Mengenai Saya

Foto saya
Pasrum Affandi, Waka Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan

Selasa, 29 Maret 2011

Lokakarya PJM PRONANGKIS

Kegiatan Lokakarya (konsultasi dan Bazar PJM Pronangkis) Kel.Bendan Kec. Pekalongan Barat Kota Pekalongan, semalam (Senin, 28 Maret 2011) telah dilaksan akan di aula Kel. Bendan. Dalam acara yang dihadiri para Ketua RT, RW, LPM, Lurah Bendan, Camat, Bappermas Kota Pekalongan serta dinas-dinas terkait, memperhatikan pemaparan dari Tim Perencana Partisifatip tentang PJM Pronangkis Kel.Bendan tahun 2011 - 2013. Acara berlangsung dengan tertib dan lancar yang dimulai jam 20.00 - 22.00 WIB. Sangat disayangkan dari SKPD yang diundang hanya Bappermas dan Camat Pekalongan Barat yang dikiwakili oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat yang berkenan hadir dan memberikan sambutannya.

Pelatihan internet bagi BKM

Bertenpat di Laboratorium computer Telkom Pekalongan, telah diselenggarakan pelatihan internet bagi pemula, bagi Koordinator BKM se-Kota Pekalongan. Kegiatan ini dilaksanakn  kerjasama antara Pemkot Pekalongan dengan Telkom Pekalongan. kegiatan dilaksanakan hari Selasa, 29 Maret 2011 mulai jam 13.00  - 15.00 WIB.

Jumat, 25 Maret 2011

RPP PAI

pasrumaffandi@ya
PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Agama Islam
Satuan Pendidikan               :  SMA
Kelas / Semester                   :  XII / 1
Tahun Pelajaran                    :  2010/2011

No.
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan
1.
1.1   Membaca QS al Kafirun QS. Yunus : 40 – 41, QS. Al Kahfi : 29
2 x 45 menit

2.
1.2   Menjelaskan arti QS Al Kafirun QS. Yunus : 40 – 41, QS. Al Kahfi : 29
2 x 45 menit

3.
1.3   Membiasakan prilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al Kafirun QS. Yunus : 40 – 41, QS. Al Kahfi : 29
2 x 45 menit

4.
2.1   Membaca QS Al Mujadalah : 11 dan QS Al Jum’ah : 9 – 10
2 x 45 menit

5.
2.2   Menjelaskan arti QS Al Mujadalah : 11 dan QS Al Jum’ah : 9 – 10
2 x 45 menit

6.
2.3   Membiasakan beretoskerja seperti terkandung dalam QS Al Mujadalah : 11 dan QS Al Jum’ah : 9 – 10
2 x 45 menit

7.
3.1   Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
1 x 45 menit

8.
3.2   Menerapkan hikmah beriman kepada hari akhir
1 x 45 menit

9.
4.1   Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh
2 x 45 menit

10.
4.2   Menampilkan contoh-contoh prilaku adil, ridha dan amal shaleh.
2 x 45 menit

11.
4.3   Membiasakan prilaku adil, ridha dan amal shaleh
2 x 45 menit

12.
5.1   Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
2 x 45 menit

13.
5.2   Menjelaskan hikmah perkawinan
2 x 45 menit

14.
5.3   Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
2 x 45 menit

15.
6.1   Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
2 x 45 menit

16.
6.2   Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
1 x 45 menit

17.
6.3   Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
1 x 45 menit


JUMLAH
30


                  Mengetahui,                                                      Pekalongan,    Juli 2010
   Kepala SMA Muhammadiyah 1                                         Guru Mata Pelajaran
ttd aksan.tif          Pekajangan Pekalongan

                           
           Drs. Akhsanudin AS                                               Drs. Pasrum Affandi
     NIP. 19611002 198703 1 003


PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Agama Islam
Satuan Pendidikan               :  SMA
Kelas / Semester                   :  XII / 2
Tahun Pelajaran                    :  2010/2011

No.
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan
1.
7.1   Membaca QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164
2 x 45 menit

2.
7.2   Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164
2 x 45 menit

3.
8.1   Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada qodlo dan qodar
2 x 45 menit

4.
8.2   Menerapkan hikmah beriman kepada qodlo dan qodar
2 x 45 menit

5.
9.1   Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan
2 x 45 menit

6.
9.2   Menampilkan contoh dan membiasakan prilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari
2 x 45 menit

7.
10.1 Menjelaskan pengertian Isrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah
1 x 45 menit

8.
10.2 Menjelaskan contoh prilaku Isrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah
1 x 45 menit

9.
10.3 Menghindari perilaku tercela Isrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah dalam kehidupan sehari-hari
2 x 45 menit

10.
11.1 Menjelaskan ketentuan ketentuan hukum waris.
2 x 45 menit

11.
11.2 Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris.
2 x 45 menit

12.
12.1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
2 x 45 menit

13.
12.2 Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia
2 x 45 menit

14.
12.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
2 x 45 menit


JUMLAH
30


                  Mengetahui,                                                   Pekalongan,    Januari 2011
   Kepala SMA Muhammadiyah 1                                         Guru Mata Pelajaran
ttd aksan.tif          Pekajangan Pekalongan

                           
           Drs. Akhsanudin AS                                               Drs. Pasrum Affandi
     NIP. 19611002 198703 1 003
hoo.co.id

Jumat, 26 November 2010

CARA MEMBACA ARAB

UNTUK AL QUR'AN KELAS XI DAN XII KALAU TIDAK MUNCUL AL QUR'NNYA SILAKAN DICOPY PASTE KE WORD, TETAPI KOMPUTERNYA HARUS DIINSTAL DULU PROGRAM AL QUR'AN WORD AGAR BISA MEMBACA TULISAN AL QUR'AN SELAMAT MENCOBA, AGAR SAMBIL BELAJAR, TERIMAKASIH ATAS PERHATIANNYA

BAHASA ARAB XII

MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH KABUPATEN PEKALONGAN

ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 (UAS) CIRI KHUSUS
SMA/MA/SMK MUHAMMADIYAH
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Sub Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas : XI (sebelas)
Hari, Tanggal : Kamis, 3 Desember 2009
Waktu : ( 60 menit )

PETUNJUK :
1. Sebelum mengerjakan soal, tulislah terlebih dahulu nomor ulangan Anda pada lembar jawab yang disediakan.
2. Kerjakan semua soal pada lembar jawab yang disediakan.
3. Bacalah dengan teliti setiap soal sebelum Anda menjawab.
4. Kerjakan setiap kelompok soal sesuai dengan perintahnya.
5. Telitilah hasil pekerjaan Anda sekali lagi, sebelum Anda serahkan kepada Pengawas.
6. Mulai bekerja dengan membaca “Basmalah” dan akhiri dengan bacaan “Hamdalah”.

I. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf ا , ب , ت, ج atau ه pada lembar jawab yang tersedia!
الـمكتبة الاسلامية

هناك الـمكتبة المدرسة اصغر من الـمكتبة العامة
Pekalongan نـحن نجد فى مدينة فيكالغان المكتبة الاسلامية

1- هَلْ فىِ مَدْرَسَتُكَ مَكْتَبَة ؟
ا- نَعَمْ.... فى مَدْرَسَتيِْ مَكْتَبَة ت- اَلْمَكْتَبَة اْلاِسْلاَمِيَّة
ب- لا..... ج- اَلْمَكْتَبَة العَامَّة
2- هَلْ اَلْمَكْتَبَة العَامَّة اكبر من اَلْمَكْتَبَة الْمَدْرَسَة
ا- نعم ت- اَلْمَكْتَبَة العَامَّة
ب- لا ج- اَلْمَكْتَبَة الْمَدْرَسَة

3- اَيْنَ تَجِدُوْنَ الْمَكْتَبَة الاِسْلاَمِيَة ؟
ا- اَِجِدَُ الْمَكْتَبَة الاِسْلاَمِيَة هناك
ب- نَحْنُ نَجِدُ فىِ مَدِيْنَة فيكالغان الْمَكْتَبَة الاِسْلاَمِيَة
ت- نعم
ج- لا
4- ........تتعلم ؟ اتعلم فى المدرسة المحمدية
ا- انتَ ت- اين
ب- انتِ ج- لماذا
5- ......تذهب الى المدرسة ؟ اذهب الى المدرسة صباحاً
ا- اين ت- كيف
ب- لماذا ج- متى
6- ......عمرك ؟ عمري ستة عشر سنة
ا- كم ت- ماذا
ب- لماذا ج- متى
7- ماذا تشربون ؟
ا- نحن نشرب الشاي ت- نحن نشرب فى البوقية
ب- نعم نحن نشرب الشاي ج- نحن نشرب بالفنجان
8- كيف حالك ؟
ا- حالً ت- انا حالً
ب- حالاً ج- انا بخير والحمد لله
9- أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ kalimat tersebut yang termasuk حرف الاستفهام adalah......
ا- أَلَمْ – تر ت- كَيْفَ- الم
ب- تَرَ- لم ج- كَيْفَ- ا
10- ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ Kalimat di samping yang termasuk الاسم التفضيل yaitu…..
ا- أَسْفَلَ ت- رَدَدْنَاهُ
ب- ثُمَّ ج- سَافِلِينَ
11- Kata sifat yang memiliki arti lebih atau paling adalah ……
ا- الاسم التفضيل ت- حرف الاستفهام
ب- الاسم الاستفهام ج- الاسم الموصول
12- Terjemahan bahasa Arab “Masjid itu lebih indah dari pada rumah” adalah …
ا- المسجد اعلى من البيت ت- المسجد اصغر من البيت
ب- المسجد اكبر من البيت ج- المسجد اجمل من البيت
13- المسطرة ........من القلم
ا- اطول ت- اقصر
ب- اصغر ج- اسرع
14- المومن ........من الكافر
ا- احسن ت- اجمل
ب- اشر ج- اكبر
15- السيارة .........من الدرجة
ا- احسن ت- اسرع
ب- اشر ج- اكبر
16- الصلاة ......من النوم
ا- جير ت- حير
ب- خير ج- خاير

17- اَكْبَرُ adalah الاسم التفضيل ..... dari kata sifat
ا- كبائر ت- كبر
ب- كبير ج- اكبار
18- اَفْضَلُ adalah الاسم التفضيل .....dari kata sifat
ا- فَضيلُ ت- فَضِلُ
ب- اَفْضَالُ ج- فَضَائِلٌ
19- اَكْرَمُ adalah الاسم التفضيل . ...... dari kata sifat
ا- كريم ت- كرام
ب- كرم ج- يك
20- قرأت الكتب .......اشتريته
ا- الذي ت- التي
ب- الذين ج- اللاتي
21- احترم .......علموني
ا- الذي ت- التي
ب- الذين ج- اللذان
22- حضرت فاطمة...... كانت مسافرة
ا- الذي ت- التي
ب- الذين ج- اللذان
23- اكرم النساء .......يقرأن القرآن
ا- الذي ت- التي
ب- الذين ج- اللاتي
24- رايت ....... اللاتي يتعلمن الكتاب
ا- التلميذ ت- التلميذة
ب- التلاميذات ج- التلاميذ
25- البنت تنظر.......... التي ترجع من السوق
ا- امها ت- عائشة و ا منة
ب- ابها ج- عائشة و ا منة و امها
26- ارايت .......يكذّب بالدين
ا- الذين ت- الذي
ب- اللاتي ج- التي
27- فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ ........ هُمْ عَنْ صَلاتِهِمْ سَاهُونَ
ا- الذين ت- الذي
ب- اللاتي ج- التي
28- نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ......تَطَّلِعُ عَلَى الأفْئِدَةِ
ا- الذين ت- الذي
ب- اللاتي ج- التي
29- مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ
Pada ayat di atas makna الذي adalah ....
ا- Jin
ب- Manusia
ت- Allah
ج- Pembisik di dalam dada manusia baik jin dan manusia
30- Kata penyambung sebagai penjelas maksud dari kalimat sebelumnya dalam bahasa Arab disebut
ا- الاسم التفضيل ت- الاسم الموصول
ب- الاسم الاستفهام ج- حرف التفضيل
31- الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَا....... يُنْفِقُونَ
ا- هم ت- هما
ب- انتم ج- انتما

32- فَلا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَ ......تعلمون
ا- هم ت- هما
ب- انتم ج- انتما
33- احمد وعمار ......المدينة بالي
ا- تسافران ت- يسافران
ب- يسافرون ج- تسافرون
34- المدرسون.........الكتب من الرفّ
ا- يأخذون ت- تأخذون
ب- يأخذان ج- تأخذان
35- عائشة........الدرس
ا- يكتبون ت- يكتبين
ب- يكتبان ج- تكتبن
36- عثمان و احمد ... الدرس
ا- يكتبون ت- يكتبين
ب- يكتبان ج- تكتبن
37- هل انتما........المجلة
ا- تقرأن ت- يقرأون
ب- تقرأون ج- تقرأين
38- هُوَ يَأْكُلُ الرُّزَّ ......
ا- كَثِيْرًا ت- كَثِيْرٌ
ب- كَثيِْرً ج- كَثِيرٍْ
39- يَقْرَأُ هَارُوْنَ الْقُرْآنَ......
ا- فَصِيْحُوْنَ ت- فَصِيْحٌ
ب- فَصِيْحً ج- فَصِيْحًا
40- يُصَلِّيْ الْمُسْلِمُوْنَ .....
ا- جَمَاعًا ت- جَمَاعَةً
ب- جمََاعَةَ ج- جَمَاعَةٍ


II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !

1. Berilah harokat dan terjemahkan kalimat di bawah ini !
اليد العليا خير من اليد السفلى
2. Lengkapilah isi kolom di bawah ini dengan benar !
هما هم انتما انتم انت هو
يَأْكُلاَنِ يَأْكُلُ

3. Terjemahkan ke dalam Bahasa Arab
- Wahyudi adalah murid terpandai di kelasnya
- Saya melihat ibu yang pulang dari pasar ((السُّوْق
-
4. Buatlah kalimat dengan حرف الاستفهام di bawah ini,beserta jawabannya
- مَنْ
- ماَ
5. Buatlah جملة اسمية dengan kalimat di bawah ini
- تَجْلِسِيْنَ
- يَذْهَبُوْنَ

––==oOo=