Minggu, 09 Oktober 2011

Rabu, 05 Oktober 2011

Silabus PAI SMA

SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Al-Qur’an
Standar Kometensi          :  1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Membaca  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78

§ Q.S. Al-Baqarah: 30
§ Q.S. Al-Mukminun: 12-14
§ Q.S. Az-Zariyat: 56
§ Q.S. An Nahl: 78
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Membaca dengan fasih  Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
§ Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78

§ Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
§ Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17.
§ Buku-buku   yang  relevan.
1.2     Menyebut-kan arti  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78

§ Q.S. Al-Baqarah: 30
§ Q.S. Al-Mukminun: 12-14
§ Q.S. Az-Zariyat: 56
§ Q.S. An Nahl: 78
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mengartikan perkata Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§ Mengartikan per-ayat Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§ Menterjemahkan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§ Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78

§ Mampu mengartikan per-kata Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§ Mampu menterjemahkan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17.
§ Buku-buku   yang  relevan.
1.3     Menampil-kan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78

§ Q.S.. Al-Baqarah: 30
§ Q.S.. Al-Mukminun: 12-14
§ Q.S.. Az-Zariyat: 56
§ Q.S.. An Nahl: 78
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mengidentifikasi perilaku Khalifah yang terdapat dalam  Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
§ Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.


Jenis Tagihan:
Perilaku individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
§  Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17.
§ Buku-buku   yang  relevan.


SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Al-Qur’an
Standar Kometensi          :  2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
2.1     Membaca  Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

§ Q.S. Al-An’am; 162-163
§ Q.S. Al-Bayyinah: 5

§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Membaca dengan fasih  Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163



§ Mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-An’am: 162-163

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-27.
§ Buku-buku   yang  relevan.
2.2     Menyebut-kan arti  Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§ Q.S. Al-An’am; 162-163
§ Q.S. Al-Bayyinah; 5
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mengartikan perkata Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mendiskusikan terjemah Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Isian singkat
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-27.
§ Buku-buku   yang  relevan.
2.3     Menampil-kan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam   Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§ Q.S. Al-An’am; 162-163
§ Q.S. Al-Bayyinah; 5
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163

§ Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163
Jenis Tagihan:
Perilaku individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-27.
§ Buku-buku   yang  relevan.


SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Akidah
Standar Kometensi          :  3. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1      Menyebut-kan 10 sifat Allah  dalam Asmaul  Husna

Asmaul Husna:
§ 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Membaca buku sumber yang berkaitan pengertian sifat-sifat Allah.
§ Mendiskusikan arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna.

§ Mampu  menyebutkan arti  sifat Allah.
§ Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna



Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas

2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44.
§ Buku2 yg relevan.
3.2      Menjelaskan arti  10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna

Asmaul Husna:
§ 10 Asmaul Husna dan artinya
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Membaca buku sumber yang berkaitan dengan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
§ Menjabarkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna

§ Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
§ Mampu  menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44.
§ Buku2 yg relevan.
3.3      Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna

Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 Asmaul Husna
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
§ Menerapkan perilaku yang mencerminkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
§ Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
§ Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44.
§ Buku2 yg relevan.


SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Akhlak
Standar Kometensi          :  4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
4.1      Menyebut-kan pengertian perilaku  husnuzhan
Husnuzhan:
§ - Pengertian Perilaku Husnuzhan
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
§ Mendiskusikan pengertian perilaku husnu zhan.
§ Mengidentifikasi prilaku-prilaku yang berkaitan dengan husnuzhan.
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama manusia.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56.
§ Buku2 yg relevan.
4.2      Menyebut-kan contoh-contoh  perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
Husnuzhan:
§ Contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.

§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah.
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap sesama manusia.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56.
§ Buku2 yg relevan.
4.3      Membiasa-kan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
Husnu zhan :
§ Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari.
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah.
§ Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mempraktikkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok


Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56.
§ Buku2 yg relevan.


SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Fikih
Standar Kometensi          :  5. Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
5.1  Menyebut-kan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
Sumber hukum Islam:
§ Al-Qur’an
-   Pengertian
-   Kedudukan
-   Fungsi
§ Al-Hadits
-   Pengertian
-   Kedudukan
-   Fungsi
§ Ijtihad
-   Pengertian
-   Kedudukan
-   Fungsi

§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an sebagai sumber hukum Islam.
§ Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi  Al-Hadits sebagai sumber hukum Islam.
§ Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
§ Mampu menyebutkan pengertian Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§ Mampu menjelaskan kedudukan Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§ Mampu menjelaskan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
§ Mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur’an.
§ Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits.
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas
Uraian singkat
4 jam
§  Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 57-75.
§ Buku2 yg relevan.
5.2  Menjelaskan pengertian,  kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
Hukum Taklifi :
§ Pengertian hukum taklifi.
§ Kedudukan hukum taklifi.
§ Fungsi Hukum Taklifi dalam Hukum Islam

§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mendiskusikan pengertian hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Mendiskusikan kedudukan  hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Mendiskusikan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam

§ Menjelaskan pengerti hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 57-75.
§ Buku-buku   yang  relevan.
5.3  Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
Hukum taklifi:
§ Penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
§ Mempraktikkan perilaku yang sesuai dengan  hukum taklifi.
§ Menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.

§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum taklifi.
§ Mampu mempraktikkan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
§ Mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 57-75.
§ Buku-buku   yang  relevan.


SILABUS  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :  SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN
Mata Pelajaran                :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester             :  X / 1
Aspek                              :  Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kometensi          :  6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
6.1     Mencerita-kan  sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah

Keteladanan Rasulullah SAW:
§ - Dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah.
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah pada periode Makkah
§ Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
§ Presentasi hasil diskusi kelompok tentang dakwah Rasulullah periode Makkah.
§ Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah.
§ Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode makkah.
§ Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 76-89.
§ Buku-buku   yang  relevan.
6.2     Mendeskrip-sikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah

Keteladanan Rasulullah SAW :
§ -Substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
§ Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
§ Mendiskusikan dalam kelompok tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
§ Presentasi hasil diskusi kelompok tentang substansi dan strategi dakwah  Rasulullah periode Makkah.

§ Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.
§ Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 76-89.
§ Buku-buku   yang  relevan.