Jumat, 26 November 2010

TARIKH XII

MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH KABUPATEN PEKALONGAN

ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 (UAS) CIRI KHUSUS
SMA/MA/SMK MUHAMMADIYAH
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Sub Mata Pelajaran : TARIKH
Kelas : XII (duabelas)
Hari, Tanggal : Rabu, 2 Desember 2009
Waktu : 08.45 – 09.45 ( 60 menit )

PETUNJUK :
1. Sebelum mengerjakan soal, tulislah terlebih dahulu nomor ulangan Anda pada lembar jawab yang disediakan.
2. Kerjakan semua soal pada lembar jawab yang disediakan.
3. Bacalah dengan teliti setiap soal sebelum Anda menjawab.
4. Kerjakan setiap kelompok soal sesuai dengan perintahnya.
5. Telitilah hasil pekerjaan Anda sekali lagi, sebelum Anda serahkan kepada Pengawas.
6. Mulai bekerja dengan membaca “Basmalah” dan akhiri dengan bacaan “Hamdalah”.

I. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada lembar jawab yang tersedia!

1. Menurut Itsing sejarah masuknya Islam ke Indonesia berasal dari ....
a. Gujarat d. Benggali
b. Hadramaut e. Afrika Utara
c. Mekkah

2. Islam masuk ke Indonesia jalur utamanya adalah melalui bidang ....
a. politik d. kerjasama
b. perdagangan e. pembukaan pemukiman baru
c. perpindahan penduduk

3. Hasil seminar sejarah nasional di Aceh berpendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ....
a. 5 M d. 11 M
b. 6 M e. 13 M
c. 7 M

4. Peninggalan sejarah yang menunjukkan bahwa masuknya Islam ke Indonesia dari Gujarat adalah ....
a. makam raja-raja Islam di Samodra Pasai
b. makam Fatimah binti Maimun di Gresik
c. makam Maulana Malik Ibrahim
d. makam Sunan Gunung Jati di Cirebon
e. makam Sunan Kalijogo di Kadilangu


5. Menurut ahli sejarah Tom Pieres bahwa proses masuknya Islam ke Indonesia terjadi pada abad ....
a. 6 M d. 9 M
b. 7 M e. 10 M
c. 8 M

6. Kelompok masyarakat muslim yang ikut berjasa besar pada proses masuknya Islam ke Indonesia adalah ....
a. pelaut d. petani
b. pedagang e. penguasa
c. pendidik

7. Islam masuk ke Indonesia melalui berbagai proses di bawah ini, kecuali ....
a. pelayaran d. dakwah
b. perdagangan e. kekerasan
c. pernikahan

8. Islam dikembangkan dengan cara persuasif, maksudnya ....
a. dengan penuh kasih sayang d. dengan kesewenang-wenangan
b. dengan pemaksaan e. dengan memahami kondisi masyarakat
c. dengan kekerasan penerima dakwah

9. ( QS Al Fath : 29 ), menunjukkan salah satu kepribadian muslim, terhadap muslim lainnya ....
a. bersifat keras d. bersifat mencintai orang muslim
b. bersifat kasih sayang e. bersifat tolong menolong sesama
c. bersifat waspada muslim

10. Islam masuk dan berkembang di Indonesia dilakukan oleh pedagang muslim di berbagai wilayah Nusantara atas pandangan teori ....
a. teori sejarah d. teori sufi
b. teori balapan antara Islam dan Kristen e. teori pendidikan
c. teori motif ekonomi dan politik

11. Teori Balapan antara Islam dan Kristen dalam proses penyebaran Islam di Indonesia dijelaskan oleh sejarawan Belanda yaitu ....
a. Van Leur d. A.H. Johns
b. Schireke e. S. Fatimi
c. Anthony Rheid

12. Islam masuk ke Indonesia dan salah satu bukti adanya gelar-gelar tertentu dalam masyarakat seperti Syech, Syayid adalah kajian menurut teori ....
a. teori sejarah d. teori sufi
b. teori empiris e. teori budaya
c. teori ekonomi

13. Teori Balapan antara Islam dan Kristen dalam proses pengembangan Islam di Indonesia disampaikan oleh ....
a. Prof. Dr. Hamka d. A.H. John
b. A. Hasan e. Naquib Al Atas
c. Schireke


14. Sebuah kerajaan Budha yang besar tetapi memiliki watak kosmolitan, yang memungkinkan rakyat memiliki kepercayaan/agama lain adalah kerajaan ....
a. Kutai d. Majapahit
b. Tarumanegara e. Kalingga
c. Sriwijaya

15. Proses kedatangan Islam ke Indonesia melalui jalur utara dirangkai ....
a. Mekkah – Madinah – Yaman – Gujarat – Srilanka – Indonesia
b. Mekkah – Madinah – Damaskus – Indonesia
c. Mekkah – Madinah – melalui India – Gujarat – Indonesia
d. Mekkah – Madinah – melalui Malaka – Gujarat – Indonesia
e. Mekkah – Madinah – melalui China – Baghdad – Indonesia

16. Sampaikan dariku meski satu ayat. Ungkapan hadits tersebut mengandung satu maksud bahwa setiap muslim adalah ....
a. pendidik d. pemimpin
b. pendakwah e. pemberi jalan
c. penguasa

17. Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah ....
a. Kerajaan Banten d. Kerajaan Samodra Pasai
b. Kesultanan Aceh e. Kerajaan Demak
c. Kerajaan Cirebon

18. Kerajaan tersebut berdiri tepat pada abad ....
a. 9 M d. 15 M
b. 11 M e. 17 M
c. 13 M

19. Raja pertama dari kerajaan pertama di Indonesia adalah ....
a. Sultan Malikus Sholeh d. Nurudin Ar Raniry
b. Sultan Malikus Zahir e. Iskandar Muda
c. Zaenal Abidin

20. Kesultanan Islam di Aceh ikut berperan penting dalam proses penyebaran Islam di Nusantara, raja pertamanya adalah ....
a. Sultan Ali Mughayat Syah d. Sultan Iskandar Muda
b. Sultan Alaudin Riayat Syah e. Sultan Mudzafar Syah
c. Sultan Zainal Abidin

21. Perkembangan Islam di Jawa sangat cepat dan mudah, karena peran besar ....
a. pedagang d. tokoh masyarakat
b. Walisongo e. musafir
c. penguasa

22. Kerajaan Demak merupakan Kesultanan Islam pertama di Jawa, rajanya yang ke-1 adalah ....
a. Aryo Penangsang d. Pati Unus
b. Raden Patah e. Panembahan Senopati
c. Sultan Trenggono

23. Sultan Trenggono menjadi Sultan di Demak selama ....
a. 1500 – 1518 M d. 1525 – 1546 M
b. 1518 – 1521 M e. 1521 – 1548 M
c. 1521 – 1546 M

24. Walisongo ikut berperan penting dalam proses penyebaran Islam di Indonesia. Siapakah nama Walisongo yang punya nama asli Jafar Shodiq adalah ....
a. Sunan Muria d. Sunan Kalijogo
b. Sunan Kudus e. Sunan Bonang
c. Sunan Giri

25. Salah satu dari Walisongo yang berjasa besar dalam proses penyebaran Islam di wilayah Jawa Barat adalah ....
a. Sunan Bonang d. Sunan Gunung Jati
b. Sunan Drajat e. Sunan Giri
c. Sunan Kudus

26. Q.S An Nahl 125 mengajarkan bahwa pelaksanaan dakwah Islam harus melihat berbagai aspek, kecuali ....
a. bil hikmah d. dialog
b. mauidhoh khasanah e. pemaksaan untuk menjadi muslim
c. bermusyawarah

27. Salah satu alat kesenian yang berperan penting dalam upaya pengumpulan massa yang dilakukan oleh para wali adalah....
a. musik d. sholawat
b. gamelan e. barzanzi
c. rebana

28. Salah satu bagian budaya Islam yang bermakna persaksian - syahadatain akhirnya berkembang menjadi kegiatan dengan nama ....
a. tadarus d. shalawat
b. sekaten e. barzanzi
c. taklim

29. Salah satu nama kesultanan Islam di Kalimantan adalah ....
a. Kesultanan Goa d. Kesultanan Tidore
b. Kesultanan Banjar e. Kesultanan Aceh
c. Kesultanan Ternate

30. Dari Kesultanan Goa Tallao di Ujung Pandang, kita mengenal tokoh pejuang dan pahlawan Islam adalah ....
a. Sultan Nuku d. Sultan Hidayatullah
b. Sultan Badarudin e. Sultan Malikus Sholeh
c. Sultan Hasanudin

31. Kesultanan Islam di Banten, menghadirkan tokoh pejuang Islam yang oleh Pemerintah RI diangkat sebagai pahlawan nasional yaitu ....
a. Cut Nya’ Dien d. Sultan Badarudin
b. Sultan Ageng Tirtayasa e. Sultan Hasanudin
c. Sultan Agung Anyokrokusumo

32. Pergerakan Islam pada awal pergerakan Nasional ditandai dengan lahirnya Syarikat Islam oleh ....
a. KH. Agus Salim d. KH. Hasyim Asy’ari
b. KH. Samanhudi e. kH. Zam-Zam
c. KH. Ahmad Dahlan


33. Semangat حبّ لوطن من اليمان menjadi motivasi hadirnya gerakan-gerakan Islam pada masa pergerakan nasional yang artinya ...
a. cinta tanah air kewajiban orang yang beriman
b. cinta tanah air keharusan orang yang beriman
c. cinta tanah air sebagai dari orang yang beriman
d. cinta tanah air perwujudan orang yang beriman
e. cinta tanah air tanggungjawab orang yang beriman

34. Organisasi Muhammadiyah merupakan salah satu gerakan Islam di masa pergerakan nasional yang memiliki maksud dan tujuan untuk menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat ....
a. utama adil makmur yang diridhoi Allah
b. adil makmur dunia akhirat
c. Islam yang sebenar-benarnya
d. Islam yang berkeadilan
e. Islam yang menselaraskan kebahagiaan duniawi ukhrowi

35. Muhammadiyah berdiri di Yogyakarta tanggal 18 Nopember 1912 M bertepatan dengan ....
a. 8 Dzulhijjah 1330 H d. 8 Dzulhijjah 1310 H
b. 8 Dzulhijjah 1303 H e. 8 Dzulhijjah 1313 H
c. 8 Dzulhijjah 1333 H

36. Bidang gerakan Muhammadiyah yang sangat berarti dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia adalah ....
a. agama d. ekonomi
b. dakwah e. kemasyarakatan
c. pendidikan

37. Hadirnya organisasi Islam seperti Syarikat Islam, Muhammadiyah, Nahdhatul Ulama, Al Irsyad dan lain-lain merupakan bentuk sumbangan langsung perjuangan umat Islam Indonesia pada masa ....
a. perjuangan nasional d. sejarah nasional
b. pergerakan nasional e. pendidikan nasional
c. pembangunan nasional

38. Sikap istiqomah umat Islam yang menolak melakukan upacara penyembahan kepada matahari terjadi pada masa pemerintah .... di Indonesia.
a. Belanda d. Jepang
b. Inggris e. Spanyol
c. Portugis

39. Salah satu tokoh Islam Indonesia yang ikut dalam keanggotaan PPKI untuk menetapkan dasar negara adalah kecuali ....
a. KH. Wahid Hasyim d. KH Mas Mansyur
b. KH Muhamamad Natsir e. Prof Dr. Hamka
c. Ki Bagus Hadikusumo

40. Organisasi umat Islam yang sangat berperan penting dalam menyuarakan aspirasi masyarakat muslim di bidang politik pada periode proklamasi 17 Agustus 1945 adalah ....
a. NU d. Muslimin Indonesia
b. Muhammadiyah e. Syarikat Islam
c. Masyumi


II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !

1. Tuliskan 4 cara pengembangan agama Islam di Indonesia !
2. Sebutkan 3 Kesultanan Islam di Indonesia !
3. Tuliskan 3 contoh organisasi Islam yang ada pada masa pergerakan nasional beserta pendirinya !
4. Dakwah Islam di wilayah Jawa tidak terlepas dari jasa walisongo, sebutkan nama-nama walisongo!
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan teori sufi dalam proses penyebaran Islam di Indonesia!


––==oOo==––

Tidak ada komentar: