Kamis, 18 Oktober 2012

Visi Misi SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan


Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan

-          Visi  SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan

Untuk mewujudkan harapan diatas tentunya kami mempunyai Visi dan Misi ke depan, Visi kami adalah dapat terwujudnya generasi muslim berkualitas yang  berorientasi  kekinian,  beriman, berilmu, dan berakhlaq  mulia unggul dalam Iman dan Taqwa (IMTAQ)  serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

-          Misi  SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan

Dalam mewujudkan Visi di atas maka akan diterjemahkan dalam Misi yang jauh ke depan agar harapan di dalam visi terwujudnya generasi muslim berkualitas yang  berorientasi  kekinian,  beriman, berilmu, dan berakhlaq  mulia unggul dalam Iman dan Taqwa (IMTAQ)  serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dapat terwujud dengan baik maka perlu kami jabarkan dalam Misi di bawah ini :
1.         Memberdayakan seluruh potensi  sekolah untuk membentuk kepribadian muslim yang sesuai dengan qoidah Muhammadiyah.
2.         Mewajibkan guru dan karyawan terlibat aktif dalam setiap kegiatan sekolah dan Mhammadiyah
3.         Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berorientasi pada kecakapan hidup
4.         Mengembangkan kemampuan logika, matematika dan bahasa (logika dan verbal) sebagai dasar pengembangan intelegensi peserta didik.
5.         Membentuk peserta didik mampu mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya
6.         Mengembangkan SDM profesional dan kompetitif yang berbasis teknologi informasi dan berwawasan lingkungan.
7.         Meningkatkan mutu peserta didik dengan memberikan remedial plus dan ekstra kurikuler yang dapat bermanfaat langsung pada masyarakat.
8.         Membangun jaringan kerja yang harmonis dengan lembaga-lembaga pelatihan profesional, orang tua, masyarakat, Alumni dan pemerintah.

Tujuan Pendidikan SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan

Jalan untuk mencapai Visi dan Misi di atas adalah adanya tujuan Pendidikan  yang jelas di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan yaitu :
1.         Terbentuknya lulusan yang berkepribadian islami
2.         Terwujudnya warga sekolah yang aktif dalam kegiatan sekolah maupun Muhammadiyah sebagai figur dan duta Muhammadiyah di Lingkungan masing-masing
3.         Terwujudnya lulusan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, objektivitas dan tanggung jawab
4.         Meningkatnya mutu lulusan sesuai dengan standar kompetensi lulusan
5.         Terbentuknya peserta didik yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional
6.         Terwujudnya kader Persyarikatan yang tangguh.
7.         Terwujudnya lulusan yang mampu berperan aktif dalam masyarakat global
8.         Terwujudnya mutu dan kualitas peserta didik yang menguasai Ilmu Pengetahuan, Al Islam dan Kemuhammadiyahan
9.         Terpenuhinya kesejahteraan Pendidik dan Tenaga kependidikan minimal sesuai dengan Standar Upah Minimum Kota
10.      Pemberian Pengahargaan Kepada Pendidik dan Tenaga kependidikan dan Peserta didik yang berpreastasi di bidangya masing-masing
11.      Terwujudnya jaringan kerja yang harmonis dengan -lembaga pelatihan profesional, orang tua, masyarakat, Alumni dan pemerintah.

Rencana Program Sekolah Jangka Menengah (2012 – 2017)
Dalam rangka mewujudkan visi dan misi di atas serta adanya realita sekarang ini, maka perlu adanya prioritas program jangka menengah terlebih dahulu sebelum mencanangkan program jangka panjang 10 sampai 20 tahun ke depan tentunya tahapan-tahapan yang akan dicapai adalah :  
1.         Seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang ada dapat  melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara optimal, penuh semangat dan disiplin yang tinggi sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.
2.         Seluruh pendidik telah mengikuti pelatihan KTSP dalam upaya  meningkatkan kompetensi dan profesionalisme.
3.         Perolehan nilai UN setiap mata pelajaran meningkat minimal antara 0,25 –0,50 setiap tahunnya.
4.         Memberikan pelayanan kepada siswa untuk memanfaatkan buku-buku perpustakaan serta memanfaatkan fasilitas laboratorium untuk praktikum.
5.         Berusaha meningkatkan dan pemenuhan koleksi buku-buku perpustakaan.
6.          Berusaha seluruh Peserta didik dapat terlayani untuk mengoperasikan komputer, dan mengakses internet dengan mudah dan cepat
7.         Aktif dalam mengikuti lomba-lomba yang diadakan baik untuk tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi maupun nasional
8.         Memenuhi sarana dan prasarana sekolah secara bertahap dan berkesinambungan, seperti  ruang multi media, ruang guru, ruang TU, dan Ruang Kelas lengkap dengan fasilitas AC dan LCD Proyektor
9.         Tamatan SMA Muhammadiyah Pekajangan dapat diterima di Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta, meningkat antara 5 – 10% dari pendaftar setiap tahunnya.
10.      Memberikan pelayanan kepada siswa pada kegiatan ekstra kurikuler.
11.      Membudayakan kehidupan yang berakhlak mulia.
12.      Membudayakan gemar membaca.


Penutup

Berdasarkan uraian tersebut di atas dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1.      Bahwa kehadiran SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan sebagai sekolah  Islam lengkap dengan sistem kelembagaan dan komponen-komponennya adalah muncul sebagai jawaban atas tantangan di mana pendidikan dan Islam dilaksanakan sangat serasi.
2.      Sifat dan karakter pendidikan berbasis Islam yang demikian itu adalah sejalan dengan sifat ajaran Islam yang sejak kelahirannya selalu terlibat dalam memecahkan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat, dan tampil dalam dinamika warna yang amat variatif.
3.      Dalam perjalanannya selama 57 tahun ini Pengelolaan SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan pada dasarnya menghadapi dua macam tantangan, yaitu tantangan yang datang dari luar dan tantangan yang datang dari dalam. Tantangan dari luar muncul sebagai akibat dari semakin berkembangnya tuntutan masyarakat dan perkembangan teknologi dan globalisasi yang tidak mungkin ditinggalkan sedangkan tantangan dari dalam muncul berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan Keluarga Besar SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan, serta Majelis Dikdamen dan PCM Pekajangan serta semua warga Muhammadiyah yang menginginkan adanya SMA yang unggul dan berkualitas  dalam menghadapi tantangan modernisasi.
4.      Dari perjalanan sekolah selama ini terlihat dengan jelas bahwa lembaga pendidikan yang dapat terus bertahan dan diminati masyarakat adalah lembaga pendidikan yang dapat menerima inovasi dan perubahan sesuai dengan tuntutan zaman.
Oleh karena itu dengan adanya uraian di atas mudah-mudahan akan memotivasi adanya  perubahan yang mendasar demi kemajuan sekolah ini dan akan semakin dipercaya masyarakat Pekalongan khususnya dan bisa menjadi pendorong kemajuan sekolah-sekolah Muhammadiyah di lingkungan Karesidenan Pekalongan, yang sampai hari ini belum memiliki sekolah Muhammadiyah yang dibanggakan sebagai sekolah pavorit dan sekolah pilihan nomor satu ketika akan menyekolahkan anaknya. Mudah-mudahan cita-cita ini akan terkabul, amin ya Robbal Alamin.

Tidak ada komentar: