S. Al-Mukminun; 12-14
  Q.S. Az-Zariyat; 56
  Q.S. An Nahl: 78
  QS. Al-Baqarah; 30
  QS. Al-Mukminun; 12-14
  QS. Az-Zariyat; 56
  QS. An Nahl; 78

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Membaca dengan fasih  Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78
  Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78
  Mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
  Mengartikan ayat Q.S. Al-Baqarah: 30, Al Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
  Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S. Al-Baqarah: 30,  Al Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
  Mengidentifikasi perilaku Khalifah di bumi yang terdapat dalam  Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
  Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai QS Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
  Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Siswa mengamati Membaca dengan fasih  Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
  Siswa mengamati tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
  Mengartikan perkata Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
  Mengartikan per-ayat Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
  Menterjemahkan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
  Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
  Siswa membiasakan perilaku Khalifah yang terdapat dalam  Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
  Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
  Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi              
-      Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78,
-      guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-      Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas?
-      Pernahkah kalian membaca surat tersebut diatas ?
-      Siapakah diantara kalian yang sudah hafal surat Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 ?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca surat Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat Q.S Al-Baqarah; 30, yaitu sebagai berikut:
øŒÎ)ur tA$s% š/u Ïps3Í´¯»n=yJù=Ï9 ÎoTÎ) ×@Ïã%y` Îû ÇÚöF{$# ZpxÿÎ=yz ( (#þqä9$s% ã@yèøgrBr& $pkŽÏù `tB ßÅ¡øÿム$pkŽÏù à7Ïÿó¡our uä!$tBÏe$!$# ß`øtwUur ßxÎm7|¡çR x8ÏôJpt¿2 â¨Ïds)çRur y7s9 ( tA$s% þÎoTÎ) ãNn=ôãr& $tB Ÿw tbqßJn=÷ès? ÇÌÉÈ  
-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat Q.S. Al-Mukminun: 12-14, yaitu sebagai berikut.
ôs)s9ur $oYø)n=yz z`»|¡SM}$# `ÏB 7's#»n=ß `ÏiB &ûüÏÛ ÇÊËÈ   §NèO çm»oYù=yèy_ ZpxÿôÜçR Îû 9#ts% &ûüÅ3¨B ÇÊÌÈ   ¢OèO $uZø)n=yz spxÿôÜZ9$# Zps)n=tæ $uZø)n=ysù sps)n=yèø9$# ZptóôÒãB $uZø)n=ysù sptóôÒßJø9$# $VJ»sàÏã $tRöq|¡s3sù zO»sàÏèø9$# $VJøtm: ¢OèO çm»tRù't±Sr& $¸)ù=yz tyz#uä 4 x8u$t7tFsù ª!$# ß`|¡ômr& tûüÉ)Î=»sƒø:$# ÇÊÍÈ  

-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat Q.S. Az-Zariyat : 56, yaitu sebagai berikut:
$tBur àMø)n=yz £`Ågø:$# }§RM}$#ur žwÎ) Èbrßç7÷èuÏ9 ÇÎÏÈ  

-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat An-Nahl: 78, yaitu sebagai berikut:
ª!$#ur Nä3y_t÷zr& .`ÏiB ÈbqäÜç/ öNä3ÏF»yg¨Bé& Ÿw šcqßJn=÷ès? $\«øx© Ÿ@yèy_ur ãNä3s9 yìôJ¡¡9$# t»|Áö/F{$#ur noyÏ«øùF{$#ur   öNä3ª=yès9 šcrãä3ô±s? ÇÐÑÈ  
-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa membaca arti Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78  kepada siswa.
-      Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78  berikut artinya dengan benar.
-      Setelah selesai menyalin Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78  berikut artinya, guru menjelas hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada ayat tersebut. Sebagai contoh:

Bacaan
Hukum Bacaan
Cara Membacanya
Nun mati( نْ )   bertemu dengan huruf “ta” ( ت )

Hukum bacaanya adalah “ Ikhfa

Nun mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ تُـرَابٍ  " " dibaca dengan dengung
Nun mati( نْ )   bertemu dengan huruf “nun”      ( ن )

Hukum bacaanya adalah “Idgham bighunnah

Nun mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ نُـطْـفَـةٍ  " " dibaca dengan dengung


Nun mati( نْ )   bertemu dengan huruf “ ‘ain”     ( ع )

Hukum bacaanya adalah “ Izhar

Nun mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ عَـلَـقَـةٍ  " " dibaca dengan jelas

-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang proses awal kejadian manusia sebagaimana yang terkandung dalam isi Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 secara berkelompok.
-      Selanjutnya guru menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi tentang hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78  secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti penciptaan manusia dan penguasaannya di bumi, perkembangan kejadian manusia dan kehidupannya di akhirat, serta tugas  jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada Alloh SWT. Jika direnungkan, betapa tingginya derajat orang-orang yang beriman karena memiliki suatu amanah sebagai kholifah dimuka bumi ini.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78 sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Bacalah penggalan ayat yang mengandung arti bahwa Allah Swt tidak menciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk menyembah-Nya
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ

2.
لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ Arti penggalan ayat tersebut adalah........

Agar kamu menjadi orang-orang yang bersukur
3.
Hukum bacaan “nun mati” bertemu dengan “nun” adalah…….

Idgham Bighunnah

II. Tes Perbuatan
No.
Nama Siswa
Kemampuan Membaca
1
2
3
4
5
1.       1
Usman





2.       2
Said





3.       3
Sutejo Ade





Dst
Dst..........................






Keterangan :                                                          Skor Tes Perbuatan :      
1.  = Membaca lancar dan baik                                        = 80 – 90 = A
2.  = Membaca lancar kurang baik                                  = 70 – 79 = B
3.  = Membaca Terbata-bata                                             = 60 – 69 = C
4.  = Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru    = 50 – 59 = D
5.  = Tidak dapat membaca                                              = kurang dari 50 = E

III. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Tujuan Kita diciptakan oleh Allah SWT adalah ditugaskan sebagai Kholifah.




2.
Membaca Al Qur’an banyak mengandung nilai ibadah.




3.
Sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah dapat kita lalukan dengan mengucapkan hamdalah  اَلْحَمْـدُِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْــنَ  "“ setiap kali kita memperoleh nikmat serta menjalankan perintah Nya dan menjauhi larangan Nya.





dst
……………………………………………….




Keterangan :                              Skor Tes Sikap:
SS            = Sangat Setuju                               = 50
S              = Setuju                                             = 40
TS            = Tidak Setuju                                  = 10
STS         = Sangat Tidak Setuju                    = 0

IV. Portofolio
-      Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-      apa yang dilihat;
-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-      laporan dari orangtua murid atau siswa.











Mengetahui
Kepala Sekolah



Drs. Akhsanudin AS
NIP: 1961 1002 198703 1 003

Pekalongan , 5 Juli 2011
Guru Bidang Studi



Drs.  Pasrum Affandi
NIP/NIK: 1115 6790 668 216


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      :  X/1
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        : Al-Qur’an


A.  Standar Kompetensi
2.         Memahami ayat-ayat Al-Quran tentang keikhlasan dalam beribadah.

B.  Kompetensi Dasar
2.1       Membaca  QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
2.2       Menyebutkan arti  QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
2.3       Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti ter-kandung dalam QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah : 5

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
   Mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan benar
  Mampu membaca Q.S Al-Bayyinah: 5 dengan baik dan benar
  Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163
  Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al Bayyinah: 5
  Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S Al-An’am: 162-163
  Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S Al- Bayyinah : 5
  Mampu mengartikan ayat Q.S Al - An’am: 162-163
  Mampu mengartikan ayat Q.S Al - Bayyinah : 5
  Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
  Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al - An’am: 162-163
  Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162 - 163
  Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al- Bayyinah : 5
  Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-Bayyinah : 5
  Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-Bayyinah : 5
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  Q.S. Al-An’am; 162-163
  Q.S. Al-Bayyinah: 5

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan benar
  Mampu membaca Q.S Al-Bayyinah: 5 dengan baik dan benar
  Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163
  Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al Bayyinah: 5
  Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S Al-An’am: 162-163
  Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S Al- Bayyinah : 5
  Mampu mengartikan ayat Q.S Al - An’am: 162-163
  Mampu mengartikan ayat Q.S Al - Bayyinah : 5
  Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
  Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al - An’am: 162-163
  Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162 - 163
  Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al- Bayyinah : 5
  Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-Bayyinah : 5
  Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-Bayyinah : 5

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Siswa mengamati fasih  Q.S Al-An’am: 162-163
  Siswa mengamati tajwid Q.S Al-An’am: 162-163
  Mengartikan perkata Q.S Al-An’am: 162-163
  Mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
  Mendiskusikan terjemah Q.S Al-An’am: 162-163
  Siswa membiasakan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
  Mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
  Menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas?
·         Pernahkah kalian membaca surat tersebut diatas ?
·         Siapakah diantara kalian yang sudah hafal surat Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5 ?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca surat Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat Q.S. Al-An’am; 162-163 yaitu sebagai berikut:
ö@è% ¨bÎ) ÎAŸx|¹ Å5Ý¡èSur y$uøtxCur ÎA$yJtBur ¬! Éb>u tûüÏHs>»yèø9$# ÇÊÏËÈ   Ÿw y7ƒÎŽŸ° ¼çms9 ( y7Ï9ºxÎ/ur ßNöÏBé& O$tRr&ur ãA¨rr& tûüÏHÍ>ó¡çRùQ$# ÇÊÏÌÈ                                                                                                             
                                                                                                              
-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat Q.S Al - Bayyinah : 5, yaitu sebagai berikut:
!$tBur (#ÿrâÉDé& žwÎ) (#rßç6÷èuÏ9 ©!$# tûüÅÁÎ=øƒèC ã&s! tûïÏe$!$# uä!$xÿuZãm (#qßJÉ)ãƒur no4qn=¢Á9$# (#qè?÷sãƒur no4qx.¨9$# 4 y7Ï9ºsŒur ß`ƒÏŠ ÏpyJÍhŠs)ø9$# ÇÎÈ                                      
-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa membaca arti Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5 dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahan-nya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5  kepada siswa.
-      Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5  berikut artinya dengan benar. Seperti dibawah ini :

Q.S. Al-An’am; 162-163
ö@è% ¨bÎ) ÎAŸx|¹ Å5Ý¡èSur y$uøtxCur ÎA$yJtBur ¬! Éb>u tûüÏHs>»yèø9$# ÇÊÏËÈ   Ÿw y7ƒÎŽŸ° ¼çms9 ( y7Ï9ºxÎ/ur ßNöÏBé& O$tRr&ur ãA¨rr& tûüÏHÍ>ó¡çRùQ$# ÇÊÏÌÈ                                                                                                             
Katakanlah: "Sesungguhnya salat, ibadah, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam,   ….
tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)".
Q.S Al - Bayyinah : 5
!$tBur (#ÿrâÉDé& žwÎ) (#rßç6÷èuÏ9 ©!$# tûüÅÁÎ=øƒèC ã&s! tûïÏe$!$# uä!$xÿuZãm (#qßJÉ)ãƒur no4qn=¢Á9$# (#qè?÷sãƒur no4qx.¨9$# 4 y7Ï9ºsŒur ß`ƒÏŠ ÏpyJÍhŠs)ø9$# ÇÎÈ                                      
 “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus”.

-      Setelah selesai menyalin Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5 berikut artinya, guru menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada ayat tersebut.
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5 .
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang keikhlasan dalam beribadah sebagaimana yang terkandung dalam isi Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5   secara berkelompok.
-      Selanjutnya guru menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi tentang hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5   secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.



Konfirmasi
-      Dalam Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5  banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti keikhlasan dalam beribadah dan menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah. Jika direnungkan, betapa indah manisnya ibadah yang diikuti sifat ikhlas.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5   sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan Q.S. Al-An’am; 162-163 dan Q.S Al - Bayyinah : 5 .
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Bacalah penggalan ayat yang mengandung arti orang-orang yang memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama
مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ
2.
لا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ Arti penggalan ayat tersebut adalah........

Tiada sekutu bagin-Nya, dan demikian itulah…
3.
Hukum bacaan “nun mati” bertemu dengan “ba” adalah…….

Iklab

II. Tes Perbuatan
No.
Nama Siswa
Kemampuan Membaca
1
2
3
4
5
4.       1
Haykal





5.       2
Masdar





6.       3
Handoyo





Dst
Dst..........................






Keterangan :                                                          Skor Tes Perbuatan :      
6.  = Membaca lancar dan baik                                        = 80 – 90 = A
7.  = Membaca lancar kurang baik                                  = 70 – 79 = B
8.  = Membaca Terbata-bata                                             = 60 – 69 = C
9.  = Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru    = 50 – 59 = D
10.      = Tidak dapat membaca                                         = kurang dari 50 = E
III. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Ibadah seharusnya selalu diniatkan mencari Ridlo Allah dengan Keikhlasan dan selalu memurnikan niat.




2.
Kesalehan Ibadah hendaknya selalu diikuti dengan Kesalehan Sosial .




3.
Allah SWT, mencintai hamba yang dalam ibadah selalu mengharap ridlo-Nya dengan keikhlasan sepenuh hati.





dst
……………………………………………….




Keterangan :                              Skor Tes Sikap:
SS            = Sangat Setuju                               = 50
S              = Setuju                                             = 40
TS            = Tidak Setuju                                  = 10
STS         = Sangat Tidak Setuju                    = 0



IV. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-      apa yang dilihat;
-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-      laporan dari orangtua murid atau siswa.






Mengetahui
Kepala Sekolah



Drs. Akhsanudin AS
NIP: 1961 1002 198703 1 003

Pekalongan , 5 Juli 2011
Guru Bidang Studi



Drs.  Pasrum Affandi
NIP/NIK: 1115 6790 668 216



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : X / 1
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        : Aqidah


A.  Standar Kompetensi
3.         Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna.

B.  Kompetensi Dasar
3.1       Menyebutkan 10 sifat Allah  dalam Asmaul  Husna.
3.2       Menjelaskan arti  10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna.
3.3       Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna.

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu  menyebutkan arti  sifat Allah.
  Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
  Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
  Mampu  menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia
  Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
  Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
   
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.


Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  Asmaul Husna :
- 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
  Asmaul Husna :
- 10 Asmaul Husna dan artinya
  Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 Asmaul  Husna

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu  menyebutkan arti  sifat Allah.
  Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
  Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
  Mampu  menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia
  Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
  Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Siswa mengamati buku sumber yang berkaitan pengertian sifat-sifat Allah.
  Bertanya jawab tentang arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna.
  Siswa menganalisis buku sumber yang berkaitan dengan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
  Menjabarkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
  Mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
  Menerapkan perilaku yang mencerminkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
·         Pernahkah kalian membaca 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
·         Siapakah diantara kalian yang sudah hafal 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna untuk memberikan opininyakepada teman-temannya di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
-      Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.